Perbedaan Efektif dan Efisien

Seringkali Kita mendengar tentang istilah efektif dan efisien, tetapi sebenarnya tidak memahami betul tentang kedua istilah ini. Sebenarnya, apa perbedaan efektif dan efisien ini ya? ya, keduanya sekilas tampak sama padahal sangat berbeda. Maka dari itu, artikel ini hadir untuk menjawab pertanyaan Anda.

Bukan hanya pengertiannya saja, lho. Tetapi Anda juga akan mendapatkan perbedaan antara keduanya serta contohnya, sehingga Anda dapat memahaminya dengan baik. Ingat ya, yang penting untuk dipahami bukan hanya tentang doi saja, tapi yang ini juga harus dipahami hihi. Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian Efektif dan Efisien yang Harus Anda Ketahui

Untuk memahami keduanya, Anda harus mengerti tentang pengertian atau definisinnya, maknaya adalah hal yang wajib Anda kuasai. Maka dari itu, Anda harus membaca dan memahami pengertiannya dengan seksama. Efektif itu memiliki kaitannya dengan waktu yang cepat dan dengan cara yang benar. Jadi efektif ini berhubungan dengan waktu yang singkat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Kedua hal ini erat kaitannya dengan managemen.

Bagaimana dengan efisien? Ini hubungannya adalah dengan input yang diberikan harus lebih sedikit atau minimal, sehingga memberikan output yang banyak dan memuaskan atau semaksimal mungkin. Jadi hubungan dari efisien ini lebih ke dalam penghematan biaya, ya.

Selain definisi secara umum, definisi para ahli akan memudahkan Anda untuk memahami hal tersebut. Beberapa pendapat para ahli dalam mendefinisikan istilah efektif dan efisien antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Menurut Hidayat seorang ahli pada tahun 1986, efektif merupakan suatu ukuran yang memberikan pernyataan atas seberapa jauh target tersebut telah terjadi atau terlaksana. Hal ini berkaitan dengan kuantitas, kualitas, dan juga waktu yang ada.
  2. Mulmayah memberikan pengertian atas definisi efisien merupakan ukuran membandingkan rencana input dengan perealisasiannya.
  3. Mengutip dari H. Emerson, SP Hasibuan menyatakan bahwa efisien sendiri adalah perbandingan yang paling bagus dan baik dari input serta outputnya.

Dengan definisi para ahli di atas, maka Anda dapat memahami bahwa keduanya adalah hal yang sedikit mirip tetapi pada hakikatnya adalah berbeda. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka mari membahas tentang perbedaan efektif dan efisien.

Perbedaan Efektif dan Efisien yang Harus Anda Ketahui

Efektif dan efisien adalah kata yang bersaudara tetapi sejatinya tidak sama. Suatu hal dapat efektif dan efisien dalam waktu yang bersamaan. Sebenarnya, apa perbedaan dari keduanya? Jawabannya antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Efektif memiliki orientasi pada tercapainya sebuah tujuan.
  2. Begitu juga dengan efisien, jika dalam hal ini mereka tidak ada perbedaannya. Sama-sama untuk mencapai tujuan tertentu.
  3. Efektif adalah tentang bagaimana cara yang paling cepat dapat ditempuh untuk menyelesaikan sesuatu tujuan.
  4. Efisien adalah tentang bagaimana cara yang paling hemat atau paling sedikit input untuk menyelesaikan atau mencapai suatu tujuan.
  5. Efektif umumnya memiliki ketersediaan sumber daya yang sangat lengkap. Hal itulah yang menjadikannya cepat atau lebih singkat dalam pengerjaannya.
  6. Pada efisien, sumber daya yang ada dipangkas. Maka dari itu, umumnya pengerjaanya lebih lama.
  7. Efektif umumnya mengeluarkan biaya yang tinggi untuk melengkapi sumber daya yang ada.
  8. Efisien umumnya hemat biaya karena memang memangkas biaya (input minimal output maksimal).

Kini sudah jelas kan, perbedaan efektif dan efisien tadi? Efektif lebih kepada waktu pengerjaan sedangkan efisien lebih kepada penghematan dana untuk mencapai suatu hasil yang semaksimal mungkin.

Contoh dari Efektif dan Efisien untuk Memahami Lebih Jauh

Agar semakin paham, penting bagi Anda untuk melihat contoh-contoh kasusnya. Berikut akan disediakan beberapa ilustrasi bagi Anda untuk memahami hal ini dengan baik!

