Materi Senam Irama : Sejarah, Pengertian, Gerakan, Macam, Unsur dan Manfaatnya

Materi senam irama – Ada banyak cabang olahraga senam yang dipertandingkan di dunia. Salah satunya adalah senam irama atau yang biasa disebut dengan senam ritmik. Apa yang dimaksud dengan senam irama? Dan bagaimana pula perbedaannya dengan senam-senam lainnya? Apakah senam irama bisa memberikan dampak yang positif bagi bentuk tubuh dan kesehatan pemainnya?

Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas tuntas terkait dengan materi senam irama. Mulai dari Apa pengertian senam irama? Bagaimana sejarah senam irama? Apa saja gerakan senam irama? macam-macam senam irama? Unsur-unusr senam irama? dan Apa manfaat senam irama untuk kamu? Mau tahu penjelasannya? yuk simak penjelasan materi senam irama lengkap berikut ini.

Pengertian Senam Irama (Ritmik)

pengertian senam irama
pengertian senam irama

Sebenarnya, apa sih pengertian senam irama? Kamu pasti tahu kan senam Poco-Poco atau senam SKJ? Biasanya senam ini dipraktekkan oleh anak-anak SD setiap pagi sebelum mereka melakukan kegiatan belajar mengajar. Nah, 2 jenis senam ini tentunya menggunakan musik sebagai pengiringnya. Alhasil, olahraga pun jadi lebih menyenangkan dan menggembirakan. Apalagi jika musik pengiringnya bernada ceria.

Senam Poco-Poco dan SKJ adalah salah satu contoh jeni senam irama atau senam ritmik. Jadi, pengertian senam irama adalah gerakan senam ataupun gerakan olahraga bebas yang diiringi dengan irama musik ataupun nyanyian. Dalam senam ritmik ini, ada beberapa unsur yang harus dilakukan yaitu ketepatan irama, keluwesan, dan kesinambungan gerak.

Tahukah Kamu kalau senam ritmik? Senam ritmik atau yang disebut dengan senam irama adalah salah satu cabang olahraga senam artistik? Bahkan senam ritmik juga resmi dipertandingkan dalam kompetisi olimpiade dan juga kompetisi senam internasional. Tapi bukan berarti gerakannya hanya biasa-biasa saja ya seperti Poco-Poco, hahaha. Gerakan senam ritmik yang dipertandingkan harus kental dengan nuansa akrobatik dan tari.

Nah gimana kawan, sudah paham kan! Apa pengertian senam irama atau yang biasa disebut dengan senam ritmik. Oke, materi senam irama selanjutnya yakni kita akan bahas bagaimana sejarah senam irama atau senam ritmik sebagai berikut.

Sejarah Senam Irama (Ritmik)

sejarah senam irama
sejarah senam irama

Awal mula sejarah senam irama lahir melalui proses yang panjang, dimulai pada abad ke-19. Pada awalnya Jean Georges Noverre, Rudolf Bode, dan Francois Delsarte mengemukakan gagasan bahwa ekspresi gerak yang ditunjukkan oleh seseorang menggunakan tubuhnya demi sebuah keindahan itu penting. Rangkaian gerak tubuh yang bisa menciptakan keindahan dianggap sangat menarik.

Peter Henry Ling kemudian mulai melirik dan mengembangkan gagasan tersebut pada abad ke-19. Ia mengembangkan sebuah sistem latihan yang disebut dengan “Swedish System”. Latihan ini mengadopsi gerakan bebas yang kemudian populer disebut dengan “Gymnastic Aesthetic”. Latihan ini mengharuskan seorang atlet bisa mengekspresikan emosi dan perasaan melalui gerakan tubuh.

Pada tahun 1837, Chaterine Beecher (pendiri Western Female Institute of Ohio) mengembangkan ide tersebut. Beecher mengembangkan gerakan yang disebutnya dengan istilah “Grace Without Dancing”. Para perempuan pesenam berlatih menggerakkan tubuh mulai dari gerakan yang sederhana hingga kompleks.

Pada tahun 1900, semua perpaduan gaya dalam senam ini mulai dipadukan dalam sebuah sekolah Swedish Gymnastics Rhytmic. Pada tahun-tahun berikutnya, banyak bermunculan sekolah-sekolah gimnastik yang berusaha mengembangkan variasi gerakan tubuh lainnya.

