Herbivora : Pengertian, Ciri-ciri, Habitat, Contoh Hewan Herbivora

Contoh Hewan Herbivora – Tahukah kamu bahwa hewan herbivora itu memiliki sumber energi yang berasal dari tumbuh-tumbuhan? Energi makhluk hidup itu salah satunya didapatkan dari makanan, sehingga bisa dipastikan bahwa hewan-hewan yang termasuk ke dalam kelompok herbivora itu dapat bertahan hidup hanya dengan memakan tumbuhan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap di bawah ini.

Pengertian Herbivora

pengertian herbivora
pengertian herbivora

Apa itu herbivora? Jadi, pengertian herbivora adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan. Umumnya, mereka memiliki struktur gigi yang sangat berbeda dengan karnivora yang merupakan hewan pemakan daging, struktur gigi herbivora tidak dilengkapi dengan gigi taring. Struktur gigi yang tidak terlalu tajam itu membuat herbivora lebih mudah dalam mencerna makanannya.

Hewan pemakan tumbuhan ini bukan termasuk hewan buas, karena sumber makanannya yang hanya berasal dari tumbuh-tumbuhan, sehingga lebih mudah untuk dikendalikan. Sumber makanan golongan herbivora yang berasal dari tumbuh-tumbuhan itu, membuat kelompok hewan ini lebih mudah mendapatkan makanan yang masih banyak tersedia di alam bebas.

Ciri-ciri Hewan Herbivora

ciri-ciri hewan herbivora
ciri-ciri hewan herbivora

Jika dibedakan berdasarkan jenis makanannya, ciri-ciri herbivora sangat berbeda dengan karnivora. Setidaknya ada 10 ciri yang perlu kamu ketahui terkait dengan golongan herbivora, di antaranya seperti berikut ini:

  1. Makanan utama herbivora adalah tumbuh-tumbuhan yang terdiri dari rumput, daun-daunan, bahkan sayuran.
  2. Umumnya, herbivora berkembang biak secara beranak atau vivipar.
  3. Kebanyakan hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora itu adalah hewan mamalia.
  4. Kebanyakan hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora merupakan hewan yang hidup di darat.
  5. Umumnya herbivora merupakan jenis hewan berdarah panas.
  6. Struktur gigi geraham herbivora cukup lebar.
  7. Kebanyakan hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora adalah hewan yang berkaki empat.
  8. Hewan pemakan tumbuhan ini adalah jenis hewan bertulang belakang.
  9. Umumnya, herbivora sangat bermanfaat bagi manusia, bukan hanya sebagai hewan ternak namun juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan.
  10. Sebagian besar dari hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora ini adalah mangsa bagi hewan pemakan daging.

Habitat Hewan Herbivora

habitat herbivora
habitat herbivora

Sebagai hewan yang sumber makanannya berupa tumbuh-tumbuhan, tentu saja habitat hewan herbivora itu di daerah yang terdapat banyak tumbuhannya. Umumnya, jika hewan yang termasuk ke dalam golongan herbivora itu adalah hewan liar, maka mereka akan hidup secara berkelompok di daerah padang rumput, hutan, dan semak-semak.

Sesuai dengan ciri-ciri yang telah dijelaskan sebelumnya, herbivora termasuk ke dalam jenis hewan yang banyak memiliki manfaat untuk manusia, sehingga kebanyakan dari mereka adalah hewan ternak. Oleh sebab itu, habitat hidupnya ada di peternakan, makanannya telah disediakan oleh peternak, demi menghasilkan hasil ternak berkualitas.

[su_box title=”Baca juga artikel terkait” box_color=”#020202″]

Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasannya

contoh hewan herbivora
contoh hewan herbivora

Setelah mengetahui tentang pengertian, ciri-ciri dan habitat dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora), maka kamu juga perlu mengetahui apa saja contoh hewan yang termasuk ke dalam kelompok herbivora. Contoh-contoh hewan herbivora berikut ini akan bisa semakin memudahkan kamu untuk bisa membedakan golongan hewan pemakan tumbuhan dengan golongan hewan lainnya.

1. Kuda

gambar hewan herbivora
gambar hewan herbivora kuda

Kuda merupakan salah satu contoh hewan herbivora yang sangat bermanfaat bagi manusia, bukan hanya untuk ditunggangi, namun kuda juga bisa dimanfaatkan sebagai pengangkut barang. Dibanding dengan herbivora yang dijadikan sebagai hewan ternak lainnya, kuda memang lebih bisa dimanfaatkan tenaganya daripada untuk diambil daging dan susunya.

Kuda yang sehat dan mendapatkan asupan gizi yang baik, memang akan memiliki tenaga yang kuat serta mampu berlari cepat. Gigi geraham pada kuda terbilang cukup banyak, sehingga memungkinkan untuk menghaluskan makanan yang berupa tumbuh-tumbuhan dan dedaunan dengan lebih cepat.

