Lembaga Keuangan Bukan Bank

Apakah Anda sudah mengetahui bahwa ternyata ada lembaga keuangan yang tidak disebut sebagai bank? Mungkin, sebenarnya banyak masyarakat yang sudah mengenal lembaga-lembaga keuangan tersebut, tetapi tidak mengetahui bahwa lembaga tersebut termasuk lembaga keuangan bukan bank atau LKBB.

Dalam perkembangan perekonomian Indonesia, setiap lembaga keuangan memiliki peran masing-masing yang sangat penting. Setiap LKBB memiliki kriteria yang berbeda, namun semua lembaga tersebut memiliki peran yang sama dalam mendorong pergerakan ekonomi di masyarakat.

Pengertian Lembaga Keuangan Bukan Bank atau LKBB

Lembaga keuangan bukan bank merupakan sebuah lembaga atau badan usaha yang menjalankan aktivitas dalam bidang keuangan secara langsung atau tidak langsung. Kegiatan yang dilakukan yaitu mengumpulkan dana dari masyarakat. Berdasarkan Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan, lembaga ini bisa menerbitkan surat berharga dan menyalurkan dana yang sudah dihimpun.

Fungsi dari Lembaga Keuangan Bukan Bank

Lembaga keuangan bukan bank memiliki beberapa fungsi penting dalam perekonomian Indonesia. Berikut merupakan fungsi dari LKBB, yaitu:

  1. LKBB membuat surat-surat berharga untuk menghimpun dana dari masyarakat. Dana tersebut disalurkan kembali dalam bentuk permodalan bagi perusahaan yang memerlukan dana.
  2. LKBB menyediakan bantuan dana dalam bentuk kredit untuk masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak terjebak dalam utang yang diterapkan oleh renternir dengan bunga yang sangat tinggi.
  3. LKBB turut membantu pemerintah dalam upaya pembangunan, terutama di bidang ekonomi serta keuangan.
  4. LKBB turut membantu dalam mendorong pembangunan ekonomi dan industri melalui pasar modal.
  5. LKBB membantu memperluas sumber pembiayaan dan menstimulasi penyertaan modal untuk kegiatan usaha.

Beberapa LKBB merupakan alternatif bagi seseorang, dalam hal menyimpan dana. Hal tersebut biasanya dilakukan oleh orang yang tidak ingin membuka rekening di bank atau hanya ingin memisakan dana yang dimiliki. Seperti bank, masyarakat juga bisa melakukan pengajuan pinjaman di LKBB. Umumnya, orang yang ingin meminjam harus menyertainya dengan jaminan.

Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan Bank

Terdapat banyak sekali lembaga keuangan bukan bank di Indonesia. Namun, ada beberapa LKBB yang sering ditemui, yaitu:

1. Pegadaian

Pegadaian merupakan sebuah lembaga yang termasuk BUMN yang memiliki fungsi dalam kegiatan penyaluran kredit untuk masyarakat. Kegiatan yang dilakukan oleh pegadaian, diatur dalam hukum gadai. Oleh karena itu, masyarakat bisa terhindar dari bunga yang tinggi. Lembaga ini sangat banyak digunakan oleh masyarakat karena prosesnya yang mudah.

Perlu Anda ketahui, produk-produk yang ditawarkan oleh pegadaian beberapa di antaranya, yaitu gadai konvensional, gadai emas, gadai syariah, jasa penitipan barang berharga, serta jasa taksiran dan sertifikasi logam mulia.

2. Koperasi Simpan Pinjam

Lembaga keuangan koperasi ini akan menghimpun dana dari setiap anggota, dan dana tersebut disalurkan kembali untuk anggota atau nonanggota. Pemasukan yang didapat dari koperasi diperoleh dari anggota serta pinjaman yang diperoleh dari lembaga keuangan lain.

Tujuan koperasi simpan pinjam yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dari setiap anggota serta masyarakat secara umum. Beberapa contoh koperasi yang sering dijumpai adalah koperasi unit desa, koperasi pasar, dan koperasi serba usaha.

3. Perusahaan Leasing atau Multifinance

Jika Anda ingin membeli mobil atau motor dengan cara angsuran, maka biasanya Anda akan mencari perusahaan leasing yang tepat. Perusahaan multifinance atau leasing merupakan LKBB yang menawarkan layanan berupa pembiayaan.

Cara yang digunakan yaitu sistem kontrak sewa yang sudah digabungkan dengan pembelian kepada perusahaan atau perorangan dengan cara angsuran. Jumlah angsuran yang dibebankan kepada orang yang menggunakan jasa tersebut bermacam-macam, biasanya bisa diangsur selama 12 bulan sampai 48 bulan tergantung kebijakan masing-masing.

Keuntungan menggunakan jasa dari perusahaan leasing adalah Anda bisa memeroleh asuransi kendaraan tersebut. Kerugiannya adalah akumulasi harga kendaraan yang Anda angsur menjadi lebih mahal, dibandingkan harga aslinya. Namun walaupun begitu, jasa dari perusahaan leasing ini sangat diminati oleh banyak orang.

Selain menawarkan jasa pembiayaan kendaraan, saat ini perusahaan leasing juga menyediakan pinjaman dana dengan agunan motor. Jika Anda ingin memilih perusahaan leasing, pilih perusahaan yang sudah terkenal dan terpercaya.

4. Pasar Modal

Pasar modal merupakan sebuah lembaga keuangan yang menjual surat-surat berharga untuk masyarakat, misalnya equitas, saham, obligasi, serta surat berharga lainnya. Jika Anda asing dengan nama pasar modal, mungkin Anda lebih mengenalnya dengan nama bursa efek, ya.

Di Indonesia, Anda bisa menemukan pasar modal di sekitar SCBD Sudirman, Jakarta dengan nama Bursa Efek Indonesia.Keunggulan dari pasar modal adalah dapat menyediakan sumber pembiayaan bagi dunia usaha dengan jangka panjang. Peran pasar modal bagi investor yaitu sebagai media untuk menyalurkan dana dengan maksimal.

5. Perusahaan Modal Ventura

Bagi sebagian orang, mungkin belum pernah mendengar mengenai perusahaan modal ventura. Perusahaan modal ventura merupakan lembaga keuangan yang memiliki aktivitas dalam menyediakan modal. Modal tersebut diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki prospek bisnis yang sangat menjanjikan dan memerlukan modal dalam jumlah yang besar.

Perusahaan modal ventura menawarkan bentuk pembiayaan berupa obligasi sampai pinjaman, dengan sifat khusus dan syarat pengembalian yang harus disepakati oleh kedua belah pihak terkait. Umumnya, bentuk modal berupa investasi. Perusahaan model ventura akan melihat perusahaan swasta dengan rekam jejak yang baik.

6. Perusahaan Asuransi

Perusahaan asuransi termasuk ke dalam LKBB yang bertugas dalam menghimpun dana masyarakat. Caranya yaitu dengan menarik premi nasabah setiap bulan dalam masa kontrak yang terdapat dalam polis asuransi.

Asuransi memiliki tujuan untuk mengendalikan keuangan nasabah. Hal itu agar bisa terjaga ketika terjadi suatu risiko yang tidak diinginkan dan memerlukan biaya. Dalam kehidupan, terdapat risiko yang harus selalu diperhatikan dan salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan jasa asuransi.

Dana yang dibayarkan kepada asuransi dapat diklaim jika terjadi risiko yang menimpa. Umumnya, dana tersebut tidak bisa dicairkan secara instan, perusahaan asuransi akan melakukan peninjauan terlebih dahulu. Hal itu untuk memastikan bahwa dana tersebut bisa dicairkan.

Beberapa di antara jenis asuransi yang umum di Indonesia, yaitu asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, serta asuransi bisnis.

7. Perusahaan Dana Pensiun

Salah satu lembaga yang termasuk ke dalam LKBB adalah perusahaan dana pensiun. Perusahaan dana pensiun merupakan perusahaan yang menyediakan jasa layanan jaminan pada masa tua. Cara kerja perusahaan ini adalah dengan memotong gaji karyawan setiap bulan. Selanjutnya, dana tersebut akan diserahkan kepada karyawan yang sudah pensiun.

Tujuan dari perusahaan dana pensiun adalah supaya karyawan yang sudah pensiun dan tidak bekerja lagi, namun tetap memiliki dana. Dana pensiun bisa dibilang sebagai tabungan jangka panjang. Perusahaan dana pensiun yang paling dikenal di Indonesia adalah Taspen dan BPJS Ketenagakerjaan.

Kini, Anda sudah mengetahui mengenai lembaga keuangan bukan bank. Ternyata, lembaga-lembaga tersebut merupakan bagian dari lembaga keuangan yang memiliki peran penting dalam perekonomian. Bagi Anda yang merasa memerlukan jasa keuangan, Anda bisa memilih layanan jasa keuangan dari lembaga-lembaga keuangan di atas sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

Tinggalkan komentar