  1. Apabila Sinta diharuskan menuju ke Jakarta menggunakan maskapai penerbangan seharga Rp 1.750.000, maka Sinta akan sampai di Jakarta dalam tempo waktu satu setengah jam saja. Ini artinya, Sinta mencari cara yang paling efektif agar bisa sampai di Jakarta.
  2. Apabila Sinta pergi ke Jakarta menggunakan kereta api dengan tiket seharga Rp 400.000 dengan sampai ke Jakarta dalam durasi waktu sekitar 8 jam lamanya, maka Ia menerapkan cara paling efisien. Hal ini karena untuk menghemat biaya sampai ke Jakarta, meskipun waktu yang harus ditempuhnya lumayan lama.
  3. Jika Anda lebih memilih membeli barang secara online, meskipun ada ongkir dan harganya lebih mahal agar Anda tidak perlu keluar untuk mencari barang tersebut, maka Anda sedang melakukan hal yang efektif.

Tetapi sesuatu bisa efektif dan efisien dalam waktu yang bersamaan. Maksudnya adalah tidak mengeluarkan terlalu banyak tenaga dan juga biaya tentunya. Bagaimana cara agar bisa mencapai tahapan suatu pekerjaan itu efektif dan juga efisien? Tentu ada tips dan trik tersendiri.

Cara agar Pekerjaan atau Urusan Anda Efektif dan Efisien

Pekerjaan yang ideal haruslah dilakukan dengan efektif lagi efisien. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mempertimbangkan atau mengikuti beberapa cara di bawah ini. Antara lain sebagai berikut:

1. Pembagian Waktu dan Jadwal dengan Baik

Jika Anda ingin pekerjaan Anda efektif lagi efisien, maka Anda harus membagi waktu dengan metode manajemen strategi dengan baik. Anda dapat membuat perencanaan jadwal berikut dengan kegiatannya secara mendetail, sehingga Anda tahu apa yang harus Anda lakukan pada waktu tertentu.

2. Menghindari Berbagai Gangguan yang Tidak Penting

Jadwal yang telah Anda buat tidak akan berjalan dengan lancar jika terdapat gangguan. Misalnya, ada gangguan notifikasi sosial media, dan kemudian Anda mengeceknya. Ini tentu adalah hal yang buruk karena dapat mengacaukan rencana Anda. Akhirnya, pekerjaan Anda tidak akan efektif dan efisien.

Maka dari itu, Anda harus fokus dengan pekerjaan yang Anda miliki. Anda harus menyelesaikan tanpa melakukan sesuatu diluar perencanaan Anda, terutama jika hal tersebut tidak penting atau merupakan hal yang bukan darurat sifatnya.

3. Tidak Melakukan Pekerjaan Multitasking

Sebaiknya, Anda tidak mengerjakan sesuatu dengan waktu yang bersamaan. Hal ini akan membuat pekerjaan Anda tidak maksimal dan fokus Anda bisa terpecah. Maka dari itu, Anda harus mengerjakan sesuatu hingga selesai terlebih dahulu sebelum mengerjakan yang lainnya.

4. Jangan Lupa Beristirahat

Ini adalah hal yang tidak kalah penting bagi Anda yang menginginkan pekerjaannya efektif dan efisien. Jika Anda bekerja dengan keras dan cepat tetapi lupa untuk beristirahat, Anda bisa saja mengalami sakit. Jika sudah sakit, pekerjaan Anda yang seharusnya dilakukan pada waktu berikutnya akan jadi tertunda. Tentu ini bukanlah hal yang Anda inginkan dalam mencapai keefektifan dan keefisienan.

Ternyata, efektif dan efisien adalah hal yang sepintas mirip padahal berbeda. Kini Anda sudah mengetahuinya, bukan? Maka dari itu, setelah mengetahui ini Anda tidak boleh lagi salah dalam menggunakan baik kata efisien dan efektif ya.

Meskipun begitu, menerapkan keduanya dalam waktu bersamaan tentu akan memberikan Anda manfaat yang luar biasa dibandingkan melakukan salah satunya. Dengan menerapkan cara di atas, Anda bisa menyelesaikan sesuatu dengan efektif dan juga efisien tentunya, sehingga orientasi tujuan Anda akan tercapai.

Tinggalkan komentar