Komunikasi Daring

Pengertian komunikasi daring – Komunikasi menjadi kunci penting dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain secara individu maupun kelompok. Di era yang serba digital ini, orang melakukan komunikasi semakin dipermudah dengan bantuan internet atau yang terkenal dengan istilah komunikasi daring. Alhasil, Anda dapat saling bertatap muka di dunia maya dengan banyak orang bahkan bisa lintas negara maupun benua.

Informasi baik yang bersifat lokal, nasional dan internasional bisa diakses dengan mudah dan cepat tanpa bepergian ke kota atau negara sumber informasi berada. Oleh karena itu, akan diulas secara detail mengenai komunikasi daring yang meliputi pengertian, komponen, jenis, manfaat, tujuan dan fungsinya. Selain itu, akan disajikan beberapa kelebihan, kekurangan beserta contohnya.

Pengertian Komunikasi Daring

pengertian komunikasi daring
pengertian komunikasi daring

Jelaskan apa yang Anda ketahui mengenai komunikasi daring? Jadi, Pengertian komunikasi dari berasal adari kata komunikasi dan daring yang mana komunikasi merupakan sebuah proses perpindahan informasi dari komunikator ke komunikan yang terjadi baik melalui tulisan, lisan ataupun isyarat. Sedangkan, daring kependekan dari ‘dalam jaringan’ yang mempunyai arti semua hal yang terjadi di jaringan internet.

Berdasarkan pengertian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian komunikasi daring adalah salah satu bentuk transfer informasi yang dijalankan memakai media berupa jaringan internet.

Kelebihan Komunikasi Daring

kelebihan komunikasi daring
kelebihan komunikasi daring

Berikut adalah kelebihan komunikasi daring yang bisa kamu manfaatkan, diantara lain sebagai berikut.

1. Meminimalisir Pengeluaran

Komunikasi bisa terjadi tanpa harus bertemu langsung atau pergi ke rumah orang yang ingin diajak berbicara. Dengan demikian, Anda tidak harus mengeluarkan biaya transportasi, hehe.

2. Tidak Membuang-buang Waktu

Interaksi dengan orang lain berlangsung tanpa batasan waktu baik pagi, siang, sore atau malam sehingga bisa menghemat waktu karena tidak perlu melakukan perjalanan.

3. Terintegrasi dengan Layanan TIK

Terintegrasi dengan berbagai layanan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) lainnya sebagai alat pelengkap yang mendukung kelancaran komunikasi.

4. Mendorong Aktif Berinteraksi

Mendorong seseorang yang bersifat pendiam di dunia nyata untuk aktif berinteraksi secara online.

5. Meningkatkan Jumlah Partisipasi

Meningkatkan jumlah anggota yang berpartisipasi dalam setiap diskusi atau rapat karena jalur komunikasi terbuka lebar.

Kekurangan Komunikasi Daring

kekurangan komunikasi daring
kekurangan komunikasi daring

Selain mempunyai kelebihan, komunikasi daring juga memiliki kekurangan. Berikut adalah kekurangan komunikasi daring yang dapat kamu lihat dibawah ini.

1. Membutuhkan perangkat khusus

Artinya agar komunikasi dapat berjalan Anda harus memiliki software dan hardware.

2. Kurang mewakili emosi penggunanya

Karena Anda kesulitan untuk memahami gerakan tubuh, intonasi berbicara dan raut muka, hehe.

3. Adanya Informasi Kurang Penting

Informasi tersedia dalam jumlah banyak dan dijumpai juga informasi yang kurang penting sehingga membuat bingung penerimanya.

4. Membuat Kurang Konsentrasi

Membuat seseorang kurang konsentrasi ketika komunikasi berlangsung pada waktu dan tempat yang tidak tepat. Pekerjaan Anda akan tertunda atau bahkan sampai mengabaikan kegiatan lainnya.

Jenis-jenis Komunikasi Daring

jenis-jenis komunikasi daring
jenis-jenis komunikasi daring

Adapun jenis-jenis komunikasi daring dibagi menjadi dua yaitu sinkron dan asinkron. Untuk penjelasannya kamu bisa simak dibawah ini.

1. Sinkron

Komunikasi jenis ini menggunakan media komputer, berlangsung secara serempak dan waktunya nyata. Contohnya ada dua, yaitu:

• Text Chat

Sebuah aplikasi, fitur atau program pada jaringan internet yang dipakai untuk bersosialisasi dan berkomunikasi langsung dengan sesama pengguna internet. Caranya dengan saling mengirimkan dan membalas pesan teks kepada orang yang sama-sama sedang daring.

• Video Chat

Teknologi untuk berinteraksi lewat audio atau video antar pengguna pada lokasi berlainan secara realtime.
Prakteknya menggunakan bantuan perangkat komputer, tablet atau smartphone yang dikenal dengan istilah video call. Interaksi yang terjadi bisa satu-satu seperti skype dan FaceTime atau interaksi multipoint seperti Google+ Hangout.

2. Asinkron (Tidak Serempak)

Komunikasi menggunakan komputer yang dilakukan secara tunda. Artinya, Anda menjalin komunikasi melalui e-mail, rekaman simulasi visual, forum, menulis maupun membaca dokumen daring pada World Wide Web.

