Hewan Omnivora: Pengertian, Ciri-ciri, Keuntungan, Contoh

Berdasarkan jenis makanannya, hewan terbagi ke dalam empat kelompok, yaitu herbivora (pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), insektivora (pemakan serangga) dan omnivora (pemakan segala). Jika kamu sedang mencari serba-serbi tentang hewan omnivora, mulai dari pengertian, ciri-ciri, hingga contoh omnivora, maka simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Hewan Omnivora

Secara etimologi, omnivora termasuk ke dalam bahasa latin yang sebenarnya terdiri dari dua kata, yaitu “Omne” yang berarti makanan dan “Vorera” yang memiliki arti semua, jika digabung berarti pemakan semuanya, wah rakus juga ya hehe. Hewan yang termasuk ke dalam kelompok omnivora ini tentunya memiliki struktur gigi yang berbeda dari hewan herbivora maupun karnivora.

Pada omnivora, struktur giginya terbagi menjadi dua bagian, yaitu gigi yang lebih tajam terletak pada bagian depan, sebab fungsinya untuk mengoyak makanan. Sementara itu, pada bagian belakang terdapat deretan gigi yang datar dengan fungsi untuk menghaluskan makanan, mulai dari makanan yang berasal dari tumbuhan hingga daging hewan lainnya.

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Jika dibedakan berdasarkan makanannya, maka ciri-ciri antara herbivora, karnivora dan omnivora itu berbeda. Namun, karena omnivora pada dasarnya adalah kombinasi antara herbivora dan karnivora, maka tentunya akan ada beberapa ciri dari hewan omnivora yang juga bisa ditemukan pada hewan herbivora dan karnivora.

Setidaknya ada 12 ciri utama yang perlu kamu ketahui dari omnivora, yaitu seperti berikut ini:

  1. Sumber makanan omnivora berasal dari tumbuh-tumbuhan dan daging hewan.
  2. Sistem pencernaan omnivora sangat lengkap dan bersifat kompleks.
  3. Struktur gigi omnivora terdiri dari dua bagian, yaitu gigi tajam yang ada di bagian depan mulut, sedangkan deretan gigi datar (geraham) letaknya ada di bagian belakang mulut.
  4. Dilengkapi dengan taring yang tajam.
  5. Kecepatan lari hewan omnivora untuk mencari mangsa termasuk bagus.
  6. Ketajaman mata dan indera pendengaran omnivora relatif bagus.
  7. Tingkat kecerdasan omnivora umumnya lebih bagus dari herbivore.
  8. Insting berburu omnivora termasuk cukup bagus.
  9. Omnivora ada yang termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia dan ada pula yang tidak termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia.
  10. Omnivora umumnya berkembang biak dengan cara bertelur dan ada pula yang berkembang biak dengan beranak.
  11. Omnivora jenis burung memiliki paruh yang kuat dan tajam.
  12. Jenis kelelawar merupakan pemakan semua makanan dan bisa meracuni hewan lainnya.

Keuntungan Hewan Omnivora

Beruntungnya, omnivora ini memiliki bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan, sehingga pola makannya pun lebih fleksibel jika dibanding dengan herbivora maupun karnivora. Keren ya tidak pilih-pilih dalam makanan hehe. Namun, selain itu, omnivora masih memiliki beberapa keuntungan lainnya loh, yaitu:

  1. Lebih mudah mendapatkan makanan, sebab komponen makanan yang dibutuhkan dan diinginkan lebih variatif.
  2. Resiko kepunahan yang disebabkan karena kekurangan makanan lebih rendah, sebab mereka dapat mengkonsumsi segala jenis makanan, baik itu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan ataupun daging hewan lain. Dengan kata lain, hidup menjadi omnivora dapat membantu keberlangsungan hidupnya di berbagai kondisi.
  3. Sistem pencernaan omnivora yang dirancang khusus sehingga mampu mencerna segala jenis makanan, membuat hewan yang termasuk ke dalam kelompok omnivora ini bisa bertahan hidup lebih lama walau dalam kondisi yang sangat buruk sekalipun.

Contoh Hewan Omnivora

Hewan yang termasuk ke dalam kelompok omnivora termasuk sangat banyak. Namun uniknya, kebanyakan dari kita masih ada yang belum mengetahui bahwa beberapa hewan yang akan dibahas di bawah ini sebenarnya termasuk ke dalam kategori omnivora. Hewan apa sajakah yang dimaksud? Langsung saja, simak contoh-contoh omnivora di bawah ini:

1. Kura-Kura

Selain termasuk ke dalam golongan reptil, kura-kura juga termasuk ke dalam kategori hewan omnivora. Hal tersebut disebabkan karena hewan ini memiliki moncong yang tajam dan keras pada bagian depan dari ujung mulutnya, sehingga bisa digunakan untuk mengoyak daging serta merobek tumbuh-tumbuhan yang menjadi sumber makanannya.

2. Ikan Lele

Hal utama yang kalian ingat dari lele adalah pecel kan? Eits, ternyata ikan lele yang biasa kamu makan ini juga termasuk ke dalam omnivore loh. Hal tersebut disebabkan karena lele dapat memakan tumbuh-tumbuhan air dan juga hewan lainnya, misalnya seperti ganggang dan lumut, sedangkan hewan yang bisa dimakan lele seperti serangga air, katak, cacing, ikan berukuran kecil dll.

3. Landak

Hampir sama seperti tikus, landak juga termasuk hewan pengerat yang bisa memakan segalanya, baik itu tumbuhan ataupun hewan lainnya. Meskipun geraknya tidak terlalu lincah, namun hewan yang terkenal karena rambut tebal yang bentuknya seperti duri tajam itu bisa memakan sayur-sayuran, buah-buahan hingga serangga seperti jangkrik dan semut.

4. Flamingo

Tahukah kamu, bahwa ada salah satu jenis burung yang termasuk ke dalam omnivora? Jenis burung yang dimaksud adalah flamingo. Sumber makanan dari burung cantik berkaki panjang dengan bulu khas berwarna merah muda itu adalah beta karoten yang banyak terkandung dalam udang dan alga biru atau hijau.

Guna mendapatkan mangsa yang dapat dijadikan sebagai makanannya, maka burung flamingo akan memanfaatkan struktur Lamellae yang ada di dalam paruhnya, dengan cara menyaring air agar bisa menangkap udang. Sumber makanan flamingo yang ada di perairan, membuat jenis burung yang berkelompok tersebut akan selalu datang ke perairan dangkal agar bisa mendapatkan mangsa.

5. Serigala Merah

Serigala merah termasuk hewan langka yang bisa digolongkan sebagai hewan omnivora. Secara morfologis, sebenarnya jenis serigala ini merupakan perpaduan antara Coyote dengan serigala abu-abu, oleh sebab itu, bulu serigala ini terlihat kemerahan agak coklat. Meskipun sumber makanan utamanya hampir sama seperti jenis serigala lainnya yaitu pemakan daging, namun jika dalam kondisi yang terpaksa maka serigala ini juga dapat mengkonsumsi buah-buahan.

6. Beruang

Beruang merupakan salah satu hewan mamalia yang termasuk ke dalam golongan omnivora. Meskipun termasuk binatang buas yang memiliki cakar tebal dan tajam untuk mencari mangsa hewan lainnya, namun beruang juga merupakan hewan yang bisa memakan tumbuh-tumbuhan.

Gigi beruang berjumlah antara 32 hingga 42 buah yang terbagi menjadi deretan gigi tajam dan datar. Deretan gigi datar di belakang berfungsi untuk menghaluskan tumbuh-tumbuhan yang menjadi makanannya dan gigi tajam yang ada di depan memiliki fungsi untuk mengoyak daging hewan.

7. Simpanse

Salah satu contoh hewan mamalia lainnya, yang juga termasuk ke dalam golongan omnivora adalah simpanse. Sama halnya dengan ciri hewan omnivora lainnya, simpanse yang juga termasuk ke dalam keluarga Hominidae ini memiliki gigi tajam di bagian depan, guna mengoyak daging dan juga memiliki deretan gigi datar yang fungsinya untuk menghaluskan daun-daunan.

Hewan omnivora memang bisa lebih mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan, cuaca dan musim, sebab sumber makanannya sangat beragam. Hal seperti itu akan membuat mereka bisa hidup relatif lebih lama bila dibanding dengan jenis hewan lainnya yang cukup terbatas varian sumber makanannya.

Tinggalkan komentar