Sejarah Lari Estafet Lengkap dari Klasik Hingga Modern Sampai Ke indonesia

Sejarah lari estafet lengkap – Apakah kamu pernah menyaksikan sekelompok orang dalam satu tim, mereka berlari bergantian sembari membawa sebuah benda (tongkat), dan tongkat tersebut diover kepada rekannya sampai akhirnya mencapai garis finis?

Ya, permainan yang kamu saksikan itu adalah permainan lari estafet. Pada dasaranya permainan lari estafet merupakan cabang dari olahraga atletik. Olahraga atletik memang dikenal sebagai olahraga yang di dalamnya terdapaat beberapa kategori, yaitu kategori lari yang akan kita bahas saat ini. Selain itu ada juga kategori lompat, dan melempar.

Jika diuraikan, dari masing-masing kategori tersebut terbagi lagi. Kategori lari terdiri dari lari jarak pendek, lari jarak menengah, dan lari jarak jauh atau lari marathon. Pada kategori lompat terdapat lompat tinggi, lompat jauh, dan lompat tinggi galah. Sedangkan pada kategori lempar terdiri atas nomor lempar lembing, tolak peluru, dan lontar martil. Semuanya merupakan nomor cabang olahraga atletik.

Baik, pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu nomor dari kategori lari yaitu lari estafet. Di atas sudah sedikit digambarkan, bagaimana lari estafet itu dimainkan. Pada intinya, lari estafet merupakan olahraga yang membutuhkan tim. Kecepatan adalah kunci dalam memenangkan lari estafet. Pemenang adalah tim yang tercepat membawa tongkat sampai ke garis finis.

Oke, pada ulasan kali ini tidak akan mengulas cara bermain lari estafet secara detail, melainkan yang akan diulas di sini yaitu sejarah lari estafet. Ya, kita akan mengulas bagaimana sih awal mulanya permainan lari estafet ditemukan dan dijadikan sebagai suatu cabang olahraga?

Kita tahu bahwasannya setiap permainan olahraga memiliki asal usulnya. Dari awalnya setiap olahraga memiliki tahapan perkembangannya. Begitu juga dengan sejarah lari estafet, permainan olahraga ini melaui tahapan-tahapan mulai dari bentuknya yang paling kuno hingga sampai pada perkembangannya yang sering kita saksikan hari ini.

Lari estafet saat ini telah berkembang, dan sudah memiliki induk organisasi yaitu atletik. Cabang atletik saat ini merupakan cabang yang sering dilombakan bahkan hingga kejuaraan tingkat dunia atau olimpiade. Yuk simak sejarah lari estafet lengkap berikut.

Sejarah Lari Estafet Lengkap

sejarah lari estafet lengkap
sejarah lari estafet lengkap

Berbicara sejarah lari estafet tidak bisa dilepaskan dari tradisi Yunani. Ya, tradisi Yunani memang banyak memberi sumbangsih ide permainan olahraga. Seperti halnya dengan lari estafet ini. Tongkat yang digunakan dalam lari estafet terinspirasi dari obor dalam tradisi Yunani.

Bangsa Yunani mempunyai tradisi orang-orang membawa obor, dengan maksud penyambungan hubungan dengan pemujaan leluhur. Obor yang dijadikan sebagai simbol pemujaan kepada leluhur tersebut berisi api keramat, yang disebarluaskan oleh bangsa-bangsa Yunani, mereka meneruskan atau menyebarluaskan api keramat tersebut ke jajahan-jajahan baru. Kisah estafet bangsa Yunani dengan membawa obor tersebut dapat dikatakan dalam rangka pemujaan spiritual. Olimpiade, sebagai perlombaan terbesar, yang mempertemukan Negara-negara pun berasal dari tradisi Yunani.

Orang banyak yang menamai lari estafet dengan lari sambung. Menelusuri sejarahnya, lari estafet atau lari sambung ini dimulai dari suku Aztek, suku Inka, dan suku Maya. Berbeda dari bangsa Yunani yang menjalankan estafet sebagai bentuk pemujaan spiritual, ketiga suku, suku Aztek, suku Inka, dan suku Maya melakukan estafet sebagai suatu misi memberitakan suatu kabar.

Yap, jadi suku-suku tersebut memiliki suatu pola memberitakan suatu kabar ke sebuah daerah yang jauh secara sambung-menyambung atau secara estafet. Pola tersebutlah yang dianggap telah memberi inspirasi keberadaan cabang lari estafet dengan bentuk yang seperti saat ini.

Bagaimana, menarik kan? Mengetahui sejarah lari estafet yang ternyata terinspirasi dari tradisi bangsa-bangsa dan suku-suku kuno. Itu baru sekelumit pembahasan tentang asal usul lari estafet. Bagaimana dengan perjalanan berkembangnya lari estafet? Oke, kiranya kita juga perlu dong, mengetahui perjalanan lari estafet. Yaaa, sekedar untuk wawasan kita.

Sejarah Lari Estafet di Era Klasik

Baiklah, karena nomor lari estafet merupakan cabang dari atletik, maka membicarakan perkembangan lari estafet tentu tidak lepas dari membahas induknya, yaitu atletik. Menurut para ahli sejarah, atletik sudah dilakukan pada abad ke-6 sebelum masehi (sebelum Nabi Isa Lahir). Hal tersebut dikemukakan karena terdapat bukti-bukti berupa lukisan-lukisan pada jaman tersebut. Serta bukti lainnya adalah ditemukannya tulisan ahli-ahli filsafat pada jaman tersebut yang bernama Xenophenes. Atletik adalah event asli dari olimpiade pertama di tahun 776 sebelum masehi di masa satu-satunya event adalah perlombaan lari atau stade.

Nah, selama era klasik Eropa, tercatat beberapa perlombaan yang telah diadakan.

  1. Panhellenix Games, The Pythian Games (dimulai pada abad ke 6 sebelum Masehi) digelar di Argolid setiap dua tahun.
  2. The Isthmian Games (dimulai dari abad 523 sebelum Masehi) digelar di Isthmus dari Corinth setiap dua tahun.
  3. The Roman Games berasal dari akar Yunani murni, Roman Games memakai perlombaan lari dan melempar.
  4. Perlombaan kereta kuda dan bergulat seperti di Yunani, olahraga Etruscan memakai pertempuran galiatoral, digelar di Delphi 527 sebelum Masehi, setiap empat tahun sekali.
  5. Bangsa lain yang menggemari kontes atletik, seperti bangsa Kelt, Teutonik, dan Goth. Tetapi olahraga ini sering dihubungkan dengan pelatihan tempur. Pada masa abad pertengahan ini setiap seorang anak bangsawan akan dilatih dalam berlaari, bertarung dan bergulat, berkuda, memanah dan pelatihan senjata. Kontes antar rival dan sahabat sangat umum di arena resmi maupun tidak resmi.

Sejarah Lari Estafet di Era Modern

Tadi yang dijelaskan adalah perjalanan perlombaan atletik di era klasik. Memasuki era modern, atletik mempunyai perjalanannya sendiri. Pada abad ke-19 dimulailah era atletik modern. Dan pada era tersebut mulai dikenalkan trek atau lintasan dengan jarak 400 meter sebagai arena perlombaan. Di dalam trek atau lintasan tersebut, ditempatkan juga semua event atau perlombaan yang lain, yang ada pada masa itu, seperti nomor lompat dan nomor lempar.

Nah, ketika olimpiade modern digelar pertama kali, yaitu pada tahun 1896, cabang olahraga atletik mulai resmi dipertandingkan. Namun pada saat itu hanya diikuti oleh kaum laki-laki saja. Sedangkan untuk kaum wanitanya pertama kali dibolehkan untuk mengikuti perlombaan atletik di trek dan lapangan yaitu pada event olimpiade pada tahun 1928.

Selanjutnya, pada tahun 1912, dibentuklah sebuah wadah organisasi yang mengatur cabang olahraga atletik dunia. Organisasi tersebut diberi nama International Amateur Athletic Federation (IAAF). Setelah terbentuknya organisasi tersebut, event-event olahraga yang diselenggarakan oleh IAAF semakin banyak serta sering terjadi pemecahan rekor dalam setiap nomornya.

Sejarah Lari Estafet di Indonesia

Lalu, bagaimana dengan di Indonesia sendiri? Indonesia juga mengenal atletik. Pertanyaannya, sejak kapan atletik dikenal di Indonesia? Nah, kamu mesti tahu, bahwa sejarah olahraga di Indonesia tidak lepas dari bangsa penjajah. Pada mulanya bangsa penjajah memainkan permainan olahraga hanya di lingkungan dan di sekolah-sekolahnya sendiri.

Olahraga atletik pun demikian, hanya dimainkan oleh orang-orang tertentu yaitu bangsa penjanjah. Namun, seiring perkembangan jaman, di mana Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya, perkembangan atletik semakin pesat. Dan pada tahun 1950, barulah di Indonesia dibentuk wadah organisasi yang mengatur olahraga atletik. Wadah organisasi tersebut diberi nama Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).

Nah itulah asal usul dari sejarah lari estafet yang telah kita bahas dalam artikel kali ini, Yuk simak juga pembahasan selanjutnya tentang teknik lari estafet beserta peraturan lari estafet yang harus kamu ketahui.

Satu pemikiran pada “Sejarah Lari Estafet Lengkap dari Klasik Hingga Modern Sampai Ke indonesia”

Tinggalkan komentar