Web Browser : Pengertian, Fungsi, Macam-macam Contoh Browser

Apa itu web browser? Kegiatan menjelajah dalam dunia internet, pasti membutuhkan web browser. Dengan adanya browser ini, Anda bisa mendapatkan informasi baru, membuka website, hingga mengunduh dokumen penting. Informasi yang bisa Anda temukan dapat berupa teks, video, gambar, hingga audio. Sehingga tidak heran bila akhir-akhir ini banyak bermunculan software browser baru, dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Pengertian Web Browser

pengertian web browser
pengertian web browser

Tahukah kamu pengertian dari web browser?

Jadi, Pengertian web browser adalah suatu program atau software yang dirancang untuk menampilkan, mengunduh, dan juga mencari sebuah informasi dari berbagai halaman website, dengan bantuan jaringan internet. Cara kerjanya adalah software browser akan menerjemahkan halaman website melalui FTP atau HTTP/HTTPS. Kemudian akan menghasilkan sebuah informasi baru yang bisa dibaca oleh masyarakat luas.

Uniknya software browser dapat digunakan untuk plugin eksternal, sebagai pendukung kinerjanya. Seperti halnya pemblokiran iklan, pemutaran video, hingga pengambilan dokumen penting. Ada banyak software browser yang bisa Anda gunakan antara lain Google Chrome, UC Browser, hingga Mozilla firefox.

Fungsi Web Browser

fungsi web browser
fungsi web browser

Hadirnya software browser dalam bidang teknologi, pasti memiliki fungsi yang sangat penting di dalamnya. Salah satunya untuk membuka halaman website yang berisi berbagai macam informasi penting. Tanpa adanya software tersebut, Anda tidak bisa mengetahui informasi yang terjadi di sekitar Anda. Adapun manfaat atau fungsi web browser adalah sebagai berikut.

1. Membuka Halaman Website

Fungsi utama web browser adalah untuk mempermudah masyarakat membuka halaman website. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui informasi baru yang telah tersaji di dalam website tersebut. Untuk menggunakan software browser ini, sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukan kata kunci pada informasi yang ingin Anda ketahui.

2. Menjaga Perangkat dari Website Berbahaya

Software browser dapat berfungsi untuk menjaga perangkat dari website yang sudah terkontaminasi virus atau malware berbahaya. Hal ini karena banyak para hacker yang sering menyisipkan malware dalam berbagai situs website. Oleh sebab itu bila Anda akan membuka website yang mengandung virus, software browser tersebut akan memberikan peringatan agar Anda tidak masuk di dalamnya.

3. Menampilkan Website secara Maksimal

Tampilan website yang akan Anda kunjungi, akan dikemas sebaik mungkin oleh software browser. Semua konten yang ada di dalam website tersebut, akan diambil untuk membuat halamannya menjadi responsive dan enak untuk dipandang. Mulai dari gambar, script, audio, dan juga video yang mendukung tampilan halaman website.

4. Menyimpan Data Halaman secara Offline

Software browser ternyata memiliki fungsi untuk menyimpan data halaman website, meskipun tidak tersambung dengan jaringan internet. Sehingga tampilan website yang Anda buka saat disimpan, sama dengan tampilan aslinya. Namun yang membedakan hanya iklan online yang tidak dapat dibuka secara offline.

5. Mendukung Penggunaan Mesin Pencarian

Kegiatan menjelajah dalam dunia internet, tidak dapat lepas dari web browser dan mesin pencarian. Kedua elemen tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain. Mesin pencarian atau search engine memberikan kemudahan kepada para pengguna internet, untuk mencari informasi yang diinginkan.

Macam-Macam Web Browser

macam-macam web browser
macam-macam web browser

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat banyak perusahaan yang menciptakan software browser baru. Setiap software browser yang ditawarkan, selalu memiliki keunggulan tersendiri di dalamnya. Sehingga Anda bisa bebas memilih software browser yang cocok untuk menemani Anda menjelajah di internet. Adapun macam-macam web browser dapat kamu lihat sebagai berikut.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah salah satu contoh web browser besutan Google, yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas. Khususnya untuk para pemula yang baru memahami dunia teknologi. Hal ini karena Google Chrome tersebut, memiliki fitur dan juga tampilan yang mudah dipahami oleh semua orang. Uniknya Google Chrome didukung oleh Javascript, private mode, multi tab, hingga HTML 5.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox banyak digunakan sejak awal jaringan internet mulai digunakan, hingga saat ini. Software browser ini memiliki keamanan yang cukup tinggi, bila dibandingkan dengan lainnya. Bahkan ukuran software Mozilla Firefox ini, hanya mencapai 5 mb saja. Meski demikian, Mozilla Firefox didukung dengan menu konfigurasi yang tergolong lengkap.

3. Internet Explorer

Internet Explorer hingga kini masih banyak digunakan oleh para pengguna internet. Software hasil besutan Microsoft ini masih dapat digunakan dengan baik, meskipun perusahaannya telah berhenti beroperasi sejak tahun 2015. Sehingga tidak ada lagi pembaruan aplikasi dalam tampilan terbaru.

4. Opera Mini

Opera Mini merupakan salah satu contoh web browser yang cukup lama menemani masyarakat, untuk menjelajah di dunia internet. Meski demikian, software tersebut memiliki keunggulan sendiri dibandingkan dengan aplikasi browser lainnya. Mulai dari memiliki kinerja lebih cepat dari Google Chrome dan UC Browser, dapat menghemat kuota internet, proses download lebih cepat, bisa hemat baterai, hingga dapat menghalau munculnya iklan yang mengganggu.

5. Microsoft Edge

Microsoft Edge dipakai dalam perangkat komputer yang menggunakan sistem operasi windows 10. Bila dilihat dari tampilan websitenya, Microsoft Edge memberikan kesan berkelas, sangat dinamis, dan juga modern. Hal ini karena perusahaan Microsoft sendiri ingin memperlihatkan nilai estetika dan juga fungsi pada setiap tampilannya. Sehingga tidak heran bila banyak masyarakat yang merasa nyaman dengan software Microsoft Edge ini.

6. Vivaldi

Vivaldi diciptakan oleh CEO Opera yang dilengkapi dengan fitur canggih lainnya. Dalam software Vivaldi ini, menggunakan sistem Chromium Source Code yang hampir sama dengan Opera. Namun bedanya terletak pada pengoperasiannya dengan sistem Quick Command atau melalui keyboard.

7. UC Browser

UC Browser merupakan salah satu contoh browser besutan Alibaba Group yang seringkali digunakan melalui smartphone. Software UC Browser ini, menawarkan proses pengunduhan secara cepat kepada masyarakat luas. Sehingga tidak heran bila banyak para pengguna internet menjadi tertarik untuk menggunakannya. Tidak hanya itu, penggunaan UC Browser dapat menghemat kuota internet.

8. Safari

Safari dibuat oleh Apple Inc sebagai software browser. Biasanya Safari ini digunakan dalam perangkat komputer dengan sistem operasi iOS dan Mac Os. Uniknya software Safari ini, memiliki keunggulan yang patut dibanggakan. Seperti halnya didukung dengan fitur Nitro Engine agar dapat mempercepat pengolahan data. Keunggulan ini berikan untuk memberikan kenyamanan, agar pengguna tidak lama menunggu proses loading.

9. Yandex

Yandex disebut sebagai pesaing Google yang berasal dari Rusia. Hal ini karena hampir semua penduduk di Negara Rusia, menggunakan web browser Yandex. Mereka menganggap bahwa Yandex menggunakan sistem algoritma berdasarkan jarak antar kata dan relevansi dokumen. Sehingga sistem tersebut akan membuat mesin pencarian dinilai lebih efektif, dari Google.

10. Lynx

Lynx seringkali digunakan dalam sistem operasi UNIX dan DOS. Software ini dapat Anda gunakan untuk berselancar di internet, dengan bermodalkan sedikit kuota saja. Dengan begitu Anda bisa menghemat penggunaan kuota internet Anda.

11. Baidu

Baidu merupakan software browser yang bekerjasama dengan Facebook. Uniknya Baidu ini, memiliki mesin yang setara dengan Google Chrome. Sehingga Baidu memiliki kecepatan yang tidak perlu diragukan lagi, saat mengunduh video.

Web browser merupakan aplikasi atau software yang dibutuhkan ketika akan menjelajah ke dalam dunia internet. Hingga kini sudah banyak software browser yang tersedia. Mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera Mini, hingga Baidu.

Nah sekian pembahasan kali ini terkait materi web browser, admin kira sudah cukup lengkap mulai dari pengertian web browser, fungsi web browser, macam-macam web browser dan contoh-contoh web browser. Semoga bermanfaat.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar