√ Teks Tanggapan Kritis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Contoh dan Strukturnya

Apa saja yang kamu ketahui mengenai teks tanggapan kritis? Teks ini merupakan sebuah teks yang isinya adalah pendapat dan juga gagasan, yang disampaikan oleh seseorang pada setiap persoalan atau kejadian yang sedang dihadapinya saat itu. Biasanya persoalan yang menjadi tanggapan orang tersebut, adalah mengenai perbedaan antara apa yang diharapkan dengan apa yang menjadi kenyataan.

Persoalan atau kejadian yang dihadapi bisa sangat beragam, dan kamu bisa menanggapinya dengan teks tersebut. atau kamu juga bisa mengkritik sesuatu hal yang menurut kamu salah atau tidak benar, asalkan isi tanggapannya bukan dengan nada yang mengancam ya. Hehehe. Tetapi harus disertai dengan adanya fakta, data, dan juga alasan yang meyakinkan mengenai pendapat yang disampaikan tersebut.

Nah, untuk lebih mengenal tentang apa itu teks tanggapan kritis? Yuk kita bahas bersama mulai dari pengertian teks tanggapan kritis, ciri-ciri, fungsi, tujuan, struktur teks tanggapan kritis, kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis, beserta dengan contoh teks tanggapan kritis.

Pengertian Teks Tanggapan Kritis

pengertian teks tanggapan kritis
pengertian teks tanggapan kritis

Tahukah kamu apa itu teks tanggapan kritis?

Jadi, pengertian teks tanggapan kritis adalah sebuah teks yang isinya tentang sebuah kritikan yang tajam, pada suatu hal tertentu tentang adanya kesalahan di dalamnya. Biasanya akan terjadi debat yang dilakukan oleh si A dan si B, yang dimana si A akan mengkritik si B yang dianggapnya salah. Atau bisa juga disebut dengan menganalisa kembali sebuah pendapat dari lawan bicaranya.

Kita tetap harus menerima seluruh tanggapan yang diberikan oleh orang ataupun teman kita, ketika mereka menyampaikan suatu pendapat mengenai suatu hal. Karena setiap tanggapan yang diberikan oleh orang lain, misalnya mengenai apa yang kamu lakukan tentu didasari oleh sebuah alasan. Yang dimana akan membuat kamu menjadi orang yang lebih baik lagi.

Oke, melalui penjelasan diatas kamu jadi tahu apa itu pengertian teks tanggapan kritis. Untuk mengenal lebih dalam terkait dengan teks yang satu ini, maka kamu juga harus tahu apa saja ciri-ciri teks tanggapan kritis. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan Kritis

ciri ciri teks tanggapan kritis
ciri ciri teks tanggapan kritis

Ciri dari teks tanggapan ini berfungsi sebagai hal yang akan memudahkan kamu dalam mengenali sebuah teks, apakah teks tersebut merupakan teks tanggapan kritis atau bukan. Bila sebuah teks bercirikan sebuah tanggapan kritis, maka bisa dikatakan hal itu memang sebuah tanggapan kritis yang disampaikan melalui teks. Berikut ciri-ciri teks tanggapan kritis yang dapat kamu ketahui.

[su_box title=”Ciri-ciri teks tanggapan kritis” box_color=”#020202″]

  1. Memuat tanggapan akan sebuah fenomena yang terjadi di sekitar kita, dengan disertai alasan dan fakta yang ada.
  2. Memiliki tiga struktur yang jelas yaitu Evaluasi , Deskripsi Teks , dan Penegasan Ulang.
  3. Mengandung sebuah ciri kebahasaan atau kaidah kebahasaan yang dimiliki oleh tanggapan kritis tersebut.[/su_box]

Fungsi Sosial teks Tanggapan Kritis

Adapun fungsi teks tanggapan kritis dalam konteks sosial adalah sebagai bentuk kepedulian kita kepada lingkungan masyarakat dengan menanggapi secara kritis terhadap permasalahan yang timbul di sekitar lingkungan tempat kita tinggal.

Tujuan Teks Tanggapan Kritis

Sebenarnya tujuan teks tanggapan kritis itu untuk apa sih? Jadi, tujuan teks tanggapan kritis adalah untuk memilih salah satu dari pernyataan, yang mana dalam teks tanggapan kritis terdapat suatu alasan yang mendukung beserta alasan yang menolak.

Struktur Teks Tanggapan Kritis

struktur teks tanggapan kritis
struktur teks tanggapan kritis

Ada tiga struktur teks tanggapan kritis yang dapat kamu ketahui, apa saja itu? Yuk simak penjelasan tentang struktur teks tanggapan kritis di bawah ini.

[su_box title=”Struktur teks tanggapan kritis” box_color=”#020202″]

  1. Evaluasi Yaitu bagian yang pertama dari sebuah tanggapan kritis. Bagian ini memuat sebuah pernyataan umum, mengenai apa yang akan disampaikan oleh penulis dalam sebuah teks.
  2. Dekripsi teks Adalah bagian yang kedua, atau merupakan bagian isi dari teks tersebut. bagian dari deskripsi teks ini biasanya memuat informasi, tentang data dan juga pendapat yang mendukung sebuah pernyataan atau bahkan melemahkan pernyataan tersebut.
  3. Penegasan ulang Adalah bagian ketiga dari teks tersebut, atau bagian akhir dari sebuah tanggapan kritis yang isinya adalah penegasan ulang pada apa yang telah dilakukan atau yang sudah diputuskan.[/su_box]

Kaidah Kebahasaan Teks Tanggapan Kritis

kaidah teks tanggapan
kaidah teks tanggapan

Selanjutnya kita akan bahas mengenai kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis yang harus kamu ketahui. Yuk langsung saja simak penjelasannya dibawah ini.

[su_box title=”Kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis” box_color=”#020202″]

  1. Kalimat kompleks Adalah kalimat yang mempunyai lebih dari dua struktur serta dua verba.
  2. Konjungsi Yang merupakan kata penghubung yang akan menghubungkan setiap kata dan setiap struktur yang ada.
  3. Kata rujukan Yaitu sesuatu yang digunakan oleh pemberi informasi atau pembicara dalam menyokong atau memperkuat pernyataan dengan cara yang tegas. Yang dikenal juga dengan sebutan referensi.
  4. Pilihan kata Merupakan pemilihan kata yang sesuai di dalam penggunaan dan pembuatan pada suatu teks tanggapan kritis.[/su_box]

Contoh Teks Tanggapan Kritis Beserta Strukturnya

contoh teks tanggapan kritis
contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya

Nah akhirnya kita telah masuk ke tahap materi pembahasan yang terakhir yaitu mengenai contoh teks tanggapan kritis. Tujuan kita kasih contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya dibawah ini adalah agar kamu kedepannya bisa membuat sendiri.

Melalui contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan yang akan kita bahas, kamu bisa mempelajarinya mulai dari ciri-cirinya, strukturnya dan lain-lain. Oke, semoga kamu bisa mengambil banyak pelajaran melalui contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan dibawah ini.

[su_box title=”Contoh teks tanggapan kritis tentang pendidikan” box_color=”#020202″]

[su_note note_color=”#faedf6″]

Lebih baik memilih SMA atau SMK?

Evaluasi :

Ada sebagian besar atau bahkan kebanyakan orang tua dan para siswa SMP yang sering kali bingung dengan kedua pilihan, yaitu memilih SMA atau SMK saja. Khususnya bagi siswa SMP kelas 9 yang sebentar lagi akan lulus, sehingga ia harus segera menentukan pilihannya. Karena dalam menentukan apakah akan masuk SMA atau SMK, tentu tidak bisa sembarangan.

Kamu juga harus mempertimbangkannya dengan matang, mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pilihan tersebut sebelum kamu mulai memilih yang terbaik. Apa saja alasan yang dapat menguatkan langkah yang kita ambil?

Deskripsi :

Yang pertama adalah, tentu kita sudah tahu bahwa biasanya lulusan SMK lebih mudah dan lebih siap untuk bekerja bila dibandingkan dengan lulusan SMA. Karena di SMK tidak hanya diajarkan mengenai teorinya saja mengenai jurusan yang diambil. Tetapi para siswa akan dibekali dengan kemampuan dan keahlian dalam prakteknya.

Yang dimana hal itu akan menambah pengalaman dan juga memberi gambaran yang nyata, mengenai dunia kerja. Sering kali kita lihat para siswa SMK yang menjalani PKL atau Praktek Kerja Lapangan. Yang istilahnya disebut dengan magang. Dengan demikian lulusan SMK akan lebih mudah dalam mendapat pekerjaan, sedangkan lulusan SMA biasanya harus naik ke jenjang yang lebih tinggi lagi yaitu kuliah.

Tetapi siswa SMK juga bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, apalagi siswa SMK cenderung memiliki hardskill yang berupa kemampuan dalam kejuruan yang lebih spesifik. Sehingga ketika ia kuliah, ia akan memilih jurusan yang sama dengan jurusan yang diambilnya saat SMK.

Tetapi bila dibandingkan dengan pelajaran yang diberikan di SMA, materi yang diajarkan di SMK tidak sebanyak materi yang diajarkan di SMA. Karena SMK hanya mengajarkan jurusannya saja secara detail. Sedangkan di SMA ada banyak materi pelajaran yang dipelajari. Pengetahuan yang diberikan di SMK tidak lebih banyak dibanding di SMA.

Sehingga ada yang menyebutkan bahwa siswa SMA memiliki kemampuan berpikir yang lebih logis dan lebih bagus dibandingkan anak SMK. Anak SMK juga cenderung mengambil keputusan atau suatu langkah dengan cara yang instan, tanpa harus memikirkan dan mempertimbangkannya lebih dalam.

Bila melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, maka ruang lingkup siswa SMK lebih terbatas dibanding siswa SMA. Itulah sebabnya siswa SMK lebih sulit masuk ke sebuah perguruan tinggi. Saat di perguruan tinggi, siswa SMK juga bisa mengambil jurusan yang berbeda dengan yang diambilnya di SMK. Tetapi ia akan kesulitan ketika mendalami materi yang diajarkan di perguruan tinggi.

Sedangkan lulusan SMA lebih bebas menentukan jurusan ke perguruan tinggi. Karena materi yang diajarkan di SMA mencakup lebih banyak di dalamnya.

Penegasan Ulang :

Oleh sebab itu siswa lulusan SMK biasanya akan lebih siap bekerja dibanding siswa lulusan SMA. Biaya yang akan dikeluarkan untuk pendidikan pun akan menjadi lebih hemat. Lain halnya dengan siswa lulusan SMA yang dianggap lebih siap untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Karena mereka terbiasa dengan pembelajaran materi yang dalam, seperti di perguruan tinggi.

Tetapi semua itu kembali ke minat dan keinginan masing-masing siswa. Karena bakat dan kemampuan setiap siswa juga berbeda-beda, sehingga kedua pilihan tersebut baik adanya.[/su_note][/su_box]

Contoh teks tanggapan kritis di atas yaitu, mewakili sebuah peristiwa atau persoalan yang ditanggapi melalui teks dengan format yang tepat. Jika kamu masih belum paham, coba baca ulang dan pahami lagi contoh teks tanggapan kritis beserta strukturnya di atas. Semoga kamu dapat memahaminya.

Nah itulah pembahasan kita mengenai teks tanggapan kritis, mulai dari pengertian teks tanggapan kritis, ciri-ciri teks tanggapan kritis, fungsi teks tanggapan kritis, tujuan teks tanggapan kritis, struktur teks tanggapan kritis, kaidah kebahasaan teks tanggapan kritis, beserta dengan contoh teks tanggapan kritis. Mudah-mudahan pembahasan teks ini bisa bermanfaat untuk kalian. Silahkan tulis pesan kalian di kolom komentar dan bagikan kepada teman kalian agar bertambah manfaatnya…..

Tinggalkan komentar