10 Cara Membuat Makalah Yang Baik dan Benar

Cara membuat makalah yang baik dan benar – Bagi kamu seorang mahasiswa, pastinya sudah sering membuat makalah untuk tugas kuliah. Namun seringkali kamu menghadapi stres berat dalam menulis makalah yang selalu ditolak oleh dosen pembimbing.

Bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar?

Oleh sebab itu, kamu wajib mengetahui tips membuat makalah secara mudah. Berikut penjelasan mengenai tips dalam membuat makalah secara mudah.

Tips Membuat Makalah secara Mudah

Pada penulisan makalah, usahakan jangan sampai copy paste milik orang lain. Kondisi tersebut akan merugikan diri sendiri nantinya. Hal ini karena tema yang dikerjakan dengan orang lain pasti berbeda. Selain itu pada zaman yang sudah canggih seperti sekarang, sudah banyak alat untuk tes plagiat. Sehingga kamu wajib mengetahui tips membuat makalah secara mudah.

1. Mengetahui Keinginan Dosen

Cara membuat makalah yang baik dan benar yakni pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengetahui keinginan dosen. Setiap dosen yang mengajar kamu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari cara mengajar, menilai, memberikan tugas kuliah, hingga memberikan bimbingan belajar. Biasanya karakteristik dosen akan terlihat ketika di awal perkuliahan.

Ada dosen yang mengutamakan pekerjaan makalah dengan bahasan yang jelas, padat, dan singkat. Ada juga yang membutuhkan kualitas makalah dengan bahasan singkat. Dan ada juga yang mementingkan kuantitas dengan jumlah kata yang sudah ditentukan oleh dosen tersebut.

2. Mencari Data Penulisan Makalah

Tips kedua yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari data penulisan makalah. Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan data sebagai bahan penulisan makalah kamu. Mulai dari wawancara kepada narasumber, observasi data ke lapangan, diskusi dengan teman kuliah, membuat kuisioner, mencari informasi di internet, hingga mendapatkan dari buku.

Perlu kamu ketahui bahwa sebelum menggunakan data dari berbagai sumber, wajib untuk dicek terlebih dahulu kebenarannya. Hal ini bertujuan agar kamu terhindar dari data palsu. Khususnya bila kamu menggunakan data dari internet yang sangat mudah untuk dimanipulasi oleh siapa saja. Oleh sebab itu, ambilah data dari sumber yang terpercaya.

3. Tuliskan Makalah Sesuai Urutan

Tips membuat makalah ketiga yang harus kamu lakukan adalah dengan menuliskan makalah sesuai urutan. Bagi kamu yang baru pertama kali menulis makalah, wajib mengetahui urutan makalah mulai dari judul, kata pengantar, daftar isi, abstrak, pendahuluan, pembahasan, dan penutup. Usahakan jangan sampai salah urutannya. Tujuannya agar makalah kamu diterima.

4. Buat Kerangka Makalah

Tips keempat yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat kerangka makalah. Pembuatan kerangka makalah akan memudahkan kamu dalam penulisan. Dengan begitu kamu akan memahami alur penulisannya. Usahakan ketika membuat kerangka, masukkan juga sumber yang akan digunakan. Tujuannya agar memudahkan kamu ketika membuat makalah.

5. Mulai dari Pembahasan Terlebih Dahulu

Tips membuat makalah kelima yang harus kamu lakukan adalah dengan mulai dari pembahasan terlebih dahulu. Bagi kebanyakan orang, menulis makalah pasti akan dimulai dari bagian judul, kata pengantar, abstrak, latar belakang, rumusan masalah, tujuan, pembahasan, kesimpulan, dan saran. Kali ini, kamu harus menuliskan bagian pembahasan terlebih dahulu.

Bila kamu sudah mendapatkan data sebagai bahan untuk makalah, kamu langsung menuliskan pembahasannya terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan lebih mudah menuliskan bagian pendahuluan, abstrak, judul, kesimpulan, dan juga metode penelitian. Hal ini karena kamu sudah mengetahui bahasan dasar dari makalah kamu.

6. Menuliskan Kesimpulan Makalah

Tips membuat makalah keenam yang harus kamu lakukan adalah dengan menuliskan kesimpulan makalah. Bagi kebanyakan orang, menuliskan bagian kesimpulan biasanya dilakukan paling terakhir.

Namun tidak untuk kali ini, kamu bisa menuliskan kesimpulan setelah membuat pembahasan. Tujuannya agar lebih memudahkan kamu saat mengerjakan makalah.

Bagian kesimpulan pada makalah seringkali disepelekan oleh kebanyak orang. Padahal dari kesimpulan tersebut merupakan poin penting dari keseluruhan isi makalah. Oleh sebab itu, kamu wajib menuliskan kesimpulan dengan sebaik mungkin. Tujuannya agar pembaca langsung mengerti pembahasan yang ada dalam makalah tersebut.

7. Menuliskan Bagian Pendahuluan

Tips membuat makalah ketujuh yang harus kamu lakukan adalah dengan menuliskan bagian pendahuluan. Bila kamu sudah menyelesaikan bagian pembahasan, kamu dapat langsung menuliskan pendahuluan. Pastinya akan lebih memudahkan kamu, saat menuliskan bagian pendahuluan.

Bila kamu harus menuliskan abstrak di dalam makalah, maka wajib ada beberapa bagian di dalam pendahuluannya. Mulai dari topik, kata kunci, teori yang digunakan, konklusi, isi, hingga penutup.

8. Penulisan Kutipan secara Tepat

Tips membuat makalah kedelapan yang harus kamu lakukan adalah dengan menuliskan kutipan secara tepat. Kutipan dalam makalah berfungsi untuk menguatkan pendapat kamu di dalam pembahasan.

Selain itu dengan menggunakan kutipan, maka akan membuat makalah tampak ilmiah. Tidak mungkin sebuah makalah ditulis tanpa adanya kutipan sedikit pun.

Kamu juga dapat menggunakan kutipan dengan cara parafrase dari data yang telah kamu dapatkan. Pastikan untuk menggunakan gaya bahasa Kamu sendiri. Kemudian cantumkan juga sumber data yang sudah kamu ambil.

Bila kamu akan mengambil data dari internet, usahakan dari website yang menggunakan domain .edu dan .org. Selain dari domain tersebut, kurang disarankan untuk digunakan sebagai data untuk makalah kamu.

Namun bila tidak menemukan data dari internet, kamu juga dapat menggunakan sumber dari website perpustakaan kampus dan juga perpustakan nasional.

9. Cek Ulang Makalah

Tips membuat makalah kesembilan yang harus kamu lakukan adalah dengan mengecek ulang makalah. Kamu harus mengecek kembali tulisan dalam makalah kamu. Usahakan pengecekan makalah dilakukan ketika pikiran kamu sudah tenang dan mood telah membaik. Dengan begitu kamu bisa lebih konsentrasi saat melakukan cek ulang.

Cek bagian typo atau kesalahan pengetikan yang ada dalam makalah kamu. Pastinya kondisi tersebut tidak akan luput dari penulisan makalah. Khususnya ketika kamu sudah stres dalam mengerjakan makalah. Tidak hanya itu, kamu juga harus cek bagian pengutipan. Seringkali orang-orang lupa memberikan sumber, setelah memasukkan data dalam makalah.

10. Hindari Mengerjakan H-1 Deadline

Tips kesepuluh yang harus kamu lakukan adalah hindari mengerjakan h-1 deadline. Semakin pendek waktu mengerjakan makalah, maka semakin buruk kualitas di dalamnya. Hal ini karena kamu akan diburu oleh waktu deadline makalah. Alhasil kamu mengerjakan makalah secara sembarangan.

Bahkan kemungkinan terburuknya adalah copy paste milik orang lain. Keadaan ini harus dihindari dari penulisan makalah. Pastinya dosen kamu akan mengetahui bila kamu sudah melakukan copy paste. Hal ini akan terlihat bila dia menanyakan isi makalah kepada kamu. Alhasil makalah kamu tidak akan diterima oleh dosen pengajar ataupun pembimbing.

Seringkali mahasiswa merasa stres saat mengerjakan tugas dari dosen dalam bentuk makalah. Sebelum mengerjakannya, kamu wajib mengetahui tips membuat makalah secara mudah. Dengan begitu kamu jadi tahu bagaimana cara membuat makalah yang baik dan benar yang berkualitas sehingga dapat diterima oleh dosen pembimbing.

Tinggalkan komentar