Perangkat Lunak (Software) : Pengertian, Fungsi, Macam, Contoh

Pengertian Perangkat Lunak (Software) – Penggunaan komputer dan laptop sudah menjadi kebiasaan setiap hari. Khususnya ketika sedang bekerja. Namun teknologi tersebut tidak akan bisa dioperasikan, kalau tidak menggunakan perangkat lunak komputer atau software di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa keberadaan software ini sangatlah penting untuk mengoperasikan komputer dan laptop.

Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan kali ini, tahukah kamu apa itu sofware? Jika belum, maka sangat tepat sekali kamu berada dalam artikel kali ini untuk menambah pengetahuanmu tentang apa itu perangkat lunak, Karena kita akan bahas lengkap sesuai dengan daftar isi yang ada dibawah ini.

Pengertian Perangkat Lunak (Software)

pengertian perangkat lunak
pengertian perangkat lunak

Pengertian perangkat lunak komputer adalah kumpulan data berupa digital yang dioperasikan dan disimpan dalam perangkat komputer atau laptop. Data digital tersebut nantinya akan berjalan sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pengguna. Untuk wujud dari software tersebut berupa program yang diinstal di dalam komputer dan laptop, agar dapat dioperasikan dengan baik.

Jadi bisa dikatakan bahwa pengertian perangkat lunak komputer adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mengoperasikan perangkat komputer lainnya, bentuk software yakni tidak berbentuk fisik seperti perangkat keras komputer (hardware).

Ada banyak software yang dapat Anda instal di dalam komputer dan laptop. Mulai dari software untuk kebutuhan edit foto dan video, mendengarkan musik, bermain game, mengetik surat, hingga hingga membuat desain grafis. Pada penggunaannya, Anda tidak perlu menginstal semua jenis software. Cukup instal software yang Anda butuhkan saja.

Fungsi Perangkat Lunak (Software)

fungsi perangkat lunak
fungsi perangkat lunak

Hadirnya perangkat lunak komputer di bidang teknologi, membawa fungsi tersendiri dalam mengoperasikan komputer. Dengan adanya fungsi dari perangkat lunak tersebut dapat dikatakan bahwa tanpa adanya software, Anda tidak dapat mengoperasikan komputer ataupun laptop.

[su_box title=”Fungsi perangkat lunak” box_color=”#020202″]

  • Memproses instruksi, data, dan perintah khusus agar komputer dapat beroperasi sesuai dengan keinginan Anda.
  • Sarana penghubung antara perangkat keras komputer dengan Anda sebagai pengguna.
  • Alat untuk mengidentifikasi suatu sistem yang ada dalam perangkat komputer.
  • Komponen penting untuk mengoperasikan perangkat keras, seperti sistem operasi.
  • Penerjemah sebuah instruksi khusus dengan bahasa pemrograman, agar dapat mengoperasikan komputer.
  • Mengontrol semua kinerja perangkat komputer agar berjalan sesuai keinginan pengguna.
  • Membuat pekerjaan lebih efisien.[/su_box]

Macam-Macam Perangkat Lunak (Software)

macam-macam perangkat lunak
macam-macam perangkat lunak

Ada berbagai macam software yang dapat digunakan dalam perangkat komputer. Anda dapat memilih software yang gratis atau berbayar. Biasanya software berbayar memiliki kualitas sangat baik, bila dibandingkan dengan yang gratis. Namun tidak sedikit software yang gratis, memiliki kualitas cukup baik. Itu semua tergantung kebutuhan Anda sebagai pengguna software. Adapun macam-macam perangkat lunak komputer yang harus kamu ketahui seperti dibawah ini.

1. Perangkat Lunak Berbayar

Perangkat lunak berbayar banyak dikembangkan oleh perusahaan ternama di dunia. Biasanya perangkat lunak tersebut, memiliki kualitas yang sangat baik. Sehingga tidak heran bila pihak perusahaan menerapkan sistem berbayar untuk setiap fitur yang dimiliki software tersebut. Selain itu bila software tersebut memiliki versi terbaru, maka Anda harus membayar lagi untuk bisa menggunakan yang sudah terupdate tadi.

Perlu Anda ingat bila Anda sudah membeli dan memiliki perangkat lunak berbayar, Anda tidak boleh menyebarluaskannya kepada orang lain. Hal ini karena tindakan tersebut tergolong ilegal dan Anda bisa tersandung masalah hukum. Contoh perangkat lunak komputer yang berbayar antara lain Microsoft Windows, Microsoft Office, dan juga Corel Draw.

2. Perangkat Lunak Gratis / Freeware

Perangkat lunak komputer gratis atau freeware bisa Anda gunakan kapan saja, tanpa batas waktu. Software ini sangat cocok untuk Anda yang tidak memiliki uang, namun sangat membutuhkannya untuk untuk menyelesaikan pekerjaan Anda. Sehingga Anda dapat menggunakan semua fitur dari software tersebut, tanpa dituntut untuk membayarnya.

Software yang bisa digunakan secara gratis, tetap memiliki hak cipta di dalamnya. Sehingga tergolong legal di mata hukum. Dengan begitu, perusahaan software tersebut dapat melakukan pembaharuan secara terus menerus. Contoh perangkat lunak komputer yang dapat digunakan secara gratis antara lain Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Internet Explore.

3. Free Software

Cara mendapatkan perangkat lunak bebas atau free software berbeda dengan freeware. Bila free software Anda wajib melakukan pembayaran terlebih dahulu, agar bisa mendapatkannya. Kemudian untuk pemakaian selanjutnya, Anda bisa menggunakannya tanpa membayar lagi. Berbeda dengan freeware yang bisa digunakan software, tanpa harus membayar sedikitpun.

Keunikan dari free software adalah Anda bebas untuk menyebarluaskan, mendistribusikan, bahkan memodifikasi perangkat lunak tersebut. Hal ini karena Anda memiliki hak penuh terhadap software tersebut. Sehingga dapat dikatakan bila software tersebut sudah legal. Contoh perangkat lunak komputer jenis ini yakni seperti: Linux, Ubuntu, Darwin, Debian, OpenSolaris, dan BSD.

4. Shareware

Perangkat lunak uji coba atau shareware dapat Anda gunakan tanpa membayar sepeserpun alias gratis. Namun Anda hanya bisa menggunakan software tersebut dalam kurun waktu beberapa hari saja. Bila waktu yang ditentukan sudah habis, Anda wajib membayar software tersebut. Itulah yang membedakan shareware ini dengan freeware atau perangkat lunak gratis.

Software yang tergolong dalam shareware, biasanya disebarluaskan sebagai perangkat lunak versi demonstrasi atau evaluasi saja. Sehingga Anda hanya bisa menggunakan beberapa fitur yang ada dalam perangkat lunak tersebut. Cara ini dilakukan untuk membuat para pengguna mengetahui fungsi dan kelebihan yang ada dalam software tersebut. Contoh perangkat lunak uji coba adalah aplikasi anti virus.

5. Malware

Perangkat lunak perusak atau malware sangat berbahaya bagi orang yang menyalahgunakannya. Pembuatan malware ini memang untuk menyusup dan merusak sistem yang ada dalam perangkat komputer, tanpa sepengetahuan pemiliknya. Hingga kini malware sudah berkembang pesat di berbagai perangkat.

Cara kerja perangkat lunak perusak yaitu dengan berkamuflase menjadi software lain. Misalnya Anda ingin masuk dalam website bank, maka malware tersebut akan mengarahkan Anda situs bank palsu. Kemudian malware tersebut mengambil seluruh data penting Anda dengan sangat mudah. Ada beberapa produk malware antara lain spyware berupa software pengintai, virus komputer, adware berupa iklan yang tidak jujur, dan Bancos berupa pencuri data penting.

Contoh Perangkat Lunak (Software)

contoh perangkat lunak
contoh perangkat lunak

Akhir-akhir ini banyak bermunculan perangkat lunak yang dapat digunakan oleh berbagai macam komputer dan juga laptop. Setiap perangkat lunak pasti memiliki kualitas dan fungsinya sendiri. Sayangnya tidak semua software bisa Anda dapatkan secara gratis. Adapun contoh-contoh software yang dapat kamu ketahui seperti dibawah ini.

1. Software System

Bagi Anda para pengguna komputer pasti sudah paham tentang sistem operasi dan juga kualitasnya. Namun tidak semua orang cocok dengan berbagai macam sistem operasi yang tersedia. Hal ini karena ada beberapa sistem operasi yang berbayar. Sehingga tidak heran bila masyarakat lebih memilih sistem operasi gratis dan berkualitas baik. Contoh sistem operasi antara lain Windows (sering digunakan di dalam perangkat komputer dan laptop), Linux, dan Mac.

2. Software Browser

Software browser atau situs pencarian seringkali digunakan ketika akan berjelajah dalam dunia internet. Ada banyak software browser antara lain Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer, dan Opera Mini. Software browser Chrome seringkali digunakan oleh masyarakat luas. Hal ini karena software tersebut memiliki tampilan rapi dan enak dipandang.

3. Microsoft Office

Software Microsoft Office seringkali digunakan oleh para pelajar dan karyawan perkantoran. Hal ini karena software tersebut digunakan dalam kegiatan pengetikan. Contoh Microsoft Office antara lain Excel, Word, Powerpoint, Publisher, dan Outlook. Masyarakat seringkali menggunakan microsoft word dalam proses pengetikan.

4. Paint Software

Paint software seringkali digunakan oleh para desainer dan arsitek untuk membuat desain. Hal ini karena software tersebut berfungsi untuk mengolah desain atau gambar menjadi bentuk 3 dimensi. Contoh paint software antara lain Adobe Photoshop, Corel Draw, Photoscape, dan Paint. Software Adobe Photoshop dan Corel Draw seringkali digunakan oleh masyarakat untuk membuat desain.

5. Software Anti Virus

Saat ini banyak serangan malware yang sangat berbahaya. Sehingga muncul penangkal malware berupa software anti virus. Dengan software ini semua data penting dalam perangkat komputer Anda, dapat terlindungi dengan sangat baik. Contohnya antara lain Smadav, AVG, Avast dan, Norton.

Perangkat lunak komputer sangatlah penting untuk mengoperasikan komputer dan laptop. Hal ini karena perangkat lunak tersebut akan menjalankan tugas sesuai dengan keinginan penggunanya. Untuk mendapatkan perangkat lunak tersebut, Anda harus membayar sesuai dengan ketentuan yang telah dilakukan. Namun ada juga perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis.

Tinggalkan komentar