Pakaian Adat Indonesia

Pakaian Adat Indonesia – Indonesia adalah negara di dunia yang memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam, salah satunya adalah pakaian adat. Jika negara lain hanya memiliki 1 jenis pakaian adat nasional, berbeda dengan Indonesia. Negara kita ini punya banyak sekali pakaian adat Indonesia. Setiap daerah/provinsi di Indonesia bahkan memiliki pakaian adatnya masing-masing yang indah dan unik.

Berbagai Jenis Pakaian Adat Indonesia

Bagi Kamu yang selama ini selalu hype banget dengan budaya luar negeri, tak ada salahnya Kamu mulai sadar dengan budaya negara kita sendiri yang jauh lebih unik dan beragam. Baju adat Indonesia ini bukan hanya kain yang digunakan untuk menutup badan. Tapi lebih dari itu, tiap baju adat daerah pasti punya nilai filosofis sendiri dan kita sebagai generasi muda wajib tahu.

Pakaian Adat Bali

Bali memang sudah lama dikenal sebagai pulau yang menyajikan keindahan alam dan juga tradisi budaya yang masih terjaga. Kalau Kamu berkunjung ke Bali, pasti sudah tidak asing dengan penduduknya yang banyak mengenakan baju adat kan dalam kegiatan sehari-hari atau saat mereka sedang sembahyang? Nah, pakaian adat ini juga ternyata jadi daya tarik wisatawan mancanegara.

Kalau Kamu perhatikan lagi, ternyata masyarakat Bali punya setidaknya 7 baju adat yang berbeda dan digunakan sesuai fungsinya masing-masing. Ini dia 5 jenis baju adat Bali dan juga kegunaannya:

1. Baju Safari

Maksudnya sih bukan baju safari seperti yang biasa dikenakan para penjelajah kalau mau pergi bertualang di alam liar Afrika ya, hehehe. Tapi baju safari ini adalah pakaian adat yang digunakan oleh para laki-laki dengan tampilan seperti kemeja pada umumnya. Pada bagian kanan-kiri baju ini dilengkapi dengan saku dan kancing di bagian tengahnya.

Baju safari ini identik dengan kebersihan dan biasa digunakan untuk sembahyang. Jadi baju safari biasanya berwarna putih bersih. Ada baju safari yang berlengan panjang dan ada juga yang pendek. Biasanya baju yang lengan pendek lebih disukai dipakai oleh anak-anak, sedangkan orang dewasa memakai baju lengan panjang.

2. Kamen

Kamen adalah kain bawahan yang biasanya digunakan bersamaan dengan baju adat Bali dan mirip seperti sarung berbentuk persegi. Kaum pria Bali umumnya menggunakan 2 lembar kain yaitu kamen di bagian dalam dan saput yang diikatkan pada selendang di bagian luar. Sedangkan para wanita mengenakan kamen melingkar di bagian pinggang.

3. Kebaya Bali

Kebaya khas Bali punya ciri khas desain yang terbuka di bagian lengan dan bahunya. Selain itu, wanita Bali biasanya mengenakan ikat pinggang dari selembar kain di bagian tengahnya. Wanita Bali biasa mengenakan kebaya pada saat upacara keagamaan, pernikahan, hari raya agama, dan juga acara penting lainnya.

Pakaian Adat Jawa Barat

Dulunya, Jawa Barat mengelompokkan jenis pakaian adat berdasarkan strata sosial pemakainya:

1. Kalangan Rakyat Jelata

Rakyat biasa menggunakan kebaya Sunda (perempuan) dan baju pangsi (laki-laki). Kaum laki-laki Sunda biasa menggunakan celana komprang/longgar yang dipadukan dengan baju salontreng. Kaum perempuan biasanya menggunakan kain sarung Sinjang Bundel dan kebaya.

2. Kalangan Rakyat Menengah

Jaman dulu, para pedagang, saudagar kaya, dan juga pengusaha biasa mengenakan baju adat berupa jas putih untuk laki-laki yang disebut dengan Baju Bedahan. Sedangkan kaum perempuannya biasa mengenakan atasan kebaya aneka warna dan kain kebat sebagai rok.

3. Kalangan Bangsawan

Kaum Sunda bangsawan menggunakan baju adat yang berbahan kain bludru hitam. Kaum laki-lakinya menggunakan jas hitam beludru berhias sulaman emas. Sedangkan kaum perempuan menggunakan kebaya hitam dari beludru yang dihias dengan manik-manik.

Pakaian Adat Jawa Tengah

Pakaian adat Indonesia dari Jawa Tengah dipengaruhi oleh kebudayaan Kerajaan Mataram dan Surakarta. Ada beberapa jenis pakaian adat dari Jawa Tengah antara lain:

1. Kain Batik

Batik adalah warisan budaya Indonesia yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa Tengah sebagai bawahan pakaian. Kain batik biasa digunakan sebagai rok untuk wanita dan bawahan bagi laki-laki. Kain batik biasa diikatkan plisket dan diikat dengan ikat pinggang.

2. Surjan

Kaum laki-laki di Jawa Tengah sering menggunakan surjan yaitu baju adat yang umumnya berwarna coklat atau hitam bergaris horizontal. Pakaian ini dulunya digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi kini surjan lebih banyak digunakan dalam pesta atau upacara adat Jawa.

3. Kebaya

Para wanita di Jawa Tengah umumnya menggunakan kebaya aneka warna. Ciri khasnya adalah kain dari bahan tipis yang bisa memperlihatkan bagian kulit wanita. Kebaya biasa dipadukan dengan bawahan kain batik yang biasa disebut dengan jarik.

Pakaian Adat Jawa Timur

Daerah ini memiliki pakaian adat dengan nuansa budaya Madura dan Jawa. Perpaduan 2 kebudayaan ini menghadirkan pakaian adat Indonesia dengan nama Pesa’an. Kaum laki-laki biasanya menggunakan pakaian garis-garis merah-putih dan outer hitam sederhana. Para wanita memakai kebaya polos sederhana dengan kain selutut.

Pakaian Adat Betawi

Baju adat Betawi terdiri dari pakaian lengkap yang mirip baju koko untuk laki-laki. Sedangkan para wanitanya biasa menggunakan kebaya Betawi yang punya kerah seperti kimono Jepang. Para laki-laki biasanya juga mengalungkan sarung di leher dan memakai peci hitam.

Pakaian Adat Aceh

Baju adat Aceh disebut dengan Ulee Balang dan hanya bisa dipakai oleh keluarga kerajaan saat upacara adat. Laki-laki biasanya mengenakan baju resmi berwarna hitam dengan hiasan pin dan rantai emas. Wanitanya menggunakan baju kurung berhias renda emas dan memakai mahkota khas Aceh.

Pakaian Adat Papua

Papua memiliki baju adat yang disebut Ewer. Laki-laki dan perempuan menggunakan penutup bagian bawah yang bentuknya seperti untaian bulu. Kaum laki-laki juga akan mengenakan mahkota yang mirip burung cenderawasih. Mereka juga akan mengenakan senjata seperti tombak, panah, dan kalung manik-manik.

Pakaian Adat Maluku

Maluku memiliki baju adat yang disebut Baju Cele. Kaum laki-laki akan memakai baju dan celana dengan warna senada beserta dengan outer merah. Kaum wanita akan mengenakan baju, rok panjang, outer senada rok, dan sanggul berbentuk tusukan.

Pakaian Adat Sumatera

Wilayah Sumatera yang sangat luas juga berdampak pada banyaknya pakaian adat yang lahir di tengah masyarakat. Kamu bisa menemukan:

– Kain Ulos di Sumatera Utara.
– Baju Bundo Kanduang di Sumatera Barat.
– Pakaian adat provinsi Riau.
– Baju Teluk Belanga di Kepulauan Riau.
– Baju adat Jambi.
– Baju adat Bengkulu.
– Aesan Gede di Sumatera Selatan.
– Baju Paksian di Kepulauan Ba-Bel.
– Baju Tulang Bawang di Lampung.

Pakaian Adat Sulawesi

Sulawesi juga punya berbagai pakaian adat sesuai dengan provinsinya masing-masing yaitu:

– Baju Gorontalo di Provinsi Gorontalo.
– Baju Laku Tepu di Sulawesi Utara.
– Baju Mandar di Sulawesi Barat.
– Baju Nggembe di Sulawesi Tengah.
– Baju Bodo di Sulawesi Selatan.
– Baju Suku Tolaki di Sulawesi Tenggara.

Pakaian Adat Kalimantan

Adanya beragam suku Dayak di Pulau Kalimantan memunculkan pakaian adat yang berbeda untuk masing-masing wilayah. Tapi Kamu bisa melihat kalau pakaian adat Kalimantan ini identik dengan corak khas kayu dan mahkota yang dihiasi bulu burung. Ada 5 pakaian adat dari Kalimantan yaitu:

– Pakaian dayak di Kalimantan Utara.
– Pakaian Perang di Kalimantan Barat.
– Pakaian adat Kalimantan Tengah.
– Pakaian adat bagajah Gamuling Baular Lulut di Kalimantan Selatan.
– Pakaian adat Kalimantan Timur.

Pakaian Adat Jambi

Baju adat Jambi dikenal dengan sebutan Melayu Jambi. Pakaian laki-laki dan wanitanya berwarna merah. Dan asal Kamu tahu ya, pakaian adat ini dipenuhi dengan sulaman emas hehehe. Jadi bisa bayangkan bagaimana mewahnya pakaian ini zaman dulu? Kaum perempuannya juga mengenakan mahkota besar yang berwarna emas dengan untaian bunga melati.

Pakaian Adat Lampung

Lampung memiliki pakaian adat yang dikenal dengan sebutan Tulang Bawang. Kamu pun bisa menemukan pakaian adat yang berbeda antara daerah pesisir dan daratan di Lampung. Tapi 2 jenis pakaian ini sama-sama menggunakan kain tapis. Masyarakat juga biasa menggunakan hiasan berupa kalung dan mahkota dari kuningan.

Pakaian Adat Riau

Riau dihuni oleh penduduk suku Melayu, sehingga pakaian adatnya juga disebut dengan Baju Melayu. Pakaian ini terdiri dari baju atasan lengan panjang dan bawahan dengan warna senada untuk laki-laki. Biasanya mereka juga mengenakan kain yang diikatkan di pinggang. Sedangkan perempuan mengenakan kebaya dan kain tenun, serta mengikatkan selendang emas di pinggang.

Kekayaan dan luas wilayah negara ini yang membuat Kamu bisa menemukan begitu banyak pakaian adat Indonesia. Pakaian adat ini adalah salah satu bentuk warisan budaya yang harus terus dilestarikan, terutama oleh kalangan milenial seperti Kamu ya.

Leave a Comment