Part of Speech

Berapa banyak kosakata bahasa Inggris yang kamu miliki? Mungkin kamu sudah mempunyai ratusan atau bahkan ribuan kosakata dalam bahasa Inggris. Namun, apakah kamu tahu ke mana masing-masing kata tersebut digolongkan?

Bahasa Inggris mempunyai part of speech atau kelompok kata. Setiap kata dimasukkan ke dalam 8 golongan yang berbeda mulai dari kata benda (noun), kata kerja (verba), dan masih banyak lagi. Buat kamu yang ingin memperkaya pengetahuan mengenai tata bahasa dalam bahasa Inggris, jangan lewatkan pembahasan ini yaa!

Pengertian Part of Speech

Part of speech dapat diartikan sebagai kelompok kata dalam bahasa Inggris. Kelompok kata tersebut dapat dirangkai sehingga membentuk sebuah kalimat. Ini merupakan materi dasar yang wajib kamu ketahui saat belajar bahasa Inggris. Pasalnya, ketika kamu tidak mampu memahami masing-masing golongan, niscaya kamu akan kesulitan untuk membuat atau mengidentifikasi kalimat.

Bisa dikatakan bahwa kata merupakan elemen terkecil dalam sebuah kalimat. Setiap kata mempunyai arti, fungsi, dan penggunaan yang berbeda. Inilah yang menjadi kunci penting saat mempelajari kelompok kata. Dengan memperhatikan masing-masing kata, kamu bisa menyusun kalimat yang efektif dan mudah dipahami oleh pembaca.

Jenis Part of Speech Beserta Contohnya

Berbicara mengenai jenis, ada 8 macam part of speech yang lazim digunakan. Masing-masing kelompok kata mempunyai fungsi dan penggunaan yang berbeda, meliputi noun, pronoun, verb, adverb, adjective, conjunction, preposition, dan interjection. Penasaran? Simak pembahasan lengkap mengenai masing-masing kelompok yaa!

1. Noun

Noun (kata benda) merupakan salah satu kelompok kata yang digunakan untuk menyebut benda, orang, tempat, binatang, atau bahkan sesuatu yang abstrak. Kata benda dikenal paling sederhana di antara kelompok yang lain. Mengapa? Pasalnya, noun merupakan kata yang pertama diajarkan saat kamu belajar bahasa Inggris.

Kata benda terdiri dari tujuh tipe yang berbeda seperti berikut ini:

  • Proper noun – yaitu kata yang berupa nama orang, tempat, atau benda sehingga harus diawali dengan huruf kapital.
    Contoh: Mercedes, Google, Canon, Thomas Jefferson
  • Common noun – yaitu kata berupa orang, tempat, atau benda yang bersifat umum sehingga tidak perlu menggunakan huruf kapital.
    Contoh: website, car, printer, sphaghetti
  • Concrete noun – yaitu noun yang dapat dirasakan dengan panca indera.
    Contoh: table, book, sand
  • Abstract noun – yaitu kebalikan dari concrete noun. Kata benda ini tidak dapat dirasakan dengan panca indera.
    Contoh: happiness, sadness, pleasure
  • Countable noun – adalah kata benda yang dapat dihitung. Kata ini mempunyai bentuk plural (jamak) dan singular (tunggal)
    Contoh: pencil, cat, Apple
  • Uncountable noun – merupakan lawan kata dari countable noun. Jenis kata benda ini tidak dapat dihitung.
    Contoh: fluor, sand, rice, Sugar
  • Collective noun – yaitu kata benda yang mengacu pada suatu kelompok, baik orang, benda, maupun binatang.
    Contoh: class, flock

2. Pronoun

Pronoun merupakan kelompok kata yang berfungsi untuk menggantikan noun. Secara umum, pronoun meliputi I, you, we, they, she, he, dan it. Pronoun terbagi menjadi beberapa jenis, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Subject pronoun – kata ganti ini masuk ke dalam kategori personal pronoun dan meliputi I, you, we, they, she, he, dan it.
    Contoh: They go to the beach; I bought an apple yesterday.
  • Object pronoun – kata ganti ini dipakai untuk menggantikan noun sebagai obyek. Yang termasuk object pronoun adalah me, you, us, them, her, him, dan it.
    Contoh: Tell him what you know; The director sent a letter to me.

3. Adjective

Adjective adalah salah satu part of speech yang dipakai untuk mendeskripsikan noun maupun pronoun. Kata sifat dapat menunjukkan jumlah, ukuran, maupun sifat dari noun atau pronoun.

Contoh adjective dalam kalimat:

  • The beach is so beautiful.
  • This house is big.
  • Her daughter is smart.

4. Verb

Verb (kata kerja) merupakan kata kerja yang menunjukkan aksi, baik fisik maupun non fisik dari subyek kalimat. Tahukah kamu? Verb adalah kelompok kata yang paling penting karena tanpa ada kata kerja, sebuah kalimat tidak mempunyai arti.

Contoh verb dalam kalimat:

  • The teachers make a new project.
  • Jennifer is going to the city.
  • I purchased a new smartphone last night.

5. Adverb

Seperti halnya adjective, adverb (kata keterangan) berfungsi untuk mendeskripsikan kata lain. Berbeda dengan adjective yang mendeskripsikan noun, adverb menjelaskan adjective, verbs, maupun adverb lain. Adverb mempunyai beberapa macam jenis, antara lain:

  • Adverb of manner – yaitu adverb yang dipakai untuk menunjukkan bagaimana sebuah aksi terjadi atau dilakukan. Biasanya kata keterangan ini menggunakan akhiran –ly.
    Contoh kalimat:
    – My father drives carefully.
    – She walked rapidly.
    – The group dances gracefully.
  • Adverb of time – adverb ini menunjukkan kapan sesuatu terjadi. Contoh adverb of time adalah yesterday, just now, this moment, tomorrow, etc.
    Contoh kalimat:
    – She arrived yesterday.
    – I will go to Singapore next week.
    – They closed the gate just now.
  • Adverb of place – yaitu kata keterangan yang menunjukkan di mana sesuatu terjadi atau dilakukan. Yang termasuk adverb of place adalah everywhere, right here, at school, etc.
    Contoh kalimat:
    – He met his girlfriend at school.
    – I spend much money in the market.
    – My mother cannot find the key anywhere.
  • Adverb of frequency – adalah adverb yang menunjukkan intensitas terjadinya sesuatu. Contohnya adalah never, seldom, often, always, etc.
    Contoh kalimat:
    – I always watch movie on Sunday.
    – They never speak to each other.
    – She visited her grandmother quite often.

6. Preposition

Preposition adalah part of speech yang dipakai untuk membentuk sebuah frasa yang berhubungan dengan waktu dan tempat. Ada beberapa jenis preposition, antara lain:

  • Preposition of time – yaitu preposisi yang dipakai untuk menunjukkan waktu. Contoh preposisi ini adalah in, on, at, before, after, etc.
    Contoh kalimat:
    – I always buy softdrink before going to school.
    – They clean the house in the morning.
    – Tina did her homework at night.
  • Preposition of place – adalah preposisi yang digunakan untuk menggambarkan tempat seperti in, on, at, under, between, etc,
    Contoh kalimat:
    – My brother found a cockroach under the table.
    – The big book is in a box.
    – The bag is on the table.

7. Conjunction

Conjunction merupakan kelompok kata yang mempunyai fungsi khusus, yaitu sebagai penghubung antar kata, antar frasa, maupun antar klausa. Yang termasuk conjunction adalah and, but, or, so, yet, etc.

Contoh conjunction dalam kalimat:

  • I am lost and I don’t know where to go.
  • Tokyo is a nice city but it’s too far away from here.
  • They are late because the bus got an accident.

8. Interjection

Part of speech yang satu ini biasa digunakan untuk mengekspresikan emosi. Kata ini biasa diikuti oleh tanda seru. Contoh interjection adalah wow, hey, ouch, oops, etc.

  • Yeah! I won the competition.
  • Hey! Can you stop the car?
  • Oh no! I forgot my purse.

Tinggalkan komentar