Macam-macam Olahraga Akrobatik dan Penjelasannya

Akrobat adalah sebuah olahraga yang membutuhkan keseimbangan yang luar biasa, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Akrobatik dapat ditemukan di banyak seni pertunjukan serta dalam banyak olahraga. Akrobat paling sering dikaitkan dengan kegiatan yang memanfaatkan banyak unsur senam, seperti tarian acro dan sirkus tetapi banyak kegiatan atletik lainnya – seperti balet dan menyelam yang mungkin juga menggunakan akrobat.

OLAHRAGA AKROBATIK

Meskipun akrobat paling sering dikaitkan dengan kinerja tubuh manusia, akrobat juga dapat berlaku untuk jenis kinerja lain, seperti aerobatik. Ketika Anda berpikir tentang senam, Anda dapat membayangkan wanita melakukan aksinya yang sangat lentur? Berikut adalah tujuan olahraga akrobatik dan juga macam-macam olahraga akrobatik.

Tujuan Olahraga Akrobatik

Senam Akrobatik sebelumnya disebut olahraga akrobat adalah olahraga yang didasarkan pada senam di mana seseorang melakukan tindakan untuk melakukan gerakan akrobatik dalam kombinasi gerakan tarian untuk membentuk berbagai tokoh. Semua rutin dilakukan untuk musik latar. Tujuan utama dari olahraga ini adalah untuk melakukan tiga jenis rutinitas,

1. Melatih kekuatan

Rutinitas ini melibatkan seseorang untuk memegang gerakan penuh dalam formasi tertentu, biasanya menara atau piramida, untuk jangka waktu tertentu. Cara ini menguji atlet untuk kekuatan dan fleksibilitas.

2. Menguji dinamisasi

Rutinitas ini melibatkan lemparan, tangkapan, tikungan dan jungkir balik, yang menguji dinamisasi kekuataan atlet.

3. Menguji keseimbangan

Olahraga akrobatik memasukkan semua elemen gerakan yang bertujuan untuk menjaga keseimbangan seseorang.

Dalam senam akrobatik, setiap gerakannya dinilai berdasarkan tiga komponen, artistik, eksekusi, dan kesulitan. Komponen artistik mencari koreografi dan bergerak selaras dengan musik. Eksekusi mencari aspek teknis rutin, dan komponen Kesulitan mencari tingkat kesulitan gerakan yang dilakukan.

Poin diberikan untuk setiap rutin pada skala 10 poin. Tim dengan poin terbanyak untuk ketiga rutinitas digabungkan dinyatakan sebagai pemenang.

Senam akrobatik / olahraga akrobat adalah bagian dari acara World Games, dan secara eksklusif diperebutkan dalam Kejuaraan Dunia Senam Akrobatik. Olahraga adalah kombinasi kompleks yang melibatkan kekuatan fisik, kelenturan, kekuatan, kelincahan, koordinasi, rahmat, keseimbangan, dan kontrol. Dari semua disiplin ilmu yang berbeda, senam artistik kompetitif adalah yang paling terkenal, tetapi bentuk senam lainnya, termasuk senam ritmik dan senam aerobik, juga telah mendapatkan popularitas luas.

Macam-macam Olahraga Akrobatik

Berikut ini adalah macam-macam olahraga akrobatik dan juga penjelasannya :

1. Senam artistik

Senam artistik adalah olahraga akrobatik yang paling populer dan dipraktikkan secara luas oleh para pecinta senam baik wanita maupun pria. Wanita kebanyakan melakukan gerakan senam akrobatik dengan bantuan properti lemari besi, balok keseimbangan dan latihan lantai.

Sementara pria kebanyakan melakukan gerakan senam akrobatik dengan bantuan properti latihan lantai, kuda pommel, brankas, bar paralel, dan bar tinggi. Olahraga ini terutama terdiri dari penggunaan berbagai peralatan senam, serta penggunaan lantai untuk latihan yang berbeda.

2. Senam ritmik

Senam ritmik adalah pertunjukan berbagai gerakan senam dan latihan menari dengan musik, dengan atau tanpa berbagai peralatan senam. Hanya wanita yang bersaing dalam olahraga, yang menggabungkan elemen balet dan senam dalam kinerja lima rutinitas terpisah.

Senam ini juga menggunakan salah satu dari lima perangkat: bola, pita, simpai, klab dan tali. Ada juga tim yang terdiri dari dua hingga enam pesenam, tampil dengan maksimal dua peralatan pilihan mereka.

3. Senam aerobik

Senam aerobik, juga dikenal sebagai olahraga aerobik, melibatkan kinerja rutin oleh individu, pasangan, trio, atau kelompok hingga enam orang. Rutinitas ini biasanya menekankan kekuatan, fleksibilitas dan kebugaran aerobik, daripada keterampilan akrobatik atau keseimbangan.

Rutinitas biasanya berlangsung 60 hingga 90 detik dilakukan di lantai, tanpa menggunakan peralatan lain.

4. Acrobalance

Acrobalance adalah jenis gerakan yang mencakup dua atau lebih orang penyeimbang. Olahraga akrobat ini membuat para pemain harus mengimbangi berat badan, mengangkat, melempar, atau menangkap satu sama lain.

5. Acroyoga

Acroyoga baru-baru ini ditambahkan ke olahraga akrobat sejak akhir 1990-an dan saat ini mungkin menjadi bentuk disiplin paling populer ‘ala Acro’ yang dikenal. Acroyoga adalah campuran dari latihan yoga tradisional yang dikombinasikan dengan prinsip-prinsip akrobatik penyeimbang.

Sedangkan fokus dalam kelas yoga reguler adalah nafas sementara fokus dalam acroyoga lebih bersifat fisik. Namun, jika Anda tidak memasukkan filosofi yoga saat melakukan acroyoga, sebenarnya hanya melakukan akrobalan.

6. Tari Acro

Gaya tarian ini berasal dari zaman Vaudeville dan menggabungkan teknik tarian dengan gerakan akrobatik. Sekarang semua gaya dansa memiliki seni dan ekspresi yang unik. Tari Acro menggabungkan elemen akrobatik untuk menari menghasilkan gerakan, penampilan, dan perasaan yang sangat berbeda.

Nah, yang paling penting dengan tarian acro adalah transisi gerakan antara tarian dan gerakan akrobatik.

7. Senam Acro

Melihat sirkus, mudah untuk mengasumsikan bahwa semua akrobat adalah senam. Namun, senam acro mengacu pada disiplin yang lebih kompetitif daripada yang artistik. Senam Acro Ini diatur oleh Federasi Senam Internasional dan dianggap sebagai olahraga Olimpiade yang menjadi lebih populer di seluruh dunia.

Senam ini melibatkan selebaran yang melakukan handstand dengan satu tangan di kepala pangkalan yang melakukan pemisahan.

8. Adagio

Dalam pengertian yang lebih tradisional, adagio adalah komposisi musik atau gerakan dalam tempo lambat. Namun, jika Anda pernah melihat balet, kemungkinan besar Anda akan melihat gaya adagio. Di sinilah duet balet, biasanya pria dan wanita; atau, trio campuran melakukan tugas menyeimbangkan, mengangkat dan memutar.

Adagio adalah sebuah balet tradisional dikembangkan lebih lanjut dan dikombinasikan dengan elemen akrobatik. Adagio modern biasanya mengacu pada posisi di mana pangkalan berdiri atau berlutut, tetapi tidak pernah berbaring telentang.

9. Handstand

Sebuah pegangan tangan di mana Anda menyeimbangkan tangan Anda dengan kaki di udara. Handstand adalah gerakan akrobatik yang sering ditemukan dalam senam, pemandu sorak, menari dan bahkan karate. Handstand juga merupakan latihan dasar yang membantu membangun kekuatan dan otot inti yang dapat diterapkan pada gerakan dan trik yang lebih kompleks.

Melakukan gerakan ini juga dapat memperkuat lengan dan bahu Anda. Handstand jauh lebih mudah dipelajari sambil bersandar pada dinding. Mulailah dengan menempatkan tangan Anda sekitar 8cm dari dinding.

Kemudian tendang kaki Anda ke atas sambil menekan kepala Anda ke dinding. Setelah Anda merasa berada dalam posisi stabil, gerakkan kaki Anda perlahan-lahan dari dinding agar tidak bertumpu. Terakhir, gerakkan kepala Anda dan tahan posisi itu selama beberapa detik.

10. Aerial Silks

Pertunjukan Aerial Silks sering diakui sebagai latihan akrobatik yang dilakukan dalam aksi sirkus. Namun, sekarang ini Aerial Silks adalah latihan akrobatik yang bisa dilakukan di gym. Latihan ini melibatkan memanjat dua potong kain panjang yang tergantung di langit-langit yang tinggi.

Jadi seperti itulah pengertian olahraga akrobatik dan jenis-jenisnya. Semoga informasinya bisa membantu.

Leave a Comment