Modernisasi : Pengertian, Ciri, Teori, Gejala, Dampak, Konsep, Proses

Apa itu Modernisasi? Walaupun banyak didengar atau bahkan diucapkan, ternyata tak semua orang kenal istilah modernisasi. Padahal di Indonesia sendiri istilah ini sudah jadi pembahasan umum, apalagi sejak banyaknya hal baru yang terjadi di berbagai bidang. Bagi Anda yang merasa belum terlalu kenal dengan istilah ini, yuk merapat untuk tahu segudang informasi menariknya.

Pengertian Modernisasi

pengertian modernisasi
pengertian modernisasi

Secara umum pengertian modernisasi adalah proses tentang transformasi sebuah kondisi, yang dianggap tidak maju atau masih tradisional menjadi maju dan berkembang. Bisa juga disebut sebagai perkembangan yang terjadi pada bidang ilmu pengetahuan juga teknologi, yang dampaknya dirasakan langsung oleh banyak orang.

Pengertian Modernisasi Menurut Para ahli

Lanjut kepada yang agak spesifik, yaitu pengertian modernisasi menurut para ahli seperti yang ada dibawah ini.

Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto yang mengatakan, bahwa pengertian modernisasi adalah sebagai bentuk perubahan di bidang sosial dan cenderung memiliki arah yang jelas. Perubahan tersebut sudah memiliki perencanaan sebelumnya.

Wilbert E Moore

Ada pula pendapat Wilbert E Moore yang mengungkapkan bahwa pengertian modernisasi adalah sebuah transformasi total kondisi belum modern, khususnya pada bidang organisasi sosial serta teknologi menjadi modern. Transformasi itu berhubungan langsung dengan politik dan pola di bidang ekonomi.

Alex Tio

Alex Tio juga punya pendapat yang cukup menarik, dimana dia mengungkapkan bahwa pengertian modernisasi adalah sebagai perubahan sosial yang terjadi pada masyarakat yang dulunya berbasis pertanian menjadi industri.

Harold Rosenberg

Bahkan Harold Rosenberg juga memiliki pendapat yang senada, dia menilai bahwa pengertian modernisasi adalah tradisi kekinian yang memiliki tolak ukur urbanisasi, atau berhubungan dengan terkikisnya sifat ndeso dari kelompok masyarakat tertentu.

Ciri-Ciri Modernisasi Adalah

ciri-ciri modernisasi
ciri-ciri modernisasi

Kalau bicara soal ciri-ciri modernisasi, istilah ini juga punya beberapa yang membedakannya dengan istilah lain yang mirip. Anda mau tahu? Ayo lanjut menyimak, siapa tahu lingkungan Anda sudah menjadi objek tempat terjadinya transformasi karena terdapat ciri-ciri modernisasi seperti berikut.

1. Mobilitas Makin Tinggi

Ciri modernisasi seperti yang terjadi ketika sebuah perubahan terjadi, otomatis perpindahan penduduk dari desa ke daerah perkotaan atau sebaliknya menjadi lebih tinggi. Tujuan utamanya adalah untuk memperbaiki kondisi kehidupan.

2. Pola Pikir Rasional

Memiliki pola pikir yang rasional juga menjadi salah satu ciri modernisasi. Logika masyarakat yang sudah merasakan transformasi ini, akan lebih dipakai dalam setiap kondisi. Sebab mereka bisa melihat sesuatu dengan lebih rasional, dan mulai meninggalkan kepercayaan terhadap hal abstrak.

3. Masyarakat Lebih Heterogen

Ketika masyarakat sudah bisa hidup berdampingan dengan berbagai perbedaan, itu merupakan ciri modernisasi yang sudah terjadi setelah perubahan.

4. Terbuka untuk Hal Baru

Ketika masyarakat tradisional masih banyak berfikir ketika mendapatkan hal baru, beda dengan kelompok masyarakat modern yang lebih terbuka terhadap pembaharuan di lingkungan mereka. Misalnya tentang pembauran budaya dan aspek lainnya, yang selama ini sangat dekat dengan kehidupan mereka.

5. Waktu Lebih berharga

Ciri Modernisasi adalah menganggap waktu lebih berharga. Masyarakat modern bisa terlihat dari kedisiplinannya dalam melakukan berbagai aktivitas, karena mereka sudah merasakan bagaimana transformasi itu mempengaruhi kehidupan mereka ke arah lebih baik.

6. Keterikatan pada Adat Berkurang

Berkaitan dengan realistis dalam berpikir, ciri mendernisasi adalah masyarakat modern lebih memilah-milah mana adat yang masih bisa diterapkan dan mana yang tidak.

Teori Modernisasi

teori modernisasi
teori modernisasi

Dalam membahas modernisasi juga memiliki teori khusus, terutama yang berhubungan dengan perubahan masyarakat dari yang tadinya tradisional menjadi modern. Walt Whitman Rostow membuat teori modernisasi yaitu bahwa transformasi di bidang ekonomi memiliki lima tahapan, dimulai dari eksistensi masyarakat klasik, kemudian lanjut pada persiapan mereka untuk tinggal landas. Tahap ketiga adalah tinggal landas, lalu tahapan menuju kematangan masyarakat, terakhir tahap konsumsi massa.

Teori modernisasi yang kedua dimiliki oleh Neil Smelser yang mengungkapkan bahwa, konsep yang mempengaruhi terjadinya perubahan atau transformasi adalah perbedaan struktural. Sehingga sebuah tatanan tidak teratur dalam struktur masyarakat, terbagi menjadi bagian yang lebih spesifik fungsinya. Ibarat bermain puzzle, semakin sedikit jumlah puzzle yang akan ditempel akan memudahkan menebak gambarnya. Tapi jangan langsung ambil puzzle Anda sekarang, selesaikan simak informasi ini dulu hehe.

Gejala Modernisasi

gejala modernisasi
gejala modernisasi

Beda perubahan yang terjadi akan beda pula gejala modernisasi yang terlihat, beberapa gejala modernisasi di antaranya yang mungkin pernah Anda alami adalah:

1. Gejala Modernisasi di Bidang Ekonomi

Ditandai dengan semakin beragamnya kebutuhan manusia, baik dalam bentuk barang ataupun jasa. Alhasil produsen berbagai jenis produk pun menjamur, untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat tersebut.

2. Gejala Modernisasi di Bidang Budaya

Eksistensi budaya lokal makin terancam dengan banyaknya budaya baru, yang masuk dalam sebuah kelompok masyarakat. Bahkan pada beberapa kondisi, masyarakat cenderung berhenti melestarikan budaya sendiri dan lebih memilih menerapkan budaya baru.

3. Gejala Modernisasi dalam Bidang Sosial

Semakin banyaknya kelompok sosial dengan berbagai latar belakang yang lahir, hal ini menyebabkan kesenjangan sosial semakin terlihat jelas. Apalagi kalau dilihat dari tingkat ekonomi hingga pendidikan.

4. Gejala Modernisasi di Bidang Politik

Di antaranya adalah pengakuan lebih tinggi tentang hak asasi manusia, munculnya lebih banyak negara dengan kekuatan demokrasinya. Hingga muncul berbagai lembaga politik baru, yang menyuarakan visi dan misi mereka.

Dampak Modernisasi

dampak modernisasi
dampak modernisasi

Berikut adalah dampak terjadinya modernisasi pada masyarakat yang mengalaminya? Tentu dampak modernisasi sangatlah banyak, ada yang positif dan ada pula yang negatif. Seperti dampak kantong kosong di akhir bulan, yang berdampak pada perubahan makan malam Anda jadi mie instan wkwkwk.

1. Dampak Negatif Modernisasi

Beberapa hal seperti meningkatnya angka kriminalitas bisa terjadi, karena adanya golongan masyarakat yang juga ingin maju namun belum memiliki kemampuan yang cukup sehingga mengambil jalan pintas. Ada juga dampak berupa kesenjangan sosial di tengah masyarakat, antara masyarakat yang sudah modern dengan tradisional.

Lalu dampak pencemaran lingkungan karena berbagai kemajuan yang terjadi, misalnya pencemaran udara akibat semakin banyaknya orang yang menggunakan kendaraan roda empat. Kemudian pencemaran air akibat limbah pabrik industri, yang semakin menumpuk dan tidak terkelola dengan baik.

2. Dampak Positif Modernisasi

Untungnya masih ada dampak positif modernisasi yang akan dirasakan ketika transformasi itu terjadi, seperti meningkatnya pengetahuan banyak orang tentang berbagai hal. Juga kemajuan yng meningkatkan taraf hidup masyarakat seperti munculnya alat transportasi alternatif, ponsel yang semakin banyak jenis dan kegunaannya.

Konsep Modernisasi

konsep modernisasi
konsep modernisasi

Sedikit menyinggung soal konsep dari modernisasi yang diperkenalkan oleh Piotr Sztompka, ternyata ada tiga jenis konsep modernisasi. Yang pertama yaitu konsep relatif, yang berupa tindakan untuk mencapai standar modern yang dimiliki oleh kelompok masyarakat biasa hingga pengusaha kelas kakap.

Konsep modernisasi kedua adalah historis di mana transformasi bisa diperhatikan dari perubahan, yang dialami sebuah kelompok masyarakat tempo dulu menjadi masyarakat kekinian. Konsep modernisasi ketiga adalah analisis yang menyebutkan tentang dimensi sebuah masyarakat modern, kemudian dilakukan proses penerapannya pada masyarakat yang belum berkembang. Lalu dilihat bagaimana dampaknya terhadap masyarakat tersebut.

Proses Modernisasi

proses modernisasi
proses modernisasi

Untuk mewujudkan sebuah transformasi ke arah yang lebih maju, perlu proses yang harus dilalui. Hal itu melibatkan banyak komponen pendukung, yang akan memperlancar terwujudnya perubahan yang diinginkan tersebut. Setidaknya ada tiga proses modernisasi yang harus dilalui yaitu:

1. Sadar secara Sosial

Proses modernisasi ini berhubungan dengan bergesernya paradigma masyarakat tentang banyak hal, yang akhirnya menimbulkan keinginan untuk berubah. Pada proses ini banyak inovasi baru, yang tercipta dan disadari oleh masyarakat.

2. Kerjasama

Proses di mana masyarakat secara bersama menerima inovasi yang sudah terjadi di lingkungan mereka, sehingga proses menuju modernisasi jadi lebih cepat terwujud. Apalagi jika inovasi tersebut sangat berhubungan erat dengan perbaikan kehidupan, yang akan mereka jalani nanti.

3. Rekayasa

Mengarahkan penggunaan inovasi baru yang sudah tercipta, baik di bidang pengetahuan, pendidikan, organisasi, dan semua aspek kehidupan.

Bertambahnya pengetahuan dan wawasan Anda tentang transformasi atau perubahan ke arah lebih maju, akan membuat pandangan menjadi lebih terbuka. Siapa tahu saat ini Anda masih menjadi bagian masyarakat tradisional. Dengan ilmu yang lengkap tentang perubahan ini bisa menjembatani Anda masuk sebagai kalangan masyarakat modern yang berkualitas.

Nah itulah pembahasan kita kali ini tentang modernisasi yang sangat lengkap mulai dari pengertian modernisasi, ciri-ciri modernisasi, teori modernisasi, gejala-gejala modernisasi, dampak positif dan negatif modernisasi, konsep modernisasi hingga proses modernisasi. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan kamu tentang apa itu modernisasi.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar