Karnivora: Pengertian, Ciri-ciri, Habitat, Contoh Hewan Karnivora

Contoh Hewan Karnivora – Jenis kelompok hewan karnivora ini adalah jenis hewan yang hanya memakan daging sehingga bisa dipastikan untuk bisa mendapatkan makanan maka mereka harus memburu mangsanya. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail tentang karnivora, mulai dari ciri-ciri, habitat hingga contohnya.

Pengertian Hewan Karnivora

pengertian hewan karnivora
pengertian hewan karnivora

Karnivora merupakan istilah yang berasal dari bahasa latin, terdiri dari dua kata yaitu “caro” yang artinya daging dan “vorare” yang memiliki arti makanan. Berdasarkan asal katanya itu, maka bisa disimpulkan bahwa hewan karnivora berarti hewan pemakan daging.

Disebabkan karena makanannya adalah daging sehingga membuat mereka harus terlebih dahulu memburu mangsanya untuk mendapatkan makanan, maka umumnya karnivora tergolong ke dalam hewan buas. Meskipun demikian, ada juga beberapa karnivora yang termasuk jinak, salah satu diantaranya adalah kucing.

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

ciri-ciri hewan karnivora
ciri-ciri hewan karnivora

Masing-masing kelompok jenis hewan yang diklasifikasikan berdasarkan jenis makanannya, tentu memiliki perbedaan, setidaknya ada 3 ciri paling utama yang membedakan antara karnivora dengan herbivora dan omnivora. Berikut ini merupakan ciri-ciri hewan yang termasuk ke dalam golongan karnivora yang perlu kamu ketahui.

  1. Karnivora termasuk ke dalam kelompok hewan vertebrata (bertulang belakang)
  2. Memiliki keunggulan dalam berlari
  3. Memiliki penglihatan yang sangat tajam, baik itu di siang hari ataupun di malam hari
  4. Pendengaran sangat peka khususnya terhadap gerakan yang ada lingkungan sekitarnya
  5. Memiliki gigi taring yang sangat tajam sehingga bisa digunakan untuk merobek daging mangsanya
  6. Sebagian besar karnivora adalah hewan buas atau predator
  7. Sebagian besar karnivora termasuk ke dalam golongan hewan mamalia
  8. Mampu melumpuhkan mangsa dengan mudah

Habitat Hewan Karnivora

habitat hewan karnivora
habitat hewan karnivora

Mayoritas hewan yang termasuk ke dalam golongan karnivora hidup di darat, namun ada pula yang memiliki habitat hidup di air dan udara. Umumnya, karnivora yang hidup di darat itu hidup secara berkelompok di alam liar seperti hutan dan padang savana, sebab di tempat-tempat itu akan lebih banyak mangsa yang dapat dijadikan sebagai sumber buruan sehingga mereka bisa mendapatkan makanan.

[su_box title=”Baca juga artikel terkait” box_color=”#020202″]

Contoh Hewan Karnivora

contoh hewan karnivora
contoh hewan karnivora

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan hewan karnivora, mulai dari pengertian karnivora, ciri-ciri karnivora hingga habitat hewan karnivora, kamu juga perlu tahu apa saja contoh-contoh hewan karnivora atau yang termasuk ke dalam golongan jenis hewan pemakan daging itu, baik yang hidupnya di darat, air dan bahkan di udara.

Yuk langsung saja, berikut adalah kumpulan contoh hewan karnivora beserta gambar dan penjelasannya lengkap.

1. Singa

gambar karnivora singa
gambar karnivora singa

Singa merupakan salah satu contoh hewan karnivora yang bisa digolongkan pula sebagai hewan buas. Sifat buasnya tersebut bahkan membuat singa mendapatkan julukan sebagai raja hutan. Walau terkenal sebagai hewan buas yang berbahaya, namun singa memiliki satu kelemahan yaitu tidak bisa memanjat pohon.

Singa hidup secara berkelompok, hanya saja bukan kelompok yang berjumlah besar. Dibanding singa jantan, peran singa betina lebih besar untuk kelompoknya agar bisa bertahan hidup, sebab singa betina yang bertugas sebagai pencari mangsa untuk dimakan.

2. Cheetah

gambar hewan karnivora
gambar hewan karnivora

Agak berbeda dengan hewan karnivora pada umumnya yang biasanya hidup dan mencari mangsa secara berkelompok, cheetah termasuk contoh hewan karnivora yang mencari mangsa secara individu. Kemampuan berlari cheetah ini sangatlah cepat sehingga memudahkan mereka untuk mendapatkan banyak buruan, seperti kijang, babi hutan dan berbagai jenis hewan buruan lainnya.

3. Serigala

gambar karnivora
gambar karnivora

Jika dibanding dengan hewan pemakan daging yang bersifat buas lainnya, ukuran tubuh serigala terbilang lebih kecil. Salah satu ciri khas dari serigala adalah suara raungan yang sering mereka munculkan di malam hari. Serigala lebih mudah ditemukan di daerah Eropa daripada di Asia apalagi di Indonesia.

4. Musang

binatang karnivora
binatang karnivora

Salah satu keunggulan musang dibanding hewan karnivora lainnya adalah keahliannya dalam memanjat. Bukan hanya itu saja, musang yang rata-rata berukuran kecil ini juga ahli dalam menipu musuhnya. Contohnya ketika mereka dalam keadaan terpojok, maka musang akan langsung berpura-pura mati, sembari mencari kesempatan untuk meloloskan diri saat musuh lengah.

5. Anjing

contoh karnivora
contoh karnivora

Anjing adalah contoh hewan karnivora yang dapat hidup secara liar di alam bebas, namun juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan manusia. Keunggulan anjing dibanding hewan karnivora lainnya adalah kecerdasannya yang membuatnya bisa lebih mudah dilatih, baik itu untuk membantu menjaga keamanan rumah, membantu manusia berburu binatang atau bahkan membantu tugas polisi sebagai anjing pelacak, sebab anjing memiliki indera penciuman yang sangat tajam.

6. Kucing

hewan hewan karnivora
hewan hewan karnivora

Kucing juga merupakan salah satu jenis karnivora yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan manusia. Bulunya yang lembut dan halus serta kebiasaannya yang lucu dan sering bermalas-malasan membuat kucing terlihat menggemaskan sehingga manusia gemar memeliharanya.

7. Komodo

nama hewan karnivora
nama hewan karnivora

Komodo adalah salah satu jenis karnivora yang juga termasuk ke dalam golongan hewan langka. Hewan yang bentuknya seperti kadal namun dengan ukuran tubuh yang sangat besar ini merupakan contoh hewan karnivora yang banyak ditemukan di Indonesia, tepatnya di pulau Komodo. Selain memiliki kekuatan pada rahang dan bagian ekornya, komodo juga memiliki air liur yang sangat beracun.

8. Buaya

sebutkan hewan karnivora
sebutkan hewan karnivora

Buaya adalah contoh hewan karnivora yang tergolong sebagai karnivora, dan juga masuk ke dalam golongan reptil. Pergerakan buaya sangat cepat jika di dalam air, biasanya sebelum memburu mangsanya, buaya akan terlebih dahulu mengintai dengan cermat dari permukaan air, dan ketika waktunya sudah tepat, buaya akan langsung menyergap mangsanya dan kemudian menyeretnya ke dalam air.

9. Pinguin

contoh binatang karnivora
contoh binatang karnivora

Meskipun bentuk tubuhnya mungil namun pinguin yang habitat hidupnya di bebatuan es di kutub itu juga termasuk ke dalam kelompok karnivora, sebab sumber makanan utamanya adalah daging hewan lain, yaitu ikan-ikan kecil. Pinguin juga termasuk hewan yang hidup secara berkelompok dalam jumlah yang sangat banyak.

10. Burung Elang

gambar binatang karnivora
gambar binatang karnivora

Contoh hewan karnivora berikutnya yaitu elang, yang mana sumber makanan burung elang adalah hewan-hewan berukuran kecil yang ada di daratan dan perairan. Kecepatan terbang burung elang sangat memudahkan mereka untuk mencari mangsa, kebanyakan dari mereka lebih suka berburu ikan-ikan kecil. Burung elang cukup mudah ditemukan di Indonesia, khususnya di sekitar Jawa, Sumatra dan Kalimantan.

11. Ikan Hiu

foto hewan karnivora
foto hewan karnivora

Ikan hiu adalah jenis hewan karnivora yang memiliki bentuk tubuh ramping dengan tulang yang lengkap, apalagi ditambah dengan deretan gigi yang sangat runcing sehingga memudahkan untuk mengoyak mangsa. Ada cukup banyak jenis ikan hiu di dunia, namun yang paling terkenal adalah ikan hiu kepala martil.

12. Ikan Piranha

contoh gambar hewan karnivora
contoh gambar hewan karnivora

Selain ikan hiu, ada satu jenis ikan lagi yang terbilang sangat buas yaitu Piranha. Ciri utama ikan buas ini adalah terdapatnya lingkaran berwarna merah pada bagian bawah tubuhnya, serta tentunya deretan gigi yang tajam berfungsi untuk mengoyak mangsanya. Umumnya, piranha hidup secara berkelompok dan biasanya hanya bisa ditemukan di perairan hutan Amazon.

Sifat buas hewan karnivora memang berbahaya, namun berkat adanya hewan pemakan daging, maka ekosistem di alam bisa berjalan dengan seimbang. Oleh sebab itu, sebagai manusia maka kita juga harus tetap menjaga kelestarian hewan karnivora agar keseimbangan ekosistem di alam tetap terjaga dengan baik.

Mungkin iru yang bisa kami sampaikan tentang karnivora mulai daripengertian karnivora, ciri-ciri karnivora hingga habitat hewan karnivora hingga kumpulan contoh hewan karnivora beserta gambar dan penjelasannya yang lengkap.

Tinggalkan komentar