Apa itu Monolog? Berikut Adalah Pengertian dan Contoh Teks Monolog Singkat Dalam Drama

Apa itu monolog? Tahukah anda arti monolog? Jika Belum tahu, Di sini kami akan bahas pengertian monolog dan contoh teks monolog. Yang mudah-mudahan dengan mengetahui arti monolog beserta contoh teks monolog, bisa membuat Anda paham tentang apa itu monolog?

Biasanya pada saat pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahmu, Kamu akan diminta untuk menghadiri pentas seni teater untuk dapat mengamati sekaligus mempelajari mengenai ilmu seni peran tersebut. Sebagian dari Kamu mungkin pernah melihat kegiatan teater di mana seseorang tersebut berbicara dengan dirinya sendiri, tanpa adanya lawan bicara. Nah, itulah yang biasa disebut sebagai monolog.

Untuk mempelajarinya, Kamu bisa bertanya dengan guru Bahasa Indonesiamu di kelas, tapi jika ingin mendalaminya lebih baik kamu bergabung dengan ekstrakurikuler seni ataupun komunitas teater yang ada di dekat tempat tinggal. Hal ini sangat menarik dan juga menantang untuk dipelajari jika Kamu memang benar-benar serius dan tertarik untuk mempelajarinya.

Pengertian Monolog

pengertian monolog
pengertian monolog

Apa arti monolog? Menurut etimologi, monolog berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu mono dan legein. Mono berarti satu, sementara legein memiliki arti berbicara. Jadi pengertian monolog adalah seseorang yang berbicara dengan dirinya sendiri. Biasanya percakapan ini dilakukan oleh seseorang ketika ia sedang berhadapan dengan cermin atau bisa jadi ketika seseorang tersebut berbicara dalam hati.

Jenis percakapan ini memiliki kegunaan sebagai bentuk dari penegasan harapan atau pun keinginan yang dimiliki seseorang tersebut terhadap sesuatu. Monolog biasanya dalam bentuk berandai-andai, kesedihan, dan emosional.

Percakapan dengan diri sendiri ini juga merupakan sebuah ilmu terapan yang digunakan oleh seseorang untuk mempelajari lebih dalam mengenai seni peran. Kamu akan lebih akrab dengan istilah tersebut jika Kamu berada dalam lingkungan seni seperti seni teater.

Contoh Teks Monolog Singkat

teks monolog
teks monolog

Untuk memahami teks monolog tidak cukup dengan memahami pengertian monolog saja. Akan tetapi, Anda juga harus melihat contoh teks monolog yang sudah kami sediakan di bawah ini. Kenapa? Karena, semakin banyaknya referensi contoh teks monolog yang Anda baca, maka semakin mudah anda dalam memahami apa itu monolog? sehingga menjadi lebih mudah dalam membuat teks monolog.

Contoh Teks Monolog dalam Naskah Drama

contoh teks monolog
contoh teks monolog

Berikut akan kami hadirkan contoh teks monolog dalam naskah drama yang berjudul “Cinta Orang Biasa dengan Demokrasi” Mau tahu gimana ceritanya? yuk simak di bawah ini.

Contoh Teks Monolog Dalam Drama

Cinta Orang Biasa dengan Demokrasi

Aku adalah orang biasa yang mencintai demokrasi. Sampai saat ini aku selalu bingung, apa saja yang dapat aku lakukan untuk menunjukkan kecintaanku terhadap demokrasi, mengingat aku hanya orang biasa. Aku bukan pahlawan yang berani melawan penjajah, aku juga memiliki rupa yang biasa saja, tidak terlihat seperti pejuang.

Perjuangan untuk menunjukkan cintaku terhadap demokrasi hanya sebatas di kompleks rumah tempatku tinggal selama ini. Kisah ku bukanlah kisah yang sudah tersebar di berbagai media yang bisa menginspirasi banyak orang.

Di tempat tinggalku, aku merasakan keindahan demokrasi yang murni. Semua warga di sini akan mengamalkan dan memaknai istilah demokrasi dengan caranya sendiri-sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak tertentu.

Jika ada seseorang yang anti dengan demokrasi di kompleks yang tenteram ini, warga memercayakannya kepadaku untuk mencoba menyelesaikan masalah tersebut dengan penuh perdamaian. Memang, aku dipilih sebagai pemimpin dari hasil demokrasi yang diselenggarakan di sini.

Jika aku bisa, aku mungkin akan mengerahkan warga di komplekku ini jika ada yang berani mencoba untuk mengganggu demokrasi di tempat yang indah ini. Tapi sepertinya hal ini tidak teralu penting, di sini, di tempat tinggalku kami hidup berdampingan dengan demokrasi tanpa ada masalah dan berlangsung dengan indahnya.

Semua warga di sini bisa membela demokrasi dengan kesadaran diri mereka sendiri dan bersama-sama secara kompak. Indah memang kehidupan di sini, penuh dengan kedamaian dan ketenteraman. Semua hidup dengan tenang dan saling menghargai. Selalu mengutamakan berdiskusi saat akan mencoba mengambil sebuah keputusan untuk banyak orang.

Aku memiliki harapan, andai saja di seluruh pelosok wilayah yang ada di negeri ini menghargai dan memaknai demokrasi dengan cara yang sama. Aku yakin negeri ini akan menjadi negeri yang sangat indah.

Contoh Teks Monolog Sedih

contoh monolog
contoh monolog

Yang Kedua yakni kami menghadirkan contoh  teks monolog sedih yang berjudul “cinta pertamaku, ibu” seperti apakah ceritanya? yuk simak di bawah ini.

Contoh Teks Monolog Sedih

Cinta Pertamaku, Ibu

Ketika pertama kali aku ada di dunia sebagai seorang bayi yang tak tahu apa-apa, aku sudah bisa merasakan bahwa aku jatuh cinta pertama kalinya padamu, Ibu. Hingga saat ini aku bukan seorang bayi ini, rasa cinta ini tidak pernah berubah. Kau menatapku dengan penuh cinta dan kasih, tanpa menawarkan berbagai macam hal mewah, karena itu aku percaya dengan ketulusanmu.

Matahari bersinar di pagi hari dan memberikan kehangatan untuk semua makhluk yang ada di bumi. Begitu juga dengan Ibu yang selalu memberikan kehangatan dalam pelukan untukku setiap hari. Aku merasa bahwa Ibu adalah matahariku.
Ketika malam datang dan dunia ini menjadi gelap, Ibu datang memberikanku peneranganan dan menenangkanku. Ibu, engkaulah pelitaku.

Ketika denganmu ku merasa hariku lebih berwarna, hari bersamamu menjadi lebih indah, dan aku melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Ibu aku ingin menyampaikan perasaanku kepadamu, tapi terkadang aku terlalu malu untuk mencurahkannya. Maafkan aku, Ibu. Ketika engkau sedang bersamaku atau jauh dariku, aku tahu engkau sering merasa sedih dan khawatir dengan keadaanku. Tetapi yang aku lakukan hanyalah mengabaikan perasaanmu.

Engkau adalah wanita yang paling hebat dan paling kuat yang ada di dunia ini. Engkau berusaha untuk selalu tegar dalam menjalani hidup yang keras ini untuk anak-anakmu. Sepertinya rasa sayangku ini tidak sebanding dengan cinta dan kasih yang engkau selalu berikan.

Aku berharap engkau selalu bahagia, Ibu, aku ingin membanggakanmu dengan usahaku walaupun aku tahu aku selalu merasa diri ini kurang. Engkau adalah hadiah terbaik yang aku dapatkan dalam hidup ini, Ibu. Terimakasih selalu memberikan kasih sayang yang tidak pernah habisnya untukku dan selalu mendoakanku di setiap langkah kakimu.

Aku sayang padamu, Ibu. Sayangku tidak akan berubah sampai kapan pun untukmu.

Contoh Teks Monolog Anekdot

contoh monologue
contoh monolog singkat

Nah, contoh teks monolog anekdot ini adalah salah satu contoh teks monolog yang mengandung unsur sindiran, yang mana kita tahu teks anekdot adalah cerita singkat yang di dalamnya mengandung unsur lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan publik, politik, lingkungan, dan sosial. Yuk simak contoh teks anekdot yang satu ini.

Contoh Teks Monolog Anekdot

Guru di Indonesia

Jika dipikir, jadi guru itu sepertinya pekerjaan yang enak, apalagi jika sudah menjadi guru PNS. Mau hari ini mengajar dan besok memilih tidak mengajar, gaji jumlahnya tetap. Jika anak sekolah libur, guru ini juga tidak mengajar dalam waktu yang lama, tapi guru tetap mendapatkan gaji.

Jika guru tetap mendapatkan gaji, beda dengan murid yang tetap harus membayar SPP. Murid tetap membayar SPP ketika saat bulan tersebut terdapat satu minggu ujian, satu minggu untuk kegiatan, dan dua minggu terakhir sudah mulai libur sekolah.

Saat sedang malas untuk datang kelas, tinggal memberikan tugas untuk dikerjakan siswa, biasanya siswa menyebutnya sebagai jam kosong. Hampir semua siswa senang saat guru tidak masuk ke dalam kelas, suasana kelas menjadi riuh seketika. Kenapa demikian? Seharusnya siswa merasa rugi, karena mereka tetap membayar SPP walaupun tidak ada guru yang masuk untuk mengajar.

Kadang saya merasa bingung dengan bagaimana cara guru memberikan nilai untuk siswa di rapor. Ulangan sehari-hari siswa tersebut sering mendapat nilai dibawah 70, tapi ketika dibagikan rapor, nilai yang terlihat mungkin bisa menjadi 80 bahkan lebih.

Seringnya guru melarang para siswanya melakukan kecurangan pada saat di kelas, tapi terkadang ada yang membolehkan para siswa untuk bekerja sama ketika ujian. Mungkin harapannya agar semua siswa lulus semua, tapi apakah ini dapat dikatakan sebagai hal yang benar?

Bentuk percakapan ini adalah salah satu hal yang sangat menarik untuk taman-teman pelajari. Bukan hanya dalam kegiatan teater saja, saat Kamu berbicara dengan dirimu sendiri di depan kaca juga berarti kamu juga sedang melakukan monolog.

Nah itulah pembahasan kita kali ini, yang fokus pada pengertian monolog beserta contoh teks monolog. Semoga dengan adanya pembahasan ini, bisa membantu Anda untuk mengetahui arti monolog dan bisa menjelaskan apa itu monolog? serta bisa membuat monolog sendiri dengan melihat contoh-contoh teks monolog di atas. semoga bermanfaat.

Leave a Comment