Pergaulan Bebas : Pengertian, Ciri-ciri, Penyebab, Contoh, Dampak, Cara Mengatasi

pergaulan bebas
pergaulan bebas

Apa itu Pergaulan Bebas? Pergaulan seseorang sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Apabila lingkungan tempat tinggalnya baik seseorang akan tumbuh dan memiliki kepribadian baik. Sebaliknya, apabila lingkungan bergaulnya buruk maka akan memiliki kepribadian tidak baik. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai bahaya pergaulan bebas perlu diberikan kepada anak-anak sejak dini untuk mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan.

Apa Itu Pergaulan Bebas?

apa itu pergaulan bebas
apa itu pergaulan bebas

Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pergaulan bebas? Terkait dengan pemahaman tentang pergaulan bebas, mungkin setiap orang juga memiliki definisi yang berbeda mengenai pergaulan bebas. Untuk itu, Disini kita akan belajar bersama tentang apa itu pergaulan bebas? Tentunya dengan melihat pengertian pergaulan bebas menurut para ahli dan berbagai sumber yang lain.

Berikut adalah pengertian pergaulan bebas yang sering kita temui di media-media di internet.

  • Pengertian pergaulan bebas adalah suatu perbuatan menyimpang yag biasanya sering terjadi di kalangan remaja.
  • Pengertian pergaulan bebas adalah suatu perilaku negatif yang telah melampaui batas, baik dari aturan, tuntutan, dan perasaan malu atau perilaku yang menyimpang sampai melanggar norma agama serta norma kesusilaan.

Ada juga yang mengartikan pergaulan bebas adalah praktek behubungan seks dengan berbeda-beda pasangan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa simak pengertian pergaulan bebas yang ada di bawah ini.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut Para Ahli

pengertian pergaulan bebas
pengertian pergaulan bebas

Untuk memahami apa itu pergaulan bebas? Kamu dapat hurus melihat dari berbagai susut pandang, termasuk belajar dari pengertian pergaulan bebas menurut para ahli yang ada dibawah ini:

1. Santrock

Menurut pendapat Santrock, Pengertian pergaulan bebas adalah kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak bisa diterima secara sosial sehingga mengakibatkan terjadi tindakan kriminal.

2. B.Simanjuntak

Menurut pendapat B.Simanjuntak, Pengertian pergaulan bebas adalah sebuah proses interaksi antara seseorang dengan orang lain tanpa mengikatkan diri pada aturan-aturan, baik di dalam undang-undang maupun hukum Agama serta lingkungan.

3. Kartono

Menurut Pendapat Kartono, Pengertian pergaulan bebas adalah gejala patologis sosial pada remaja yang disebabkan oleh bentuk pengabaian sosial, sehingga akibatnya mengembangkan perilaku yang menyimpang.

Pengertian Pergaulan Bebas Menurut KBBI

Menurut KBBI pengertian pergaulan bebas yakni berasa dari dua kata yaitu pergaulan dan bebas. Pergaulan dapat diartikan sebuah kehidupan bermasyarakat. Bebas artinya lepas dari kewajiban dan aturan yang berlaku sehingga seseorang dapat melakukan sesuatu sesuai keinginannya. Dengan demikian, pengertian pergaulan bebas adalah suatu perilaku pertemanan yang tidak sesuai dengan aturan dan norma sosial di masyarakat.

Ciri-ciri Pergaulan Bebas

ciri-ciri pergaulan bebas
ciri-ciri pergaulan bebas

Agar kita terhindar dari pergaulan bebas, maka kita juga harus tahu apa saja ciri-ciri pergaulan bebas itu sendiri. Adapun ciri-ciri pergaulan bebas diantaranya sebagai berikut.

  1. Menghambur-hamburkan uang hanya untuk memenuhi hawa nafsu, melakukan seks bebas dan lain-lain.
  2. Mengalami perubahan dari segi emosi, lingkungan pergaulan dan jalan pikir.
  3. Senang berpesta, ketergantungan dengan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.
  4. Berpakaian tidak sopan dan terbuka.
  5. Perilaku menjadi tidak baik.
  6. Menghalalkan semua cara demi memperoleh uang untuk berhura-hura.
  7. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
  8. Sering merasa gelisah, tekanan mental, emosional, malas dan bersikap memberontak.

Faktor Penyebab Pergaulan Bebas

faktor penyebab pergaulan bebas
faktor penyebab pergaulan bebas

Adapun setiap kejadian pasti ada penyebabnya, begitupun juga dengan pergaulan bebas. Sebelum kita menyalah-nyalahkan orang yang melakukan pergaulan bebas, maka kita cari dulu apa faktor-faktor penyebab pergaulan bebas itu sendiri sebelum kita menjustifikasi orangnya.

Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab pergaluan bebas ini, maka kita bisa cek apakah orang-orang terdekat kita memiliki tanda-tanda seperti itu. Jika iya maka kita wajib untuk membantunya, agar orang yang kita sayang tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Adapun faktor penyebab pergaulan bebas bisa kamu simak seperti yang ada dibawah ini.

1. Tingkat Pendidikan Keluarga Rendah

Faktor penyebab pergaulan bebas yang pertama yaitu yingkat pendidikan keluarga yang rendah sangat berpengaruh besar terhadap perilaku anak. Misalnya, anak diberi izin untuk berpacaran namun orang tua tidak mengawasinya sehingga anak memiliki kebebasan dalam bergaul, hehe.

2. Kondisi Keluarga Tidak Stabil

Kondisi keluarga juga menjadi salah satu faktor penyebab pergaulan bebas, karena dapat mempengaruhi perilaku dan psikis seorang anak. Apabila kondisi keluarganya tidak harmonis maka anak cenderung mencari kebahagiaan dan kesenangan di luar. Hal ini terjadi karena kurangnya kasih sayang yang diperoleh dari orang tua.

3. Kurangnya Perhatian Orang Tua

Tuntutan pekerjaan sering kali membuat para orang tua sibuk sehingga terkadang kurang memberikan perhatian kepada anak-anaknya. Akibatnya, anak merasa bebas untuk bertindak sesuka hati. Maka dari itu penting bagi para orang tua agar memperhatikan anaknya, bukan sekedar kasih uang kepadanya. Karena inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab pergaulan bebas yang sering terjadi.

4. Tumbuh di Lingkungan Kurang Baik

Lingkungan menjadi faktor yang berpengaruh besar terhadap proses pembentukan kepribadian seseorang. Apabila seorang anak tumbuh di lingkungan yang kurang baik maka akan berdampak buruk pada perilakunya. makka dari itu, pastikan kita dan orang-orang yang kita sayangi tumbuh dilingkungan yang baik.

5. Salah Memilih Teman

Teman yang baik akan mengajak berbuat hal-hal yang positif. Sebaliknya, teman yang tidak baik justru akan menjerumuskan seseorang untuk melakukan hal-hal yang tidak baik. Oleh karena itu, harus selektif dalam memilih teman, hehe.

6. Kondisi Ekonomi Keluarga

Rendahnya kondisi ekonomi suatu keluarga menyebabkan orang tua tidak mampu membiayai anak untuk sekolah. Akibatnya, banyak dijumpai anak yang putus sekolah. Hal inilah yang mendorong perilaku anak tidak baik akibat bergaul dengan anak-anak yang bernasib sama.

7. Penyalahgunaan Teknologi

Kehadiran internet dapat membantu anak mengakses berbagai informasi yang mendukung proses belajar. Namun, apabila anak menyalahgunakan internet untuk membuka hal-hal negatif maka dapat membuat perilaku anak menjadi tidak baik. Ini juga termasuk salah satu awal mula penyebab pergaulan bebas.

Contoh Pergaulan Bebas

contoh pergaulan bebas
contoh pergaulan bebas

Adapun contoh-contoh pergaulan bebas dapat kamu lihat sebagai berikut.

1. Melakukan Seks Bebas

Seks bebas adalah salah satu contoh pergaulan bebas yang banyak dilakukan oleh remaja akibat salah bergaul. Hal ini dilakukan semata-mata untuk merasakan kenikmatan sesaat dengan teman bergaulnya tanpa memikirkan bahaya dan resiko yang akan menimpa.

2. Mengkonsumsi Narkoba

Selain seks bebas, salah satu contoh pergaulan bebas yang banyak dilakukan oleh remaja yaitu narkoba dan berbagai jenis obat terlarang sebagai tempat pelarian untuk mengatasi permasalahan dan beban hidup yang berat. Padahal, narkoba merupakan barang yang dilarang untuk dikonsumsi.

3. Mengkonsumsi Alkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol kini menjadi sebuah rutinitas bagi para remaja yang salah dalam bergaul. Hal inilah yang melahirkan pemikiran bahwa mabok adalah kegiatan yang menyenangkan dan membuat bahagia. Padahal sebenarnya minum-minuman beralkohol dapat merusak generasi muda. Mabuk adalah salah satu contoh pergaulan bebas yang menjadikan awal mulanya terjadi keburukan-keburkan yang lain.

Dampak Pergaulan Bebas

dampak pergaulan bebas
dampak pergaulan bebas

Dampak pergaulan bebas yang timbul antara lain adalah:

1. Bahaya Seks Bebas

Seks bebas dapat menyebabkan kehamilan tanpa adanya ikatan pernikahan yang sah. Dampak pergaulan bebas seperti seks bebas ini tidak hanya membuat malu pelakunya saja melainkan juga bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

2. Kecanduan Obat Terlarang

Berawal dari iseng mengikuti ajakan teman lama-lama bisa menyebabkan kecanduan mengkonsumsi obat terlarang. Hal ini merupakan salah satu contoh pergaulan bebas yang sangat berbahaya karena menyebabkan overdosis hingga kematian.

3. Kesehatan Menurun

Banyak orang yang melakukan aborsi akibat kehamilan di luar nikah. Aborsi dapat membahayakan kesehatan orang yang melakukannya. Selain itu, akibat pergaulan bebas bisa menimbulkan penyakit HIV AIDS.

4. Kriminalitas Meningkat

Orang yang kecanduan narkoba dan obat-obatan terlarang akan melakukan segala cara untuk mendapatkan barang tersebut. Hal ini juga merupakan dampak pergaulan bebas yang dapat memicu meningkatnya tindakan kriminalitas seperti pencurian, perampokan dan lain-lain.

5. Merusak Hubungan Baik Keluarga

Hubungan dengan keluarga bisa rusak karena adanya kejadian yang membuat hilangnya rasa hormat seorang anak kepada orang tuanya. Selain itu, bisa juga terjadi karena anak mengalami broken home.

6. Prestasi Menurun

Seseorang yang telah mengenal dunia bebas cenderungan ingin bersenang-senang sehingga menimbulkan rasa malas. Selain itu, akibat pergaulan bebas bisa mengganggu konsentrasi belajar sebagai efek dari narkoba dan alkohol.

7. Berdosa

Seks bebas, Mengonsumsi narkoba dan minuman beralkohol merupakan kegiatan yang dilarang oleh agama sehingga pelakunya akan mendapatkan dosa. Akibat pergaulan bebas ini, orang tersebut akan dibenci Allah SWT.

Cara Mengatasi Pergaulan Bebas

cara mengatasi pergaulan bebas
cara mengatasi pergaulan bebas

Cara mengatasi pergaulan bebas adalah sebagai berikut:

1. Mengubah Cara Pandang

Kamu harus selalu optimis dalam menjalani hidup dan menerima hasil dari setiap usaha meskipun belum sesuai harapan. Hal ini dapat melatih Kamu untuk selalu berpikir dan berperilaku positif.

2. Bersikap Jujur

Bersikap jujur terhadap diri sendiri dapat membantu Kamu untuk hidup lebih baik. Dengan demikian, Kamu bisa memahami apa saja yang terbaik untuk diri sendiri. Hal ini mencegah seseorang untuk menganiaya dirinya.

3. Meningkatkan Keimanan

Orang yang imannya kuat tentu memiliki kepribadian yang baik. Keimanan dapat menjadi perisai bagi seseorang untuk melakukan perbuatan yang tidak baik sehingga mencegah timbulnya hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Selektif saat Menonton Televisi

Televisi merupakan salah satu sumber informasi, namun sering kali acara yang ditayangkan bersifat tidak mendidik. Hal ini dikarenakan banyak acara hiburan yang justru mengajarkan gaya hidup bebas.

5. Perbanyak Membaca Buku

Buku merupakan gudang ilmu pengetahuan. Kamu dapat belajar berbagai macam ilmu untuk menambah wawasan. Kamu juga bisa belajar memahami hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan menghindari hal-hal yang bersifat negatif, hehe.

6. Menegakkan Hukum

Hukum yang berlaku di masyarakat harus ditegakkan agar membuat masyarakat jera. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak muda sebagai penerus bangsa tidak terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

7. Memberikan Sosialisasi

Sosialisasi perlu diberikan baik kepada orang tua maupun anak-anak agar lebih berhati-hati dalam bergaul. Anak-anak juga perlu dikenalkan mengenai bahaya dan dampak negatif yang ditimbulkan.

Banyak contoh pergaulan bebas yang memberikan pengaruh negatif dan membahayakan bagi anak-anak. Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama antara orang tua dan masyarakat untuk mengawasi anak-anak agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang dapat merusak masa depannya.

Semoga pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan kita tentang apa itu pergaulan bebas? Mulai dari pengertian pergaulan bebas menurut para ahli, ciri-ciri pergaulan bebas, faktor-faktor penyebab pergaulan bebas, contoh pergaulan bebas, dampak pergaulan bebas, lengkap dengan cara mengatasi pergaulan bebas. Semoga bermanfaat.

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri