Materi Lari Jarak Pendek : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar Lengkap dan Gambarnya

Lari Jarak Pendek
Lari Jarak Pendek

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Materi Lari Jarak Pendek – Menurut Anda apa sih olahraga yang paling murah dan mudah untuk dilakukan? Jika menjawab lari jarak pendek, selamat Anda benar. Olahraga ini bisa dilakukan di manapun dan kapanpun. Cabang olahraga lari jarak pendek termasuk olahraga cabang atletik yang sering dilombakan loh. Baik kancah nasional seperti PON maupun internasional seperti Olimpiade Sea Games maupun Asean Games.

Namun, tahukah kamu apa pengertian lari jarak pendek? Jika belum, simak materi tentang lari jarak pendek berikut yang membahas tentang pengertian lari jarak pendek, sejarah jarak pendek hingga teknik-teknik jarak pendek lengkap beserta peraturan lari jarak pendek. Yuk langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Lari Jarak Pendek / Sprint

pengertian lari jarak pendek
pengertian lari jarak pendek

Untuk materi lari jarak pendek yang pertama kita akan bahas tentang pengertian lari jarak pendek itu sendiri. Nama lain dari lari jarak pendek yaitu sprint. Lari jarak pendek dalam pelaksanannya selalu mengandalkan kecepataan dan kekuatan full dari awal hingga akhir. Pemenangnya ditentuan berdasarkan waktu tercepat. Oleh karena itu seorang atlit sprint harus mempunyai reaksi, kecepatan yang baik dan berlari efisien. Sehingga bertahan sampai akhir.

Olahraga lari jarak pendek diklasifikan menjadi beberapa jenis, yaitu 100 meter (short), 200 meter (medium) dan 400 meter (long). Sedangkan untuk pengertian lari jarak pendek menurut para ahli adalah sebagai berikut:

  1. Syarifudin dan Muhadi mendefinisikan bahwasanya sprint merupakan tata cara berlari. Gerakannya dilakukan dengan batasan jarak tertentu. Agar berhasil harus mencurahkan kecepatan maksimal. Mengarahkan segenap kekuatan dan ketangkasan dari start hingga finish.
  2. Menurut Muhajir pengertian lari jarak pendek atau sprint adalah perlombaan lari yang seluruh pesertanya mengerahkan segala kemampuan dengan penuh. Jaraknya menempuh 400 meter, 200 meter dan 100 meter.
  3. Menurut Adisasmita pengertian lari jarak pendek atau sprint adalah semua nomor lari yang dilakukan dengan kecepatan maksimal sesuai dengan jarak yang ditentukan.

Bagaimana sekarang Anda paham kan apa pengertian lari jarak pendek atau sprint? Jika belum silahkan dibaca lagi lagi ya, sebelum lanjut ke materi lari jarak pendek berikutnya, hehehe. Selanjutnya kamu juga harus tahu asal usul dari sejarah lari jarak pendek atau lari sprint ini, karena sangat jarang sekali orang yang tahu dari sejarah lari jarak pendek ini.

Untuk itu kamu harus tahu sejarah lari jarak pendek, setidaknya kamu membaca sejarah singat lari jarak pendek sebagai berikut.

Sejarah Lari Jarak Pendek / Sprint

sejarah lari jarak pendek
sejarah lari jarak pendek

Ngomongin sejarah lari jarak pendek tidak dapat dipisahkan dari olimpiade pertama di dunia. Awalnya, cabang olahraga lari jarak pendek menjadi satu-satunya yang diperlombakan pada tahun 776 SM di Yunani. Sebagai bentuk penghormatan kepada seorang pesuruh yang membawa kabar bahagia, yakni kemenangan dengan berlari sejauh 40 KM.

Dalam sejarah lari jarak pendek di ceritakan seorang prajurit tersebut menempuh perjalanan menuju Athena, dan ketika sampai Ia meninggal. Pada perkembangannya, barulah jenis olahraga selain sprint dipertandingkan. Seperti lempar tombak, memanah dan masih banyak lagi yang lainnya. Ini dilakukan pada olimpiade modern tahun 1896.

Sejak saat itulah lari jarak pendek menjadi cabang atletik yang selalu dilombakan dan sangat terkenal di dunia. Indonesia mempunyai Purnomo, Mardi Lestari dan Suryo Agung Wibowo yang telah mengharumkan nama negara di bidang olahraga ini. Mereka membuat catatan menyelesaikan sprint dengan waktu 10,20 detik dan menorehkan sejarah sprinter tercepat se Asia Tenggara. Wow keren kan?

