Macam-macam Nomor Lari dalam Olahraga Atletik Lengkap dengan Penjelasannya

Macam-macam nomor lari – Kali ini kamu akan mengenal bahwa nomor lari dalam sebuah olahraga atletik itu beraneka ragam loh, tidak sebagaimana lari pada umumnya. Nah apa lari favoritmu? Lari bebas, hahaha. Emang ada? Untuk menjawab pertanyaan itu baca dulu artikel ini ya.

Olahraga lari merupakan olahraga yang paling murah dan aman, benar gak? Kamu tidak perlu menyewa alat atau bahkan membeli alat olahraga. Cukup bermodalkan kaki dan tubuh yang sehat, kamu sudah bisa menjalankan olahraga ini. Ditambah keamanannya juga terjaga, dibanding harus bermain sepeda, tinju, dan panjat tebing yang memiliki resiko lebih tinggi.

Selain murah dan aman, aktivitas lari juga sangat efektif dalam membakar lemak dalam tubuh. Lari sudah menjadi olahraga kebugaran yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Melakukan olahraga ini secara rutin, akan membakar lemak secara cepat dan akan terlihat hasilnya.

Macam-macam Nomor Lari

macam-macam lari
macam-macam lari

Nah, untuk mengetahui macam-macam jenis lari atletik yang bisa kamu coba, yuk baca artikel ini sampai tuntas.

1. Nomor Lari Jarak Pendek

nomor lari jarak pendek
nomor lari jarak pendek

Sebagaimana namanya, lari ini merupakan lari yang memiliki tempuh paling pendek. Jarak tempuh Sprint biasanya mulai dari 100 meter, 200 meter, hingga 400 meter. Pemenang dalam olahraga ini ialah siapa yang tercepat mencapai garis finish.

Bagi kamu yang ingin menjadi atlet lari Sprint, hendaknya menguasai 3 hal, pertama adalah drive, kedua yaitu percepatan dan tahap terakhir adalah fase reaksi. Cabang lari ini memiliki tempo yang sangat cepat, sehingga pemain dituntut untuk mengeluarkan tenaga diawal. Karena itulah yang menentukan akhir dari permainan.

Perlombaan lari memiliki macam-macam tahapan dalam memulai start sebagaiman di bawah ini;

  • Start Berdiri (Standing Start)
  • Start Melayang (Flying Start), yang hanya dilakukan oleh pelari ke 2, 3, dan 4 dalam sebuah lari estafet 4×100 meter.
  • Start Jongkok (Crouching Start)

2. Nomor Lari Jarak Menengah

Nomor Lari Jarak Menengah
Nomor Lari Jarak Menengah

Nomor lari jarak menengah juga biasa disebut lari halang rintang. Kisaran jarak lari ini ialah 800-1500 meter, lari jarak menengah memiliki beberapa berbedaan pada saat posisi kaki menapak.

Teknik yang sering disebut dengan istilah ball hell ball yang merupakan gerakan menapakkan kaki yang bertumpu pada bagian tumit, dan tangan menapak ke tanah. Peserta hendaknya fokus ke depan, ayunkan lengan seperlunya, Selanjutnya ayunkan paha ke depan sesuai dengan panjang tungkai. Lalu angkat lutut sedikit lebih tinggi. Kemudian condongkan badan ke depan saat pluit bersiap untuk dibunyikan sebagai tanda mulainya perlombaan.

Perlu diperhatikan, dalam permainan ini. peserta hendaknya berlari sewajarnya. Tidak mengeluarkan tenaga sekuat pelari jarak pendek. Agar menjaga nafas secara stabil dan menghidari kelelehan, maka jangan memaksakan untuk berlari cepat. Namun, maksimalkan lari ketika hendak mencapai finish. Kamu akan menjadi juaranya.

3. Nomor Lari Jarak Jauh

Nomor Lari Jarak Jauh
Nomor Lari Jarak Jauh

macam-macam lari

Nomor lari jarak jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang banyak diminati bahkan sempat naik daun beberapa waktu lalu. Karena banyak peminat, olahraga ini menjadi olahraga favorit banyak orang karena dapat menantang adrenalin para pesertanya.

Jarak tempuh olahraga ini mencapai sekitar 3000 meter lebih yaitu dimulai dari 3 km, 5 km sampai dengan 10 km. Mencoba olahraga ini, kamu harus mempersiapkan mental dan fisik yang kuat. Oleh sebab itu, hendaknya melakukan latihan terlebih dahulu demi mencapai kekuatan fisik yang seimbang agar tidak mudah tumbang di tengah jalan.

Perlombaan ini biasanya dilangsungkan di area umum (luar stadion) seperti jalan umum yang jaraknya cukup panjang, kecuali hanya start dan finish saja. Jika kamu berminat mengikuti perlombaan ini, persiapkan beberapa hal di bawah ini;

  • Jaga stamina tubuh dengan menjaga kesehatan, usahakan check up sebelum melakukan olahraga marathon yang terbilang ekstrim.
  • Atur pola makan, cukupi asupan cairan sebelum, selama dan setelah latihan.
  • Rencanakan jadwal latihan mingguan. Untuk pemula disarankan berlari setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Apabila sudah mulai terbiasa, bisa dinaikkan hingga 4 kali sesi latihan lari dalam seminggu.
  • Tambahkan latihan lain seperti berenang, yoga, bersepeda, dan lain-lain.
  • Tidur cukup, setidaknya 8 jam setiap hari. Dengan begitu akan membantu memperkuat system kekebalan tubuhmu.
  • Pastikan peralatan lari nyaman dan pas di tubuh.

4. Nomor Lari Estafet

Nomor Lari Estafet
Nomor Lari Estafet

Nomor lari estafet adalah lari yang dilakukan secara bersambung dengan mengandalkan kekuatan kelompok. Dalam satu tim terdiri dari 4 orang dengan memberikan tongkat estafet kepada setiap pelari yang dilakukan secara sambung menyambung.

Lari ini juga sangat popular dikalangan anak-anak, remaja bahkan dewasa, serta menjadi ajang perlombaan yang sangat dinantikan sepanjang sejarah lari estafet dalam cabang olahraga atletik.

Teknik lari estafet ialah, setiap orang berdiri di posisi lintasan masing-masing. Kemudian pelari pertama lari secepat mungkin dengan membawa tongkat untuk diberikan pada pelari kedua dan seterusnya hingga pelari terakhir mencapai finish.

Dalam peraturan lari estafet terdapat zona sekitar 20 meter dimana pemain dapat bergantian bermain dengan menyerahkan tongkat yang hanya dapat dilakukan di zona tersebut. Apabila ada yang melanggar, maka secara langsung tim tersebut akan didiskualifikasi. Pada umumnya jarak lari estafet ialah 4×100 meter yaitu jarak dari pelari satu ke pelari lainnya.

Terdapat dua teknik yang dapat dilakukan dalam pengoperan tongkat, diatranya;

  • Tanpa melihat (nonvisual): yaitu permainan estafet dalam penerimaan tongkat estafet tanpa menoleh kepada si pemberi tongkat. Cara ini digunakan untuk lari sambung 4×100 meter.
  • Dengan melihat (visual): yaitu penerimaan tongkat estafet dengan melihat kepada pelari yang akan memberikan tongkat. Cara ini biasanya digunakan pada lari estafet yang berjarak lebih dari 100 meter.

5. Nomor Lari Halang Rintang

Nomor Lari Halang Rintang
Nomor Lari Halang Rintang

Nomor lari ini yang biasa juga disebut lari gawang merupakan olahraga lari yang memiliki jarak tempuh sejauh 3000 meter. Hal menarik dari lari ini ialah, pemain akan mendapatkan beragam halangan dan rintangan ketika berlari. Berhasil melewati rintangan dengan cepat plus tanpa kesalahan dialah yang menang. Rintangannya sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, berupa water jump dan rintangan gawang.

Kamu yang mau mencoba olahraga ini, hendaknya persiapkan stamina yang kuat dalam berlari cepat. Selain itu, juga harus memiliki fokus yang tinggi agar dapat menghadapi rintangan.

Dari ke lima macam lari di atas yang manakah yang menjadi favoritmu? Jangan ada kata bebas lagi diantara kita yah, hehehe. Kamu bisa memilih dan mencoba kelima macam lari di atas, namun untuk melakukan olahraga lari di atas tentu kamu butuh stamina yang kuat. Hal ini dibutuhkan latihan yang teratur serta jaga pola makan agar seimbang. Selamat mencoba! Semoga menang!

Tinggalkan komentar