2. Sapi

gambar hewan herbivora dan makanannya
gambar hewan herbivora dan makanannya sapi

Sapi adalah salah satu contoh hewan herbivora yang paling banyak dijadikan sebagai hewan ternak, hal tersebut tentu disebabkan karena banyak manfaat yang bisa didapatkan dari sapi, mulai dari daging, susu, hingga kulitnya. Bukan hanya itu saja, bahkan kotoran sapi pun juga bisa dimanfaatkan oleh manusia sebagai pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanah.

Sebagai hewan herbivora, tentu saja makanan utama dari sapi adalah rumput, jika dijadikan hewan ternak, maka biasanya peternak akan memberikan makanan secara teratur. Namun jika sapi hidup secara liar, maka biasanya mereka akan hidup secara berkelompok di area yang memiliki padang rumput luas.

3. Jerapah

contoh gambar hewan herbivora
contoh gambar hewan herbivora jerapah

Selain rumput, dedaunan yang ada di ranting-ranting pohon adalah sumber makanan utama bagi herbivora, contohnya untuk jerapah. Leher jerapah yang sangat panjang itu memudahkan mereka mencari makanan yang berasal dari pepohonan. Umumnya, mereka mencari dedaunan yang berada di bagian dahan pohon paling tinggi.

Kegemaran mereka dalam mengonsumsi dedaunan yang berada di bagian pohon yang paling tinggi itu, membuat mereka lebih memilih hidup di hutan secara berkelompok. Meskipun terlihat memiliki gerakan yang lambat, namun berkat empat kakinya yang berkuku, maka jerapah juga dapat berlari kencang, apalagi jika sedang diincar untuk dijadikan mangsa hewan-hewan pemangsanya.

4. Gajah

jenis hewan herbivora
jenis hewan herbivora gajah

Contoh hewan herbivora yang termasuk ke dalam golongan mamalia yang bertubuh besar adalah gajah, untuk bertahan hidup maka gajah akan langsung memakan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya. Hampir sama dengan kuda, deretan gigi geraham gajah itu sangat banyak, sehingga akan semakin memudahkan gajah untuk mengunyah makanannya.

Selain deretan gigi geraham dan mulut yang digunakan gajah untuk mendapatkan manfaat dari segala jenis tumbuh-tumbuhannya yang didapatkannya, belalai juga tidak kalah penting peranannya. Belalai adalah salah satu organ paling unik dan hanya dimiliki oleh gajah, fungsi dari belalai untuk gajah adalah membantu berbagai kegiatannya, mulai dari makan, minum dan lain sebagainya.

5. Rusa

macam macam hewan herbivora
macam macam hewan herbivora rusa

Rusa dikenal sebagai salah satu jenis herbivora dengan struktur gigi geraham yang cukup banyak, sehingga membuat rusa terbilang sangat mudah untuk mencerna berbagai jenis makanan dalam bentuk tumbuh-tumbuhan yang telah dimakannya. Hampir sama dengan jenis herbivora lainnya, rusa juga hidup secara berkelompok di area yang dekat sumber makanannya (rumput) dan juga mata air.

6. Badak

gambar khusus hewan herbivora
gambar khusus hewan herbivora badak

Salah satu jenis herbivora yang semakin sedikit populasinya di dunia ini adalah badak, apalagi badak bercula satu. Meskipun termasuk ke dalam herbivora, tapi kamu jangan menganggap remeh bahaya yang bisa kamu dapatkan jika membuat mereka merasa dalam bahaya. Tenaga hewan yang gemar makan buah-buahan dan daun-daunan itu sangat kuat, apalagi jika mereka sedang melindungi diri dari serangan hewan predator.

7. Unta

gambar gambar hewan herbivora
gambar gambar hewan herbivora unta

Unta adalah salah satu contoh hewan herbivora yang hidup di padang pasir, Meskipun hidup di padang pasir yang biasanya sangat minim tumbuh-tumbuhan, namun unta masih bisa bertahan hidup. Hal seperti itu disebabkan, unta memiliki punuk di bagian belakang tubuhnya. Fungsi dari punuk unta, baik itu satu punuk ataupun dua punuk adalah untuk menyimpan cadangan air dan cadangan makanan. Selain untuk dijadikan sebagai alat transportasi di padang pasir, unta juga bisa dimanfaatkan air susunya yang diyakini memiliki nutrisi lebih tinggi daripada susu sapi.

Umumnya, hewan jenis ini lebih disukai manusia, bukan hanya untuk dijadikan sebagai hewan ternak, misalnya seperti sapi, kambing ataupun kuda, namun bisa juga dijadikan sebagai hewan peliharaan, misal seperti kelinci. Penjelasan detail mengenai pengertian, ciri hingga kumpulan contoh hewan herbivora diharapkan akan membuatmu lebih termotivasi untuk semakin mengenal herbivora.

Tinggalkan komentar