Hingga pada tahun 1929 sejarah senam irama bermula, Hinrich Medau mendirikan sebuah sekolah gimnastik modern di Jerman. Sekolah ini mengembangkan skill senam yang berbeda dibandingkan era sebelumnya. Ia menciptakan gerakan gimnastik dengan menggunakan alat seperti pita, bola, tali, gada, dan hulahoop. Inilah yang membedakan senam ritmik dengan balet, tari, ataupun akrobat.

Lalu, kapan sebenarnya senam ritmik mulai diterima dan dipertandingkan secara internasional? Kamu bisa lihat lini masa perjalanan dari sejarah senam irama atau senam ritmik dalam kompetisi internasional ini:

  • Tahun 1940: Kompetisi olahraga senam ritmik mulai diadakan di Rusia.
  • Tahun 1961: Federation of International Gymnastic (FIG) memasukkan senam ritmik sebagai salah satu cabang olahraga senam. Awalnya FIG menyebut olahraga ini dengan sebutan modern gymnastic. Kemudian namanya berubah menjadi olahraga gymnastic rythmic. Dan akhirnya diubah lagi menjadi senam ritmis atau irama hingga kini.
  • Tahun 1963: Pertandingan internasional senam ritmik tingkat individu digelar di Budapest.
  • Tahun 1967: Pertandingan tingkat grup mulai dilombakan secara internasional di Copenhagen, Denmark.
  • Tahun 1984: Senam ritmik untuk kelas individu mulai masuk dalam Olimpiade di Los Angeles, Amerika Serikat.
  • Tahun 1996: Senam ritmik kelas grup mulai dipertandingkan di Olimpiade Atlanta.

Nah itulah sejarah singkat senam irama yang bisa kamu ketahui. Materi senam irama selanjutnya yang harus kamu pelajari adalah tentang berbagai macam gerakan-gerakan dasar senam irama. Berikut penjelasannya dibawah ini.

Gerakan Dasar Senam Irama (Ritmik)

gerakan dasar senam irama
gerakan dasar senam irama

Macam-macam gerakan senam irama secara garis besar dibagi menjadi dua yakni gerakan kaki dan tangan senam irama. Mau tahu seperti apa gerakannya? Langsung saja simak contoh gerakan senam irama di bawah ini.

1. Gerakan Kaki Senam Irama

gerakan senam irama
gerakan senam irama yang mudah dipelajari adalah

Ada beberapa jenis gerakan dasar senam irama yang menggunakan langkah kaki seperti:

a. Langkah Biasa atau Looppas

Langkah biasa adalah gerakan senam irama yang bertumpuan pada tumit. Badan harus tegak, kemudian gerakkan kaki kiri ke depan. Posisi lengan berada di samping badan. Lakukan gerakan melangkah secara bergantian.

b. Langkah Rapat

Gerakan dasar senam irama berikutnya adalah langkah rapat dengan cara langkahkan kaki kanan ke depan, kemudian kaki kiri dilangkahkan ke depan kaki kanan. Selanjutnya, rapatkan kedua kaki. Ritme hitungannya 1 kanan, 2 kiri, dan 3 rapat.

c. Langkah Keseimbangan atau Balanspas

Berdirilah dengan tegak, kemudian langkahkan kaki kiri ke depan diikuti dengan kaki kanan. Kemudian kaki kanan mundur, diikuti oleh kaki kiri. Tidak ada jeda dalam gerakan ini.

d. Langkah Depan atau Galoppas

Posisi badan harus berdiri tegak. Kemudian kaki kiri diletakkan di depan kaki kanan. Setelah itu, lakukan gerakan menyilang pada bagian belakang. Irama yang digunakan adalah 2/4.

e. Langkah Silang atau Kruispas

Tegakkan badan Kamu, kemudian saat hitungan dimulai letakkan kaki kiri ke depan dengan posisi silang. Pada aba-aba 2, gerakkan kaki kanan ke arah samping kanan. Ritmenya adalah 2/4.

Nah itulah 5 gerakan kaki senam irama yang bisa kamu coba sendiri. Berikutnya adalah macam-macam gerakan tangan senam irama, yang bisa kamu simak di bawah ini.

