10 Contoh Teks Amanat Pembina Upacara yang Menarik [Terbaru]

Amanat pembina upacara – sebelum menyampaikan amanat atau pesan kepada siswa sd/smp/sma/smk, pembina biasanya membutuhkan referensi contoh teks pembina upacara tentang tema menarik yang ingin disampaikan. seperti: kebersihan, motivasi rajin belajar, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, pramuka, 17 agustus, hari guru, hari kartini dan lain-lain.

Bagi Anda yang sedang mencari referensi materi tentang amanat pembina upacara yang akan disampaikan besok, sangat tepat sekali anda berada di website ini. Karena kami telah mengumpulkan berbagai contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk disampaikan kepada siswa/siswi saat upacara.

amanat pembina upacara sd
amanat pembina upacara sd

10 Contoh tema amanat pembina upacara yang menarik untuk di bahas sepanjang waktu baik untuk sd, smp,mts, sma maupun smk. Apa saja ya tema amanat itu?

  1. Kebersihan
  2. Rajin Belajar
  3. Akhlak Sopan Santun
  4. Tanggung Jawab
  5. 17 Agustus
  6. Disiplin
  7. Motivasi Belajar
  8. Pramuka
  9. Hari Guru
  10. Hari Kartini

NB : Contoh teks amanat pembina upacara yang yang kami sajikan, bisa di sampaikan pada saat upacara bendera hari senin, apel pramuka, hari guru, hari pahlawan, hari kartini, dan bisa di sesuaikan dengan kondisinya ya.

Sebelum kita lanjut ke berbagai contoh teks amanat upacara, alangkah lebih baiknya Anda terlebih dahulu membaca mengenai pengertian, tujuan, unsur-unsur pidato dan metode-metode dalam berpidato agar Anda lebih menguasai panggung sehingga membuat Anda lebih percaya diri dan menguasai materi. Yuk simak materi selengkapnya dengan daftar isi dibawah ini.

Amanat Pembina Upacara?

amanat pembina upacara
amanat pembina upacara

Pembina Upacara

Pembina upacara adalah salah satu pejabat tertinggi dalam sebuah upacara yang mendapatkan penghormatan tertinggi dari seluruh peserta yang mengikuti upacara tersebut.

Apasih tugas seorang pembina upacara?

Iya, sebenarnya Anda sudah tahu, cuman sulit dalam mengungkapkan dalam sebuah kata-kata, hehe kaya apa aja :D.

Tugas pokok dari pembina upacara yaitu mengesahkan pelaksanaan upacara ,menyampaikan amanat pembina upacara serta bertanggung jawab terakhir dalam pelaksanaan upacara.

Pengertian Amanat Pembina Upacara

Pertama, amanat yaitu pesan atau perintah secara umum berarti sesuatu kegiatan yang mendorong penyair untuk berbicara di depan khalayak umum, dan disampaikan kepada banyak orang. Karena kita sudah tahu pengertian amanat dan pembina upacara diatas.

Jadi intinya amanat pembina upacara adalah suatu pesan atau perintah yang disampaikan oleh pejabat tertinggi kepada seluruh peserta upacara untuk mengajak, memberi nasehat-nasehat demi kemaslahatan bersama.

Tujuan Amanat Pembina Upacara

Tujuan-tujuan dari amanat pembina upacara adalah:

  1. Menyampaikan pesan atau informasi yang bermanfaat.
  2. Mengajak dan mendorong pendengar untuk berbuat hal positif dan berguna.
  3. Menambah wawasan dan pengetahuan.

Yang mana, semua itu ditujukan kepada seluruh peserta upacara.

Metode Amanat Pembina Upacara

Sebelum menyampaikan amanat kepada khalayak umum sudah seharusnya Anda mengetahui metode amanat upacara atau pidato yang dibagi menjadi 3, apa saja itu?

3 Jenis metode dalam amanat pembina upacara adalah:

  1. Metode menghafal, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara menyiapkan strategi dan menghafal teks terlebih dahulu sebelum tampil di khalayak umum.
  2. Metode serta merta, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan mengandalkan pengalaman dan wawasan pribadi, tanpa adanya persiapan. Metode serta merta sering digunakan dalam keadaan mendesak dan tak terduga. Meskipun bukan  berarti tanpa persiapan ya, untuk bisa berhasil di metode ini kita harus sering banyak belajar dan memperkaya pengetahuan.
  3. Metode naskah, yakni berpidato dan menyampaikan amanat dengan cara memakai naskah atau teks yang sudah disiapkan lebih dulu. Namun, metode naskah ini umumnya hanya digunakan pada saat pidato-pidato resmi saja. Hal ini untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak diinginkan.

Susunan Teks Amanat Pembina Upacara

susunan teks pembina upacara
susunan teks pembina upacara

Berikut susunan teks pidato/kata sambutan yang sering kali digunakan ketika tampil sebagai pembina upacara:

  1. Pembukaan/Mukhadimah, yakni mencakup kata penghormatan kepada seluruh peserta upacara dan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Sholawat atas Nabi Muhammad SAW beserta para pengikutnya.
  2. Pendahuluan , yakni terdiri dari ringkasan atau tema dari pidato yang akan disampaikan.
  3. Isi teks atau materi inti pidato, yakni berisi dari maksud, tujuan, sasaran dan langkah-langkah.
  4. Penutup , yakni terdiri dari kesimpulan, harapan, pesan serta salam penutup.

Tips Menyampaikan Amanat Pembina Upacara

tips menyampaikan amanat pembina upacara
tips menyampaikan amanat pembina upacara

Sebelum menyampaikan amanat Pembina upacara, sebaiknya anda sudah menyiapkan beberapa hal mengenai langkah-langkah sebelum tampil. Apa saja itu?

Berikut adalah hal-hal yang bisa anda jadikan referensi dalam persiapan menjadi pembina upacara:

  1. Tentukan jenis tema amanat upacara yang menarik dan sesuai dengan hari, moment, dan tentunya sesuai dengan peserta.
  2. Ketahui berapa lama durasi waktu penyampaian amanat yang telah disediakan.
  3. Susun kalimat yang mudah dipahami, berbobot, namun tidak menyulitkan peserta upacara.
  4. Pastikan anda sudah mendalami isi teks amanat yang akan di sampaikan pada hari upacara.
  5. Yang paling penting yakni baca doa sebelum tampil.

Kumpulan Contoh Teks Amanat Pembina Upacara

Berikut adalah kumpulan berbagai tema contoh teks amanat pembina upacara yang menarik untuk sd/smp/mts/sma maupun smk. Yuk, silahkan pilih tema pembina upacara yang sesuai dibawah ini:

Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Kebersihan

amanat pembina upacara tentang kebersihan
contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan

Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan, yang mana kebersihan merupakan tema amanat yang selalu menarik untuk di bahas mulai dari pendidikan tk, sd, smp, hingga sma. Kebersihan harus ditanamkan mulai sejak kecil. Dan sebagai seorang muslim kita semua pasti tahu bahwa ” kebersihan sebagian dari iman”. Silahkan baca contoh teks amanat pembina upacara tentang kebersihan di bawah ini.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Kebersihan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang Saya Hormati Bapak Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia pada pagi hari ini.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT, yang mana telah memberikan banyak nikmatnya yang tak terhitung banyaknya sehingga kita dapat berkumpul di apel ini dengan keadaan sehat semuanya.

Yang kedua kalinya yaitu mari kita sanjungkan shalawat dan salam kepada uswatun khasanah kita, yakni Nabi Agung Muhammad SAW yang mana telah membawa kita dari zaman yang gelap gulita menuju zaman yang terang benderang. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan syafaat dari beliau pada yaumil akhir kelak aamiin…

Dalam kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk menyampaikan sebuah amanat pembina upacara dengan tema “Kebersihan Sekolah

Kita semua tahu sekolah merupakan tempat belajar-mengajar. Yang mana proses belajar-mengajar di sekolah dilakukan dari pagi hingga siang hari, Di sekolah inilah siswa dibimbing agar menjadi anak yang pandai, yang memiliki akhlak, sopan santun sehingga menjadi anak yang berguna keluarga, masyarakat serta bangsa dan negara.

Maka dari itu, untuk menumbuhkan rasa nyaman dalam proses belajar-mengajar maka kita semua harus bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan di sekolah. Saya yakin, kebersihan akan membuat kita semua lebih nyaman dan enak dalam proses belajar mengajar, Sehingga kita semua akan terhindar dari penyakit-penyakit dan lebih betah untuk menempatinya.

Dalam menjaga kebersihan sekolah yang efektif,  tidak hanya petugas piket saja yang harus bekerja dan bertanggung jawab. Namun semuanya harus saling menjaga, Jadi selain petugas piket kelas juga diwajibkan untuk menjaga lingkungan sekolah bersama.

Seperti halnya: membuang sampah pada tempatnya, tidak mencoret-coret meja, kursi, dinding dll, Kemudian kalau buang air kecil sebaiknya disiram baik sebelum kencing maupun sesudah agar tidak menimbulkan bau yang akan mengganggu warga sekolah yang lain.

Mungkin itulah amanat pembina upacara tentang kebersihan sekolah yang bisa saya sampaikan. Sementara akan kita coba dulu untuk menerapkan bersama-sama. Namun jika program ini tidak bisa berjalan, maka akan kami adakan peraturan-peraturan terkait kebersihan sekolah. Yang mana jika ada yang melanggar, maka akan ada hukumannya.

Nah, sebelum peraturan itu di buat saya mohon kerjasamannya agar saling menjaga kebersihan sekolah demi kenyamanan bersama tanpa adanya aturan yang ketat.

Demikianlah amanat pembina upacara pada hari ini yang dapat saya sampaikan.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Rajin Belajar

amanat pembina upacara tentang rajin belajar
contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar

Selanjutnya yakni contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar.  Di jaman sekarang banyak anak-anak yang mengesampingkan belajar, hal ini karena mereka lebih suka main game ketimbang belajar. Untuk itu sebagai pembina upacara, tidak cukup kita untuk memerintahkan anak-anak agar rajin belajar.

Namun pembina upacara juga harus menjelaskan pentingnya belajar atau alasan-alasan mengapa harus belajar? Sebagai penyampai amanat pembina upacara, sebaiknya sering-seringlah belajar atau membaca contoh teks amanat pembina upacara tentang rajin belajar seperti di bawah ini.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Rajin Belajar

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati Bapak Kepala sekolah…

Bapak/Ibu guru beserta staf tata usaha yang saya hormati…
Dan tak lupa Anak-anakku, siswa dan siswi yang saya cintai…

Alhamdu lillahi rabbil ‘alamin, segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam yang telah memberikan beribu kenikmatan kepada kita semua, dengan rahman rahim-Nyalah kita bisa berkumpul pada hari ini dengan keadaan yang baik dan sehat.

Kemudian sholawat serta salam yang selalu tercurahkan kepada Baginda Rasulullah Muhammad SAW yang membuat kita lepas dari zaman jahiliyah ke zaman terang benderang dengan agama islam, dan tidak lupa kepada keluarganya, sahabatnya dan seluruh pengikutnya hingga kepada kita semua. Mudah-mudahan kita semua diiringi syafa’atnya hingga yaumil akhir aamiin…

Dalam kesempatan kali ini saya akan mengambil tema amanat pembina upacara tentang rajin belajar

Belajar merupakan sebuah proses untuk mengetahui dan memahami
Belajar, akan membuat seseorang mengetahui dan paham terhadap apa yang telah ia pelajari.

Didalam belajar, tanpa kesungguhan kita tidak akan paham terhadap ilmu yang kita pelajari. Maka dari itu, motivasi belajar sangat diperlukan oleh setiap orang agar bersungguh-sungguh.

Nah, tugas kalian yaitu silahkan temukan motivasi belajar dari dalam diri kalian sendiri, agar setiap apa yang kalian pelajari dapat mengubah kamu dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi banyak tahu dan dari tidak mengerti menjadi paham atau sampai ahli.

Mungkin memang sulit, namun bapak juga pernah merasakan ketika se-usia kalian. Dulu ketika bapak masih menjadi siswa, juga merasakan kesulitannya. Namun, setelah bapak mengetahui motivasi belajar yaitu untuk memerangi kebodohan dan kesusahan di masa yang akan datang. Maka rajin belajar sudah otomatis tumbuh dalam diri bapak dan belajar lebih menyenangkan lagi.

Pesan dari bapak untuk kalian yakni ingatlah ketika seseorang mempunyai motivasi yang besar, maka semakin besar pula peluang keberhasilan untuk kalian.

Yang terakhir yaitu temukan motivasimu, untuk apa kalian belajar? maukah kalian mengalami kebodohan dimasa yang akan datang? Jika tidak, maka tidak ada alasan lagi bagi kalian, selain rajin belajar dan bersungguh-sungguh dalam belajar.

Mungkin itulah amanat pembina upacara pada hari senin ini yang bisa bapak sampaikan.

Semoga amanat ini membuat kalian sadar betapa pentingnya motivasi belajar untuk sebuah meraih keberhasilan dan kesuksesandi masa yang akan datang. Apabila ada salah kata, bapak mohon maaf yang sebesar-besarnya dan bernarnya hanya dari Allah SWT.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Akhlak / Sopan Santun

amanat pembina upacara tentang akhlak
contoh teks amanat pembina upacara tentang akhlak

Kemudian yakni “Sopan Santun” yang mana, tema ini sangat penting untuk disampaikan sejak kecil. Di jaman sekarang banyak anak-anak yang sudah kehilangan sopan santunnya. Untuk itu, sopan santun termasuk jenis teks amanat pembina upacara sd mengenai akhlak yang harus ditanamkan sejak dini.

Nah sebelum pembina upacara menyampaikan amanatnya, maka diperlukan banyak sumber referensi atau materi yang harus di siapkan. Untuk itu kami menyediakan contoh-contoh teks amanat singkat yang bisa menambah materi Anda untuk disampaikan kepada siswa-siswi di sekolah. Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang akhlak atau sopan santun.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Akhlak Sopan Santun

Pembukaan:

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh…

Segala puji bagi Allah SWT tuhan semsta alam yang atas nikmat dan izin-Nyalah kita bisa bertemu di kesempatan yang berbahagia ini. Dan tak pernah lupa, mari kita haturkan shalawat dan salam atas jujungan kita, sesosok manusia terbaik yang menjadi teladan kita yakni kanjeng nabi Muhammad SAW. Berkat jasa beliaulah kita semua bisa merasakan nikmat iman, islam, dan ihsan.

Isi Amanat:

Untuk anak-anakku semuanya, khususnya siswa-siswi SD … yang sangat bapak cintai dan sayangi. Dalam kesempatan kali ini, saya sebagai pembina upacara akan menyampaikan sebuah amanat yang bertema tentang akhlak atau lebih khususnya tentang “sopan santun“.

Sikap yang sudah seharusnya dibiasakan semenjak kecil yakni adalah sopan santun. Yang mana sopan santun termasuk akhlak terpuji. Tidak hanya itu, pertama kali bertemu dengan seseorang pasti yang dinilai adalah akhlaknya atau sopan santun ini, bukan lulusannya, pangkat, jabatan atau yang lainnya.

Karena itu, sikap sopan dan santun ini sangat bagus untuk dimiliki oleh setiap orang yang mana banyak manfaat dan kebaikannya ketika kita menunjukan sikap yang demikian itu. Seperti misal: kita akan disenangi oleh banyak orang, dihargai, dihormati dan masih banyak lagi manfaat yang akan kita dapatkan.

Nah, pertanyaannya siapa yang harus kita perlakukan dengan sopan dan santun? Dalam bersikap sopan dan santun ini, kita tidak boleh pandang bulu yakni kepada siapapun orang yang berhubungan dengan kita seperti orang tua, guru, teman bahkan orang yang tidak kita kenal tetap harus bersikap dengan sopan dan santun.

Untuk anak-anakku yang saya sayangi mari kita terus belajar dan berlatih untuk menerapkan sikap itu dalam kehidupan sehari-hari.
Gimana caranya, Mari kita mulai dari hal yang kecil-kecil ya anak-nak. Kita sepakati untuk mengunakan tutur kata yang lemah-lembut terhadap orang yang lebih tua seperti guru dan lain-lain.

Mulai hari ini coba kalian praktekkan sendiri-sendiri ya, kalau bicara harus menggunakan bahasa yang baik dan halus. Setelah itu, perhatikanlah orang yang sedang kalian ajak bicara. Sangar besar kemungkinan mereka juga akan membalasnya dengan baik juga.

Tidak hanya itu, sopan santun juga sanggup kita praktekkan dalam hal yang lain, dengan berperilaku dan bertindak dengan rendah hati. Seperti misal: ketika kalian berjalan melewati sekumpulan orang, kalian sanggup untuk mengucapkan permisi sambil memperlihatkan senyuman kepada mereka.

Kurang lebih seperti itulah hal-hal kecil sikap sopan santun yang bisa  kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat. Tugas kalian adalah mempraktekkan sikap sopan santun di dalam kehidupan sehari-hari mulai dari sekang, siap?

Kesimpulan:

Jika kita sebagai insan yang mulai niscaya ingin mendapat perlakuan sopan dari orang-orang yang berada di sekitar kita. Maka dari itu, kita harus penuhi dulu hak mereka untuk mendapatkan sikap sopan dan santun dari kita sebagai wujud akhlak kita dalam berhubungan dengan setiap orang. Dengan begitu, inshaallah akan terwujud sikap yang saling menghargai dan menghormati terhadap sesamanya.

Mungkin itulah yang amanat upacara yang bisa saya sampaikan kepada kalian selaku pembina upacara. Mudah-mudahan kita semua paham terhadap amanat pembina upacara tentang akhlak yang telah saya sampaikan dan bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat.

Sekian dari kami selaku pembina upacara, apabila ada kurang lebihnya saya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan benarnya hanya dari Allah SWT.

Wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh…

Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Tanggung Jawab

amanat pembina upacara tentang tanggung jawab
contoh teks amanat pembina upacara tentang tanggung jawab

Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara tentang tanggung jawab, yang mana tanggung jawab ini harus di terapkan dan diajarkan kepada murid-murid. Selain kita menyampaikan, penyampai amanat pembina upacara juga harus memberikan contoh tentang tanggung jawab. Agar pendidikan yang diperoleh, bisa membuat anak benar-benar paham.

Tanggung jawab adalah salah satu tema yang sangat menarik untuk di bahas, salah satunya di dalam pertemuan upacara bendera hari senin besok. Untuk itu, silahkan simak contoh teks amanat pembina upacara singkat berikut ini, dengan tema tanggung jawab.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Tanggung Jawab

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah, Bapak dan Ibu Guru beserta staf TU sekolah, juga siswa siswi yang berbahagia. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada hari ini dalam acara dan upacara

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya selaku pembina upacara untuk menyampaikan sepatah-dua patah kata kepada kalian semua untuk menyampaikan sebuah amanat tentang tanggung jawab.

Membicarakan tentang tanggungjawab mungkin bisa diartikan dengan konsekuensi yang harus diterima atas apa yang sudah dilakukan atau di pilihnya. Telah sering kita mendengar kata “lepas tanggungjawab” yang artinya tidak mau mempertanggungjawabkan terhadap perbuatannya atau bisa disebut “lempar batu sembunyi tangan”. Ada tiga hal penting yang harus dipahami oleh seorang pelajar atau siswa tentang tanggungjawab.

1. Tanggung jawab sebagai seorang pelajar/siswa

Setiap siswa-siswi diharuskan untuk menanamkan rasa tanggungjawab terhadap diri setiap pelajar. Terkait dengan tanggungjawab siswa sebagai pelajar diantara lain yakni belajar dengan baik, mengerjakan tugas sekolah dengan baik, seta disiplin dalam menta’ati tata tertib yang ada disekolah. Jadi intinya tanggungjawab harus dimiliki oleh setiap siswa atau pelajar.

Namun, dalam kenyataannya banyak siswa-siswi yang merasa terbebani kewajiban mereka sebagai pelajar. Di Jaman now siswa datang ke sekolah tujuannya bukan lagi untuk belajar, Namun, sekolah dijadikan sebagai tempat untuk ketemu, bisa kumpul dengan teman-teman, ngobrol dan lain-lain.

Padahal tugas sejati seorang pelajar, ya untuk belajar dan menimba ilmu. Akan tetapi ini realita dan potret siswa jaman now. Memiliki banyak keinginan namun tidak mau bersusah payah. Diibaratkan menyerah sebelum berjuang, dan merasa kalah sebelum bertanding.

2. Tanggung jawab sebagai seorang anak

Terkait dengan tanggungjawab sebagai seorang anak, kita tahu semua bahwa orangtua tidak menginginkan banyak hal kepada kita semua sebagai seorang anak. Namun, para orangtua hanya memiliki satu keinginan terhadap anaknya yakni agar anak-anak saya bisa bersekolah, belajar dengan baik sehingga kelak lulus mempunyai kehidupan lebih baik dari keadaan orangtuannya seperti sekarang. Sekali lagi, hanya itu wahai para siswa yang saya cintai dan sayangi.

Pernahkah kita membayangkan, bagaimana orangtua kita membanting tulang untuk mencari biaya agar kita bisa sekolah. Setiap orangtua tidak pernah terbersit sedikit pun didalam benak mereka untuk minta imbalan kepada kalian terhadap apapun yang telah mereka berikan.

Pernahkah kita memikirkan, bagaimana kerja keras orangtua kita yang hanya untuk kita, akan tetapi apa balasan yang kita berikan kepada mereka. Kenyataannya semua pengorbanan nya hanya kita balas dengan kemalasan dan hura-hura saja. Kita berpamitan ke sekolah untuk belajar, akan tetapi disekolah kita hanya bermalas-malasan, ngobrol dengan teman dll. Sekali lagi inilah potret siswa jaman now, mudah-mudahan kita tidak termasuk yang seperti itu.

3. Tanggung jawab sebagai seorang hamba

Sudahkah kita menjalankan kewajiban kita sebagai orang yang beragama. Kenyataannya, masih banyak diantara kita yang dibilang mampu secara akademis serta tercukupi dari segi materi juga, akan tetapi jiwanya kosong karena jauh dari agama.

Maka dari itu, setiap para siswa yang ada disini jangan pernah sekali-kali meninggalkan kewajiban sebagai seorang hamba, Janganlah banyak meminta akan tetapi kalian melupakan tugasmu sebagai seorang hamba Allah SWT.

Apakah kita hanya mau mendekatkan diri pada-Nya manakala ketika kita sedang mengalami kesusahan dalam kehidupan. Mungkin akan lebih nikmat jikalau kita mendekat kepada-Nya sebelum kita mengalami keadaan yang terhimpit yang akan memaksa kita untuk memohn kepada Allah SWT.

Nah mari kita bayangkan betapa indahnya hidup kita apabila ketiga tanggungjawab sebagai pelajar, anak, dan hamba saling terintegrasi. Insha Allah akn terbentuk siswa-siswi yang cerdas baik secara akademik serta terbentknya pribadi yang sholeh sholeha sehingga akan terbentuknya sebuah generasi penerus yang membanggakan untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Demikian yang bisa saya sampaikan Akhiru Kallam Wabillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Teks Amanat Pembina Upacara 17 Agustus Yang Menyentuh

amanat pembina upacara 17 agustus
contoh teks amanat pembina upacara 17 agustus

Selanjutnya yakni amanat pembina upacara 17 agustus, yang kita ketahui 17 agustus adalah hari kemerdekaan indonesia. Untuk menyambut HUT RI ada baiknya kita sebagai pembina upacara menyiapkan tentang apa yang mau kita sampaikan pada HUT RI 17 agustus nanti.

Kenapa harus dipersiapkan dengan matang? iya, karena HUT RI 17 agustus adalah hari untuk mengenang para pahlawan kita. Berikut adalah salah satu referensi dari contoh teks amanat pembina upacara 17 agustus yang menyentuh hati Anda.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara 17 Agustus

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad sallallahu ‘alaihi wasallam.

Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berusaha menyampaikan amanat pembina upacara yang berjudul Menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dengan meningkatkan Rasa Nasionalisme dan Patriotisme.

Hadirin yang dimuliakan Allah…

Tanggal 17 Agustus kita merayakan ulang tahun kemerdekaan negara kita. Untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme maka diperlukan untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan indonesia sebagai tanah air yang kita cintai.

Peringatan ini sekaligus mengajak dan memotivasi kita untuk lebih meningkatkan semangat belajar agar lebih rajin lagi. Khususnya untuk generasi muda, mari kita tunjukkan sebagai generasi yang mampu membuat negara tercinta kita aman, tentram, damai dan lebih maju lagi.

Betapa hebatnya para pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut kemerdekaan negara kita dari tangan penjajah. kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa kita.

Bentuk penghargaan tersebut yaitu dengan meneruskan perjuangan para pahlawan. Meneruskan perjuangan mereka bukan berarti berperang. Tetapi dengan meningkatkan kualitas diri. Maka perjuangan kita adalah memajukan bangsa ini.

Hadirin yang dimuliakan Allah…

Kemajuan negara dimasa yang akan datang ditentukanlah oleh peranan generasi muda saat ini. Namun, gimana jadinya apabila generasi muda sekarang lebih bersikap individualisme, bersikap hedonisme (hura-hura), dan bahkan banyak terjadi kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme pada generasi muda jaman now.

Keyakinan harus senantiasa ditumbuhkan dan harus ada dalam diri kita. Lakukan perubahan agar rakyatnya sejahtera. kita sekarang ini menjadi penopang bangsa Indonesia. Kita memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Marilah kita kaum muda Indonesia bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, selalu bersemangat dan selalu optimis untuk memberikan yang terbaik untuk tanah air tercinta. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar dan berprestasi. Harumkan nama bangsa di kancah dunia. Mari kita tunjukkan sikap nasionalisme dan patriotisme dalam mempertahankan eksistensi kemerdekaan indonesia sebagai tanah air yang kita cintai ini.

Kita harus yakin seyakin yakinnya, bahwa kita ini adalah generasi muda penerus bangsa yang mampu memberikan perubahan untuk bangsa tercinta ini. Selamat berjuang, semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang lebih baik.
Dirgahayu Indonesiaku.
Merdeka! Merdeka!

Demikianlah amanat pembina upacara yang singkat pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Amanat Pembina Upacara SD Tentang Disiplin

amanat pembina upacara sd tentang disiplin
contoh teks amanat pembina upacara tentang disiplin

Disiplin adalah contoh teks amanat pembina upacara sd. Disiplin memang cocok untuk di sampaikan sejak usia SD (sekolah dasar). Dengan kita sering menyampaikan amanat pembina upacara tentang disiplin, hal ini akan menumbuhkan sikap disiplin kepada siswa-siswi sejak dini.