Setalah 10 tahun, Lalu Muhammad Zohri muncul dan berhasil meraih rekor karena menyelesaikan pertandingannya pada waktu 10,15 detik. Selisihnya sangat sedikit dengan Usian Bolt sebagai juara dunia yang menyelesaikan jarak 100 meter dalam jangka waktu 9,58 detik.

Selanjutnya yaitu kita akan bahas materi lari jarak pendek yang sangat penting yaitu teknik-teknik dasar lari jarak pendek, yang bisa langsung kamu simak sebagai berikut.

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek

teknik dasar lari jarak pendek
teknik dasar lari jarak pendek

Tentunya teknik lari jarak pendek atau sprint berbeda dengan berjalan atau berjalan cepat. Anda harus menguasai beberapa teknik dasar lari jarak pendek terlebih dahulu, agar menjadi seorang atlet yang handal. Tapi sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui di bawah ini :

  1. Saat mulai berlari, arahkan tubuh ke arah depan dengan kedua lengan dalam posisi 90° dan ayun searah dengan gerakan saat lari.
  2. Otot kedua lengan dan tubuh bagian depan harus senantiasa dijaga, agar tetap dalam keadaan santai.
  3. Tolakkan tungkai bawah dengan kuat, serta usahakan mengangkat paha depan hingga posisinya sama dengan tanah.
  4. Seimbangkan bagian pinggang ketika berlari. Jangan sampai tidak ya, karena hal ini akan mempengaruhi kecepatan.
  5. Setelah mencapai garis finish, condongkan badan sedikit ke depan untuk meraih pita.

Oke, setelah Anda memahami beberapa poin di atas. Selanjutnya ini dia beberapa teknik lari jarak pendek yang harus kamu kuasai :

1. Teknik Start Lari Jarak Pendek

teknik start lari jarak pendek
teknik start lari jarak pendek

Teknik start lari jarak pendek yaitu persiapan seorang sprinter sebelum memulai gerakan berlarinya. Menurut seorang ahli, tujuan start adalah untuk mengoptimalkan sprinter agar bisa lari secara cepat. Ada tiga macam teknik start lari jarak pendek yaitu panjang, menengah dan pendek.

Teknik ketiganya hampir sama, yaitu dengan meletakkan kaki kiri di depan, lutut kanan di letakkan di belakangnya dengan jarak satu kepalan tangan. Sedangkan, posisi kedua tangan diletakkan di belakang garis start, ibu jari terpisah dan empat jari direkatkan.

Apabila sudah menentukan posisi start mana yang akan digunakan, maka sprinter harus mengambil gerakan sesuai dengan aba-aba yang disampaikan oleh instruktur. Ini rinciannya:

a. Aba-Aba “Bersedia”

Aba-aba ini dilakukan ketika kata ini sudah disebutkan, maka sprinter harus menempatkan kedua kakinya agar menyentuh balok depan dan belakang. Lutut kaki diletakkan di belakang tanah, berjarak selebar bahu. Bentuk jari tangan seperti huruf V terbalik dengan mata lurus ke bawah dan kepala disejajarkan dengan punggung.

b. Aba-Aba “Siap”

Pada posisi ini, pelari menekan lutut ke belakang dengan kaki depan yang membentuk siku-siku sekitar 120-140°. Angkat pinggang hingga lebih tinggi dari bahu, condongkan tubuh ke depan dan majukan bahu.

c. Aba-Aba “Ya”

Ketika aba-aba ini terucap, maka sprinter harus mengangkat dan meluruskan badan. Kaki menekan dengan sangat kuat dan menolak balok start. Kedua tangan diangkat secara bersamaan dan diayunkan seperti gerakan lari pada umumnya.

2. Teknik Lari Jarak Pendek

teknik lari jarak pendek
teknik lari jarak pendek

Berbeda dengan lari estafet, teknik gerakan lari jarak pendek ini terdiri dari dua tahap yaitu fase topang dan fase layang berikut penjelasanya.

a. Fase Topang

Tujuannya adalah agar hambatan kaki ketika menyentuh tanah bisa diminimalkan, dan dorongan ke depan bisa maksimal. Fase ini terdiri dari topang depan dan dorong, caranya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan telapak kaki ketika mendarat di tanah.
  • Pada saat amortasi bengkokkan lutut seminimal mungkin.
  • Ayun cepat kaki dan pinggang, mata kaki sendi lutut dan kaki topang harus diluruskan agar bertolak.
  • Posisi ayun paha kaki adalah horizontal.

b. Fase Layang

Tujuan fase ini agar dorongan ke depan lebih maksimal dan penempatan kaki lebih siap serta efektif ketika menyentuh tanah. Caranya adalah:

  1. Ayunkan lutut kaki ke depan dan ke atas.
  2. Ayunan lengan aktif tapi lebih santai.
  3. Gerakkan kaki topang ke belakang.

3. Teknik Gerakan Lari Jarak Pendek Saat Finish

teknik gerakan lari jarak pendek
teknik gerakan lari jarak pendek

Sama seperti olahraga atletik lainnya seperti lari jarak menengah. Perlombaan dianggap selesai apabila sudah sampai pada garis finish. Hal itu ketika tubuh (kepala, leher, tangan dan kaki) sudah berada dalam garis vertikal terdekat dengan garis, sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan.

a. Mendekati Garis Finish

Ketika sudah terlihat, maka percepat lari dengan tetap fokus. Kedua, pusatkan pikiran hanya ke depan, jangan pernah menengok atau bersantai karena kemungkinan tak terduga bisa saja terjadi. Ketiga, jangan melompat karena bisa memperlambat gerakan, terakhir jaga keseimbangan tubuh.

b. Melewati Garis Finish

Ada tiga gerakan yang perlu dilakukan saat melewati garis finish. Hal itu ketika menjatuhkan dada ke depan, berlari secepat mungkin dan menjatuhkan salah satu bahu ke depan. Bagaimana sudah siap menjadi atlet lari jarak pendek yang berprestasi?

Peraturan Lari Jarak Pendek

peraturan lari jarak pendek
peraturan lari jarak pendek

Berikut adalah peraturan-peraturan lari jarak pendek yang pada umumnya diterapkan dalam perlombaan lari jarak pendek diantara lain sebbagai berikut :

Peraturan perlombaan lari jarak pendek :
  1. Garis start dan finish dalam lintasan lari ditunjukan dengan sebuah garis selebar 5 cm siku-siku dengan batas tepi dalam lintasan. Jarak perlombaan harus diukur dari tepi garis start ke tepi garis finish terdekat dengan garis start.
  2. Aba-aba yang digunakan dalam lomba lari jarak pendek adalah bersedia, siap, dan
    ya atau bunyi pistol.
  3. Semua peserta lomba lari mulai berlari pada saat aba-aba ya atau bunyi pistol yang ditembakkan ke udara.
  4. Peserta yang membuat kesalahan pada saat start harus diperingatkan.
  5. Lomba lari jarak pendek pada perlombaan besar dilakukan empat tahap, yaitu babak pertama, babak kedua, babak semi final, dan babak final.
  6. Babak pertama akan diadakan apabila jumlah peserta banyak, pemenang I dan II tiap heat berhak maju ke babak berikutnya.
  7. Diskualifikasi atau hal-hal yang dianggap tidak sah yakni melakukan kesalahan start lebih dari tiga kali, memasuki lintasan pelari lain, mengganggu pelari lain, keluar dari lintasan, serta terbukti memakai obat
    perangsang.

Hal yang paling terpenting dari lari jarak pendek adalah jangan lupa untuk terus berlatih. Kesuksesan tidak akan bisa didapatkan dengan cara yang instan, harus perlu ketekunan, kerajinan dan sikap pantang menyerah. Ikuti aturan yang berlaku, jangan cepat berbangga hati sebelum benar-benar menyentuh garis finish. Keadaan bisa saja berubah, bisa jadi lawan memanfaatkan kelengahanmu.

Nah itulah materi lari jarak pendek yang telah kita bahas mulai dari pengertian lari jarak pendek, sejarah jarak pendek, teknik-teknik dasar lari jarak pendek diantara lain teknik start lari jarak pendek, teknik lari jarak pendek dan teknik gerakan lari jarak pendek pada saat mendekati dan melewati garis finish. Selain itu kamu juga harus paham mengenai peraturan lari jarak pendek.