Apa itu Literasi? Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip

Apa itu literasi? Tahukan anda arti literasi? jika belum, berikut adalah pengertian, tujuan, manfaat, jenis, dan prinsip-prinsip literasi. Semoga dengan adanya pembahasan ini Anda jadi paham tentang apa yang dimaksud dengan literasi.

Kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, mengolah hingga menganalisa suatu informasi memang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila seseorang tidak menguasai hal tersebut dengan baik, maka akan berpengaruh dalam kehidupannya. Dalam bahasa Indonesia, kemampuan ini seringkali disebut sebagai literasi.

Apa itu Literasi ?

apa itu literasi
apa itu literasi

Apa itu literasi?

Secara etimologi, literasi diambil dari unsur kata bahasa Latin “literatus” yang artinya adalah seseorang yang sedang belajar. Ada juga istilah “littera” yang artinya adalah sistem penulisan. Namun, secara umum literasi dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam memahami dan mengolah informasi yang sedang dibaca atau ditulisnya.

Literasi tidak hanya kemampuan membaca dan menulis yang dimiliki oleh seseorang, namun masih memiliki hubungan dengan ketrampilan bahasa. Adapun kemampuan bahasa yang dimaksud adalah pengetahuan dalam tulisan maupun lisan. Kemampuan tersebut tentunya membutuhkan kemampuan kognitif seseorang, baik pengetahuan kultural maupun pengetahuan tentang genre bacaan.

Arti Literasi Menurut Para Ahli

arti literasi
arti literasi

Berikut adalah pengertian literasi menurut para ahli yang bisa anda jadikan sebuah referensi atau rujukan untuk mengetahui tentang apa itu arti literasi. Yuk simak arti literasi dari masing-masing pakar di bidangnya.

Pengertian literasi menurut para ahli

Harvey J. Graff

Menurut beliau arti literasi adalah bahwa setiap orang memiliki kemampuan dalam menulis dan membaca.

Jack Goody

Beliau berpendapat bahwa arti literasi adalah kemampuan yang terdapat dalam diri seseorang untuk membaca maupun menulis.

Elizabeth Sulzby

Elizabeth Sulzby mengartikan literasi sebagai kemampuan berbahasa yang dimiliki setiap orang dalam berkomunikasi yang digunakan atau diterapkan dengan cara yang berbeda-beda tergantung dari tujuannya. Dalam hal ini komunikasi yang dimaksud mencakup kemampuan dalam membaca, menulis, berbicara dan menyimak.

Alberta

Alberta mendefinisikan literasi sebagai kemampuan menulis dan membaca seseorang untuk menambah keterampilan, pengetahuan hingga cara berpikir kritis untuk memecahkan suatu masalah hingga kemampuan berkomunikasi yang efektif untuk mengembangkan potensi serta partisipasi dalam kehidupan sehari-hari.

UNESCO

Arti literasi menurut UNESCO adalah keterampilan nyata yang berupa keterampilan menulis dan membaca, hal tersebu terlepas dari konteks dari mana keterampilan tersebut didapatkan dan siapa yang mendapatkannya.

Merriam – Webster

Berdasarkan kamus online Merriam – Webster, literasi diartikan sebagai kemampuan atau kualitas aksara yang terdapat pada seseorang. Dalam konteks ini mencakup kemampuan menulis, membaca, mengenali dan memahami ide secara visual.

Itulah pengertian literasi menurut para ahli, mudah-mudahan setelah membacanya bisa membuat anda tahu tentang apa itu literasi. Namun, tahukah anda mengenai tujuan dari literasi? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Tujuan Literasi

tujuan literasi
tujuan literasi

Berikut adalah tujuan literasi yang harus anda ketahui:

  • Meningkatkan Pengetahuan – Dengan adanya kemampuan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat. Caranya tidak lain adalah dengan rajin membaca informasi yang bermanfaat dan pintar-pintar dalam memilih serta mencerna bacaan.
  • Meningkatkan Pemahaman – Dengan membaca dan mencerna informasi yang dibaca tersebut, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman seseorang dalam membuat kesimpulan dari informasi yang dibaca.
  • Berpikir Kritis – Diharapkan dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam berpikir kritis terhadap informasi yang dibaca.
  • Mengembangkan Kepribadian dan Budi Pekerti – Dengan membaca dan mencerna tulisan yang dipilih, diharapkan orang tersebut dapat memiliki budi pekerti yang baik dan meningkatkan kepribadian melalui menulis dan membaca.
  • Mengembangkan Literasi – Di tengah perkembangan teknologi baru, literasi memiliki tujuan agar tetap tumbuh dan berkembang di seluruh kalangan masyarakat.
  • Meningkatkan Kualitas Waktu – Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas penggunaan waktu seseorang agar lebih bermanfaat dan menambah wawasan.

Manfaat Literasi

manfaat literasi
manfaat literasi

Kemampuan seseorang dalam membaca, menulis, mendengar, mengolah hingga menyimpulkan suatu informasi yang dibacanya memiliki manfaat yang bagus untuk kehidupan sehari-hari. Dengan memperbanyak atau rutin membaca informasi, secara tidak langsung dapat menambah kosakata dalam diri kamu.

Kebiasaan tersebut juga dapat menambah informasi serta wawasan baru, disisi lain kemampuan verbal menjadi meningkat. Adapun manfaat literasi lain yang dapat kamu ketahui diantaranya :

Manfaat literasi
  • Kinerja otak menjadi lebih optimal karena terbiasa untuk membaca dan menulis.
  • Cara mencerna atau memaknai suatu informasi menjadi meningkat seiring berjalannya waktu.
  • Kemampuan analisa menjadi meningkat seiring seringnya membaca informasi.
  • Konsentrasi semakin lebih baik, begitu juga daya fokus.
  • Secara tidak langsung kemampuan dalam merangkai kata semakin meningkat, tentunya mengandung makna tertentu.

Jenis-jenis Literasi

jenis-jenis literasi
jenis-jenis literasi

Pembahasan kita selanjutnya adalah tentang jenis-jenis literasi. Mengacu pada arti literasi, berikut ini adalah beberapa jenis literasi yang harus kamu ketahui:

Jenis-jenis literasi dan artinya

Literasi Dasar

Literasi dasar adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam mendengar, menghitung, membaca dan menulis. Adapun tujuannya adalah agar kemampuan seseorang dalam menulis, berkomunikasi, membaca dan berhitung menjadi lebih baik dan optimal. Apabila hal tersebut berkembang lebih baik, maka dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-harinya.

Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan adalah salah satu kemampuan seseorang dalam membedakan dan memahami suatu karya, baik dalam bentuk fiksi maupun non-fiksi. Seseorang yang memiliki kemampuan ini dapat menggunakan katalog dan indeks dengan baik. Disisi lain juga memiliki kemampuan untuk mencerna informasi pada saat membuat penelitian ataupun karya tulis.

Literasi Visual

Literasi visual adalah kemampuan yang dimiliki seseorang dalam memaknai dan menginterprestasikan suatu informasi ke dalam bentuk visual atau gambar. Kemampuan ini muncul karena adanya pemikiran bahwa gambar ternyata dapat dibaca dan dijadikan sebagai media komunikasi dalam proses membaca.

Dengan adanya literasi jenis ini diharapkan dapat menyampaikan informasi yang lebih mudah dipahami oleh berbagai kalangan usia. Terlebih penyampaian informasi melalui gambar lebih mudah dicerna dibandingkan dengan informasi yang full text.

Literasi Media

Literasi media adalah salah satu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam memahami dan mengetahui berbagai macam bentuk media. Adapun bentuk media yang dimaksud diantaranya adalah media cetak, media elektronik dan sejenisnya. Seseorang yang memiliki kemampuan ini dapat memahami dan mengerti bagaimana cara menggunakan media tersebut dengan baik dan benar.

Literasi Teknologi

Literasi teknologi adalah kemampuan seseorang dalam memahami dan mengetahui segala hal yang berkaitan dengan teknologi, termasuk pengetahuan tentang software maupun hardware. Orang yang memiliki kemampuan ini juga dapat menggunakan jaringan internet dengan bijak serta mengerti etika dalam menggunakan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi.

Prinsip Literasi

prinsip literasi
prinsip literasi

Terdapat beberapa prinsip penting di dalam pengembangan literasi di suatu lembaga pendidikan. Menurut Kylene Beers (2009), Berikut merupakan beberapa prinsip pengembangan literasi sekolah:

Prinsip literasi

Kemampuan Bahasa Lisan

Prinsip yang harus dipegang pertama adalah kemampuan berbahasa secara lisan itu sangatlah penting. Dalam sistem pembelajaran di sekolah, setiap siswa diharuskan dapat mendiskusikan salah satu informasi yang dipilih. Diskusi tersebut bersifat terbuka, sehingga setiap siswa dapat mengeluarkan pendapatnya masing-masing.

Dalam diskusi tersebut tidak menutup kemungkinan memunculkan perbedebatan kecil dan itu wajar terjadi dalam proses pembelajaran. Dengan adanya diskusi tersebut, harapannya adalah dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk berpikir lebih kritis dan berani dalam menyampaikan pendapatnya.

Sifatnya Seimbang

Secara umum, masing-masing siswa tentunya memiliki kebutuhan dan selera bacaan yang berbeda-beda. Kondisi ini yang menjadi salah satu tugas bagi sekolahan, terutama guru bahasa Indonesia untuk menyusun strategi agar sistem pembelajaran menjadi lebih efektif. Disisi lain, guru tersebut juga dapat menambahkan variasi bacaan kepada siswanya untuk meningkatkan kemampuan literasi.

Keragaman

Perbedaan merupakan suatu hal yang harus dihargai, begitu juga dengan perbedaan yang terdapat di sekolah. Prinsip yang harus ditekankan pihak sekolah adalah dengan menyediakan berbagai macam buku yang memiliki tema kekayaan budaya Nusantara. Dengan demikian para siswa akan lebih mengenal budaya Indonesia dan dibimbing untuk ikut serta dalam melestarikannya.

Berlaku Pada Semua Kurikulum

Sebaiknya literasi tidak hanya berlaku pada kurikulum tertentu seperti bahasa Indonesia saja, melainkan pada kurikulum lainnya. Dengan demikian seluruh guru mata pelajaran memiliki tanggung jawab untuk membiasakan siswanya untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis dan memahami informasi yang dibacanya.

Literasi sangat penting untuk seseorang karena dapat memberikan manfaat yang baik. Namun dalam prosesnya diperlukan latihan dan membiasakan diri untuk lebih sering membaca berbagai macam informasi.

Nah alhamdulillah telah selesai pembahasan kita mengenai materi kita mulai dari pengertian, tujuan, manfaat, jenis, dan prinsip-prinsip literasi. Semoga kita jadi lebih tahu tentang apa itu literasi dan istilah-istilah arti literasi dari jenis-jenisnya.

Leave a Comment