Materi Lari Jarak Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya

Lari jarak jauh – Kamu sudah pernah ikutan lari jarak jauh? Jika iya tentu kamu pasti lebih ahli dalam hal ini. Jika belum, ada baiknya yuk mengenal segala hal mengenai lari jarak jauh dari sejarah hingga manfaatnya. Siapa tau esok kamu malah menjadi atlet pelari marathon.

Baik sebagai gambaran dari materi lari jarak jauh kali ini, kita akan bahas lengkap mulai dari pengertian lari jarak jauh, sejarah lari jarak jauh, teknik dasar lari jarak jauh, peraturan lari jarak jauh, dan manfaat lari jarak jauh. Untuk lebih detailnya kamu bisa lihat daftar isi di bawah ini.

Pengertian Lari Jarak Jauh (Marathon)

Pengertian Lari Jarak Jauh
Pengertian Lari Jarak Jauh

Lari jarak jauh sebagaimana yang dikenal dengan lari marathon, pengertian lari jarak jauh adalah ajang lari jarak jauh mulai 5000 m, 10.000 m, hingga 42,195 meter (26 mil dan 385 yard). Lari jarak jauh merupakan cabang olahraga atletik tertua dalam sejarah olimpiade kuno. Olahraga ini biasanya diadakan di jalan raya/jalan umum, karena membutuhkan lahan yang luas.

Mengikuti lomba ini dibutuhkan ketahanan mental yang kuat dan stamina yang harus selalu dilatih. Lari maraton pertama kali dimulai pada pertandingan di tahun 490 SM, yaitu ketika seorang prajurit yunani berlari membawa berita kemenangan dari Maraton ke Athena. Jaraknya mencapai 26 Mil atau 41.8 kilometer.

Sejarah Lari Jarak Jauh (Marathon)

sejarah lari jarak jauh
sejarah lari jarak jauh

Awal mula sejarah lari jarak jauh dikenal sebagai maraton pada tahun 490 SM. Maraton adalah sebutan untuk sebuah daerah di Yunani, ketika itu terjadi sebuah Pertempuran Maraton (Battle of Marathon) di Teluk Maraton oleh tentara Yunani dari Athena melawan serangan pasukan Persia. Konflik yang terjadi dikarenakan Yunani tidak senang apabila Persia menguasai wilayahnya. Oleh sebab itu Yunani melakukan pemberontakan kepada Persia.

Dalam pertempuran besar itu dimenangkan oleh Yunani, dan Persia mengakui kekalahannya. Ketika itu, salah satu prajurit Yunani diutus kembali ke Yunani untuk mengabarkan akan kemenangan Yunani.

Setelah berlari sekitar 42 km, sampailah ia di Athena (ibukota Yunani), lalu ia mengumumkan kabar gembira akan kemenangan pertempuran marathon. Namun selang beberapa jam, prajurit yang sangat berjasa itupun meninggal.

Masyarakat Yunani kemudian mengenang jasa prajurit dengan mengadakan perlombaan lari jarak jauh di hari kematiannya. Semenjak saat itu lari maraton kian berkembang dan dikenal, sehingga menjadi bagian dari perlombaan di berbagai belahan dunia.

Hingga saat ini, maraton menjadi ajang perlombaan di beberapa kota di Indonesia bahkan terdapat jadwal kalender lari. Hal ini membuktikan bahwa olahraga lari ialah yang paling diminati masyarakat Indonesia. Nah itulah sejarah lari jarak jauh di dunia dan di indonesia secara singkat yang bisa kamu ketahui.

Teknik Dasar Lari Jarak Jauh (Marathon)

teknik dasar lari jarak jauh
teknik dasar lari jarak jauh

Bukan saja lari jarak dekat yang memiliki teknik, lari maraton bahkan memiliki beberapa teknik yang wajib diperhatikan oleh calon pelari marathon. Penggunaan teknik dasar lari jarak jauh yang benar, akan memudahkan kamu dalam melewati beragam rintangan yang ada. Berikut 5 teknik dasar lari jarak jauh yang hendaknya kamu kuasai sebelum memulai perlombaan;

1. Teknik start lari jarak jauh

teknik start lari jarak jauh
teknik start lari jarak jauh

Terdapat 3 tahapan yang ada pada teknik start lari jarak jauh, sebagaimana di bawah ini;

  • Tahap I, yaitu melakukan start berdiri sembari menunggu aba-aba dari instruktur. Pada hitungan satu, langkahkan satu kaki ke depan dengan lutut sedikit ditekuk. Usahakan untuk fokus ke depan hingga hitungan selanjutnya.
  • Tahap II, ketika instruktur memberi aba-aba dua, maka bersiaplah untuk berlari dengan sedikit mencondongkan badan ke depan serta berat badan ditumpu ke depan. Kemudian tangan dalam posisi bersiap untuk lari.
  • Tahap III, pada hitungan ketiga artinya kamu telah dipersilahkan untuk mengikuti perlombaan. Ayunkan kaki untuk berlari dari belakang ke depan dan dengan sedikit tolakan dari bagian depan.

Perlu untuk diperhatikan pada awal perlombaan dimulai, hendaknya pelari harus konsentrasi penuh. Dikarenakan peserta dalam lomba ini diikuti oleh puluhan bahkan ratusan orang peserta. Oleh sebab itu, fokus adalah kunci untuk memulai teknik yang benar.

2. Teknik lari jarak jauh

teknik lari jarak jauh
teknik lari jarak jauh

Selanjutnya adalah teknik lari maraton yang mana sangat berbeda dengan lari jarak dekat atau jarak menengah. Untuk menggunakan teknik ini pelari hendaknya memperhatikan tempo saat berlari. Tempo tersebut berguna untuk mengefektifkan tenaga agar tetap terjaga hingga garis finish.

Pelari maraton harusnya menggunakan langkah konstan (tidak terlalu cepat). Kemudian saat memasuki jarak kisaran 2 sampai 1 km terakhir, usahakan untuk berlari sekencang kencangnya dengan sekuat tenaga agar memenangkan pertandingan.

3. Teknik pernafasan lari jarak jauh

teknik pernafasan lari jarak jauh
teknik pernafasan lari jarak jauh

Hal yang terpenting dalam lari jarak jauh ialah teknik pernafasan. Teknik pernafasan dalam lari jarak jauh akan berguna dalam mempertahankan stamina pelari. Berikut langkah-langkah untuk mengembangkan pola pernafasan ketika berlari, yaitu;

  • Bernafas dari mulut
  • Gunakanlah pernafasan perut
  • Ambillah nafas pendek dan dangkal
  • Bernafaslah dengan berirama
  • Dengarkan nafas demi mengontrol pernafasan tetap stabil

4. Teknik finish lari jarak jauh

teknik finish lari jarak jauh
teknik finish lari jarak jauh

Untuk teknik finish lari jarak jauh, pelari hendaknya melakukan 3 dasar teknik lari jarak jauh yang baik dan benar seperti dibawah ini:

  • Busungkan dada ketika memasuki finish
  • Setelah dada menyentuh pita maka segera turunkan dada
  • Jangan menggapai pita dengan tangan karena akan menyebabkan pelanggaran.

Peraturan Lari Jarak jauh (Marathon)

peraturan lari jarak jauh
peraturan lari jarak jauh

Setiap pertandingan pasti memiliki aturan yang harus dipatuhi, berikut beberapa peraturan lari jarak jauh yang hendaknya kamu ketahui:

  • Wasit akan menginformasikan jalur/area yang akan dilewati atlet, agar peserta tidak salah pilih jalur dan melakukan kecurangan.
  • Tidak diperkenankan membuat jalur yang membahayakan atlet, seperti jurang, semak belukar, atau jalur berbahaya lainnya.
  • Memasang benda-benda penunjuk arah untuk peserta.
  • Pelari dinyatakan sebagai pemenang jika memiliki catatan waktu yang paling rendah diantara semua peserta.

Selain memperhatikan beberapa peraturan lari jarak jauh di atas, atlet juga perlu memperhatikan beberapa factor penting dalam melakukan lari jarak jauh, sebagaimana berikut ini:

  • Daya tahan (stamina)
  • Kecepatan (speed)
  • Gaya (style)
  • Pertimbangan langkah (space judgement)
  • Kepemimpinan (leadership)

Manfaat Lari Jarak Jauh (Marathon)

manfaat lari jarak jauh
manfaat lari jarak jauh

Bagi kamu yang berminat ikut lari marathon, rupanya olahraga ini memiliki banyak manfaat loh buat kesehatanmu. Meskipun harus mempertaruhkan mental, namun olahraga ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuhmu. Berikut beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui:

1. Membakar kalori seluruh tubuh

Lari marathon juga sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Ia bekerja dengan sangat efektif dalam membakar kalori serta lemak-lemak nakal.

2. Membentuk tubuh

Bukan hanya membakar kalori, lari marathon juga membuat seluruh otot tubuh bekerja. Sehingga tak heran marathon akan membentuk tubuhmu, terutama otot menjadi lebih kencang.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Maraton sangat baik dalam melatih jantung, dimana jantung akan berdegup kencang saat lari. Hal ini membuat jantung dan peredaran darah bekerja lebih baik serta meningkatkan kekuatan jantung sehingga terhindar dari berbagai penyakit, seperti serangan jantung.

4. Menguatkan otot dan tulang kaki

Kaki sebagai alat utama dalam lari marathon membuatnya menjadi lebih kokoh. Beberapa gerakan yang terjadi pada kaki secara konstan akan meningkatkan kekuatan tulang dan otot sekaligus. Selain itu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Marathon juga meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Nantinya tubuh akan mengeluarkan racun dalam tubuh sekaligus meningkatkan produksi zat baik yang melindungi tubuh dari beragam virus penyebab penyakit.

6. Meningkatkan suasana hati

Saat kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon itulah yang membuat perasaanmu bahagia. Stress akan kabur setelah kamu menyelesaikan marathon. Berganti menjadi senang bahkan percaya diri.

Itulah beberapa info mengenai lari marathon dari macam-macam lari yang telah kita bahas, yang mana telah kita bahas mengenai pengertian lari jarak jauh, sejarah lari jarak jauh, teknik lari jarak jauh, peraturan lari jarak jauh dan manfaat dari lari jarak jauh. Semoga pembahasan kita kali bermanfaat untuk kamu dan bisa menambah wawasanmu mengenai lari marathon!

Satu pemikiran pada “Materi Lari Jarak Jauh: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peraturan dan Manfaatnya”

Tinggalkan komentar