Bilyard

Siapa bilang olahraga harus mengeluarkan banyak tenaga? Nyatanya ada beberapa yang sangat seru dan menyenangkan seperti olahraga bola kecil satu ini, bilyard. Diambil dari kata “billiardt” yang bermakna tongkat kayu, atau “bille” yaitu bola.

Sejenis dengan permainan bowling sebagai alternatif pengisi waktu luang. Sebagai pemula, Anda harus paham bagaimana sejarah, jenis, cara bermain hingga aturannya.

Sejarah Bilyard

Awalnya, bola pada permainan ini tidak sebanyak sekarang. Tetapi dua buah saja dengan 6 kantong gawang persis permainan kriket. Menggunakan tongkat lurus sebagai sasaran pantul.

1. Tahun 1600 an

Awal mula permainan ini sebenarnya berasal dari negara yang sama seperti sejarah olahraga tenis meja. Mulai dikenal pada tahun 1600 an, dipopulerkan oleh Captain Minguad, seorang tahanan politik yang juga ilmuwan olahraga.

Ia menemukan “tip” yaitu tambahan kulit pada ujung tongkat agar kontrol cue ball lebih tepat dan akurat. Ketika meninggalkan penjara ia memutuskan untuk berkeliling Negara Prancis dengan tujuan utama eksibisi billiard.

Olahraga ini disebut sebagai old egyptian sport. Lalu pada tahun 1675 mulai dikenal di Inggris dan sangat populer, bahkan buku aturan permainan diterbitkan secara resmi.

2. Tahun 1800 an

Pada abad ke 18 tongkat gawang tidak digunakan lagi. Tergantikan dengan kantong bola. Sering dimainkan oleh kaum bangsawan, tetapi beberapa bukti yang beredar menunjukkan berbagai tingkatan sosial pun memainkan billiard. Periode ini menghasilkan penemuan off center oleh Jack Carr dari Inggris.

Ia berjasa mengoleskan kapur pada permukaan tip agar akurasinya meningkat. Tahun 1820 melakukan ekspedisi keliling Eropa, melakukan pelatihan sambil berjualan magical twisting chalk.

3. Perkembangannya di Indonesia

Dulunya, permainan ini hanya dimainkan oleh orang-orang yang banyak memiliki waktu senggang sehingga dianggap negatif. Namun ketika diketahui bahwa billiard merupakan jenis olahraga bangsawan Eropa, maka perkembangannya menjadi sangat pesat hingga diakui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Jeni-Jenis Permainan Bilyard

Tahukah Anda bahwa jenis permainan bisa ditentukan dari jumlah bolanya loh. Apa saja, yuk simak penjelasannya :

1. Permainan 8 Ball

Ada 15 bola yang diletakkan di atas meja. Harus dimainkan oleh dua kelompok. Kelompok pertama wajib memasukkan nomor urut 1 hingga 7. Sedangkan yang kedua nomor 9 hingga 15. Apabila salah satu berhasil memasukkan bola dengan nomor urut 8 ke dalam lubang, maka dialah pemenangnya.

2. Permainan 9 Ball

Anda diharuskan memasukkan bola dengan nomor urut 1 hingga 8 secara bergantian. Apabila tidak berhasil maka diganti dengan pemain selanjutnya. Dianggap gagal apabila pantulannya mengenai bola lain. Sedangkan menang apabila berhasil memasukkan nomor urut 9 ke dalam lubang.

3. Bola Pembunuh

Kenapa dinamakan pembunuh? Ya karena permainannya hanya bisa dilakukan oleh orang yang profesional. Anda mempunyai 3 kesempatan untuk memasukkan seluruh bola ke dalam lubang. Jika masih ada, maka tidak bisa dikatakan menang alias gagal.

Anda bisa mendiskusikannya terlebih dahulu dengan teman-teman ingin jenis permainan yang seperti apa. Selamat mencoba.

Peralatan dalam Permainan Bilyard

Anda juga perlu tahu apa saja sih peralatan yang digunakan. Karena tidak mungkin kan bermain bilyard di atas tanah hehe.

1. Meja Pool

Sekilas ukurannya hampir sama dengan meja tenis meja. Namun untuk bilyard memiliki luas meja 50 x 100 inch. Dilapisi dengan karpet atau laken sehingga membuat pergerakan bola menjadi lebih teratur. Dilengkapi dengan 6 lubang, dan papan pemantul yang ada di setiap sisinya, berfungsi sebagai penghantar bola.

2. Cue Ball

Berat dan jenisnya sangat bervariasi. Semakin sering digunakan maka semakin kotor dan sulit untuk dikontrol. Sehingga berpengaruh buruk terhadap jalannya pertandingan.

3. Stick Bilyard

Berbentuk tegak lurus, bodi ramping, ujung kecil dan gagang besar. Biasanya terbuat dari kayu halus. Terdapat tip pada bagian ujungnya agar mempermudah gerakan bola ketika didorong.

4. Kapur Stick

Cara penggunaannya dengan menggosokkan kapur pada ujung tip, tujuannya agar tidak licin dan tidak terjadi foul. Lakukan berulang kali hingga warna tak lagi pudar.

5. Rak

Bentuknya segitiga berfungsi sebagai penyusun bola agar rapat dan teratur.

6. Sarung Tangan

Bukan merupakan peralatan wajib. Namun sering digunakan oleh pemain profesional. Tujuannya agar pegangan menjadi lebih kuat.

Tips Bermain Bilyard

Jika ingin memenangkan pertandingan pastinya dibutuhkan strategi yang tepat. Pertama yang harus Anda lakukan adalah fokus ketika ingin menyodok bola agar akurat dan tepat sasaran. Kedua jangan tegang, Anda harus stay positif agar sodokan tidak melenceng.

Ketiga siapkan kuda-kuda tangan dengan benar dan kuat agar tidak goyah. Karena ketika goyah sedikit saja maka bola akan melenceng jauh dari sasaran. Keempat kaki harus seimbang. Apabila menyodok dengan tangan kanan maka letakkan kaki kiri di bagian depan. Namun sebelumnya Anda harus menentukan sasaran.

Kelima mengoleskan kapur agar ujung stick menjadi lebih halus. Dengan cara ini, kesalahan akan bisa diminimalisir. Keenam, pukulan dengan kekuatan wajar, dalam artian Anda tidak harus mengerahkan seluruh tenaga karena justru membuat bola jauh melenceng. Terakhir jangan lupa untuk terus berlatih agar teknik permainan bisa dikuasai dengan baik dan kemenangan bisa diperoleh.

Anda bisa berlatih memukul jarak pendek terlebih dahulu, kemudian menengah dan terakhir panjang. Lakukan step by step. Dengan ini Anda akan bisa menguasai bola sesulit apapun posisinya.

Peraturan Lengkap Tentang Bilyard

Semua olahraga ada peraturan yang harus ditaati. Karena yang paling terpenting adalah menang dengan attitude yang baik.

1. Peraturan Permainan 9 Ball

Karena jenis inilah yang paling sering digunakan oleh masyarakat. Maka Anda harus tahu apa saja peraturannya :

  • Bola billiard dengan nomor urut 1-9 ditambah dengan cue ball.
  • Bola harus disusun dalam bentuk wajik saat istirahat. Nomor urut 1 harus ada di bagian atas wajik. Sedangkan nomor urut 9 berada di tengah-tengah, lainnya bebas.
  • Pemain harus memasukkan bola dari nomor urut 1 hingga 9, tidak boleh acak.
  • Proses memasukkannya bisa dilakukan secara langsung. Dimulai dari angka terkecil dan yang kemungkinan masuk ke kantong billiardnya besar.

2. Jenis Pelanggaran dan hukuman

Yaitu :

  • Dianggap melanggar apabila bola putih masuk ke dalam lubang.
  • Bola putih tidak boleh mengenai bola dengan nomor terkecil (pertama kali).
  • Bola putih tidak menyentuh sasaran sama sekali.
  • Bagian tubuh atau pakaian pemain tidak boleh menyentuh bola yang ada di dalam meja.
  • Menaruh atau meninggalkan stick bilyard di atas meja sebelum permainan usai.
  • Bola tidak boleh keluar dari meja permainan.
  • Pemain harus menunggu bola yang dipukul sampai benar-benar diam baru kemudian beralih ke yang lain.
  • Gagal apabila tidak ada bola yang menyentuh cushion atau ban ketika dipukul.

Sebagai hukumannya, lawan memiliki kesempatan untuk meletakkan bola putih dimanapun sesuai dengan keinginan. Dinyatakan kalah apabila melakukan pelanggaran 3 kali. Semua pemain tidak boleh melakukan intimidasi dalam bentuk apapun. Bagaimana sekarang sudah siap kan bermain bilyard dengan teman atau mitra Anda?

Tinggalkan komentar