Pengertian Kebugaran Jasmani Beserta Konsep, Unsur dan Manfaat

Pengertian kebugaran jasmani – Di dalam jiwa yang kuat ada tubuh yang sehat. Nah, ungkapan ini memang tidak keliru. Tapi bagaimana cara mengetahui apakah tubuh kita sehat atau tidak? Apakah cukup hanya dengan pemeriksaan medis saja di rumah sakit? Ternyata, kesehatan tubuh juga tercermin dalam konsep kebugaran jasmani atau kebugaran fisik. Nah, sudah tahu seluk beluk tentang hal ini?

Kebetulan sekali materi kebugaran jasmani adalah pembahasan kita kali ini mulai dari pengertian, konsep, unsur-unsur dan manfaat kebugaran jasmani. Ngomong-ngomong tahukah kamu pengertian kebugaran jasmani? Jika belum, yuk simak pengertian kebugaran jasmani di bawah ini.

Pengertian Kebugaran Jasmani

pengertian kebugaran jasmani
pengertian kebugaran jasmani

Kamu pasti pernah melihat ada orang yang bisa pergi mendaki gunung yang tinggi? Atau ada orang yang bisa berjalan jauh berkilo-kilo meter tanpa capek? Kamu pasti akan langsung berpikir bahwa tubuh orang tersebut sangat bugar, sehingga mereka bisa melakukan kegiatan fisik yang berat. Nah, apa sebenarnya pengertian kebugaran jasmani?

Jadi, pengertian kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk bisa menjalankan aktivitas fisik harian tanpa merasakan kelelahan atau kesakitan yang berarti. Kebugaran fisik dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan physical fitness. Ada juga yang menyebutnya dengan istilah total fitness.

Orang yang memiliki kebugaran jasmani yang bagus, maka ia sudah pasti bisa melakukan kegiatan fisik dengan lancar. Misalnya saja saat bekerja. Setelah bekerja, mereka masih bisa menjalankan aktivitas tambahan seperti berolahraga, menjalankan hobi, dan segelintir aktivitas harian lainnya.

Nah terus bagaimana dengan konsep kebugaran jasmani? Seperti apakah itu? Yuk simak penjelasan tentang konsep kebugaran jasmani di bawah ini.

Konsep Kebugaran Jasmani

konsep kebugaran jasmani
konsep kebugaran jasmani

Dalam istilah kebugaran jasmani, yang diukur bukan hanya kesehatan seseorang saja. Lalu apakah faktor yang mempengaruhi kebugaran jasmani? Status kesehatan seseorang bisa dengan mudah dideteksi melalui tes medis. Artinya, orang dinyatakan sehat jika tidak menderita penyakit tertentu. Tapi dalam kebugaran fisik, definisi “bugar” juga menyangkut kapasitas seseorang dalam beraktivitas.

Jadi, dalam kebugaran fisik, ada 3 konsep kebugaran jasmani yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Kondisi fisik: otot, lemak, dan tulang.
  2. Fungsi Organ: semua hal yang berhubungan dengan organ dalam tubuh seperti efisiensi sistem pemompa darah dalam jantung, kapasitas paru-paru, dan juga pembuluh darah.
  3. Respon otot: berkaitan dengan kekuatan, kecepatan, kelenturan, kelincahan, dan juga kelemahan tubuh.

Jadi gimana kawan, sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan kosep kebugaran jasmani? Namun jangan cuma berhenti disini kawan, kamu juga harus tahu tentang apa saja unsur-unsur kebugaran jasmani? Kira-kira apa saja ya,, unsur-unsur kebugaran jasmani? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

unsur-unsur kebugaran jasmani
unsur-unsur kebugaran jasmani

Berikut adalah unsu-unsur kebugaran jasmani beserta penjelasannya lengkap sebagai berikut.

1. Kekuatan/Strength

Kekuatan adalah kemampuan otot tubuh untuk menerima beban saat melakukan aktivitas fisik. Contohnya, seberapa banyak beban yang bisa Kamu angkat dengan tangan? Nah, untuk meningkatkan kekuatan, Kamu bisa melakukan beberapa bentuk latihan ini:

  • Sit up (latihan otot perut).
  • Push up (latihan otot lengan).
  • Angkat beban/barbel (latihan otot lengan).
  • Back up (latihan otot perut).
  • Squat jump (latihan otot kaki dan perut).

2. Kelincahan

Wah, lincah sekali ya striker itu menggiring bola menuju gawang! Banyak orang sudah paham apa itu arti lincah dalam kehidupan sehari-hari. Kelincahan merupakan kemampuan individu untuk menyesuaikan diri dari 1 titik ke titik lainnya. Misalnya dari kanan ke kiri, depan ke belakang. Kamu bisa berlatih lari zigzag atau naik-turun tangga untuk menambah kelincahan.

3. Ketepatan/Accuracy

Ketepatan adalah kemampuan mengendalikan gerakan tubuh dan mengarahkannya sesuai dengan sasaran. Misalnya saja saat Kamu mencoba memasukkan bola billiard, bowling, gawang sepak bola, dan lain sebagainya. Ketepatan sangat diperlukan dalam berbagai cabang olahraga. Semakin bagus kemampuan ketepatan, maka ia bisa mengarahkan sasaran sesuai target.

Ada banyak olahraga yang membutuhkan ketepatan tinggi. Bahkan hampir sebagian besar olahraga membutuhkannya. Misalnya saja memanah, menembak, billyard, bowling, basket, badminton, tenis, sepak bola, voli, golf, dan lain-lain.

4. Daya Tahan/Endurance

Seseorang yang memiliki daya tahan tinggi bisa menggunakan organ paru-paru dan jantung secara efisien dan efektif ketika melakukan kegiatan. Contohnya, seberapa tahan Kamu lari marathon, berenang, dan lain sebagainya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Kamu bisa melakukan latihan berupa lari multistage, marathon, lari naik-turun bukit, dan sebagainya.

5. Koordinasi

Seorang atlet yang bisa menggiring bola basket sambil berlari dan menghindari lawan dikatakan memiliki koordinasi gerakan yang bagus. Kemampuan tubuh untuk menyatukan berbagai gerakan dalam sekali waktu disebut dengan koordinasi. Basket adalah salah satu contoh olahraga yang butuh koordinasi gerakan tingkat tinggi.

6. Daya Otot/Explosive Power

Daya otot disebut juga dengan istilah daya ledak atau explosive power. Apa itu daya otot? Kalau dalam ilmu fisika ini disebut dengan istilah percepatan, hehehe. Daya otot adalah kemampuan tubuh Kamu untuk bisa menggunakan kekuatan maksimal dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Bagaimana cara mendapatkan daya otot yang bagus? Kamu harus rajin melakukan latihan fisik seperti vertical jump, side jump, dan juga front jump. Semakin sering Kamu latihan, maka explosive power yang Kamu miliki juga akan semakin meningkat.

7. Keseimbangan/Balance

Seorang atlet loncat indah atau senam artistik memiliki kemampuan keseimbangan yang baik. Mereka bahkan bisa melakukan gerakan yang sulit di atas ketinggian. Nah, keseimbangan juga menjadi salah satu elemen kebugaran jasmani. Keseimbangan adalah kemampuan Kamu untuk mengendalikan otot dan syaraf agar bisa mengendalikan gerakan tubuh.

Kamu juga bisa menambah kemampuan keseimbangan tubuh dengan rutin latihan yoga, hand stand, atau berjalan di atas balok kayu. Keseimbangan juga sangat penting dalam kehidupan sehari-hari Kamu. Misalnya saat berjalan dengan membawa beban berat.

8. Kecepatan

Seseorang bisa menambah kecepatan tubuhnya dengan rutin latihan lari jarak 50-200 meter. Nah kecepatan merupakan kemampuan melakukan gerakan yang sama dalam waktu singkat. Misalnya kecepatan lari, berenang, lempar bola, dan lain sebagainya.

9. Daya Lentur

Olahraga yang membutuhkan daya lentur tinggi misalnya saja senam artistik, yoga, loncat indah, renang, dan lain sebagainya. Kelenturan tubuh didefinisikan sebagai kemampuan fisik/tubuh untuk bisa menyesuaikan dengan gerakan.

10. Reaksi

Seberapa cepat dan tepat Kamu bisa menangkap bola kasti yang dipukul oleh lawan adalah bentuk reaksi. Kemampuan seseorang dalam menerima dan menanggapi stimulus yang datang dari pihak lain disebut dengan reaksi.

Nah itulah unsur-unsur kebugaran jasmani yang bisa kamu ketahui. Wah tak terasa ya, ternyata kita sudah masuk ke dalam materi kebugaran jasmani yang terakhir yaitu tentang manfaat kebugaran jasmani? Apa saja manfaat kebugaran jasmani? Langsung saja baca manfaat kebugaran jasmani berikut ini.

Manfaat Kebugaran Jasmani

manfaat kebugaran jasmani
manfaat kebugaran jasmani

Latihan kebugaran fisik yang dilakukan secara rutin bisa memberikan dampak positif bagi pelakunya. Manfaat apa yang bisa Kamu dapatkan? Berikut macam-macam manfaat kebugaran jasmani.

  1. Bisa meningkatkan sirkulasi darah dari jantung ke otak dan ke seluruh tubuh.
  2. Meningkatkan sistem kerja dan kesehatan jantung.
  3. Mampu membakar kalori dan lemak berlebih, sehingga Kamu bisa terhindar dari obesitas.
  4. Bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
  5. Bisa menurunkan resiko tekanan darah tinggi.
  6. Menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  7. Aktif bergerak bisa membantu Kamu menurunkan resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.
  8. Olahraga kebugaran yang dilakukan rutin bisa meningkatkan stamina dan kekuatan.
  9. Tubuh jadi lebih energik.
  10. Meningkatkan energi, sehingga tubuh tidak akan merasa mudah capek.
  11. Memperbaiki sistem syaraf dalam tubuh.
  12. Meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menghindari penyakit akibat serangan virus.
  13. Meningkatkan dan menyelaraskan keseimbangan tubuh.
  14. Meningkatkan kelenturan, terutama bagian persendian.
  15. Meningkatkan kekuatan otot.
  16. Meningkatkan kecepatan.
  17. Memulihkan kondisi organ-organ tubuh lebih cepat setelah berlatih rutin.
  18. Menghindarkan diri dari pikiran stres.
  19. Rileksasi dan memberikan efek menenangkan.

Nah itulah pembahasan kita dalam artikel kali ini, Oleh karena itu tes kebugaran jasmani bukan hanya penting dilakukan oleh kalangan atlet. Semua orang harus memiliki kondisi tubuh yang bugar agar bisa beraktivitas dengan lancar. Jadi, olahraga adalah kunci utama untuk bisa mendapatkan tubuh yang bugar.

Alhamdulillah materi kebugaran jasamani telah selesai kita bahas, mulai dari pengertian kebugaran jasmani beserta konsep, unsur-unsur, dan manfaat kebugaran jasmani. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk berolahraga ya, agar tubuh tetap sehat.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar