Kelas Maya

Kelas Maya – Negara Indonesia saat ini sedang menghadapi masa pandemi Covid 19. Dengan adanya pandemi tersebut, membuat seluruh pembelajaran dialihkan melalui kelas maya atau kelas online. Artinya seluruh siswa melakukan belajar di rumah, dengan memanfaatkan software khusus untuk pembelajaran. Sehingga siswa tersebut, tidak perlu lagi masuk sekolah.

Pengertian Kelas Maya

pengertian kelas maya
pengertian kelas maya

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan kelas maya? Jadi, Pengertian kelas maya adalah kegiatan belajar secara virtual, yang dapat diakses oleh seluruh siswa dan pengajar dalam satu forum. Untuk dapat melakukan kelas online tersebut, para siswa harus menggunakan perangkat komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Melalui sistem belajar online ini, semua siswa dapat mengaksesnya dimanapun dan kapan saja. Dengan demikian orang tua siswa, dapat ikut mengawasi anaknya yang sedang belajar online tersebut.

Materi pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa, sudah dipersiapkan terlebih dahulu oleh pengajar. Hal ini bertujuan agar siswa tersebut dapat mempelajari materi pembelajaran terlebih dahulu, sebelum mengikuti kelas online. Dengan begitu para siswa tersebut bisa mengikuti kegiatan belajar online, yang dilakukan bersama pengajarnya.

Jenis Kelas Maya

Kelas online terbagi menjadi 3 jenis. Jenis tersebut berdasarkan perangkat lunak yang digunakan, untuk menunjang kegiatan belajar secara virtual. Masing-masing jenis kelas online, memiliki fungsinya sendiri.

1. Learning Management System

Learning Management System
Yuksinau

Learning Management System atau LMS adalah sebuah software yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional selama berjalannya kelas online. Kegiatan operasional tersebut mulai dari memberi materi secara online, laporan kegiatan siswa, keperluan administrasi, pembelajaran secara visual, hingga dokumentasi. Semua kegiatan tersebut, harus terkoneksi dengan jaringan internet.

2. Learning Content Management System

Learning Content Management System
Yuksinau

Software Learning Content Management System atau LCMS merupakan versi yang lebih bagus dari Learning Management System. Kegunaan LCMS adalah untuk mengelola, membuat, mempublikasikan, dan juga memperbaharui isi yang ada pada suatu sistem. Sistem tersebut dapat diakses menggunakan jaringan intranet dan internet.

3. Social Learning Network

Social Learning Network
Yuksinau

Social Learning Network atau SLN dapat dikatakan sebagai bentuk perkembangan dari software Learning Content Management System dan Learning Management System. SLN biasa digunakan untuk kegiatan kelas online, dalam lingkungan yang lebih besar. Dengan demikian akan memberikan dampak berupa perubahan sikap dan perilaku, yang terjadi pada sebagian siswa Anda. Namun ada juga sebagian siswa yang tidak mengalami perubahan apapun.

Tujuan Kelas Maya

Adanya kelas online memiliki tujuan tersendiri, dalam melanjutkan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan adanya kelas online ini, siswa dapat mengakses kegiatan pembelajaran tersebut dimana saja. Sehingga dapat dikatakan bila kelas online ini, tergolong praktis untuk dijalankan.

Berikut adalah tujuan kelas maya
  • Menciptakan kegiatan belajar mengajar yang dapat menghemat biaya dan waktu.
  • Memberikan kemudahan siswa untuk mengikuti pembelajaran kapan dan dimana saja.
  • Menciptakan minat belajar dengan suasana baru.
  • Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi komputer.
  • Memaksimalkan bakat yang dimiliki siswa, meski belajar secara virtual.

Manfaat Kelas Maya

manfaat kelas maya
manfaat kelas maya

Penerapan kelas online untuk kegiatan pembelajaran, ternyata memiliki manfaat yang cukup besar bagi para siswa. Salah satunya menjalin komunikasi tanpa batas antara siswa satu dengan lainnya. Dengan begitu, akan membuat para siswa tersebut saling mengenal satu sama lain. Diantara manfaat kelas maya adalah sebagai berikut.

1. Membangun Konektivitas

Hadirnya kelas online, memberikan manfaat tersendiri dalam membangun konektivitas yang terjadi pada seluruh siswa. Hal ini karena siswa tersebut bisa saling berkomunikasi di luar kelas online, untuk membahas materi yang belum dimengerti atau permasalah tugas. Kondisi ini sangatlah bermanfaat untuk para siswa.

2. Terkoneksi Internet tanpa Batas

Adanya kelas online, akan memberikan kesempatan kepada siswa untuk selalu terkoneksi jaringan internet tanpa batas. Sehingga para siswa bisa mengakses berbagai materi pembelajaran dengan sangat mudah dan cepat. Kemudian bila mengalami kesulitan, dapat mencari jawabannya dalam mesin pencarian Google.

3. Lebih Fleksibel

Kelas online dinilai sebagai kegiatan belajar yang fleksibel, karena dapat diakses kapan saja. Dengan begitu Anda bisa menetapkan jadwal kelas online sendiri, sesuai dengan kesibukan yang Anda miliki. Itulah yang membuat kelas online ini semakin banyak diminati dan mulai diterapkan dalam dunia pendidikan.

4. Memudahkan Kegiatan Pembelajaran

Kelas maya akan memberikan kemudahan untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Mulai dari tanya jawab, mengerjakan ujian, memberikan tugas, hingga memberikan penjelasan pada materi pelajaran. Kegiatan tersebut bisa menghemat waktu belajar, tanpa repot datang ke sekolah.

Fitur Kelas Maya

fitur kelas maya
fitur kelas maya

Kelas online memiliki fitur yang penting untuk mendukung kegiatan belajar. Tanpa fitur kelas maya tersebut, para siswa tidak bisa mengikuti kegiatan yang diselenggarakan secara virtual tersebut. Itulah mengapa fitur kelas online tersebut harus dipahami terlebih dahulu, sebelum mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran secara virtual. Berikut adalah fitur-fitur kelas maya yang harus kamu ketahui.

  • Konten dan tujuan belajar harus saling berhubungan satu sama lain.
  • Menerapkan kegiatan berinteraksi, misalnya praktek dan contoh.
  • Menggunakan media gambar, video, dan teks, sebagai metode pembelajaran.
  • Kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara mandiri atau didampingi dengan pengajar.
  • Selalu melakukan inovasi baru dan penambahan wawasan untuk mewujudkan tujuan belajar.

Kelebihan Kelas Maya

kelebihan kelas maya

Kegiatan pembelajaran melalui kelas maya, memiliki kelebihan untuk diterapkan. Itulah mengapa banyak yang mulai beralih menggunakan kelas online, dibandingkan dengan belajar secara tatap muka. Oleh sebab itu, jangan ragu lagi untuk mengikuti kelas online. Karena ada beberapa kelebihan kelas maya sebagai berikut.

1. Kegiatan Pembelajaran Lebih Mudah

Umumnya kegiatan belajar secara virtual, tergolong lebih mudah untuk dilakukan. Hal ini karena Anda bisa memilih waktu belajar yang sesuai dengan aktivitas sehari-hari Anda. Tidak hanya itu Anda juga bisa mengakses kegiatan belajar dimana saja, asalkan dapat terhubung dengan jaringan internet. Sehingga tidak membuat Anda ketinggalan kegiatan belajar, bila harus bepergian ke luar kota.

2. Kegiatan Belajar Lebih Santai

Kemudahan belajar yang bisa diakses dimana saja, akan membuat Anda sebagai siswa lebih santai. Begitu juga dengan pengajar, sebagai pendukung proses belajar siswa. Dengan belajar secara online, siswa bisa lebih dalam untuk mempelajari materi yang sudah diberikan pengajar. Sehingga akan memberikan pemahaman yang lebih, kepada siswa tersebut.

3. Mendapatkan Teman Baru

Bagi siswa baru kegiatan belajar secara online, bisa membuatnya mendapatkan teman baru. Hal ini karena satu siswa dengan siswa lain akan saling berkomunikasi. Dengan begitu akan membuat satu kelas online tersebut, mengenal teman barunya.

Kekurangan Kelas Maya

kekurangan kelas maya
kekurangan kelas maya

Kegiatan belajar dalam kelas online, ternyata memiliki kekurangan di dalamnya. Kekurangan tersebut akan membuat siswa memiliki sikap dan perilaku yang lebih buruk dari semula. Oleh sebab itu bila siswa akan melakukan belajar virtual, harap diawasi secara ketat. Diantara kekurangan kelas maya adalah sebagai berikut.

1. Merusak Mata

Kegiatan pembelajaran yang diakses melalui perangkat komputer, akan membuat mata anak menjadi terganggu. Hal ini karena anak dipaksa untuk memperhatikan materi pembelajaran, secara terus menerus. Akibatnya anak Anda harus menggunakan alat bantu kacamata, agar bisa melihat dengan jelas. Kondisi ini sangat disayangkan, karena anak usia dini sudah harus menggunakan kacamata.

2. Membuat Malas Belajar

Pembelajaran secara virtual, membuat anak menjadi kecanduan dengan dunia internet. Alhasil anak akan lebih sering menghabiskan waktu untuk bermain game online, dibandingkan belajar online. Akibatnya ketika waktu belajar dimulai, anak akan merasa malas.

3. Menyulitkan Masyarakat Kalangan Bawah

Kelas online yang membutuhkan perangkat komputer dan jaringan internet, akan menyulitkan masyarakat kalangan bawah. Sehingga mereka harus berjuang mencari uang, untuk mencukupi kegiatan belajar anaknya. Padahal mereka juga membutuhkan uang untuk makan dan mencukupi kebutuhan lainnya.

Komponen Kelas Maya

komponen kelas maya
komponen kelas maya

Pada kegiatan belajar dalam kelas online, dibutuhkan beberapa komponen. Hal ini bertujuan untuk mendukung kegiatan pembelajaran secara virtual. Sehingga dapat dikatakan bila komponen kelas maya ini sangatlah penting. Adapun komponen kelas maya yang harus anda siapakan adalah sebagai berikut.

  • Para pengajar wajib memiliki materi pelajaran sendiri, meskipun diadakan kelas secara online.
  • Kegiatan pembelajaran wajib melalui perangkat komputer, laptop, atau handphone.
  • Menggunakan software khusus untuk kelas online.
  • Menciptakan metode belajar sekreatif mungkin, agar siswa tidak bosan.
  • Membutuhkan jaringan internet untuk mengakses kelas online.

Hadirnya kelas maya memberikan dampak positif dan negatif bagi siswa. Bila Anda menggunakan kelas online tersebut dengan sebaik mungkin, maka sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan merasakan manfaat di dalamnya. Begitu juga sebaliknya. Oleh sebab itu, bijaklah dalam mengikuti kegiatan pembelajaran secara virtual.

Tinggalkan komentar