2. Gerakan Ayunan Lengan dalam Senam Irama

contoh gerakan senam irama
contoh gerakan senam irama

Berikut adalah penjelasan tentang gerakan dasar senam irama yang menggunakan ayunan tangan, diantaranya sebagai berikut.

a. Ayunan Lengan Belakang

Cara melakukan gerakan ayunan lengan belakang dalam senam irama yaitu tegakkan badan, kemudian melangkahlah ke depan diiringi gerakan lengan yang lurus ke depan badan. Setelah itu, pada hitungan 1, ayunkan lengan kiri ke belakang. Hitungan 2, ayunkan kembali tangan kiri ke depan. Lakukan gerakan ini bergantian dengan tangan kanan.

b. Ayunan Lengan Samping

Cara melakukan gerakan ayunan lengan samping dalam senam irama yaitu berdiri tegak, kemudian ayunkan kedua lengan tangan ke samping badan. Secara bergantian, ayunkan lengan kiri ke kanan, kemudian lengan kanan ke kiri.

c. Ayunan Lengan Samping Bersamaan

Cara melakukan gerakan ayunan lengan samping bersamaan dalam senam irama yaitu berdiri tegak dengan lengan terbuka lebar. Kemudian ayunkan kedua lengan ke samping kiri badan dan bergantian ke samping kanan.

d. Ayunan 2 Lengan ke Depan

Cara melakukan gerakan ayunan 2 lengan ke depan dalam senam irama yaitu berdiri tegak, kemudian kaki kiri melangkah ke depan. Hitungan 1, ayunkan kedua lengan ke depan. Hitungan 2, ayunkan kedua lengan ke belakang.

Itulah macam-macam gerakan senam irama, silahkan dipraktekkannya ya. Yuk lanjut ke materi senam irama berikutnya yakni tentang macam-macam senam irama yang terdiri dari beberapa aliran.

Macam-macam Senam Irama (Ritmik)

macam-macam senam irama
macam-macam senam irama
  1. Senam Ritmik yang berasal dari seni drama oleh Delsarte. Aliran ini mencoba memainkan seni peran dengan lebih natural. Tetapi dalam prakteknya, senam ritmik jenis ini masih mengandung unsur drama teatrikal.
  2. Senam Ritmik yang berasal dari seni musik oleh Jacques Dalcroze. Aliran ini lebih mementingkan musik yang menonjol dibandingkan dengan gerakan tari. Senam ini lebih dikenal dengan sebutan “Ausdruk Gymnastiek”.
  3. Senam Ritmik yang berasal dari seni tari oleh Rudolf Laban. Menurutnya, senam ritmik harus mengandung dressur dan prestasi olahraga.

Unsur-Unsur Senam Irama (Ritmik)

unsur-unsur senam irama
unsur-unsur senam irama

Ada 6 unsur senam irama yang diperlukan dalam olahraga senam ritmik yaitu:

  1. Kelenturan badan.
  2. Keseimbangan badan.
  3. Keluwesan badan.
  4. Fleksibilitas tubuh.
  5. Kontinuitas gerak.
  6. Ketepatan gerak dengan ritme musik.

Manfaat Senam Irama (Ritmik)

manfaat senam irama
manfaat senam irama

Senam ritmik adalah jenis olahraga yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan badan atau kebugaran jasmani, jika dilakukan dengan teratur. Kamu bisa merasakan manfaat senam irama seperti:

  1. Seorang pesenam ritmik yang melakukan latihan rutin akan mendapatkan kekuatan otot, tenaga, kelenturan badan, pembakaran kalori yang optimal, keseimbangan, dan kelincahan. Senam ritmik juga bisa membantu membentuk tubuh menjadi lebih ideal.
  2. Senam ritmik bisa membantu merileksasi pikiran. Sehingga orang bisa terhindar dari stres.
  3. Senam ritmik yang dilakukan berkelompok bisa membantu meningkatkan interaksi sosial antar individu.

[su_box title=”Baca juga artikel terkait” box_color=”#020202″]

Senam irama dulunya hanya biasa dilakukan oleh perempuan. Karena memang mengandung unsur tarian balet yang lekat dengan kaum hawa. Tapi seiring perkembangan zaman, senam ini kini juga bisa dimainkan oleh atlet laki-laki.

Nah alhamdulillah akhirnya materi senam irama lengkap dalam pembahasan kita kali ini telah selesai mulai dari pengertian senam irama, sejarah senam irama, gerakan senam irama, macam-macam senam irama, unsur-unsur senam irama dan manfaat senam irama bagi yang melakukannya.

Tinggalkan komentar