Teks Pidato Bahasa Indonesia

teks pidato bahasa indonesia
teks pidato bahasa indonesia

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Masyarakat dapat menerima informasi penting salah satunya dari ceramah atau pidato yang disampaikan seseorang secara kharismatik sehingga membuat mereka terpengaruh. Namun teks yang dibacakan oleh orator atau penceramah bisa saja tidak tersampaikan karena ada kesalahan dalam penggunaan bahasa. Teks pidato Bahasa Indonesia pun menjadi pilihan tepat.

Tujuan utama yang terpenting adalah menyampaikan dan menggerakkan masyarakat luas di lingkup nasional terlebih dahulu. Agar semua suku yang tinggal di wilayah Indonesia memahami apa yang diucapkan oleh si pembaca, maka teks pidato Bahasa Indonesia menjadi sangat penting untuk digunakan. Anda harus memahami lebih dulu pengertian, ciri, dan strukturnya.

Beragam Jenis Teks Pidato Bahasa Indonesia

Teks pidato Bahasa Indonesia terbagi ke dalam kategori tertentu. Pembagian ini memudahkan si penulis dan pendengar untuk menangkap arah, pesan, dan maksud yang disampaikan dalam teks. Berikut sedikit jenis yang dikategorikan berdasarkan tujuan penulisan teks pidato.

1. Teks Pidato Bahasa Indonesia Impromptu

Jenis teks pidato ini merupakan teks yang bebas, dibuat secara tiba-tiba dan tanpa persiapan yang matang. Juru pidato akan menyampaikan sebuah teks yang nantinya dapat diimprovisasi sesuai dengan keahlian dan pilihan topik tertentu. Bahkan terkadang pidato jenis ini dapat pula dilakukan tanpa teks namun memiliki banyak kelemahan pada tujuannya.

2. Teks Pidato Ekstempore

Pesan dalam teks akan lebih efektif jika disampaikan oleh juru pidato dengan banyak pengalaman. Bagi para juru pidato yang sudah mahir tersebut teks jenis ekstempore lebih mudah digunakan karena Anda hanya perlu mempersiapkan outline atau garis besar dan pokok bahasan penunjang. Nantinya hal ini lebih mudah diucapkan dan diterima audiens.

3. Teks Pidato yang Dibaca atau Manuskrip

Manuskrip atau yang lebih dikenal sebagai naskah juga dapat digolongkan sebagai teks pidato Bahasa Indonesia. Hampir sama dengan pidato memoriter, teks pidato manuskrip harus dibuat sebagus mungkin dan tidak ada kesalahan. Karena yang dipraktekkan adalah pembacaan naskah pidato sesuai tulisan dan tidak disampaikan tanpa melihat naskah.

4. Teks Pidato Memoriter

Jika Anda sering melihat tayangan pidato presiden atau para menteri tentu akan melihat bahwa mereka berpidato sambil membaca teks. Hal tersebut sudah wajar dilakukan dan termasuk ke dalam kategori jenis pidato memoriter dengan tema apapun. Teks disusun sesuai rancangan matang berkaitan dengan informasi penting dan disampaikan secara baku dan jelas meski datar.

Kumpulan Contoh Teks Pidato Bahasa Indonesia Singkat

1. Teks Pidato Tema Lingkungan

Assalamualaikum Wr. Wb

Selamat Siang,

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati,

Para wari murid yang saya hormati,

Teman-teman sekelas yang saya sayangi.

Mari bersama kita mengucap syukur atas kehadirat Allah yang Maha Kuasa atas segala berkat dan rahmat bagi kita semua. Karenanya, telah diberi kesempatan dan kesehatan untuk dapat hadir di acara penting siang hari ini di SD Islam Maulana Malik Ibrahim. Semoga salam dan sholawat tetap tercurah untuk nabi dan rasul yang kita sayangi, Muhammad SAW

Di suasana yang hangat ini, saya ingin menyampaikan pidato bertema lingkungan karena besarnya keprihatinan yang ada di sekiling kita. Bapak/Ibu, lihatlah! Kerusakan lingkungan ada di mana-mana, dampaknya sangat merugikan baik bagi lingkungan alam maupun hidup manusia. Dapatkah hadirin semua melihat segala kejadian yang ada di bumi kita iniĀ ?

Bumi yang selama ini kita jadikan sebagai tempat tinggal, hasilnya dihabiskan tanpa peduli dampak negatifnya di masa depan, serta banyaknya kerusakan akibat ulah manusia. Mengapa umat yang mengemban tugas di bumi justru tidak menjaganya dengan baik? Semua hasil kekayaan alam bahkan tidak dapat dinikmati oleh manusia secara merata.

Kita hari ini mengalami krisis besar akan kehidupan yang tentram dan damai di muka bumi karena semua porak-poranda. Banjir terjadi di berbagai tempat, hutan gundul berakibat kebakaran dan longsor, bahkan polusi udara setiap hari kita hirup di jalanan. Bapak/Ibu wali murid, akankah kita biarkan hal ini terus terjadi?

Tentu sebagai umat manusia penjaga lingkungan dan keseimbangan hidup di muka bumi ini tidak boleh membiarkannya. Semua usaha bisa dimulai dari langkah paling sederhana, misalnya mengajarkan para murid untuk membuang sampah pada tempatnya. Menghimbau para tetangga agar tidak mengotori dan mencemari sungai serta udara secara berlebihan.

Serta di lingkup sekolah dengan menjaga kebersihan sekolah secara tertib dan teratur. Semua pihak saling membantu dan tolong menolong, siswa menyelesaikan tugas piket rutin begitupun dengan warga sekolah lainnya. Jangan sampai sampah berserakan di area halaman maupun ruang kelas karena telah disediakan tempat sampah di tiap ruang kelas.

Bapak/Ibu guru dan wali murid yang saya hormati, serta teman-teman sekalian yang saya sayangi. Mari kita jaga lingkungan mulai sekarang dan terapkan hidup bersih agar tubuh kita sehat dan belajar pun nyaman.

Demikian pidato yang saya sampaikan, atas kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja saya ucapkan permohonan maaf sebesar-besarnya. Terima kasih telah menyimak pidato saya kali ini, wassalaamualaikum wr.wb.

2. Teks Pidato Berupa Pengumuman

Assalamualaikum Wr. Wb

Bapak/Ibu warga Dusun Ngeglok yang saya hormati,

Mari kita bersama-sama memanjatkan syukur atas rahmat Allah yang Maha Esa kepada hambanya karena selalu dilimpahkan tiada henti. Berkatnya kita bisa berkumpul di siang hari ini meski harus saling menjaga jarak dekat minimal 1 meter. Semoga kita tetap diberikan kesehatan dan karunia-Nya agar tetap bisa beribadah dan memperbaiki amal mulia kita.

Saya di sini sebagai ketua dusun ingin menyampaikan perihal yang sangat penting berkaitan dengan tanggap sigap Covid-19. Berdasarkan himbauan pemerintah desa, setiap dusun di Kelurahan Manggiling harus saling menyemangati ketika ada warganya yang berstatus ODP, PDP, atau bahkan positif menderita Covid-19.

Para warga tidak boleh menolak jika lahan pemakaman umum digunakan untuk menyemayamkan jenazah pasien terdampak Covid-19. Seluruh faskes di Kecamatan Ngaospati juga tidak boleh menolak semua pasian di segala usia dengan gejala batuk, pilek, demam, atau flu. Karena APD telah tersedia lengkap dalam jumlah besar untuk tiap faskes.

Sementara waktu, warga dusun harus menghabiskan aktivitas di rumah saja namun jika sebagian ada yang tidak dapat melakukannya. Maka harus menjaga jarak antar orang, tidak boleh berkerumun, dan selalu mengenakan masker serta hand sanitizer saat keluar rumah. Setiap pekerja yang menjadi karyawan di perusahaan harus terapkan cuci tangan rutin.

Demikian himbauan dari setiap jaringan pemerintahan pusat hingga ke daerah untuk bersama melawan Covid-19. Kita sebagai warga yang baik harus menaati aturan demi menyelamatkan ratusan juta saudara kita di Indonesia. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jika terdapat salah dan kurang.

Pilihlah salah satu jenis teks pidato Bahasa Indonesia sesuai bidang yang sedang Anda tekuni atau peran profesi. Sebagai saran, Anda bisa membuat teks pidato singkat mengenai perpisahan, teks pidato pendidikan, atau teks pidato persuasif. Jika salah memilih serta menyusun kalimat pada teks pidato maka audiens Anda bisa saja salah menangkap informasi yang disampaikan. Akhirnya dapat menyebabkan disinformasi dan jika menyebarkannya beresiko menjadi penjahat hoaks serta ditangkap aparat.