Senam Ketangkasan (Artistik) : Pengertian, Manfaat, Alat Senam

Senam ketangkasan – Senam adalah salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dalam kompetisi internasional. Salah satu jenis senam yang cukup menantang adalah senam ketangkasan. Kamu bisa berlatih kebugaran jasmani, olah tubuh, menjaga kesehatan, hingga berkarir menjadi atlet dalam cabang olahraga senam ini.

Apa yang dimaksud dengan senam ketangkasan? yuk kita bahas bersama mengenai senam ketangkasan mulai dari apa itu pengertian senam ketangkasan? Apa manfaat senam ketangkasan? dan Apa saja alat-alat yang digunakan dalam senam ketangkasan? Berikut penjelasan selengkapnya.

Pengertian Senam Ketangkasan

pengertian senam ketangkasan
pengertian senam ketangkasan

Senam adalah suatu latihan fisik yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau untuk menjaga bentuk tubuh. Pernahkah Kamu melihat atlet yang melakukan senam dengan bantuan alat tertentu? Ada juga atlet yang melakukan senam tubuh tanpa bantuan alat apapun. Nah, olahraga inilah yang dikenal dengan sebutan senam ketangkasan.

Cabang olahraga senam ini disebut juga dengan istilah senam artistik atau senam ketangkasan. Mengapa? Karena ternyata, dalam cabang olahraga senam ini ada aturan-aturan khusus mengenai bentuk/gerak senam yang dilakukan oleh atletnya. Apa saja yang jadi bahan penilaian dalam senam artistik ini?

  • Gerakan tubuh.
  • Ketepatan gerak.
  • Keindahan gerak.
  • Keseimbangan saat melakukan bagian sikap akhir senam.

Ada beberapa bagian gerakan yang dilakukan dalam senam artistik/ketangkasan ini. misalnya seperti gerakan keseimbangan, kelenturan, keluwesan, keindahan, kelincahan, dan juga keseimbangan. Senam artistik/ketangkasan ini juga sering menggunakan alat berupa palang tunggal, palang sejajar, kuda pelana, gelang-gelang, dan lain sebagainya.

Manfaat Senam Ketangkasan (Artistik)

manfaat senam ketangkasan
manfaat senam ketangkasan

Orang yang jago melakukan senam artistik/ketangkasan pasti dianggap punya badan yang luwes dan lentur. Kamu pasti sering melihatnya di TV ataupun internet, dimana para atlet bisa berguling, salto, melompat, bahkan hand-stand dengan mudah. Ada yang bilang senam ini juga jadi bagian tak terpisahkan dari pertunjukan sirkus. Kamu pasti sering melihatnya juga kan?

Nah, sebenarnya tubuh yang luwes dan lentur ini bukanlah hasil yang instan. Seorang atlet senam artistik harus melatih tubuhnya sedemikian rupa agar bisa melakukan gerakan yang paling susah sekalipun. Tapi, dibalik itu semua, senam ketangkasan tetap punya manfaat untuk tubuh. Lalu, apa saja manfaat senam ketangkasan atau senam artistik ini? Yuk simak berikut ini.

1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Banyak orang masih mengira bahwa cabang olahraga senam tidak membutuhkan banyak tenaga dan stamina dibandingkan jenis olahraga lainnya seperti lari atau sepak bola. Ternyata anggapan ini sepenuhnya salah loh, hehehe.

Seorang atlet senam artistik tetap membutuhkan stamina yang prima dan kekuatan ekstra agar bisa melakukan gerakan senam dengan baik. Bahkan semua bagian tubuh harus kuat. Nah, olahraga dan latihan yang teratur adalah kuncinya. Dampak positif dari latihan senam setiap hari pastinya adalah kebugaran tubuh yang terus terjaga.

Apalagi sebelum melakukan senam artistik ini, Kamu pasti harus melakukan gerakan pemanasan dan melatih kekuatan otot-otot lebih dulu. Jadi, anggapan bahwa senam adalah olahraga yang paling ringan dan kurang menyehatkan sudah pasti salah ya.

2. Mengencangkan Otot

Otot adalah bagian paling vital dalam dunia senam artistik/ketangkasan. Kekuatan otot dalam tubuh atlet jadi penentu apakah ia bisa melakukan sebuah gerakan artistik atau tidak. Bagaimana caranya mendapatkan otot yang kuat? Kamu harus rutin melakukan latihan senam artistik setiap hari. Semakin rajin latihan, maka kekuatan otot tubuh Kamu akan terus bertambah.

3. Memperindah Bentuk Tubuh

Senam ketangkasan memiliki gerakan-gerakan yang cukup membakar kalori dalam tubuh. Kalau Kamu ingin punya bentuk tubuh yang ideal, Kamu bisa coba menekuni dunia senam ini. Bukan hanya kekuatan otot dan kebugaran yang akan bertambah, tubuh ideal pun bisa dengan mudah Kamu dapatkan. Apalagi jika Kamu benar-benar rajin dan tekun latihan setiap hari.

4. Menyehatkan Tubuh

Kamu pasti sudah tahu kan kalau olahraga rutin adalah salah satu kunci hidup sehat? Nah, senam artistik/ketangkasan ini bisa jadi salah satu pilihan olahraga yang menyehatkan. Jangan dipandang jika gerakan salto, roll depan, atau roll belakang tidak akan menyehatkan tubuh dibandingkan olahraga lari atau fitness.

Latihan senam artistik tetap bisa membuat tubuh berkeringat. Nah, keringat inilah yang membantu tubuh mengeluarkan zat-zat yang bersifat toksik. Senam juga bisa memperlancar sirkulasi darah di dalam tubuh, meningkatkan tenaga, dan juga menghindarkan kita dari stres. Tapi pastikan Kamu berlatih senam artistik dengan didampingi oleh instruktur yang ahli ya.

Alat-Alat yang Digunakan dalam Senam Ketangkasan

alat-alat senam ketangkasan
alat-alat senam ketangkasan

Sebenarnya ada 2 jenis senam artistik/ketangkasan yaitu yang tanpa menggunakan bantuan alat atau yang menggunakan alat tertentu. Kamu bahkan bisa melakukan senam artistik tanpa alat ini dimanapun, asalkan sudah mengetahui trik dan menguasai gerakan yang tepat. Apa saja jenis senam artistik/ketangkasan yang tidak perlu menggunakan alat?

  1. Gerakan rolling depan atau forward roll yaitu gerakan tubuh dari posisi jongkok kemudian berguling ke dengan tumpuan tengkuk.
  2. Gerakan rolling belakang atau backward roll yaitu gerakan tubuh dari posisi jongkok kemudian berguling ke depan dengan tumpuan tengkuk dan memanfaatkan kekuatan lengan tangan.
  3. Gerakan meroda yaitu gerakan tubuh pesenam yang berguling ke samping sambil berdiri (mirip dengan roda). Gerakan meroda memanfaatkan tumpuan dan kekuatan otot kedua tangan.

Selain gerakan dasar yang tanpa menggunakan alat, Kamu juga bisa berlatih gerakan senam ketangkasan dengan bantuan alat tertentu. Apa saja jenis senam artistik/ketangkasan yang menggunakan alat khusus?

  1. Lompat jongkok yaitu gerakan loncatan tubuh yang memanfaatkan gaya dorong kaki pada papan tolakan.
  2. Lompat kangkang yaitu gerakan senam dimana tubuh diharuskan untuk bisa melompati papan lompatan. Tumpuannya menggunakan 2 telapak tangan dengan kaki mengangkang.

Nah, untuk bisa melakukan 2 gerakan senam ketangkasan seperti di atas, Kamu pasti butuh alat bantu. Apa saja alat bantu yang bisa digunakan dalam cabang olahraga senam artistik.ketangkasan ini?

1. Lantai (Floor Excercise)

Lantai adalah bagian yang sangat penting dalam dunia senam ini. Karena semua bagian senam ini dilakukan di lantai. Jadi Kamu juga harus mempertimbangkan kondisi lantai yang sesuai. Syarat lantai yang bisa digunakan untuk senam ketangkasan sesuai dengan standar adalah:

  • Ukurannya 12×12 meter.
  • Permukaan lantai tidak boleh licin demi menghindarkan atlet dari cidera.

2. Matras Senam

Alat kedua yang dibutuhkan dalam senam ini adalah matras. Hampir semua gerakan senam artistik menggunakan matras sebagai pengaman. Matras yang digunakan berbentuk kasur angin yang didesain kuat menahan tekanan dari tubuh pemain senam.

3. Kuda-Kuda Pelana

Eits, tunggu dulu, ini bukan pelana kuda seperti yang Kamu bayangkan. Tapi alat yang bentuknya mirip dengan dudukan pada punggung kuda. Alat ini digunakan untuk meloncat. Pemain senam artistik harus bisa meloncati alat ini tanpa bisa menyentuhnya.

4. Gelang-Gelang

Bentuknya mirip dengan hulahoop tapi dikaitkan pada seutas tali. Ukurannya cukup besar dengan tinggi sampai 3 meter dan diameternya sampai 18 cm. Atlet biasanya menggunakan alat ini untuk naik turun dan memperkuat otot tangan.

5. Palang Sejajar

Palang ini ditempatkan sejajar dengan ukuran 330×175 cm. Kegunaan palang ini untuk latihan gerakan tangan, bahu, dan lengan saja. Kamu tidak boleh melakukan gerakan anggota badan selain 3 bagian tersebut. Nah, ketinggian palang sejajar ini ternyata juga bisa diatur sesuai dengan gerakan yang ingin dilakukan atletnya.

6. Palang Tunggal

Palang tunggal digunakan dalam turnamen dunia. Ternyata palang tunggal ini digunakan untuk gerakan yang lebih sulit dan menantang. Seperti misalnya pull over, run under single, front hip circle, back hip circle, dan lain sebagainya.

7. Kuda-Kuda Lompat

Alat ini berbentuk seperti bangku dengan panjang 1,2-1,35 cm. Alat ini digunakan untuk gerakan senam lompat jongkok, lompat berdiri, dan lain sebagainya. Kuda-kuda lompat juga punya ketinggian yang lebih rendah dibandingkan pelana kuda.

[su_box title=”Baca juga artikel terkait” box_color=”#020202″]

Bagaimana? Tertarik untuk menjajal olahraga senam ketangkasan ini? Pada tahap awal latihan, pastikan Kamu melakukannya di bawah bimbingan instruktur ahli ya, agar Kamu terhindar dari cidera.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai senam ketangkasan atau yang biasa di sebut dengan senam artistik mulai dari pengertian senam ketangkasan, manfaat senam ketangkasan, dan alat-alat yang digunakan dalam senam artistik. Semoga bermanfaat

Tinggalkan komentar