Komponen Pendukung Komunikasi Daring

komponen komunikasi daring
komponen pendukung komunikasi daring

Adapun komponen pendukung komunikasi daring ada tiga yaitu hardware, software dan brainware. Apa itu? yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Hardware (Perangkat Keras)

Perangkat ini bentuknya dapat diraba menggunakan tangan dan dilihat secara langsung oleh manusia. Contohnya adalah komputer, modem, microphone, headset dan perangkat yang mendukung koneksi internet.

2. Software (Perangkat Lunak)

Software merupakan program komputer yang penting untuk menjalankan suatu pekerjaan. Program tersebut berfungsi sebagai penghubung antara hardware dan brainware. Misalnya adalah skype dan Google+ Hangout.

3. Brainware (Perangkat Akal atau Nalar)

Contoh dari brainware adalah manusia yang secara langsung terlibat menggunakan dan mengatur perangkat lunak beserta perangkat keras agar komunikasi daring dapat terlaksana.

Tujuan Komunikasi Daring

tujuan komunikasi daring
tujuan komunikasi daring

Adapun tujuan komunikasi daring diantara lain sebagai berikut.

  1. Sarana berbagi sumber daya
  2. Sarana berbagi informasi
  3. Untuk melakukan integrasi dan keamanan data
  4. Efisiensi waktu dan biaya
  5. Dapat dikontrol lewat jarak jauh
  6. Meningkatkan partisipasi komunikasi
  7. Mempermudah dalam pengelolaan
  8. Pengembangan sekaligus pemeliharaan
  9. Web browsing

Fungsi Komunikasi Daring

fungsi komunikasi daring
fungsi komunikasi daring

Terdapat beberapa fungsi komunikasi daring yang dapat kamu simak sebagai berikut.

1. Informasi

Sebagai sarana menyampaikan pesan kepada orang lain.

2. Kendali

Komunikasi berperan dalam mengendalikan tingkah laku anggotanya. Masing-masing organisasi memiliki kewenangan dan pedoman yang harus diikuti oleh seluruh anggota.

3. Motivasi

Komunikasi membantu memotivasi karyawan dengan cara memberikan penjelasan hal-hal apa yang harus dikerjakan beserta prosedur kerjanya. Hal ini dilakukan semata-mata demi perbaikan kinerja agar sesuai standar.

4. Mengekspresikan Emosional

Biasanya kelompok kerja menjadi wadah bagi karyawan untuk melakukan interaksi sosial. Komunikasi di dalamnya merupakan sebuah mekanisme yang fundamental. Setiap anggota bebas mengekspresikan perasaannya baik itu rasa puas atau kecewa. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa komunikasi menyalurkan emosional dan untuk memenuhi kebutuhan sosial.

5. Meningkatkan Intensitas Komunikasi

Hal ini dapat terjadi karena berkomunikasi semakin mudah dan dapat dilakukan sewaktu-waktu, haha.

6. Fungsi Negara

Mempermudah kegiatan pemerintahan terutama dalam hal menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Manfaat Komunikasi Daring

manfaat komunikasi daring
manfaat komunikasi daring

Manfaat komunikasi daring diantara lain sebagai berikut.

  1. Sarana komunikasi dan hiburan interaktif.
  2. Mengakses informasi pada lokasi yang jauh.
  3. Mempermudah proses belajar mengajar sehingga interaksi antara murid dengan guru lebih efektif.
  4. Sebagai sarana E-Banking.
  5. Mendukung proses pembelajaran online.
  6. Mendukung perdagangan online.
  7. Membentuk sebuah komunitas yang berawal dari adanya kesamaan minat dan hobi antar individu. Misalnya komunitas pecinta drama korea, pecinta komik dan masih banyak komunitas lainnya.
  8. Meningkatkan daya kreativitas seseorang.
  9. Menghemat biaya dan waktu. Kuota internet sangat dibutuhkan untuk turut mendukung kesuksesan komunikasi daring. Harga kuota tersebut murah dan terjangkau sehingga membuat Anda lebih menghemat pengeluaran, hihi. Selain itu, bisa memanfaatkan waktu seefisien mungkin karena bisa dilakukan di mana saja.
  10.  Bersifat fleksibel, komunikasi dilakukan tanpa bertatap wajah misalnya memakai sms, chat, voice call dan telepon. Apabila Anda ingin berkomunikasi dan bisa saling bertatapan satu sama lain maka solusinya adalah memanfaatkan teknologi yang memfasilitasi aplikasi untuk video call.

Contoh Komunikasi Daring

contoh komunikasi daring
contoh komunikasi daring

Ada bebera contoh komunikasi daring yang sudah bisa kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari, diantara lain sebagai berikut.

  1. Melakukan video call maupun text chat melalui BBM, Line dan Whatsapp.
  2. Menggunakan skype untuk video chat.
  3. Memanfaatkan Facebook atau Messenger untuk text chat.
  4. Video call menggunakan Google+ Hangout, Zoom, Google Meeting dan lain-lain.

Komunikasi daring dapat berlangsung lebih mudah, praktis, efektif dan efisien. Kehadirannya disambut dengan baik oleh semua orang, karena memfasilitasi dan membantu menyelesaikan berbagai aktivitas. Cara menggunakannya untuk berkomunikasi sangat mudah sehingga siapapun bisa melakukannya.

Nah itulah pembahasan kita kali ini tentang komunikasi daring mulai dari pengertian komunikasi daring, kelebihan, kekurangan, jenis, komponen pendukung, tujuan, fungsi, manfaat dan contohnya. Semoga dengan adanya pembahasan artikel kali ini kamu bisa memahami apa itu komunikasi daring. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar