Macam-macam Perangkat Keras Komputer (Hardware) Pengertian | Fungsi | Cara Kerja

Perangkat Keras Komputer (Hardware) adalah sebuah komponen fisik pada komputer yang digunakan untuk menjalankan perintah dari sitem yang telah diprogramkan.  Untuk lebih mudahnya Pengertian hardware yaitu sebuah komponen pada komputer yang bisa disentuh, dilihat dan diraba oleh fisik.

Daftar Isi

Macam – Macam Perangkat Keras Pada Komputer (Hardware)

1. CPU (Central Processing Unit)

Perangkat keras komputer
Gambar CPU (Central Processing Unit)

CPU dapat kita ketahui secara ringkas dari kepanjangan CPU itu sendiri. CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit atau Pengolah pusat. Secara awam kita sering menyebutnya sebagai processor, karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer.

CPU dapat diibaratkan sebagai sebuah otak dari computer itu sendiri. Cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah computer cukup ditentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan.

Pengertian CPU (Central Processing Unit)

Pengertian CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Prosesor sering digunakan untuk menyebut CPU pada umumnya.

Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Fungsi CPU (Central Processing Unit)

CPU berfungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras komputer (hardware), seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.

CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam.

Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki.

Cara Kerja CPU (Central Processing Unit)

Adapun cara kerja dari CPU dapat dilihat dari urutannya sebagai berikut:

  1. Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage);
  2. Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).
  3. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
  4. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.
  5. Hasilnya ditampung di Accumulator.
  6. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.
  7. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

2. Motherboard (Mainboard)

hardware
Gambar Motherboard (Mainboard)

Istilah motherboard di dalam dunia perkomputeran sangatlah banyak bisa disebut motherboard, mainboard, mobo, papan induk dan lain sebagainya.

Pengertian Motherboard

Pengertian Motherboard adalah papan sirkuit utama yang berguna sebagai tempat macam-macam komponen elektronik yang saling terhubung yang memiliki chip bios, port, slot dan jalur konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat.

Fungsi Motherboard

Fungsi dari motherboard adalah menghubungkan seluruh komponen penyusun sebuah komputer , artinya mobo di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Cara Kerja Motherboard

Motherboard satu-satunya komponen utama tempat untuk komponen yang terhubung satu sama lainnya. Ia bekerja seperti sistem saraf tubuh kita dan terutama memiliki kemampuan untuk mengangkut data dari setiap jenis. Menghubungkan sejumlah perangkat namun sebagai fungsi dasar adalah menghubungkan CPU (processor) dengan bagian lain dari komputer.

3. Monitor

pengertian monitor
Gambar Monitor

Pengertian Monitor

Pengertian Monitor adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.

Fungsi Monitor

Monitor berfungsi sebagai output dari memori komputer atau central processing unit berupa biner. Ini harus diubah menjadi bahasa manusia dan ditampilkan kemonitor sehingga bisa dibaca oleh pengguna.

Cara Kerja Monitor

Monitor bekerja melalui sebuah tabung belakang yang menembakkan elektron menuju ke bagian dalam tabung. Bagian dalam tabung itu sendiri mempunyai kemampuan memendarkan cahaya sehingga kita bisa menyaksikan bahwa monitor bisa menghasilkan gambar-gambar yang sangat baik detailnya. Sinar elektron yang ditembakkan tadi, melewati serangkaian magnet yang kemudian membelokkan sinar tersebut sehingga menuju bagian-bagian yang semestinya di tabung bagian dalam.

Sinar yang disalurkan tadi membetuk pixel-pixel atau titik. Setiap tempat di tabung bagian dalam mewakili pixel yang kemudian diisi oleh sinar elektron yang ditembakkan tadi. Pixel yang terisi sedikit demi sedikit mulai membentuk gambar secara utuh.

Dalam rangka membentuk gambar, sinar melakukan sapuan dari kiri ke kanan yang menyebabkan mereka berpendar ke berbagai arah. Semua itu menjadikan sinar masuk ke dalam pos-pos pixelnya sesuai dengan tegangan yang sebelumnya telah diatur. Sapuan sinar tersebut akan terus dilakukan dan ketika sinar telah mencapai puncak atau ujung, maka sinar akan berhenti dan proses dimulai dari awal lagi untuk membentuk gambar-gambar baru. Inilah yang membuat kita dapat melihat berbagai gambar bergerak di layar televisi.

4. Keyboard

fungsi keyboard komputer
gambar keyboard

Pengertian Keyboard

Pengertian keyboard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.

Fungsi Keyboard

Fungsi utama suatu keyboard adalah untuk memasukkan data maupun perintah pada komputer atau yang dikenal sebagai perangkat input.

Cara Kerja Keyboard

  1. Ketika tombol ditekan, tombol tersebut akan menekan sebuah karet yang ada dibawah tombol tersebut.
  2. Karet tersebut terhubung dengan sebuah chip yang mana akan mentransmisikan sinyal yang didapat ketika tombol ditekan.
  3. Sinyal yang ditransmisikan berbentuk kode-kode biner.
  4. Data yang berbentuk biner tersebut akan digenerate oleh chip komputer.
  5. Setelah digenerate akan ditampilkan kembali menjadi tampilan asli berbentuk huruf pada layar monitor.

5. Mouse Komputer

fungsi mouse
pengertian, fungsi & cara kerja mouse

Pengertian Mouse

Pengertian mouse adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

Fungsi Mouse Komputer

Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer.

Cara Kerja Mouse Komputer

  1. Memberikan perintah ke komputer dengan cara menggerakkan mouse di permukaan khusus mouse komputer (Mouse Pad).
    Menunjukkan letak kursos di layar monitor.
  2. Melakukan kegiatan memasukkan perintah yang disebut: klik, klik ganda (double click), klik tahan dan geser (drag and drop click), serta klik kanan.
  3. Melakukan scrolling layar untuk melihat seluruh bagian dalam program yang sedang dibuka dengan cara menggeser roda scroll.
  4. Mempercepat dan mempermudah pekerjaan desain grafis, gaming dan sebagainya.
  5. Mengontrol perbesaran visual suatu objek.
  6. Mengaktifkan fitur coommnd button serta melakukan perintah pada suatu aplikasi.
  7. Memperbesar dan memperkecil tampilan worksheet.
  8. Melakukan transfer sinyal elektronik dari pergerakan mouse menuju ke perangkat pemroses. Dan masih banyak lagi.

6. RAM (Random Access Memory)

fungsi RAM
pengertian, fungsi & cara kerja RAM

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Pengertian Ram (Random Access Memory) adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) sebagai tempat dimana kita menemukan instruksi-instruksi yang hendak dikerjakan dan sebagai media penyimpanan sementara.

Fungsi RAM (Random Access Memory) Komputer atau laptop

Fungsi dari Ram adalah untuk membantu kinerja komputer anda agar bisa menyimpan data secara sementara.

Cara Kerja RAM (Random Access Memory)

Ketika komputer pertama kali dihidupkan, komponen pertama kali yang bekerja adalah prosessor, kemudian prosessor meminta data-data atau perintah dari hardisk.

