Apa itu Prolog? Pengertian, Fungsi, Cara Membuat dan Contoh Prolog

Apa itu prolog? Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan prolog? Berikut adalah pengertian prolog, fungsi prolog, cara membuat prolog dan kumpulan contoh prolog.

Apakah Kamu seseorang yang suka membaca? Biasanya para remaja atau bahkan sebagian orang dewasa memiliki hobi membaca novel atau cerita. Di dalam novel, saat Kamu mulai membaca sebuah cerita, Kamu akan dihadapkan pada sebuah tulisan berupa pengantar yang akan membawamu mengenal novel yang akan Kamu baca, nah, itu adalah prolog.

Tentu saja, saat kamu membaca sebuah karya sastra, Kamu akan mencoba membaca buku tersebut dari bagian awal. Di sinilah biasanya para pembaca memutuskan untuk melanjutkan membaca cerita tersebut atau mungkin pembaca memutuskan untuk tidak jadi membaca karya sastra tersebut. Maka dari itu, pengantar dalam sebuah cerita memiliki peranan yang sangat penting.

Pengertian Prolog

pengertian prolog
pengertian prolog

Apa yang dimaksud dengan prolog?

Prolog merupakan sebuah pengantar dalam sebuah naskah, bisa berupa kilas balik atau dialog dari sebuah peristiwa yang diceritakan atau terjadi pada cerita tersebut. Dalam naskah, pengantar ini tidak selalu ada dan tidak wajib. Tetapi, dengan adanya pengantar yang bagus di awal cerita akan memberikan kesan bagi pembaca agar merasa penasaran dengan seluruh isi cerita dari karya tersebut.

Arti prolog adalah

Prolog berasal dari dua kata yaitu pro dan logos yang berasal dari bahasa Yunani. Pro memiliki arti sebelum, sementara logos berarti kata. Sehingga jika diterjemahkan prolog adalah kata pengantar yang digunakan sebagai perkenalan sebuah cerita atau karya sastra.

Tujuan prolog adalah

Pengantar ini dibuat agar karya sastra tersebut mendapatkan perhatian dan ketertarikan dari pembaca terlebih dahulu (dalam novel) atau jika dalam pertunjukan, penonton dapat menunjukkan minat untuk menyaksikan karya tersebut. Oleh karena itu, pengantar biasanya tersusun dari ringkasan, konflik yang akan diceritakan, atau pengantar tokoh yang berperan dalam cerita tersebut.

Fungsi Prolog

fungsi prolog
fungsi prolog

Berdasarkan arti dari pengantar cerita, ada beberapa fungsi dari pengantar cerita, yaitu:

Fungsi Prolog

1. Memiliki fungsi sebagai sebuah pendahuluan atau pembuka dari suatu cerita atau karya sastra.
2. Sebagai bentuk perkenalan pemeran dan tokoh, siopsis, serta konflik yang akan diceritakan dalam karya sastra tersebut.
3. Untuk membuat pembaca atau penonton menjadi lebih tertarik dengan keseluruhan karya sastra tersebut.

Cara Membuat Prolog

cara membuat prolog
cara membuat prolog

Sebenarnya dalam pembuatan prolog (pengantar cerita) tidak selalu harus diambil dari cuplikan atau bagian dari cerita tersebut, tetapi pengantar juga dapat dibuat didasarkan dari kreatifitas penulis agar pengantar tersebut menjadi lebih menarik dan pembaca akan lebih penasaran dengan keseluruhan dan akhir dari cerita tersebut. Berikut adalah cara membuat pengantar yang baik, yaitu:

Cara Membuat Prolog yang Baik:

1. Mengidentifikasi pemakaian pengantar yang berbeda

a. Gunakan pengantar cerita untuk menjelaskan latar belakang dari kisah yang akan diceritakan.
b. Buat pengantar cerita yang menarik agar dapat membuat pembaca penasaran dan mau membaca keseluruhan karya sastra tersebut.
c. Manfaatkan pengantar cerita sebagai alat untuk mencoba menjelaskan isi keseluruhan dari cerita.
d. Fokus pada perspektif dari masing-masing karakter cerita pada penulisan pengantar.

2. Membuat draf pengantar

a. Pilih jenis pengantar yang menurut Kamu cocok dengan cerita yang akan Kamu buat.
b. Buat adegan dalam pengantar dengan detail yang nyata.
c. Buat pengantar dengan berisi satu sampai dua adegan
d. Pakai ujaran dari tokoh cerita tertentu yang akan berpengaruh dengan keseluruhan cerita.
e. Masukkan latar belakang dari kisah cerita tersebut dalam pengantar.

3. Mengedit pengantar

a. Buat pengantar yang tepat saran, tidak usah terlalu panjang, pengantar yang singkat sudah cukup.
b. Pastikan dalam membuat pengantar memiliki alur yang menarik dan cepat.
c. Periksa kembali apakah pengantar tersebut sudah sesuai dan tepat dengan isi cerita keseluruhan.

Selain itu, ada beberapa tips dalam membuat prolog cerita, agar pengantar lebih menarik, Kamu bisa mengambil cuplikan dari konflik yang menurut Kamu paling menarik. Selain itu, dalam pembuatan pengantar cerita, sebaiknya konsisten, jika cerita tersebut merupakan kisah asmara, Kamu bisa membuat pengantar yang berisi konflik dari kisah percintaan cerita tersebut.

Pengantar juga sebaiknya tidak memiliki keterkaitan dengan bab 1 dalam cerita tersebut. Sebaiknya, dalam pembuatan pengantar cerita jangan terlalu panjang dan terkesan berbelit, maksimal buatlah pengantar sebanyak 400 hingga 500 kata saja.

Kumpulan Contoh Prolog

contoh prolog
contoh prolog
Contoh Prolog #1:

Saat ini aku merasa dunia ini runtuh seketika, pada detik ini aku dihadapkan pada sebuah kenyataan yang sangat pahit, aku harus menerima kondisi ayah yang cacat. Sedih rasanya, aku hanya ingin seperti orang lain yang memiliki ayah dalam kondisi yang utuh dan tak cacat.

Sosok ayah yang selalu ada disampingku, kapan saja aku membutuhkan kehadiran seorang ayah yang akan mencoba mendengarkan semua keluhanku. Di rumah kecil ini, aku tinggal hanya dengan ayah saja, setelah kematian ibu tiga tahun yang lalu. Aku hanya memiliki ayah. Tapi, kini bahkan aku tidak bisa mengandalkan ayah.

Contoh Prolog #2:

Di malam yang gelap, setelah suara lolongan serigala hutan terdengar bergantian sesuai dengan iramanya, terjadi sebuah kejadian yang tidak diharapkan terhadap para pendaki yang pada malam itu sedang berada di tengah hutan.

Diantara mereka, terdapat seorang pria yang berusaha untuk menghalau serigala-serigala hutan dengan sebuah perang, ketika mereka mulai menyerang di tengah gelapnya malam.

Seorang gadis kecil yang lemah berusaha dengan sisa kekuatan yang ia punya untuk melarikan diri dari gigitan serigala buas dengan taring yang sangat tajam, bahkan orang dewasa tidak akan kuat menahannya.

Sang pria berusaha untuk menolong gadis kecil, tapi baru saja pria tersebut berusaha menolongnya, dalam waktu yang singkat terdengan suara yang membuat hati teriris di tengah sunyinya malam.

Contoh Prolog #3:

Dalam waktu dua puluh empat jam yang semua orang miliki setiap harinya, pagi hari adalah waktu di mana aku dapat berpikir jernih dan hal itu adalah hal yang sangat indah. Tidak ingin aku melewatkan untuk menikmati setiap detiknya ketika pagi datang. Seiring embun-embun yang terdapat di daun-daun hijau tersebut menggelaut, di sanalah terdapat janji-janji baru dalam kehidupan timbul.

Kabut abu-abu yang menyelimuti langit di atas hamparan sawah yang terdapat di bawah kaki gunung, ketika saat itulah berjuta harapan baru tercipta di dalam benak seorang manusia. Harapan mengenai dirinya, harapan mengenai dunia, harapan untuk hal yang lebih baik.

Pagi menandakan bahwa ada hari baru yang harus dilalui dengan penuh semangat dan harapan, sementara satu hari yang menjenuhkan dan kadang menyenangkan juga sudah terlampaui. Pagi memiliki arti di mana satu malam yang berisi berjuta mimpi menyedihkan telah dilalui.

Saat malam datang, malam panjang, napas yang lelah dan berat, mata yang tidak kunjung terlelap walau sudah berusaha, resah dalam melewati malam. Hanya satu harapan yang terlintas, berharap pagi segera datang dengan kisah, harapan, dan cinta yang baru. Seakan tidak pernah melalui malam yang seperti ini lagi.

Peranan prolog dalam sebuah karya sastra ternyata sangat penting, terutama dalam membuat pembaca lebih tertarik lagi untuk menyelesaikan cerita tersebut. Saat Kamu akan membuat suatu cerita, pastikan membuat pengantar cerita yang baik dan menarik agar pembaca lebih penasaran.

Nah itulah pembahasan kita kali ini, mulai dari pengertian prolog, fungsi prolog, cara membuat prolog, dan kumpulan contoh prolog. Mudah-mudahan dengan adanya artikel kali ini, bisa membuat anda tahu apa itu yang di maksud dengan prolog? Setelah itu, agar kalian benar-benar paham betul, cobalah untuk membuat prolog sendiri. semoga bermanfaat

Leave a Comment