Panca Indra

Untuk bisa beraktivitas dengan baik tentunya seseorang didukung oleh yang namanya indra. Indra ini sangat membantu karena fungsi yang dimilikinya, seseorang bisa berinteraksi antara satu sama lain juga membutuhkan bantuan dari indra kita. Salah satu kegiatan sehari-hari yang didukung oleh panca indra adalah ketika sedang melihat.

Ketika seseorang mengalami kehilangan salah satu panca indra maka akan sangat mempengaruhi perubahan aktivitas yang biasa dilakukan. Untuk itu indra yang dimiliki haruslah dijaga dengan baik misalnya memperbanyak makan wortel agar membantu penglihatan. Apa saja yang termasuk panca indra yang ada di tubuh manusia, berikut penjelasannya.

Pengertian Panca Indra

Panca indra merupakan alat-alat tubuh manusia yang memiliki fungsi agar seseorang bisa mengetahui bagaimana keadaan yang ada di luar. Indra juga merupakan salah satu antarmuka dan berbentuk spiritual manusia agar kontak antara jiwa dan kesadaran seseorang terhadap materi yang ada di lingkungan sekitarnya.

Panca indra telah ada ketika manusia berada di dalam kandungan ibunya. Selain itu, indra bekerja dengan cara mengirimkan sebuah pesan kepada otak agar manusia dapat memahami dan merasakan banyak hal. Selain itu, indra biasanya juga disebut dengan salah satu alat sensor yang biasa digunakan oleh seseorang.

Macam-Macam Panca Indra

1. Peraba

Indra peraba ini berfungsi agar manusia dapat merasakan tekanan, sentuhan, suhu, rasa sakit maupun getaran. Seluruh kemampuan yang dimiliki oleh indra peraba ini akan diterima oleh reseptor atau sel dan organ yang berfungsi untuk merespon rangsangan eksternal dan akan dikirimkan ke saraf sensorik. Panca indra terdiri dari lima indra utama pada manusia. Bagaimana pengertian dan apa saja kelima indera tersebut? Berikut informasi selengkapnya.
.

Alat peraba ini berupa kulit, yang juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam seseorang seperti tulang dan otot. Kulit juga dilengkapi dengan macam-macam reseptor yang sangat peka kepada rangsangan apapun yang berguna sebagai alat ekskresi. Selain itu, kulit juga berfungsi sebagai pengatur suhu tubuh seseorang.

2. Penglihatan

Penglihatan merupakan sebuah kemampuan agar seseorang bisa mengenali sebuah cahaya lalu menafsirkannya. Indra penglihatan seseorang berupa mata dan penglihatan ini bisa berfungsi karena adanya kerjasama mata dan akan ditafsirkan dengan otak manusia ketika adanya sebuah cahaya.

Ketika cahaya sudah melalui kornea mata maka pupil akan mengecil maupun membesar. Hal ini sangatlah penting agar cahaya yang masuk ke dalam mata bisa diatur jumlahnya. Setelah itu, cahaya tersebut akan sampai ke retina dan akan diubah menjadi sebuah impuls saraf dan bisa terbaca oleh otak.

Jika seseorang tidak memiliki penglihatan maka biasanya panca indra yang lainnya akan berfungsi sangat baik. Selain kemampuan tersebut seorang yang tidak memiliki indra penglihatan juga akan mempunyai kemampuan mengingat yang sangat baik. Hal ini bisa berfungsi baik daripada orang-orang dengan mata normal.

3. Pendengaran

Indra pendengaran manusia adalah telinga. dan telinga manusia dikatakan merupakan sebuah labirin yang sangat rumit agar seseorang bisa mengenali bunyi. Proses agar seseorang bisa mendengar yaitu suara akan masuk ke telinga yang berada di bagian luar, kemudian akan menuju ke sebuah saluran pendengaran eksternal.

Setelah itu, suara tersebut akan menuju ke membrane timpani atau yang sering disebut juga dengan gendang telinga. Gendang telinga ini berupa jaringan tipis dan ia akan bergetar saat gelombang dari suara yang disampaikan menghantamnya. Getaran tersebut akan sampai di telinga yang berada di bagian tengah dan tulang-tulang kecil disitu juga akan bergetar.

Tulang-tulang kecil tersebut berjumlah tiga buah dan dinamakan dengan malleus, stapes dan inkus. Ketiga tulang tersebut juga mempunyai fungsi masing-masing yaitu, tulang stapes akan menyampaikan getaran suara kepada corti, kemudian akan diterjemahkan menjadi impuls listrik yang akan diterima oleh otak.

Selain berfungsi untuk mendengar suara yang berada di lingkungan sekitar, telinga juga merupakan salah satu alat untuk keseimbangan. Di dalam telinga juga terdapat sebuah saluran yang akan menjaga keseimbangan tekanan udara di dalam dan luar telinga yang disebut dengan saluran eustachius.

4. Penciuman

Banyak para peneliti yang mengatakan bahwa penciuman manusia bisa mengetahui aroma hingga mencapai satu triliun. Indra penciuman yang dimiliki manusia juga akan beraktivitas dengan olfactory cleft. Hal ini berada di rongga hidung bagian atap dan akan berfungsi untuk pencium pada sebelah bagian otak.

Setiap benda maupun makanan yang berada di sekitar terdapat sebuah struktur kimia yang sangat unik. Saat zat tersebut tercium oleh indra penciuman manusia maka sel saraf sensorik yang ada di dalam hidung akan mendeteksinya. Sel saraf tersebut disebut dengan olfaktori yang merupakan sel saraf yang sangat khusus.

Bau akan dikirimkan kepada otak melalui ujung saraf yang ada pada celah penciuman. Penciuman orthonasal akan menangkap bau yang ada di udara ketika seseorang bernapas dengan menggunakan hidung bagian depan. Bagian belakang hidung atau penciuman retronasal juga akan bekerja, misalnya saat seseorang dengang mengunyah makanan.

Kemampuan indra penciuman yang dimiliki oleh manusia bisa mengalami penurunan. Salah satu hal yang menyebabkan penurunan ini yaitu alergi dan kualitas udara yang ada tidak dijaga kebersihannya dengan baik. Agar indra penciuman tidak menurun maka perlunya penjagaan dengan sangat baik dan selalu perhatikan orang-orang yang ada disekitar agar tidak menularkan gangguan penciuman.

5. Pengecap

Indra pengecap berupa lidah yang berperan untuk mencerna makanan secara mekanik. Selain itu, lidah juga memiliki saraf yang sangat sensitif terhadap rasa dingin, panas maupun sebuah tekanan. Indra pengecap merupakan sebuah indra yang dimiliki manusia agar seseorang bisa merasakan rasa manis, pahit, asam maupun asin.

Semua jenis dari rasa tersebut akan dideteksi oleh sel perasa yang berada di bagian depan, atas, mulut yang berada di bagian belakang hingga di belakang lidah. Rasa pedas yang dirasakan oleh manusia merupakan sebuah sinyal rasa sakit lidah, nah berarti ketika seseorang makan makanan pedas maka artinya menyakiti lidah hehe.

Di lidah juga terdapat otot-otot yang membantu menggerakan lidah. Yang pertama yaitu otot ekstrinsik yang berfungsi melakukan gerakan yang kasar ketika seseorang mengunyah makanan, menelan dan menautkan lidahnya ke bagian yang ada di sekitarnya. Yang kedua yaitu otot intrinsic yang berfungsi membuat gerakan yang halus.

Selain itu, lidah juga memiliki bagian bintil-bintil yang sering disebut papilla. Papilla ini merupakan sebuah ujung saraf untuk mengecap. Pada tiap-tiap bintil tersebut juga memiliki kepekaan terhadap sebuah rasa tertentu yang berdasarkan dengan letaknya. Dari setiap bagian lidah memiliki bagian-bagian yang berbeda untuk merasakan jenis-jenis rasa.

Setiap panca indra yang dimiliki oleh manusia merupakan sebuah anugrah yang diberikan oleh tuhannya. Tiap-tiap dari indra ini juga memiliki fungsi masing-masing yang sudah ditetapkan. Seseorang harus bisa bersyukur jika mempunyai kelengkapan indra tersebut. Selain itu, hal ini juga bisa dimanfaatkan dengan membantu orang lain yang membutuhkan bantuan.

Tinggalkan komentar