Disinilah fungsi peran memory bekerja. Pada dasarnya harddisk tidak mampu memenuhi kecepatan permintaan data perintah dalam hal menyuplai data perintah yang diminta oleh prosessor.

Maka dibutuhkan peran memory RAM sebagai menampung data dari hardisk dan menyuplai data yang dibutuhkan ke prosessor. Tentu saja semakin besar kapasitas memory RAM semakin cepat pula kinerja suatu komputer. Logikanya jelas, prosessor tidak perlu menunggu terlalu lama data-data yang diminta dari hardisk, untuk ditampung di memory RAM.

7. Harddisk (HDD)

fungsi Harddisk
pengertian, fungsi & cara kerja harddisk

Pengertian Harddisk (HDD)

Pengertian harddisk (HDD) adalah Perangkat keras yang terbuat dari bahan kaku yang berlapisi piringan magnetik oksida yang mempunyai kapasitas penyimpanan yang sangat besar.

Fungsi Hard Disk Komputer

Fungsi perangkat harddisk secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat komputer/laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya.

Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk.

Cara Kerja Harddisk (HDD)

  1. Pada saat diaktifkan piringan hard disk (platter) berputar di spindle. Perputaran yang standar ialah 5200 rpm – 10000 rpm, sedangkan yang khusus 7200-15000 rpm.
  2. Motor spindel akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam.
  3. Mengakibatkan platter tersebut berputar dengan kecepatan sangat tinggi, sedangkan head akan mengambang pada piringan hard disk dan head bergerak ke kiri dan ke kanan.
  4. Pada saat mengambang itu baru head melakukan pembacaan dan menulis, yaitu dengan cara spindle motor tersebut akan menggerakkan platter dan mengatur tekanan udara dengan slider agar tidak tersentuh platter, jadi head itu akan membaca data tersebut melalui udara.
  5. Pada saat komputer/hard disk dimatikan membuat head mendarat /berhenti pada tempat tertentu,disebut landing zone

8. Processor (prosesor)

fungsi Processor
pengertian, fungsi & cara kerja Processor

Pengertian Processor (Prosesor)

Pengertian processor ataupun yang sering disebut otak komputer, secara jelasnya prosesor adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yakni sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dengan fungsi melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Fungsi Processor (prosesor)

Pada umumnya fungsi processor (prosesor) adalah hanya untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output.

Cara Kerja Processor (prosesor)

Cara kerja processor yakni menjalankan sekumpulan intruksi mesin yang memberitahu processor apa saja yang harus dilakukan

9. Power Supply (PWSU)

fungsi Power Supply
pengertian, fungsi & cara kerja Power Supply

Pengertian Power Supply

Pengertian Power Supply adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll.

Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.

Fungsi Power Supply pada Komputer

Dalam bahasa Indonesia, Power Supply berarti Sumber Daya. Fungsi dari power supply adalah memberikan daya arus listrik ke berbagai komponen atau hardware yang terdapat di dalam chasing komputer.

Cara Kerja Power Supply

Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good

10. LAN Card

fungsi LAN Card
Pengertian, fungsi & cara kerja LAN Card

Pengertian LAN Card

NIC (Network Interface Card) atau lebih akrab dipanggil LAN Card merupakan salah satu perangkat keras komputer (hardware) jaringan yang berbentuk seperti kartu, dimana fungsi utamanya adalah menghubungkan dua atau lebih komputer / perangkat komputer guna melakukan pertukaran data.

Fungsi LAN Card

Mewujudkan koneksi fisik bagi masing-masing komputer. Keberadaan LAN Card ‘dapat menyatukan’ semua komputer dalam satu jaringan tertentu. Di saat yang sama, LAN Card bekerja dengan cara membukakan ‘pintu’ bagi semua komputer yang ingin dihubungkan dengan jaringan tersebut.

Menyediakan saluran data. LAN Card tak hanya dengan membukakan pintu bagi masing-masing komputer yang terhubung, tapi juga memberi jalan keluar atas aliran data antar komputer.

Cara Kerja LAN Card

Dua atau lebih komputer tidak akan dapat terhubung satu sama lain jika tidak menggunakan perangkat jaringan, semisal LAN Card. Perangkat keras ini menghubungkan tiap komputer ke jaringan dengan menggunakan alamat MAC.

Kinerja LAN Card tidak lepas pengaruhnya dari OSI (Open System Interconnectioons). OSI ini merupakan model teoretis di sebuah jaringan komputer, dan terdiri dari 7 lapisan.

Dua lapisan pertama OSI merupakan lapisan fisik dan juga lapisan data link. Masing-masing lapisan OSI memungkinkan lapisan lain untuk tetap independen.

Upaya meng-upgrade atau mengganti satu layer tidak akan mempengaruhi independensi lapisan lain. Hal ini berarti bahwa jika ada perangkat yang menggantikan LAN card, elemen komputer lainnya, seperti protokol, tidak akan berubah.

Fungsi data link dari LAN Card lah yang menyediakan fasilitas penerimaan data biner dari jaringan pada tataran perangkat keras. LAN Card dapat mengenali aliran ini dan bahkan mampu memeriksa kesalahan yang ada. Ketika seorang pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan menyalakan komputernya, maka akan terlihat 2 (dua) buah lampu: Satu berwarna hijau, dan satunya lagi berwarna jingga.

Lampu jingga akan terus menyala ketika lapisan data link dihubungkan. Hal ini mengindikasikan bahwa kabel tersebut bekerja, ada jaringan dan terdapat aliran data. Adapun lampu kedua, yakni lampu hijau, akan muncul begitu lapisan berikutnya diaktifkan.

Sebuah LAN Card dapat berkomunikasi satu sama lain dalam satu jaringan komputer jika dalam jaringan tersebut terdapat switch atau jika ada dua atau lebih komputer. Jika komputer di jaringan Anda ingin terhubung satu sama lain, maka komputer-komputer tersebut harus dihubungkan ke sebuah router atau switch yang berada dalam jaringan yang sama.

11. AGP Card (Accelerated Graphics Port)

Fungsi AGP Card
Pengertian, fungsi & cara kerja AGP Card

Pengertian AGP Card (Accelerated Graphics Port)

Pengertian AGP Card (Accelerated Graphics Port) adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk memaksimalkan layar resolusi gambar pada komputer.

Fungsi AGP Card (Accelerated Graphics Port)

Fungsi Slot AGP adalah sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi yang ada pada motherboard, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan. Transfer data pada slot AGP lebih cepat dibandingkan transfer data pada slot tipe PCI. Pada motherboard tipe AGP, umumnya terdapat hanya satu buah.

Fungsi utama dari Slot AGP ini adalah untuk menyalarkan data dari kartu grafis ke CPU tanpa harus memori utama, dengan demikian proses pengolahan data grafis dapat dipercepat. Kelebihan lain AGP ini adalah kemampuanya dapat mengeksekusi texture maps secara langsung dari memori utama.

12. VGA Card (Video Graphics Accelerator)

Fungsi VGA Card
Pengertian, fungsi & cara kerja VGA Card

Pengertian VGA Card (Video Graphics Accelerator)

Pengertian VGA Card (Video Graphics Accelerator) adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk merubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

Fungsi VGA Card (Video Graphics Accelerator)

Fungsi VGA Card adalah mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafik di layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor. Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game. VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.

Cara Kerja VGA Card

Saat aplikasi yang dijalankan ingin menciptakan sebuah citra, aplikasi tersebut akan meminta bantuan pada driver kartu grafis. Driver grafis akan mendengarkan instruksi, baik dari OS atau dari aplikasi, kemudian mengambil data digital yang diperlukan dan mengkonversikannya menjadi sebuah format yang dimengerti oleh kartu grafis tersebut.

Setelah itu, driver menyalurkan data digital yang baru diformat tersebut kepada kartu grafis untuk melakukan rendering. Data tersebut berjalan menuju kartu VGA melalui slot pada motherboard (AGP/PCI-E).

Setelah disalurkan ke kartu grafis, data akan dikirimkan ke memori kartu grafis sebagai tempat penyimpanan sementara. Kemudian GPU akan mengambil data digital tersebut lalu mengubahnya menjadi pixel.

Pada titik ini, pixel belum siap untuk ditampilkan ke layar. Pixel tersebut akan dikirim kembali ke Video RAM untuk disimpan. VRAM terhubung langsung pada RAMDAC yang bertugas menterjemahkan image ke signal analog agar bisa digunakan oleh monitor. Selanjutnya, RAMDAC mengirimkan gambar final kepada monitor melalui display interface, kabel, hingga ke monitor.

13. FDD (Floppy Disk Drive)

Fungsi Floppy Disk Drive
Pengertian, fungsi & cara kerja Floppy Disk Drive

Pengertian Floppy Disk

Pengertian floppy disk adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi sebagai penyimpanan file/data portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Sempat populer karena dapat mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju. Dengan kata lain Floppy Disk merupakan alat bantu bagi pengguna komputer untuk menyimpan data/file yang sangat penting.

Fungsi Floppy Disk

Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.

Cara Kerja Floppy Disk

  1. Program komputer akan meneruskan instruksi ke hardware komputer untuk menulis data pada floppy disk.
  2. Kemudian, hardware komputer dan kontroller dari disket akan menyalakan motor pada disket untuk memutar floppy disk. Disk yang ada di disket berbentuk bundar dan terdiri dari segmen-segmen kecil yang dinamakan sector.
  3. Motor yang kedua, yang dinamakan stepper motor yang berfungsi untuk menempatkan heads ke track selanjutnya. Proses ini biasanya terjadi pada saat heads berada di track sebelumnya dan ingin mengakses track lainnya.
  4. Waktu dari track sebelumnya ke track setelahnya dinamakan “access time”.
  5. Head dari read/write akan berhenti pada track. Head dari read akan mengecek apakah track tersebut memiliki data atau tidak.
  6. Sebelum data dari program ditulis pada disket, sebuah erase coil akan membersihkan sector tersebut. Ukuran dari head pada write lebih besar daripada sector yang akan ditulis datanya.
  7. Head dari write yang telah diberikan energi akan menaruh data pada disket dengan cara memberikan magnet pada permukaan media recording (perekaman).
  8. Disket akan berhenti berputar. Disket sekarang akan menunggu perintah selanjutnya dari komputer.

14. Joystick

Fungsi Joystick
Pengertian, fungsi & cara kerja Joystick

Pengertian Joystick

Pengertian joystick adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berwujud tuas atau tongkat dan dapat bergerak ke segala arah, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer dan alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.

Fungsi Joystick

Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu :
Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Untuk megontrol permainan video.
Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk.

Cara kerja Joystick

Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah.

15. Printer

Fungsi Printer
Pengertian, fungsi & cara kerja Printer

Pengertian Printer Komputer

Pengertian printer adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya.

Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.

Fungsi Printer Komputer

Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yaitu dpi atau singkatan dari dot per inch.

Maksud dari istilah tersebut adalah banyaknya jumlah titik dalam area yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin bagus. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga tidak terlalu bagus.

Cara Kerja Printer Dot Matrix

Prinsipnya ada pada Head dari printer, terdiri atas 7 atau 9 hingga 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membuat titik-titik melalui ketukan pada pita karbon dan kertas. Kecepatannya sangat bervariasi tergantung tipenya, misalnya pada Epson LX-80, kecepatannya adalah 80 caharacter per second.

Pada saat head-printer bergerak dari kiri ke kanan sambil menyentuh pita, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf yang dibuat dari titik-titik jarum itu.

Setiap karakter yang terbentuk akan membuat suatu pola unik yang terdiri dari berbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer berwarna, harus menggunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

16. CD ROM / DVD ROM

Fungsi DVD ROM
Pengertian, fungsi & cara kerja DVD ROM

Pengertian CD ROM / DVD ROM

Pengertian CD ROM / DVD ROM adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

Fungsi CD-ROM / DVD ROM

Merujuk pada pengertian diatas, bahwa CD ROM mempunyai arti sebuah Hadware yang hanya bisa membaca CD saja. Selain kegunaan dasar tersebut CD ROM juga digunakan untuk melakukan penginstalasian sebuah OS (OPERATING SYSTEM), Game, Software-software, atau melakukan booting pada saat msuk ke OS bila sebuah System tidak mau berjalan.

Cara kerja CD-ROM / DVD ROM

Pada CDROM informasi yang tersimpan juga berupa 0 dan 1. Tentunya angka 0 dan 1 ini bukan langsung tertulis berupa angka 0 dan 1 melainkan merupakan keadaan pada lapisan tertentu pada CD-ROM tersebut. CD-ROM yang dibahas disini adalah CD ROM yang dicetak bukan CD-R ataupun CD-RW.

Pada dasarnya semua CD memberikan informasi menggunakan teknik apakah suatu sinar yang diarahkan pada suatu posisi akan dipantulkan ke titik tertentu atau tidak. Perbedaannya terletak pada cara CD tersebut melakukannya. Pada CD-ROM yang memang dicetak, dipantulkan tidaknya suatu sinar itu ditentukan oleh cetakan yang digunakan. Jadi cetakan yang digunakan harus disesuaikan dengan informasi yang ingin disimpan.

Data digital yang tersimpan pada CD-ROM tersusun mulai dari bagian terdalam pada CD-ROM menuju ke bagian terluar dari CD-ROM. Selain lapisan yang berguna untuk memantulkan cahaya, masih ada beberapa bagian lain dari CD-ROM.

Suatu CD-ROM biasanya memiliki 4 buah bagian, yaitu label, protective layer, reflective layer, dan polycarbonate plastic. Pada pembacaannya sendiri CD-ROM ini akan diputar dengan kecepatan sudut yang tinggi. Oleh karena itu pola yang dicetak pada CD-ROM tersebut harulah memiliki tingkat presisi yang tinggi. Bila ini tidak dipenuhi, penyimpangan informasi bisa saja terjadi.

Pada CD-ROM Drive masa kini, kecepatan sudut ini akan terus dipertahankan hingga pada saat pembacaan bagian terluar dari CD-ROM. Hal ini membuat kecepatan linier (kecepatan pembacaan) semakin tinggi pada daerah yang semakin luar.

Dengan kecepatan setinggi ini CD-ROM Drive yang digunakan juga harus memiliki tingkat presisi yang tinggi pula. Oleh karena itu wajar saja bila suatu CD-ROM Drive akan melakukan pembacaan dengan kecepatan yang lebih rendah terhadap CDROM yang sudah mengalami banyak gangguan seperti halnya goresa.

17. Scanner

Fungsi Scanner
Pengertian, fungsi & cara kerja Scanner

Pengertian Scanner

Pengertian scanner adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) sebagai alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.

Fungsi Scanner

Fungsi scanner untuk memindai data yang berbentuk hardcopy yang tercetak di atas media seperti buku,kertas,dan lain-lain. Cara kerja scanner hampir mirip dengan mesin fotokopi.jika fotokopi langsung tercetak di kertas,berbeda dengan scanner yaitu tercetaknya disimpan dulu di komputer dan selanjutnya dapat kita proses.

Sekarang ini banyak beredar beberapa jenis scanner yang berbeda-beda dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing.Teknologi yang ada meliputi resolusi maksimal,tehnik pencahayaan,serta kemampuan membaca data berbentuk teks.

Kemampuan membaca teks di sebut dengan fasilitas OCR atau Optical Character Recognition.Adanya teknologi tersebut ,scanner dapat berfungsi untuk dapat membaca data berbentuk teks sehingga kita tidak perlu bersusah payah untuk mengetik lagi.

Cara kerja Scanner

Scanner bekerja menurut prinsip pencahayaan.bagian scanning akan dibawa ke lokasi pemindaian oleh motor dan lampu pun akan menyala.Bagian sensor data akan menagkap pantulan cahaya dan mengirimkan data yang ditangkapnya untuk di proses ke komputer pada saat pemindaian berlangsung.

Proses peminadaian data akan dilakukan menurut intruksi yang dikirimkan oleh software yang sudah terinstall di komputer.ketika proses telah selesai,lampu akan kembali tidak hidup seperti semula.

18. Modem

Fungsi Modem
Pengertian, fungsi & cara kerja Modem

Pengertian Modem

Pengertian Modem yaitu sebuah perangkat keras komputer (hardware) yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data/pesan ke alamat yang dituju. Modem juga bisa diartikan sebagai media perantara supaya komputer dapat terhubung ke jaringan internet.

Fungsi Modem

Fungsi modem adalah merubah komunikasi dua arah dari sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Sebuah sinyal digital yang dikirimkan dari komputer diubah menjadi sinyal analog terlebih dahulu oleh modem dan ditransmisi melalui kabel telepon untuk dihantarkan ke komputer lainnya dan sebaliknya.

Saat ini modem juga telah mengembangkan tehnologi dengan menambah fasilitas voice modem yang dapat berfungsi sebagai saluran radio, percakapan telepon maupun audio lainnya.

Untuk meminimalisir tingkat kesalahan yang terjadi ketika melakukan transmisi sinyal, dan modem juga akan memeriksa informasi yang diterima apakah rusak atau tidak dengan metode checksum jika terjadi kerusakan maka data tersebut akan dikirim kembali ke tempat asal.

Cara Kerja Modem

Dalam penggunaannya, modem bertugas merubah data dalam bentuk analog dan digital. Saat komputer disambung ke kabel telepon untuk kemudian digunakan berinternet, jika komputer kita akan mengupload/mengirim data, maka informasi/data dari komputer dalam bentuk digital akan diubah oleh modem menjadi bentuk analog untuk dikirim melalui kabel telepon atau media lainnya.

Saat data/informasi analog tadi sampai ke komputer tujuan, maka modem yang ada pada komputer tujuan akan mengubah kembali bentuk data tersebut (analog) menjadi bentuk digital sehingga bisa diproses oleh komputer tujuan tadi.

Begitu pula saat kita men-download data/file, data tersebut merupakan data analog saat berada pada kabel telepon, namun saat masuk ke komputer kita, modem akan seketika mengubahnya menjadi bentuk digital agar bisa ditampilkan. Hal inilah yang memungkinkan komputer-komputer di internet di berbagai belahan dunia bisa berinteraksi satu sama lain.

19. Flashdisk

Fungsi Flashdisk
Pengertian, fungsi & cara kerja Flashdisk

Pengertian Flashdisk

Pengertian flashdisk adalah sebuah media untuk menyimpan data secara portabel yang bisa disambungkan dengan port USB pada sebuah komputer atau laptop.

Fungsi Flashdisk

Flashdisk mempunyai fungsi untuk menyimpan file. Adapun fungsinya juga dapat untuk menyimpan data berupa tulisan, gambar, mp3, video serta aplikasi perangkat lunak (software). Selain dapat menyimpan, flashdik juga dapat digunakan untuk memindahkan file yang ada didalamnya ke komputer atau laptop.

Flashdisk juga dapat digunakan untuk instalasi sistem operasi windows atau linux jika dibuat bootable. Digunakan untuk menyimpan data-data penting lainnya.

Cara Kerja Flashdisk

Flashdisk dapat digunakan dengan mudah, cara kerjanya adalah cukup dengan menancapkan flasidisk ke port USB pada laptop atau komputer hingga muncul keterangan atau pemberitahuan di My Computer bahwa flashdisk sudah terbaca.

Jika sudah terbaca maka anda dapat dengan mudah menggunakan flashdisk atau membuka file yang berada didalamnya.

20. Speaker

Fungsi Speaker
Pengertian, fungsi & cara kerja Speaker

Pengertian Speaker

Apa itu speaker? Speaker merupakan hardware atau perangkat keras komputer yang berfungsi menghasilkan suara dari hasil pemrosesan. Pemrosesan dalam hal ini bisa dengan komputer, DVD, handphone, mp3 dan masih banyak lagi. Maka dari itu fungsi speaker tidak hanya untuk komputer saja. Namun juga bisa kompatibel dengan peralatan lain. Tapi tergantung dengan kabel penghubung antara speaker dengan alat pemrosesan suara.

Fungsi Speaker

Fungsi speaker adalah sebagai pengusaha gelombang listrik yang berawal dari perangkat penguat suara menjadi gelombang getaran atau suara itu sendiri

Cara Kerja Speaker

Pada dasarnya prinsip kerja speaker adalah kebalikan dari mikrofon. Speaker sebagai perangkat output yang merubah sinyal elektrik menjadi suara melalui getaran membran sedangkan mikrofon sebagai perangkat input yang merubah suara menjadi sinyal elektrik.

21. Trackball

Fungsi Trackball
Pengertian, fungsi & cara kerja Trackball

Pengertian TrackBall

Pengertian trackBall adalah sebuah perangkat keras komputer (hardware) yang memiliki fungsi sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis.

Yang menjadi perbedaanya adalah jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Fungsi Trackball

Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna.

Cara Kerja Trackball

Prinsip kerja dari trackball hampir sama dengan mouse. Perbedaan utama terletak pada konfigurasinya. Pada mouse operator harus menggerakkan seluruh badan dari mouse tersebut, sedangkan pada trackball badan dari trakcball tersebut tetap diam, tetapi tangan operatorlah yang menggerakkan bola untuk menunjukkan perpindahan kursor.

Dengan cara demikian, trackball cukup ditempatkan pada tempat yang sempit pada sebuah meja kerja. Arah dan kecepatan kursor pada layar ditentukan oleh arah dan rotasi bola yang ada di atas badan trackball

Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

22. Light Pen

Fungsi Light Pen
Pengertian, fungsi & cara kerja Light Pen

Pengertian Light Pen

Pengertian Light Pen adalah suatu input device atau pointer elektronik yang biasanya di gunakan untuk menggambar teknis atau grafis di dalam komputer. Anda bisa menjumpai para desainer grafis untuk mengetahui kalau perangkat keras ini sangat berguna sekali untuk menggambar. Perangkat keras ini juga berfungsi atau pengganti dari keyboard dan mouse komputer.

Light Pen ada yang dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer. Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada, mereka mengikuti gambar yang tersedia.

Fungsi Light Pen

Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Cara Kerja Light Pen

Penggunaan light pen kadangkala dilengkapi dengan papan gambar, dimana pada papan ini permukaannya terbagi menjadi ratusan area kecil, dan area inilah yang kemudian dihubungkan dengan komputer (lihat touch screen). Setiap sentuhan pena pada area yang bersangkutan, akan menimbulkan denyutan pulsa elektonik. Para arsitek, banyak yang meletakkan kertas berisi gambar diatas papan gambar, dan kemudian dengan light pen yang ada ditentukan daerah goresan yang dilaluinya.

Dengan demikian, light pen akan menempati posisi gambar secara tepat dan teliti. Akhirnya, skema gambar juga muncul melalui monitor. Light pen dengan papan gambar ini biasanya disebut sebagai Grapics Tablet. Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar-code. Sinar yang dipancarkan akan membaca bar-code, dan kemudian mengubahnya kedalam pulsa elektronik serta mengirimnya ke-CPU.

23. Barcode Reader

Fungsi Barcode Reader
Pengertian, fungsi & cara kerja Barcode Reader

Pengertian Barcode Reader

Pengertian Barcode Reader adalah piranti yang berfungsi membaca data dalam bentuk barcode. Barcode biasanya ditemukan melekat pada produk-produk pasar swalayan atau buku cetakan. Barcode berupa deretan baris tegak dengan ketebalan yang bermacam-macam.

Fungsi Barcode Reader

Fungsi barcode reader adalah untuk membaca sebuah kode yang berbentuk kotak-kotak maupun berbentuk garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Sekarang ini, setiap pasar di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijual dengan menggunakan teknologi barcode.

24. Digitizer

Fungsi Digitizer
Pengertian, fungsi & cara kerja Digitizer

Pengertian Digitizer

Pengertian Digitizer adalah sebuah alat yang bisa mengubah data menjadi kode-kode digital.

Fungsi Digitizer

  1. Mengubah data analog ke data digital
  2. Mengubah format ASCII dengan gnuplot

25. CD (Compact Disk)

Fungsi CD
Pengertian, fungsi & cara kerja CD

Pengertian CD (Compact Disk)

Pengertian Compact Disk atau biasa disebut CD adalah media storage yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat. Compact Disk mempunyai beberapa tipe, dan yang akan saya paparkan disini adalah CD-R, dan CD-RW, serta pemutar / alat untuk memunculkan data yang ada dalam Compact Disk yaitu CD-ROM.

Fungsi CD (Compact Disk)

Fungsi CD (Compact Disk) adalah sebagai perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

Cara Kerja CD (Compact Disc)

CD dan DVD sudah ada dimana-mana saat ini. CD digunakan untuk menyimpan semua file anda. Musik, gambar, video, dan berbagai software bisa masuk dalam satu keping CD. Compact Disk sangat mudah digunakan dan sangatlah murah. Dengan Rp. 10.000, banyak toko yang memberikan 4 keping CD sekaligus. Jika anda memiliki CD-R Drive, maka anda bisa memindahkan semua data-data anda ke sebuah CD.

26. Touchpad

Fungsi Touchpad
Pengertian, fungsi & cara kerja Touchpad

Pengertian Touchpad

Pengertian Touchpad merupakan sebuah perangkat keras laptop (hardware) yang masuk dalam kategori perangkat input, touchpad terdiri dari papan dengan permukaan yang dilapisi dengan sensor khusus yang mampu untuk mendeteksi gerakan jari, gerakan jari ini nantinya akan direkam oleh sensor pada touchpad untuk di terjemahkan menjadi bahasa perintah khusus untuk menjalankan fungsi yang menjalankan pointer pada layar komputer atau laptop.

Fungsi Touchpad

Fungsi touchpad sama dengan mouse yaitu mengendalikan pointer yang tampil di layar monitor. Ide kemunculan Touchpad di prakarsai oleh Alan Kay dari Xeroc untuk menciptakan komputer yang bisa di pindah-pindahkan tanpa bergantung dengan energi tetap, artinya ada suatu perangkat penyimpanan daya yang bisa menjamin keberlangsungan penggunaan dari komputer, kemunculan ide ini terjadi pada tahun 1970, sejak saat ini ide ini terus dikembangkan untuk memunculkan berbagai macam teknologi yang berkaitan dengan komputer portable, terutama ide untuk menggantikan fungsi dan kerja mouse.

Cara kerja Touchpad

Cara kerja touchpad bergantung pada sekumpulan matrik yang tersusun pada papan kotak touchpad pada lapisan kedua yang berfungsi untuk mendetaksi gerakan pada permukaan jari. Sensor matrik ini di pisahkan dengan isolator yang menyebabkan bentuk terpisah seperti Grid, pergerakan jari akan di deteksi dengan aliran listrik yang mengalir.

Diibaratkan percikan aliran listrik dari pergerakan jari tersebut akan di terjemahkan menjadi kode-kode fungsi yang dapat di baca oleh sistem komputer dan di proses oleh perangkat processor untuk di terjemahkan dan di tampilkan pada layar monitor dalam bentuk pergerakan pointer pada layar monitor komputer, secara teknis, pergerakan ini mencakup rumus yang sangat rumit dan kompleks, namun karena perangkat proses pada komputer bergerak sangat cepat, maka pergerakan pointer pada layar komputer seperti senada dengan pergerakan jari pada permukaan Touchpad.

27. WebCam

Fungsi WebCam
Pengertian, fungsi & cara kerja WebCam

Pengertian WebCam

Pengertian WebCam adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) atau sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

Fungsi Webcam

Fungsi dari webcam adalah untuk dapat untuk memudahkan dalam mengolah pesan cepat seperti chat melaui video atau bertatap muka melalui video secara langsung. Selain itu Webcam juga berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sebuah media secara langsung, namun perlu disadari kebanyakan pengguna menggunakan piranti ini hanya untuk chat video.

Cara Kerja Webcam

Webcam merupakan sejenis kamera kompak yang dapat dipasang ke komputer atau laptop guna menyiarkan video secara real-time alias live. Mirip dengan kamera digital pada umumnya, webcam bekerja dengan menangkap cahaya lewat lensa berukuran kecil di bagian depan dengan bantuan detektor cahaya mikroskopik yang terpasang pada microchip penerima gambar, yang umumnya berteknologi Charge-Couple Device (CCD) atau CMOS image sensor.

Gambar yang didapat pun langsung dapat diolah secara digital dan disebarluaskan melalui internet. Hanya saja, berbeda dengan kamera digital, sebuah webcam tidak dilengkapi keping memori atau flash memory card. Webcam dirancang untuk tidak perlu “menyimpan” gambar karena fungsi utamanya hanya merekam dan mengirimkan gambar yang diperoleh secara langsung.

28. Microphone

Fungsi Microphone
Pengertian, fungsi & cara kerja Microphone

Pengertian Microphone

Pengertian Microphone atau Mikrofon adalah suatu perangkat keras komputer (hardware) yakni komponen yang sangat penting pada perangkat Elektronik seperti alat bantu pendengaran, perekam suara, penyiaran Radio maupun alat komunikasi lainnya seperti Handphone, Telepon, Interkom, Walkie Talkie serta Home Entertainment seperti Karaoke.

Fungsi Microphone

Jika kita menilik pada penjelasan dan pengertian diatas, bahwa microphone mempunyai fungsi utama sebagai alat untuk menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran listrik sinyal Analog untuk selanjutnya diperkuat dan diolah sesuai dengan kebutuhan, pengolahan berikutnya dengan Power Amplifier dari suara yang berintensitas rendah menjadi lebih keras

Cara Kerja Microphone

  1. Saat kita berbicara, suara kita akan membentuk gelombang suara dan menuju ke Microphone.
  2. Dalam Microphone, Gelombang suara tersebut akan menabrak diafragma (diaphragm) yang terdiri dari membran plastik yang sangat tipis. Diafragma akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang diterimanya.
  3. Sebuah Coil atau kumpuran kawat (Voice Coil) yang terdapat di bagian belakang diafragma akan ikut bergetar sesuai dengan getaran diafragma.
  4. Sebuah Magnet kecil yang permanen (tetap) yang dikelilingi oleh Coil atau Kumparan tersebut akan menciptakan medan magnet seiring dengan gerakan Coil.
  5. Pergerakan Voice Coil di Medan Magnet ini akan menimbulkan sinyal listrik.
    Sinyal Listrik yang dihasilkan tersebut kemudian mengalir ke Amplifier (Penguat) atau alat perekam suara.

29. Magnetic Tape

Fungsi Magnetic Tape
Pengertian, fungsi & cara kerja Magnetic Tape

Pengertian Magnetic Tape

Pengertian Magnetic Tape adalah salah satu peralatan yang digunakan untuk penyimpanan data untuk berkas besar yang diakses dan diproses secara sequensial.

Fungsi Magnetic Tape

  1. Untuk media penyimpanan.
  2. Untuk alat input/output.
  3. Untuk merekam audio, video atau sinyal.

Cara kerja magnetic tape:

Data direkam secara digit pada media tape sebagai titik-titik magnetisasi pada lapisan ferroksida. Magnetisasi positif menyatakan 1 bit, sedangkan magnetisasi negatif menyatakan 0 bit atau sebaliknya.

30. Projector (Proyektor)

Fungsi Projector
Pengertian, fungsi & cara kerja Projector

Pengertian Projector

Pengertian projecetor adalah perangkat keras (hardware)yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.

Fungsi Proyektor

Fungsi proyektor yaitu untuk menampilkan video, gambar, atau data dari komputer pada sebuah layar atau sesuatu dengan permukaan datar seperti infocus atau dinding.

Dibandingkan dengan media yang lain seperti Plasma / LCD Display, projector juga memiliki beberapa kelebihan seperti, bisa membuat tampilan yang sangat besar, bisa di bawa dengan mudah serta fleksibilitas yang tinggi.

Jika berencana membeli sebuah LCD proyektor dan akan sering membawanya ke mana pun, pilihlah sebuah proyektor yang bobotnya ringan sehingga praktis dan tidak membebani kalian.

Cara Kerja Proyektor

Cara kerjanya proyektor berdasarkan prinsip pembiasan cahaya. Cahaya tersebut dihasilkan oleh panel-panel dari LCD (Liquid Crystal Display) atau Layar Kristal Cair. Panel tersebut terdiri atas 3 panel yang dipisahkan berdasarkan 3 warna dasar yang biasa di sebut dengan RGB (Red, Green dan Blue) Merah, Hijau dan Biru. Pancaran cahaya yang keluar dari sebuah proyektor merupakan hasil dari pembiasan ketiga panel.

Kumpulan cahaya yang melalui panel dan dipadukan melalui prisma tersebut kemudian melalui lensa yang dipancarkan pada layar / media pantul lain sehingga dapat dilihat oleh mata kita sebagai gambar yang sama seperti yang ada pada layar komputer atau device lainnya.

31. Network Card

Fungsi Network Card
Pengertian, fungsi & cara kerja Network Card

Pengertian Network Card

Pengertian Network Card adalah perangkat keras komputer (hardware) yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
Fungsi Network Card

Fungsi network card adalah merupakan sebuah kartu jaringan yang berfungsinya untuk sebagai alat yang menyambungkan atau kah menghubungkan sebuah computer ke dalam sebuah jaringan dan akan tetapi LAN card itu adalah mempunyai mac address yang dapat mengdentifikasi kan sebuah perangkat ke computer dalam jaringan. Jadi setiap LAN card atau network card itu mempunyai hanya 1 address .

32. Tv Tuner Card

Fungsi Tv Tuner Card
Pengertian, fungsi & cara kerja Tv Tuner Card

Pengertian Tv Tuner Card

Pengertian Tv Tuner Card adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penangkap siaran televisi (receiver) yang kemudian siaran televisi tersebut akan ditampilkan pada layar monitor komputer.

Fungsi TV tuner

Fungsi TV tuner adalah alat untuk menerima dan mengkonversi sinyal ke dalam gambar dan suara pada komputer dan ditampilkan pada layar monitor. Secara garis besar, ada dua jenis TV tuner yang digunakan TV tuner adapter dapat berupa TV tuner adapter PCI card, TV tuner adapter dengan interface USB maupun PCMCIA untuk notebook.

Tv tuner biasanya dipasang di slot PCI pada motherboard, walaupun ada beberapa yang dipasang di port USB. Beberapa kartu grafis juga merangkap sebagai penala TV. Biasanya kartu ini terdiri dari bagian penerima (receiver), penala (tuner).

Cara kerja Tv tuner

  1. Setelah Anda memasang TV tuner, hubungkan kabel untuk menerima sinyal TV.
  2. TV tuner kemudian mengubah sinyal TV menjadi sinyal digital untuk dilihat pada komputer.
  3. Di komputer, sinyal tersebut kemudian diubah ke dalam video MPEG. Setelah dikonversi ke MPEG, komputer kemudian membacanya menggunakan Media Player.

33. UPS (Uninterruptible Power Supply)

Fungsi UPS
Pengertian, fungsi & cara kerja UPS

Pengertian UPS (Uninterruptible Power Supply)

Pengertian UPS merupakan singkatan dari Uninteruptible Power Supply. UPS memiliki pengertian yaitu perangkat hardware komputer yang berfungsi untuk memberikan suplai listrik ketika tegangan utama tidak berfungsi (terhenti, pemadaman listrik). Jadi, UPS hanya akan berfungsi jika terjadi pemadaman listrik. Artinya, UPS hanya sebagai cadangan.

Fungsi UPS pada komputer

UPS memiliki fungsi sebagai cadangan sumber listrik yang sifatnya darurat. Artinya, UPS berfungsi untuk memberikan suplai listrik saat terjadi pemadaman listrik agar dapat menjaga komputer dari berbagai hal yang tak diinginkan. Semisal, ketika listrik padam dan ada UPS, maka komputer akan aman dari rusaknya perangkat komputer ataupun data komputer hilang karena belum sempat disimpan. Itu semua akan teratasi apabila ada perangkat UPS.

Selain itu, di dalam perangkat UPS juga terdapat stabilizer. Stabilizer ini memiliki kegunaan untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke dalam komputer. Dengan demikian, CPU dapat bertahan lebih lama ketimbang biasanya karena arus listrik yang mengalir ke CPU dapat stabil.

Cara Kerja UPS

Cara kerja UPS secara umum ada 3 jenis, yaitu sistem

  1. Standby (off-line) UPS,
  2. Line-interactive UPS, dan
  3. On-line UPS.

34. Sound Card

Fungsi Sound Card
Pengertian, fungsi & cara kerja Sound Card

Pengertian Soundcard

Pengertian Soundcard adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang fungsi utamanya sebagai pengolah data untuk audio dan suara. Audio atau suara yang muncul melalui speaker atau headset pada komputer atau laptop adalah hasil olahan data soundcard.

Jika anda mengaktifkan aplikasi multimedia pada komputer, namun tidak keluar suara atau audionya maka bisa dibilang ada masalah pada soundcardnya. Soundcard ini terhubung ke komputer melalui slot ISA atau PCI pada motherboard. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan teknologi, soundcard memiliki slot USB atau ditancapkan di socket biasanya disebut sound card eksternal.

Fungsi Soundcard

Soundcard berfungsi mengeluarkan suara yang dihasilkan oleh proses komputer. Namun soundcard juga memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai penerjemah sinyal analog menjadi sinyal digital saat anda melakukan proses perekaman suara, soundcard juga bisa menerjemahkan sinyal digital menjadi sinyal analog saat anda ingin mendengarkan sebuah file suara. Soundcard juga berfungsi sebagai synthesizer dan juga sebagai MIDI interface.

Cara kerja soundcard

Mendengarkan suara
Saat anda ingin mendengarkan sebuah file suara. File suara berupa wavefrom.wav atau mp3 dikirim ke soundcard. Lalu file tersebut diolah dan diproses oleh DSP (digital signal processing) yang bekerja sama dengan DAC (digital analog converter). DAC disini memiliki peran untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Setelah sinyal diubah, sinyak tersebut diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker komputer.
Merekam suara
Saat anda ingin melakukan perekaman suara, proses penginputan suara dilakukan lewat sebuah mikrofon. Lalu suara diolah oleh DSP (digital signal processing) yang kemudian akan dikirim ke ADC (analog digital converter) yang berperan mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Kemudian sinyal akan disimpan dalam format wavefrom table (.wav).

35. Heatsink (Kipas Pendingin)

Fungsi Heatsink
Pengertian, fungsi & cara kerja Heatsink

Pengertian Heatsink (Kipas Pendingin)

Pengertian heatsink (Kipas Pendingin) adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berupa logam dengan design yang khusus terbuat dari alumuniun dan juga tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses transfer panas dari sebuah prosesor.

Komponen- komponen cpu yang biasanya dipakai untuk menyerap panas ini biasanya terbuat dari bahan aluminium yang biasanya banyak dipadukan dengan pemakaian fan pada heatsink untuk lebih mengoptimalkan penyerapan panas yaitu dengan mengalirkan panas dari heatsink ke luar cpu, proses ini akan menyebabkan meningkatnya performa kerja komputer.

Fungsi Heatsink

Heatsink berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila Semakin luas permukaan perpindahan panas sebuah benda maka akan semakin cepat proses pendinginan benda tersebut. oleh karena itu heatsink ini sangatlah berguna untuk kinerja sebuah komputer.

Cara Kerja Heatsink

Heatsink ini bekerja pada saat proses penghasilan panas pada komputer bekerja, jika perangkat itu tidak menghasiklan panas maka heatsink pun tidak akan berputar, Heatsink ini akan menerima panas dari processor lalu panas yang dihasilkan prosesor tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink dengan sama rata.

Panas yang dihasilkan prosesor tadi haruslah dibuang, nah yang berfungsi untuk membuang panasnya adalah fan, fan ini akan menyemburkan banyak udara keseluruh bagian heatsink dan membuang seluruh panas yang ada.

36. Headset

Fungsi Headset
Pengertian, fungsi & cara kerja Headset

Pengertian Headset

Pengertian Headset adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) yang berupa gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.Teknologi headset sudah merambah ke dunia komunikasi, khususnya teknologi telephone seluler.

Fungsi Headset

Fungsi Headset yang utama adalah sebagai alat reproduksi suara, memang menjadikannya sebagai sebuah teknologi yang dapat menghasilkan suara atau audio yang lebih jernih.

Cara Kerja Headset

Cara kerja headset adalah mengubah arus listrik menjadi gelombang suara yang dapat di dengar di telinga kita masing-masing.

37. Kabel Data

Fungsi Kabel Data
Pengertian, fungsi & cara kerja Kabel Data

Pengertian Kabel data

Pengertian Kabel data adalah perangkat keras (hardware) tambahan pada komputer yang digunakan untuk mengirimkan atau menerima data dari komputer ke handphone.

Fungsi Kabel Data

  1. Melakukan koneksi internet (tergantung operator & jenis HP).
  2. Melakukan Backup SMS, Phone book, Calendar, Organiser, Radio, Photo, File, dll.
  3. Melakukan cetak Foto dari HP untuk dicetak lewat printer.
  4. Membuat SMS gateway (program SMS server, biasanya untuk Voucher Elektrik).
  5. Mengisi Games, Applikasi, MP3, Movie Clip, dll.

38. Card Reader

Fungsi Card Reader
Pengertian, fungsi & cara kerja Card Reader

Pengertian Card Reader

Pengertian Card Reader adalah salah satu perangkat keras komputer (hardware) sebagai  tambahan yang berfungsi untuk membaca kartu memori handphone dan kartu memori lainnya seperti SD Card, Mini-SD, RS Card, MSD(Memory Stick Duo) Card dan lainnya.

Fungsi Card Reader

Fungsi Card Reader yang utama adalah menjadi perantara antara kartu memori dengan komputer, handphone atau kamera digital. Ia memungkinkan Anda untuk mengakses dan memindahkan data sesuai keinginan.

Tanpa card reader, sebenarnya perangkat tetap bisa dihubungkan dengan komputer, tapi harus melalui port USB dengan kabel USB. Sedangkan bila memanfaatkan alat itu, Anda hanya perlu mengeluarkan memori dan memasukkannya ke dalam slot card reader.

Selain itu, card reader berperan sebagai perangkat penyimpanan removable untuk berbagai perangkat yang bisa membaca alat tersebut. Terdapat keuntungan apabila Anda menggunakan card reader, yaitu menghemat daya karena tidak membutuhkan perangkat lain dan tambahan depresiasi perangkat serta bisa dibaca langsung oleh komputer tanpa software atau perangkat lunak, sehingga sangat menyederhanakan pekerjaan.

Cara Kerja Card Reader

Apabila Anda mengakses file atau dokumen melalui komputer, card reader akan mentransmisikan sinyal ke kartu media (media card) via kontak pada ujung casing kartu. Sinyal-sinyal itu dipakai untuk membaca data yang tersimpan di dalamnya. Layaknya memori solid-state, media card juga menggunakan serangkaian transistor guna merecord data. Transistor ini setara untuk mewakili data biner atau bentuk dasar semua file komputer.

Bila aliran listrik yang ditransfer dari pembaca kartu USB bisa melalui transistor, maka bagian tersebut dibaca sebagai “1”. Namun, jika sebaliknya dikembalikan menjadi “0”. Card reader meng-compile hasil, lalu mengirimkannya ke program komputer yang meminta informasi. Program itu bisa menggunakan data biner untuk merepresentasikan data, seperti dokumen, teks atau gambar secara visual.

Beberapa card reader juga mempunyai fungsi menulis, sehingga memungkinkan pengguna untuk menyimpan data dari komputer ke kartu media hingga menyunting dan menghapus file. Proses mengedit data sama dengan membaca data. Bedanya, card reader mengirim aliran yang akan meluruskan transistor guna mewakili data baru. Pada kasus menghapus satu atau seluruh data, transistor yang terkena dampaknya akan berpindah ke posisi “1”.

39. Router

Fungsi Router
Pengertian, fungsi & cara kerja Router

Pengertian Router

Pengertian Router adalah perangkat keras (hardware) jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa jaringan yang memiliki akses jaringan sama ataupun berbeda.

Fungsi Router

Fungsi router yang utama adalah untuk membagi atau mendistribusikan IP address, baik itu secara statis ataupun DHCP atau Dynamic Host Configuration Procotol kepada semua komputer yang terhubung ke router tersebut.

Dengan adanya IP address yang unik yang dibagikan router tersebut kepada setiap komputer dapat memungkinan setiap komputer untuk saling terhubung serta melakukan komunikasi, baik itu pada LAN atau internet.

Cara Kerja Router

Cara kerja router. Router bekera dengan cara merutekan paket atau data informasi yang disebut dengan routing. Dengan teknik routing tersebut, router dapat mengetahui arah rute perjalanan informasi tersebut akan dituju, apakah berada pada satu jaringan yang sama atau berbeda.

Jika informasi yang dituju mengarah kepada jaringan yang berbeda, maka router akan meneruskannya kepada jaringan tersebut, sebaliknya apabila paket yang dituju adalah jaringan yang sama, maka router akan menghalangi paket keluar serta meneruskan paket tersebut dengan routing di jaringan yang sama sampa terkirim ke tujuan. Berikut ilustrasi cara kerja router.

40. Hub/Switch

Fungsi Hub
Pengertian, fungsi & cara kerja Hub/Switch

Pengertian Hub/Switch

Pengertian Hub/Switch adalah perangkat keras komputer (hardware) yang memiliki banyak port yang bertujuan untuk menghubungkan beberapa node(komputer) sehingga membentuk suatu jaringan topologi

Fungsi Hub/Switch

Hub memiliki fungsi agar suatu perangkat dapat saling terhubung satu sama lain dan sekaligus juga dapat berbagi mengenai berbagai macam informasi seperti dokumen dan file lainnya.

Dengan demikian, komputer yang terhubung dengan hub bisa saling bertukar data. Biasanya hub ini menggunakan sistem jaringan LAN kecil yang hanya memiliki kompleksitas jaringan yang tidak terlalu tinggi. Secara umum, hub dibedakan menjadi 3 jenis, antara lain;

Passive hub, adalah hub yang mempunyai kemampuan untuk menerima dan mengirimkan data dari satu perangkat ke perangkat lain yang terhubung dengan hub

Active hub, adalah hub yang menerima data dari perangkat yang terhubung dengan hub ini. Lalu kemudian mampu untuk memperkuat keamanan data sebelum dikirimkan ke perangkat lain yang terhubung pada hub tersebut

Intelligent hub, yakni adalah hub yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi tambahan yang berguna, sehingga dengan itu dapat melakukan pengaturan dan pemeriksaan terhadap arus pergerakan data yang terjadi pada hub tersebut

Cara Kerja Hub/Switch

Hub sebenarnya bekerja dengan menerima data dari perangkat yang terhubung, dan dapat mengirimkannya ke perangkat lain yang juga terhubung dengan port hub bersangkutan.

Namun sayangnya, Hub tidak dilengkapi dengan fitur pemilihan pengiriman, sehingga perangkat ini tidak bisa mengetahui tujuan pengiriman data. Oleh sebab itu, hub akan mengirimkan data secara otomatis ke semua perangkat yang terhubung dengan hub.

Tidak dapat memilih tujuan pengiriman data rupanya membuat Hub dirasa tidak begitu efisien jikalau digunakan untuk mengirimkan data secara pribadi.

Hal ini dikarenakan hub sendiri secara otomatis akan mengirimkan data ke semua port secara bersamaan, sehingga artinya akan membuat penggunaan bandwidth jaringan meningkat. Maka tidak heran apabila kita menggunakan hub kerap kali koneksi komputer akan menjadi lambat.

Demikianlah pembahasan dari kami mengenai macam-macam perangkat keras komputer (hardware) yang kami jelaskan lengkap dengan pengertian, fungsi dan cara kerjanya. Semoga bisa bermanfaat dan memudahkan Anda dalam mencari informasi mengenai perangkat keras komputer (hardware).

Leave a Comment