Menyampaikan materi amanat tentang disiplin di dalam pelaksanaan upacara bendera adalah tugas seorang pembina. Untuk itu semakin banyak referensi, maka akan semakin bagus untuk persiapan kita sebagai pembina upacara sd/smp/sma. Berikut contoh teks amanat pembina upacara sd tentang disiplin yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara SD Tentang Disiplin

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat kepala SMA/SMP/SD Motomotif 89, yang terhormat wakil kepala SMA/SMP/SD Motomotif 89, serta anak anakku yang saya sayangi dan saya banggakan.

Rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita ucapkan, karena rahmat dan hidayahnya, kita dapat melakukan upacara bendera pada Senin ini dalam kondisi yang sehat.

Anak-anakku sekalian, pada pagi ini ada sedikit yang ingin saya sampaikan mengenai kedisiplinan yang merupakan dasar dari rasa tanggung jawab. Saya sampaikan kepada semua yang ada di lapangan ini, mungkin banyak yang menganggap bahwa kedisiplinan merupakan sesuatu hal yang merepotkan serta bertambah ribet dan terikat.

Seperti halnya pakaian diatur rapi, berseragam, datang tepat waktu, pulang tepat waktu semuanya diatur dalam satu aturan. Ribet dan tidak praktis bukan? Tapi bisakah kita melihat dari sisi lain dari keribetan ini? Dari aturan aturan yang sudah ditentukan, memiliki impact atau efek terhadap diri kita, atau manfaat untuk diri kita sendiri yaitu apa? Rasa tanggung jawab terhadap diri sendiri.

Dalam setiap aturan kedisiplinan pasti ada yang namanya sanksi, nah sanksi inilah yang bisa melatih diri kita untuk lebih disiplin. Bukan memberi rasa takut, tapi kita lihat dari segi lain. Yang mana memiliki efek yang permanen terhadap diri kita sendiri untuk masa depan kita sendiri.

Yang mana sikap disiplin ini akan kita bawa sampai kita tua. Karena kedisiplinan merupakan sebuah kebiasaan yang dilakukan sejak kita masih kecil. Maka dari itu, apabila kita tidak biasa bersikap disiplin, maka sampai masa tua pun kita akan menjadi orang yang kurang disiplin. Pasti ada rasa malas yang lebih kuat menutupi rasa disiplin tersebut.

Untuk kebaikan kita sendiri mari mulai sekarang detik ini juga, kita berjanji dengan diri kita sendiri untuk berdisiplin. Jika kalian tidak disiplin kalian kena sanksi, yang rugi juga bukan orang lain, tapi diri kalian sendiri. Itulah bentuk tanggung jawab yang terbangun oleh adanya kebiasaan berdisiplin.

Sebelum saya tutup akhir pidato/sambutan ini, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, jika ada kalimat dan tutur kata yang kurang berkenan serta kurang layak di dengar, sekian dari saya dan saya haturkan terima kasih.

Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Motivasi Belajar

amanat pembina upacara tentang motivasi belajar
contoh teks amanat pembina upacara tentang motivasi belajar

Selanjutnya yaitu contoh teks amanat pembina upacara tentang motivasi belajar yang bertujuan untuk memberi semangat kepada siswa-siswi agar muncul kesadaran bahwa belajar itu sangat penting. Dengan adanya pembina menyampaikan amanat tentang motivasi belajar.

Baca juga mengenai contoh teks pidato perpisahan

Di kala itu, siswa-siswi akan langsung semangat untuk belajar. Namun juga harus ada tindakan selanjutnya agar semangat belajar itu tetap konsisten. Berikut adalah contoh teks amanat pembina upacara sd tentang motivasi belajar.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Tentang Motivasi Belajar

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah,

Bapak ibu guru beserta staff yang saya hormati

Serta, anak-anakku yang saya cintai

Pertama dan yang paling utama mari kita panjatkan puji syukur kita kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul pada upacara hari ini. Dan tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat sampai para pengikutnya hingga yaumil kiamah nanti.

Pada hari yang berbahagia ini izinkanlah saya selaku pembina upacara untuk menyampaikan sepatah dua patah kata untuk meyampaikan amanat pada upacara hari ini.

Belajar adalah sebuah proses untuk memahami atau mencari tahu sebuah hal yang belum kita ketahui untuk menemukan kebenaran sebagaimana mestinya. Belajar akan lebih menyenangkan jika pembelajar (orang yang belajar) menghayati apa yang dipelajarinya.

Contoh kasus:

Ketika seseorang tertarik pada suatu hal, misalnya ingin bisa memainkan gitar. Apa yang akan dia lakukan? Ya, tepat sekali. Dia akan belajar gitar. Sebelumnya, mungkin dia akan menghayati setiap nada yang dihasilkan gitar tersebut, dan memperhatikan orang yang memainkan gitar itu dengan saksama.

Mengapa demikian? Karena ia mempunyai sebuah motivasi dan keinginan yang kuat untuk bisa bermain gitar sampai mahir. Dengan itulah yang membuat saya yakin, Pada suatu saat nanti dia akan mahir dalam bermain gitar.

Contoh kasus tersebut berlaku juga ketika kamu sedang belajar di kelas. Pada saat kamu mempunyai ketertarikan atau sebuah minat untuk mempelajari suatu mata pelajaran, seperti misal kamu menyukai pelajaran matematika, maka dalam diri kamu akan muncul motivasi yang besar, sehingga kamu akan berusaha menghafalkan rumus-rumus matematika dan melatih diri dengan mengerjakan soal-soal perhitungan. Betul, kan?

Jadi, sangat jelas. Motivasi itu memiliki peran dan fungsi yang penting dan baik dalam rangka meningkatkan semangat untuk mencapai keberhasilan (kesuksesan) dalam segala hal, termasuk dalam meraih prestasi, baik di sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah.

Saya yakin kamu adalah anak yang cerdas. Oleh karena itu, temukan apa yang “lebih” dari dirimu, fokus-lah pada hal tersebut, dan jadikan itu sebagai “batu loncatan” untuk meraih prestasi. Jangan ragu dengan apa yang kamu kerjakan selama itu baik dan benar.

Demikian yang bisa saya sampaikan akhiru Kallam WaBillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh..

Teks Amanat Pembina Upacara Pramuka

amanat pembina upacara pramuka
contoh teks amanat pembina upacara pramuka

Pramuka merupakan suatu kegiatan ekstrakulikuler yang hampir ada di setiap sekolah, bahkan ada sekolah yang mewajibkan untuk ekskul yang satu ini. Bagi petugas pembina upacara, kami telah siapkan contoh teks amanat pembina upacara pramuka yang bisa Anda jadikan rujukan sebelum menyampaikan amanat di acara pramuka nanti.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Pramuka

Asalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Salam Pramuka

Selamat sore Adik-adik!
Seperti biasa, pertama-tama mari kita ucapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT yang mana atas limpahan rahmat-Nya sore hari ini kita masih dipertemukan disini dalam keadaan yang sehat. Kemudian sholawat serta salam kepada Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan para pengikutnya sampai hari akhir.

Dalam kesempatan kali ini saya selaku pembina pramuka, Saya mengajak untuk memaknai lebih dalam lagi. Bahwa pramuka itu harus selalu ada disetiap kehidupan sebagai pelopor serta teladan. Bukan malah melarikan diri dan sembunyi jika ada masalah datang dan menghadang.

Kita mengetahui, saat ini generasi muda lebih cenderung lari dari masalah dan hidup menghindari tantangan, akibatnya ketika kehidupan tidak lagi bersahabat dengan mereka, maka para manusia ini akan sangat mudah jatuh, stres, galau dan sebagainya.

Dalam suatu kehidupan bukanlah seperti matematika yang pasti diketahui hasilnya secara jelas dan nyata, Banyak misteri dan pusaran-pusaran masalah yang bisa menenggelamkan diri kita di dalam kehidupan. Oleh sebab itu kita harus berani untuk menjalani hidup dengan penuh tantangan. Salah satu cara adalah melatih diri untuk senantiasa berada di garis depan dan merasakan sendiri bagaimana berkontak dengan masalah.

Memposisikan diri sebagai pandu atau pramuka dalam kehidupan tentu bukanlah sekedar didepan semata saja, akan tetapi harus siap lahir dan batin untuk menerima segala resiko dan siap memperjuangkannya. Selain itu, juga harus memberikan teladan yang baik. Sukses atau tidak kita didepan itu tidak penting, yang lebih utama adalah apakah kita telah berjuang dengan penuh daya upaya dan teladan atau belum.

Memang tidak semua bidang bisa dikerjakan pramuka, namun setiap pramuka pasti bisa menjadi terdepan dibidang karyanya. Seorang pramuka pembina, pramuka penggalang di SMP pelosok tentu tidak bisa menjadi seorang pilot yang tangguh, akan tetapi seorang pramuka yang menjadi pilot pasti bisa terus berjuang untuk menjadi yang terdepan di dalam profesinya. Begitupun sebaliknya, seorang pramuka yang menjadi pilot tentu tidak akan bisa selalu ada untuk adik-adik untuk mendidik dan memberi pembinaan secara penuh, Namun seorang pramuka yang menjadi pembina penggalang akan bisa mengerjakannya dengan maksimal dan penuh prestasi seuai dengan bidangnya.

maka dari itu pesan saya untuk kalian, jadilah pramuka yang berada selalu di depan di dalam apapun profesimu. Dengan begitu, secara tidak langsung kita akan mengangkat derajat pramuka sehingga generasi muda untuk menjadi seorang pramuka yang dibanggakan.

Semoga pidato ini ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan, langsung saya akhiri.

WaBillahi Taufik Walhidayah Wassalamu ‘Alikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Teks Amanat Pembina Upacara Hari Guru

amanat pembina upacara hari guru
contoh teks amanat pembina upacara hari guru

Khusus untuk hari guru kami telah menyediakan contoh teks amanat pembina upacara hari guru. Yang mana guru adalah pahlawan yang mencerdaskan bangsa. Guru juga di sebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa.

Mungkin teks amanat pembina upacara tentang hari guru di bawah ini bisa membuat kita ingat bahwa peran seorang guru itu sangat penting dalam ikut serta mendidik generasi bangsa indonesia ini. Maka dari itu, yuk simak contoh amanat pembina upacara yang menyentuh hati ini sangat tepat di sampaikan untuk menyambut hari guru nanti.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Guru

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang Saya Hormati Ibu Kepala Sekolah beserta staf
Yang Saya Hormati Bapak / Ibu Guru
Dan Yang Saya Sayangi Siswa/Siswi yang berbahagia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat pembina upacara tentang Hari Guru.

Guru adalah pendidik yang bertujuan agar peserta didik dapat memiliki ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Guru adalah orang yang berjasa, karena selalu membagikan ilmu dan pengalamannya kepada peserta didik. Keberhasilan seseorang sangat bergantung kepada ilmu dan pengalamannya masing-masing.

Organisasi guru sudah ada sejak lama. Sejarah mencatat bahwa, Persatuan Guru Hindia Belanda berdiri tahun 1912. Lalu tahun 1932 berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia. Nah, Pada saat itulah para guru telah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya proklamasi kemerdekaan Indonesia secara nasional, benar-benar terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah itu, pada tanggal 24-25 November 1945, Persatuan Guru Indonesia telah berganti nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Maka setiap tanggal 25 November ditetapkan sebagai hari guru nasional.

Guru adalah pendidik yang mencerdaskan bangsa. Guru adalah benteng idealisme bangsa. Guru adalah sosok yang selalu digugu. Yaitu ucapannya selalu dianggap benar oleh siswa. Guru juga sosok yang ditiru. Yaitu selalu dijadikan teladan oleh siswa. Akan tetapi, guru di era globalisasi ini memiliki tugas yang semakin berat. Karena pengaruh guru mulai terkikis sedikit demi sedikit oleh media televisi, media sosial dan internet. Oleh karena itu, mari kita dukung tugas guru demi mencerdaskan bangsa dengan menyeleksi tayangan televisi, media sosial dan internet.

Pesan saya sebagai pembina untuk siswa dan pihak terkait, sebaiknya untuk menyeleksi tayangan televisi, media sosial dan internet yang ramah anak. Karena apa yang ditonton dapat dijadikan tuntunan.

Demikianlah amanat pembina upacara yang singkat pada hari ini.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Teks Amanat Pembina Upacara Hari Kartini

amanat pembina upacara hari kartini
contoh teks amanat pembina upacara hari kartini

Siapa yang tidak kenal dengan RA Kartini, ya beliau adalah pahlawan emansipasi wanita. Untuk menghormati jasa beliau, biasanya di adakan upacara hari kartini di setiap 21 april. Selain kami menyediakan contoh amanat upacara tentang RA kartini, Kami juga punya artikel yang membahas tentang kumpulan contoh biografi, yang salah satunya adalah biografi dari RA Kartini.

Dengan membaca biografi RA kartini, Anda akan memiliki materi yang cukup luas dan banyak referensi untuk tampil sebagai pembina upacara pada hari kartini atau tepatnya pada tanggal 21 April besok. Berikut adalah salah satu contoh teks amanat pembina upacara hari kartini yang bisa Anda jadikan referensi.

Contoh Teks Amanat Pembina Upacara Hari Kartini

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuhu

Alhamdulillah, segala Pujian hanya milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena pada hari ini kita masih diberi kekuatan dan kesempatan untuk berkumpul dan melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati salah satu Pahlawan Bangsa, yaitu Ibu Kartini.

Apa itu Pahlawan?? Pahlawan yang kita ketahui merupakan seorang yang berjuang untuk membela ketidak-adilan yang menyelimuti masyarakat dan bangsanya, pada saat yang tepat mentari pagi sedang menyinarinya.

Sungguh, sebelum mereka dan bersama mereka, ada banyak orang yang telah berusaha melakukan hal yang sama. Hanya saja mungkin mereka berhasil melobangi tembok penindasan disaat matahari telah tenggelam, atau bahkan mereka berhasil ketika hari telah malam. Sehingga tak banyak orang yang mengetahui perjuangannya. Bahkan orang tak mengenal siapakah dirinya. Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang tak dikenal. Mereka adalah pahlawan-pahlawan tanpa tanda jasa.

Kartini merupakan salah satu diantara banyak orang yang berhasil melubangi dinding penindasan ketika mentari pagi tepat menyinarinya. Kartini berjuang dengan caranya, berjuang dengan keyakinannya, untuk mengentaskan kaumnya –kaum wanita- dari belenggu ketimpangan pandangan dan perlakuan masyarakat pada umumnya di masa itu.

Ibu kartini juga berusaha untuk memperjuangkan agar wanita memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam hal-hal yang memang menjadi haknya seorang wanita. Ibu kartini juga berjuang supaya kaum wanita mendapatkan tempat yang mulia, terhormat dan dihargai oleh sesamanya. Sebagaimana dalam agama yang dianutnya, yaitu Islam, bahwa wanita dalam Islam ditempatkan dalam kedudukan yang mulia.

Allah SWT telah menyampaikan dalam Qur’an, bahwa laki-laki dan wanita memiliki posisi yang sama di hadapan-Nya. Laki-laki yang beriman dengan wanita yang beriman, sama kedudukannya. Laki-laki yang puasa dan wanita yang puasa, sama posisinya.

Dan demikian seterusnya. Rasulullah Muhammad Salallahu’alaihi wa salam sudah menyampaikan, orang yang paling berhak untuk dihormati adalah ibu. Kemudian ibu. Kemudian ibu. Baru kemudian bapak. Beliau saw juga telah menyampaikan, bahwa surga di bawah telapak kaki ibu.

Demikianlah semestinya kita menempatkan kaum wanita. Seperti halnya yang diperjuangkan oleh Kartini. Mudah-mudahan kita dapat mengambil pelajaran dari perjuangan Ibu Kartini, yang telah berjuang sepenuh hati untuk menghancurkan ketimpangan, ketidak-adilan dan penindasan terhadap wanita.

Wassalamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuhu.

Mungkin itulah kumpulan contoh teks amanat pembina upacara yang singkat dengan berbagai tema yang menarik yang kami kumpulkan dari berbagai sumber pilihan seperti tema tentang kebersihan, motivasi rajin belajar, sopan santun, tanggung jawab, disiplin, pramuka, 17 agustus, hari guru, hari kartini dan lain-lain. Semoga bermanfaat….

Tinggalkan komentar