Seni Rupa Terapan Dan Seluk Beluknya

Ilmu seni rupa merupakan salah satu ilmu yang mengkaji tentang karya seni, ada yang disebut seni rupa murni dan adapula seni rupa terapan. Perbedaannya terletak pada fungsinya, dimana jenis murni lebih mengedepankan keindahan,sedangkan terapan bukan saja tentang keindahan. Kali ini kita akan mengkaji lebih fokus pada jenis terapan yang memiliki banyak perkembangan dari masa ke masa.

Pengertian

Berbicara soal pengertian dari seni rupa jenis terapan, bisa diartikan sebagai karya seni yang memiliki banyak makna, bukan hanya keindahan tapi juga fungsi-fungsi lain yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat. Makanya banyak yang menggelutinya karena memiliki nilai jual yang tinggi dan banyak jenis yang bisa dikembangkan.

Seni jenis ini juga identik dengan kebutuhan sehari-hari yang memiliki nilai kompleks yaitu keindahan secara estetika seni, serta nilai guna dan nilai jual. Bahkan karena inovasi yang terus berkembang, karya seni ini menjadi salah satu lading bisnis menjanjikan bagi para pencipta seni, tak jarang mereka memilih menggeluti seni terapan untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan tetap mengedepankan nilai seni.

Sejarah

Kalau dilihat dari sejarah, di Indonesia sendiri seni rupa terapan sudah dikenal sejak lama, bahkan sejak manusia purba masih menggunakan bahan alami untuk segala aktivitasnya. Mulai dadi pembuatan kapak dengan memanfaatkan batu atau tulang, yang kemudian dipakai untuk berburu atau kebutuhan rumah tangga, ada juga bahan rumah tangga yang dibuat dari akar pohon dan hasilnya indah serta bermanfaat.

Kemudian berlanjut pada penggunaan logam sebagai media pembuatan karya seni jenis ini, yang diolah dan dibentuk menjadi barang-barang indah di masa itu yang juga dipakai sebagai alat-alat penting seperti mangkuk, gelas, piring dan lainnya. Kemudian akar pohon juga dimanfaatkan menjadi tas dan kebutuhan mencari nafkah yang tampilannya tetap menarik.

Semakin lama inovasi dari karya seni rupa terapan semakin berkembang, dan semakin banyak media yang bisa dijadikan karya seni bermanfaat. Mulai dari tanah liat, keramik, kayu, kain perca, rotan, dan media lain yang bisa dibentuk menjadi sebuah karya seni. Anda bisa melihatnya di pusat souvenir berbagai daerah atau pusat berbagai kerajinan di tempat Anda menetap.

Jenis Dan Contohnya

Sama halnya dengan seni rupa murni, terapan juga memiliki banyak jenis yang mudah dijumpai pada kehidupan sehari-hari. Hanya saja bedanya adalah fungsi terapan leboh kompleks sehingga jenisnya menjadi lebih banyak. Berikut ini beberapa diantaranya yang paling sering dihasilkan oleh para pekerja seni.

1. Seni Arsitektur

Jenis seni rupa terapan ini lebih terfokus pada pembuatan bangunan atau ruangan dengan model yang memiliki keindahan luar biasa, tapi fungsinya juga maksimal. Para pekerja seni yang memiliki kemampuan arsitektur mencoba meramu berbagai rancangan bangunan yang kemudian diimplementasikan dalam skala kecil hingga besar sesuai dengan kebutuhan.

Contohnya Anda bisa lihat kemegahan Burj Khalifa yang terletak di Dubai, ada pula rumah terbalik bernama Wonderworks yang terdapak di Tennessee Amerika Serikat, The Crocked House yang merupakan salah satu pusat belanja di Polandia yang arsitekturnya seperti bangunan yang diremukkan, dan Dynamic Tower di Dubai.

2. Seni Kriya

Merupakan jenis seni rupa terapan yang mengandalkan kelihaian tangan pembuatnya untuk menghasilkan karya indah dan multifungsi. Kreativitas tinggi sangat dibutuhkan dalam menghasilkan jenis seni kriya ini, semakin bagus kualitas dan tampilannya maka nilainya akan semakin tinggi.

Contoh dari seni ini adalah ukiran kayu pada furniture, anyaman yang terbuat dari bamboo, berbagai alat yang terbuat dari logam, topeng dengan menggunakan keterampilan memahat, tekstil yang menghasilkan kain dan motif yang indah, dan penggunaan keramik untuk berbagai karya seni.

3. Seni Grafis

Grafis mengalami perkembangan sangat pesat, hanya dengan mengandalkan meda seperti kertas, plastik dan bahan lain yang bisa dicetak dengan mesin cetak grafis, hasil seni rupa terapan ini banyak dipakai masyarakat. Pekerja seni ini selain memiliki kemampuan melukis juga menjalankan beberapa program di komputer.

Contoh dari seni ini adlah sablon baju dan pernak-pernik, pembuatan spanduk dan banner hingga kertas dinding dengan berbagai motif yang menarik dari segi keindahan dan berguna membuat dinding yang kosong menjadi berwarna.

4. Seni Ilustrasi

Lain dengan grafis,seni ilustrasi memiliki dua kegunaan yaitu menampilkan sebuah gambar dengan maksud di dalamnya. Biasnya dibuat untuk menjelaskan sebuah cerita singkat di surat kabar atau media online.

5. Seni Dekorasi

Merupakan jenis seni rupa terapan yang membutuhkan kemampuan untuk menata barang-barang dalam sebuah ruangan atau bangunan, sehingga terlihat indah dan memiliki fungsi yang tepat. biasanya seni ini membutuhkan konsel yang jelas dan pemilihan material yang disesuaikan agar hasilnya benar-benar sempurna.

Contohnya dekorasi ruangan rumah, dekorasi pesta pernikahan, dekorasi kantor dan banyak lagi. bahkan mungkin kamu pernah melakukannya tanpa disadari dan menghasilkan sebuah ruangan yang membuat banyak oran kagum saat berada di dalamnya.

6. Seni Batik

Kolaborasi antara media kain dan zat pewarna menghasilkan batik yang sangat original dan otentik. Indonesia merupakan penghasil batik terbesar di dunia, karena banyak daerah yang mengembangkan seni ini secara turun temurun dengan motif yang bervariasi. Penggunaan batik juga beragam, ada yang hanya untuk pajangan, tapi ada juga yang untuk dijadikan pakaian.

7. Seni Pahat

Jenis karya seni yang satu ini boleh dibilang paling tua diantara yang lain, Karena sudah ada ejak zaman dahulu. Proses pembuatan yang menggunakan kayu dan alat pahat tradisional mampu menghasilkan masterpiece yang harganya fantastis. Contohnya patung-patung dengan detil sempurna yang dijadikan hiasan ruangan, hingga berbagai alat-alat rumah tangga.

8. Seni logam

Logam yang dilebur kemudian dibentuk menjadi berbagai produk seni masuk kategori seni rupa terapan logam. Kamu mungkin pernah melihat asbak yang berbentuk tangan dan terbuat dari logam, atau gelas logam dengan ukiran di bagian depan dan tangkainya., itu merupakan contoh-contoh seni logam paling populer.

9. Seni Keramik

Jenis seni rupa terapan yang satu ini memanfaatkan tanah liat sebagai media pembuatan, yang dibentuk menggunakan alat khusus kemudian dilukis setelah kering. Contohnya adalah bejana keramik, gelas, piring, sendok dan souvenir celengan, vas bunga yang jadi penghias ruangan.

10. Seni Anyaman

Seni ini juga terbilang tua karena sudah ada sejak zaman purbakala, hanya saja bahan yang digunakan lebih variatif. Kalau dulu hanya akar pohon, sekarang rotan, daun kelapa, hingga berbagai bahan alam lainnya bisa dijadikan anyaman.Contohnya adalah kursi rotan, sapu, keranjang, bahkan box bayi juga ada yang terbuat dari anyaman ini.

Apakah kamu sudah paham apa itu seni rupa terapan dan semua seluk beluknya? Kalau kamu memiliki salah satu skill di bidang seni ini tak ada salahnya untuk dikembangkan. Karena selain bisa menyalurkan hobi, kamu tentunya akan dapat menjaga kelestarian dari seni yang satu ini, dan bonusnya adalah keuntungan yang tidak sedikit.

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Tinggalkan komentar