Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri-ciri, Habitat dan Contoh

Mamalia adalah salah satu jenis hewan bertulang belakang yang berkembang biak dengan cara beranak. Hal yang membedakan hewan mamalia dengan jenis hewan lainnya adalah terdapatnya kelenjar susu (khususnya betina) yang menjadi sumber makanan untuk anak-anaknya. Di bawah ini akan dijelaskan lebih detail seputar mamalia termasuk pengertian, ciri, habitat dan contohnya.

Pengertian Hewan Mamalia

Mamalia diambil dari bahasa latin yaitu mammae, kata tersebut memiliki arti “Susu”. Oleh sebab itu, mamalia dikenal sebagai hewan menyusui, karena setiap hewan yang termasuk ke dalam golongan mamalia memiliki kelenjar susu, khususnya pada betinanya. Sebenarnya, mamalia jantan juga memiliki kelenjar susu, namun mengalami penyusutan (reduksi), sehingga tidak berkembang.

Semua jenis hewan betina yang termasuk ke dalam spesies mamalia akan bisa memberikan susu kepada anak-anaknya. Susu yang dihasilkan oleh hewan mamalia betina melalui kelenjar susunya itu menjadi sumber makanan utama bagi anak-anaknya. Namun, pada beberapa sub kelas prototheria ordo monotremata, menyusui melalui pori-pori kulitnya bukan melalui kelenjar susu (puting).

Ciri-Ciri Hewan Mamalia

Tahukah kamu? Ada cukup banyak ciri dari hewan mamalia yang membuat mereka berbeda dengan jenis hewan lainnya loh. Umumnya, ciri-ciri mamalia yang perlu kamu ketahui, adalah sebagai berikut:

1. Tubuh Mamalia

Mamalia terdiri dari bagian tubuh yang cukup lengkap, mulai dari bagian kepala, leher, badan, kaki dan ada pula yang memiliki ekor. Pada tubuh bagian depan dan belakang mamalia memiliki jari-jari yang memiliki cakar atau kuku. Sementara itu, pada bagian tubuh bagian depan yang menjadi alat gerak mampu digunakan untuk lari, gali lubang, berenang hingga terbang.

2. Kelenjar Susu

Salah satu ciri paling khas hewan mamalia adalah memiliki kelenjar susu, khususnya pada betina yang biasanya akan langsung mengeluarkan susu setelah melahirkan anaknya. Pada mamalia jantan, sebenarnya juga memiliki kelenjar susu, hanya saja tidak berkembang dan malah mengalami penyusutan.

3. Berdarah Panas (Homoioterm)

Mamalia umumnya memiliki suhu tubuh normal sekitar 36 derajat celcius, pada saat udara panas, mamalia akan mengeluarkan keringat guna membuang kelebihan panas dalam tubuhnya. Selain itu, pada sebagian spesies mamalia, biasanya mereka akan melakukan hibernasi yaitu tidur selama musim dingin.

4. Sistem Pencernaan Lengkap

Mamalia termasuk kelompok hewan yang memiliki sistem pencernaan lengkap, yang dimulai dari mulut, faring, esophagus, lambung, usus halus, usus besar hingga anus sebagai alat pembuangan. Pada bagian dalam mulut mamalia, umumnya memiliki empat tipe gigi yang terdiri dari gigi seri, gigi taring, gigi geraham bagian depan dan belakang.

5. Paru-Paru sebagai Alat Bernafas

Mamalia bernafas dengan menggunakan paru-paru dan pada rongga dada, rongga perut terdapat sekat untuk memisahkan kedua rongga penting tersebut.

6. Alat Kelamin Terpisah

Alat kelamin antara jantan dan betina terpisah. Pada mamalia jantan memiliki alat kopulasi berupa penis dan testis yang letaknya ada di skrotum, alat itu berfungsi sebagai produsen spermatozoid. Sementara itu, mamalia betina memiliki uterus yang berguna sebagai tempat berkembangnya embrio, untuk pertukaran respirasi dan nutrisi antara embrio dengan induknya disalurkan melalui plasenta.

Habitat Hewan Mamalia

Mamalia juga termasuk spesies yang mudah untuk beradaptasi loh, sehingga umumnya mereka mampu hidup di berbagai tipe habitat. Mulai dari hutan, padang rumput, area pertanian, perkebunan, gua, hingga kutub sekalipun dapat menjadi habitat. Selain di daratan, ada pula mamalia yang habitatnya di air, yaitu paus.

Sama seperti spesies mamalia pada umumnya, meskipun habitatnya ada di air, namun paus bernafas dengan paru-paru. Oleh sebab itu, paus cukup sering muncul ke permukaan air, kemudian menyelam kembali. Munculnya paus ke permukaan air itu untuk menghirup udara hingga paru-parunya terisi penuh dengan udara.

Contoh Hewan Mamalia

Contoh hewan yang termasuk ke dalam golongan mamalia terbilang sangat banyak, bahkan jika diklasifikasikan secara ilmiah. Beberapa ordo mamalia yang perlu diketahui lengkap dengan contohnya, di antaranya seperti berikut ini:

1. Monotremata

Mamalia yang termasuk ordo Monotremata ini tidak memiliki kelenjar susu dalam bentuk putting susu, melainkan susu sebagai sumber makanan anak-anaknya itu disalurkan melalui bulu dari induknya. Contoh hewan mamalia yang termasuk ke dalam ordo Monotremata adalah platypus dan echidna.

2. Marsupialia

Ciri khas mamalia yang termasuk ke dalam ordo Marsupialia ini adalah kantong pada bagian depan tubuhnya. Selain sebagai cara untuk membawa anak-anaknya, kantong pada ordo Marsupialia ini juga berguna untuk menyelesaikan perkembangan embrionik. Contoh mamalia yang termasuk ke dalam ordo Marsupialia adalah kanguru.

3. Artiodactyla

Jenis mamalia yang memiliki kuku serta jumlah kaki genap termasuk ke dalam ordo Artiodactyla, ordo ini juga dikenal dengan sebutan herbivora. Beberapa contoh mamalia yang termasuk ke dalam ordo ini di antaranya seperti domba, rusa, sapi, kambing, kerbau.

4. Carnivora

Ciri khas dari mamalia yang termasuk ke dalam ordo Carnivore yaitu memiliki gigi taring yang tajam yang berfungsi untuk merobek daging. Contoh hewan mamalia yang termasuk ordo Carnivore di antaranya seperti harimau, anjing, serigala, rubah, singa dan lain-lain.

5. Cetacea

Mamalia tidak hanya hidup di darat saja, namun ada juga hewan mamalia yang habitatnya ada di laut. Meskipun bentuk tubuhnya terlihat seperti ikan, namun ciri-ciri anatomi tubuhnya khususnya bagian internal tubuhnya sesuai dengan ciri mamalia. Contoh mamalia yang termasuk ke dalam ordo Cetacea adalah paus dan lumba-lumba.

6. Chiroptera

Tahukah kamu, kalau ada mamalia yang bisa terbang? Ya, pada ordo Chiroptera ini memiliki ciri dalam bentuk kaki yang menyerupai sayap. Contoh dari jenis mamalia yang bisa terbang dan termasuk ke dalam ordo Chiroptera ini adalah kelelawar.

7. Lagomorpha

Empat buah gigi seri merupakan salah satu ciri utama dari mamalia yang termasuk ke dalam ordo Lagomorpha. Selain itu, Lagomorpha juga memiliki ciri pada bagian kaki belakangnya yang lebih panjang dibanding dengan kaki depannya dan berfungsi untuk berlari serta melompat. Berdasarkan ciri-ciri itu, maka bisa disimpulkan bahwa kelinci adalah salah satu contoh Lagomorpha.

8. Perissodactyla

Selain Artiodactyla, ada pula mamalia yang disebut Perissodactyla, yaitu mamalia herbivora yang memiliki kuku dengan jumlah jari kaki ganjil. Kuda adalah salah satu contoh dari mamalia yang termasuk ke dalam ordo Perissodactyla.

9. Primata

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan ordo yang satu ini, ciri khas utama dari mamalia yang termasuk ke dalam ordo Primata adalah memiliki anggota gerak tubuh yang panjang dan korteks serebral yang terbukti cukup bagus perkembangannya. Oleh sebab itu, primata juga dikenal sebagai salah satu hewan paling cerdas. Contoh primata adalah monyet dan orang utan.

10. Rodentia

Salah satu mamalia yang disebut Rodentia ini juga dikenal dengan sebutan hewan pengerat. Hal tersebut disebabkan, karena hewan yang termasuk ke dalam ordo ini memiliki gigi seri yang seperti pahat dan dapat terus bertumbuh. Contoh hewan mamalia yang termasuk ke dalam ordo Rodentia adalah berang-berang, tikus dan kelinci.

Hewan mamalia adalah salah satu kelompok hewan yang terdiri dari beraneka ragam jenis. Persebaran mamalia di seluruh belahan dunia termasuk merata, sehingga kamu bisa menemukan mamalia dimana-mana, mulai di darat, air, di kawasan tropis, di kutub, bahkan ada pula yang bisa terbang dan habitat hidupnya di tempat-tempat gelap.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar