Surat Elektronik

Apa itu surat elektronik? Kegiatan mengirim surat melalui pos sudah dilakukan sejak dahulu kala. Namun seiring berkembangnya zaman, kegiatan tersebut sudah tidak dilakukan lagi. Hal ini karena banyak orang yang mulai beralih menggunakan surat elektronik, yang menggunakan jaringan internet. Penggunaan surat elektronik ini tergolong cepat, murah, dan praktis.

Adanya surat elektronik sangat membantu kita semua dalam kehidupan sehari-hari terutama bisa membantu kita dalam berkomunikasi. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini  kita akan bahas tentang apa itu surat elektronik sesuai dengan daftar isi yang ada dibawah ini.

Pengertian Surat Elektronik

pengertian surat elektronik
pengertian surat elektronik

Tahukah kamu apa itu surat elektronik?

Jadi, Pengertian surat elektronik adalah salah satu media dalam mengirim pesan dengan menggunakan media digital dan jaringan internet. Dengan menggunakan email ini, Anda bisa mengirim pesan dengan beberapa dokumen. Mulai dari teks, video, dan juga gambar. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengirim pesan kepada beberapa alamat email secara bersamaan.

Seiring berkembangnya zaman, banyak bermunculan software untuk mengirim pesan elektronik. Mulai dari Yahoo Messenger, Gmail, Mozilla Thunderbird, dan Microsoft Outlook. Masing-masing software tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri. Software yang paling sering digunakan adalah Gmail.

Sejarah Surat Elektronik

sejarah surat elektronik
sejarah surat elektronik

Sejarah surat elektronik mulai digunakan oleh sebagian orang pada tahun 1960. Sayangnya dalam menggunakan email tersebut, harus menggunakan jaringan ARPANET. Hal ini karena pada tahun tersebut, jaringan internet masih belum ditemukan. Kemudian pada tahun 1971, ada seorang ahli komputer yang bernama Ray Tomlinson mulai memperkenalkan konsep email pertama kalinya.

Ray adalah seorang karyawan di salah satu Lembaga Pertahanan Amerika. Awalnya Ray melakukan eksperimen pada sebuah program yang bernama SNDMSG. Program tersebut berfungsi untuk menyimpan pesan dalam komputer, agar dapat dibaca oleh orang lain. Hasil yang menunjukan sisi positif, akhirnya Ray melanjutkan kegiatan eksperimen tersebut dengan menggunakan file protokol yang bernama CYPNET.

Kegiatan eksperimen yang berjalan dengan lancar, membuat program SNDMSG bisa digunakan untuk mengirim pesan kepada komputer lain. Proses pengiriman pesan tersebut dilakukan dengan jaringan ARPANET yang menggunakan beberapa komputer. Ray mengirim email untuk pertama kalinya berisi QWERTYUIOP.

Pada tahun 1972, Ray mulai mengenalkan tanda @ untuk identitas email. Fungsi tanda @ adalah untuk memisahkan nama user dengan domain. Kemudian pada tahun 1980, email sudah dapat digunakan oleh masyarakat luas. Hingga kini, email masih banyak digunakan oleh masyarakat.

Fungsi dan Manfaat Suarat Elektronik

manfaat surat elektronik
manfaat surat elektronik

Surat elektronik memiliki fungsi dan manfaat yang dapat mempermudah masyarakat dalam mengirim pesan kepada orang terdekat. Sehingga tidak heran bila hingga kini masyarakat masih banyak yang menggunakan email.

Berikut adalah fungsi dan manfaat surat elektronik:

  • Mengirim dan berbalas pesan dengan mudah.
  • Mengirim pesan dengan berbagai format antara lain teks, dokumen, gambar, audio, dan video.
  • Untuk memenuhi salah satu syarat pendaftaran di segala website.
  • Untuk media promosi sebuah produk.
  • Sebagai identitas pemilik.
  • Sebagai media komunikasi secara tertulis yang murah, mudah, dan cepat.

Macam-Macam Surat Elektronik

macam-macam surat elektronik
macam-macam surat elektronik

Ada berbagai macam surat elektroik yang sering digunakan oleh masyarakat luas. Masing-masing email, mempunyai kelebihannya sendiri. Sehingga Anda bisa menggunakan salah satu layanan email yang dapat mempermudah Anda dalam mengirim pesan.

1. Gmail

Layanan Gmail berasal dari perusahaan google yang dapat Anda gunakan secara mudah dan cepat. Layanan ini sangat cocok bagi Anda para pemula yang akan mengirim email. Hal ini karena Gmail memiliki tampilan yang lebih mudah dipahami oleh para pemula.

Kelebihan Gmail adalah memiliki ruang untuk menyimpan data yang tidak terbatas. Bahkan Gmail memiliki fitur IMAP yang bisa digunakan untuk email client layaknya Outlook Express.

2. Yahoo Email Service

Yahoo Email Service seringkali digunakan oleh masyarakat untuk mengirim pesan. Hal ini karena layanan Yahoo tersebut, dapat digunakan secara gratis dan mudah.

Kelebihan yang dimiliki Yahoo Email Service adalah memiliki aplikasi instan bernama Yahoo Messenger. Dengan aplikasi tersebut, Anda bisa chatting dengan siapa saja. Sayangnya fitur IMAP dan POP pada Yahoo Email Service, hanya bisa diakses untuk Indonesia saja.

3. AIM Mail

AIM Mail memiliki tampilan menu yang mudah digunakan untuk pemula.

Kelebihan layanan AIM Mail adalah memiliki perlindungan email yang sangat bagus dari bahaya spam. Bahkan AIM Mail ini dapat mengakses IMAP dan POP secara bebas.

Sayangnya AIM Mail ini tidak mempunyai fitur pembagian surat, pelabelan, dan juga folder.

4. Windows Live Hotmail

Windows Live Hotmail memiliki sistem yang sangat aman dan solid saat digunakan. Kemudian untuk tampilannya sangat mudah dipahami oleh para pemula. Ketika Anda menerima email baru, maka akan dilakukan scanning virus terlebih dahulu agar lebih aman.

Namun Windows Live Hotmail ini memiliki kekurangan berupa aksesnya yang tergolong lambat, karena terlalu banyak fitur di dalamnya. Selain itu, Windows Live Hotmail hanya memiliki 5 GB ruang penyimpanan.

5. Inbox.com

Inbox.com akan menyediakan ruang penyimpanan untuk Anda sebagai pengguna sebesar 30 GB. Kemudian Anda akan mendapatkan homepage pribadi, saat membuat akun Inbox.com tersebut. Sayangnya Inbox.com hanya menyediakan ruang penyimpanan 2 GB saja.

Jenis-Jenis Surat Elektronik

jenis-jenis surat elektronik
jenis-jenis surat elektronik

Elektronik mail memiliki beberapa jenis. Pastinya setiap jenisnya memiliki kualitas yang tersimpan di dalamnya. Namun dalam setiap jenis surat elektronik, memiliki kekurangan yang menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya.

1. POP Mail

POP Mail merupakan layanan email yang memanfaatkan Internet Service Provider sebagai penghubungnya. Keunikan dari POP Mail sendiri adalah bisa membuka email meskipun dalam keadaan tidak terhubung dengan jaringan internet. Untuk dapat mengakses POP Mail, Anda harus memiliki email client seperti mozilla thunderbird.

2. Web Based Email

Web Based E-mail adalah salah satu layanan email yang berasal dari website ternama, seperti Gmail dan Yahoo. Keuntungan menggunakan Web Based E-mail ini adalah Anda bisa mengecek email yang masuk kapan saja. Namun kekurangannya adalah Anda harus memiliki banyak kuota untuk mengecek email Anda.

3. Email Forwarding

Email Forwarding biasanya digunakan untuk meneruskan pesan yang Anda terima kepada orang lain. Kegiatan ini dapat Anda lakukan tanpa harus memperlihatkan pengirim email yang asli. Namun layanan ini hanya bersifat perantara dan membutuhkan waktu pengiriman yang cukup lama.

Hadirnya layanan surat elektronik memberikan kemudahan untuk masyarakat dalam mengirim pesan. Layanan tersebut tergolong mudah, cepat, dan murah saat digunakan. Namun untuk dapat menggunakan layanan elektronik mail ini, Anda harus terhubung dengan jaringan internet.

Tinggalkan komentar