Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

Alat musik tradisional jawa tengah – Setiap daerah tentunya memiliki seni musik yang beragam, seperti pada alat musik tradisional jawa tengah yang memiliki jenis dan nama yang berbeda-beda. Alat musik umumnya terdapat beberapa kesamaan mulai bentuk, cara memainkan dan juga bahan dasar yang digunakan. Seni yang digunakan oleh Indonesia terutama pada Provinsi Jawa Tengah sendiri perlu untuk dilestarikan dan dikembangkan.

Tentunya untuk melestarikan budaya kesenian Indonesia yang semakin hari semakin berkembang, agar tidak melupakan kesenian khas dari setiap daerah. Jawa Tengah mempunyai alat musik tradisional yang unik dan khas, dengan cara memainkannya yang beragam dan sesuai dengan irama lagu. Ada beberapa alat musik yang hingga kini masih dimainkan dan di pentaskan pada acara tertentu untuk menampilkan pementasan yang menarik.

Nama Alat Musik Tradisional Jawa Tengah

alat musik tradisional jawa tengah
alat musik tradisional jawa tengah

Ada banyak alat musik Jawa Tengah yang populer hingga ke berbagai wilayah, namun tidak semua alat musik yang masih dikenal dan populer hingga saat ini. Ada beberapa alat musik tradisional yang sudah kuno dan jarang bahkan tidak pernah digunakan lagi, hanya dijadikan sebagai benda yang di museumkan. Beberapa alat musik tradisional dari Jawa sendiri akan dijelaskan di bawah ini.

1. Demung

Alat musik Demung jawa tengah
Alat musik Demung jawa tengah

Demung adalah salah satu jenis instrumen yang masuk ke dalam jenis kategori keluarga balungan, dengan ciri khasnya yang sangat unik saat dimainkan. Demung sendiri terdiri menjadi dua jenis yang memiliki set dengan gamelan yaitu versi pelog dan juga versi slendro. Alat ini sendiri mampu menghasilkan bunyi atau nada yang memiliki oktaf rendah di dalam keluarga balungan, alat musik demung juga memiliki ukuran yang lebih besar.

Wilahan pada demung sendiri cenderung lebih tipis tetapi memiliki ukuran lebar yang lebih daripada wilahan salon, karena hal ini yang dapat membuatnya menghasilkan suara yang lebih rendah. Cara memainkan alat musik tradisional demung sendiri yaitu dimainkan dengan cara ditabuh secara bergantian dari demung satu ke demung dua. Kecepatan nada yang telah dihasilkan oleh alat musik ini biasanya akan tergantung dengan komando.

2. Kendang

kendang jawa tengah
kendang jawa tengah

Alat musik kendang ini, sudah tidak asing karena sering kali ditampilkan pada acara khusus, serta pentas seni gamelan yang diadakan di Jawa Barat. Kendang sendiri memiliki ukuran yang beragam dan juga memiliki bunyi yang mampu mengiringi lagu untuk mempertahankan tempo. Kendang pada alat musik Jawa Barat sendiri tersedia dalam beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat menampilkannya.

Jenis kendang tersebut seperti pada, kendang yang memiliki ukuran lebih kecil sendiri sering disebut sebagai ketipung. Untuk jenis dari kendang menengah disebut sebagai kendang ciblon atau juga kendang kebar. Kendang dengan jenis pasangan sendiri dinamakan sebagai kendang gedhe, kendang ini juga biasanya disebut kendang kalih.

3. Kenong

alat musik kenong jawa tengah
alat musik kenong jawa tengah

Alat musik tradisional Jawa Barat yang memiliki nama kenong ini merupakan salah satu alat musik yang masuk ke dalam kategori gamelan Jawa. Kenong memiliki keunikan pada bentuknya yang berbeda dari jenis alat musik Jawa Tengah lainnya. Kenong dapat Anda mainkan dengan cara dipukulkan menggunakan alat bantu yang khusus untuk memainkan alat musik tersebut.

Kenong sendiri memiliki fungsi yang kuat pada musik, sebagai penegasan irama, menjadi penentu gatra, sehingga ia sangat dibutuhkan. Awalnya alat musik kenong ini dipukul menggunakan alat kayu yang dililit dengan kain dengan jumlah yang terdapat dalam set variasi gamelan. Bunyi yang dihasilkan dari alat ini sendiri memiliki suara yang amat nyaring dan juga namun bernada rendah.

4. Gong Kempul

alat musik Gong Kempul jawa tengah
alat musik Gong Kempul jawa tengah

Gong merupakan alat musik tradisional yang digunakan atau dimainkan dengan cara dipukul menggunakan pemukul khusus di bagian tengah, sehingga memberikan suara yang berbeda. Gong sendiri hingga saat ini masih dikenal bahkan hingga ke beberapa daerah, dan bunyinya yang sudah tidak asing saat di dengarkan. Biasanya alat musik gong akan terdengar lebih bagus jika telah dibersihkan atau telah dibilas saat gong tersebut akan di tempa.

Kempul sendiri memiliki bentuk yang hampir sama dengan alat musik gong, yang membedakan dari kedua alat musik ini yaitu ukurannya. Ukuran alat musik kempul lebih kecil dari ukuran yang dimiliki oleh gong sendiri, sehingga suara yang dihasilkan dari kedua alat musik ini berbeda satu sama lain. Namun bunyi yang dikeluarkan oleh kempul terdengar lebih tinggi, tidak heran jika semakin kecil ukurannya maka bunyi yang dihasilkan semakin tinggi.

5. Gender

alat musik gender jawa tengah
alat musik gender jawa tengah

Alat musik tradisional yang satu ini merupakan instrumen musik yang masuk dalam kategori gamelan Jawa Tengah dan juga Bali. Gender sendiri dibuatkan dengan bilah logam atau kuningan dengan jumlah yang mencapai 10 hingga 14 bilah, sehingga dapat memberikan bunyi yang lebih indah. Bunyi yang keluar tergantung dengan bilah nada yang sedang dimainkan oleh Anda saat menampilkan pentas seni.

Bentuk dari gender alat musik tradisional gender ini sangat mirip dengan alat musik slenthem yang berasal dari gamelan bali seperti pada alat musik gangsa. Pada pemukul yang digunakan untuk memainkan alat musik jenis gender ini berbentuk bundar dan menggunakan kayu berlapis yang seperti pada alat musik gamelan Jawa yang khas.

6. Saron

alat musik saron jawa tengah
alat musik saron jawa tengah

Alat musik tradisional saron merupakan salah satu jenis alat yang sudah lama digunakan pada saat melakukan pementasan seni musik yang dilakukan pada acara khusus. Bahan dasar yang digunakan untuk membuatkan alat musik tradisional seperti saron ini menggunakan lembaran logam yang memiliki ukuran kecil. Saron sendiri saat ini telah jarang digunakan, namun masih ada beberapa yang menggunakannya.

Untuk dapat memainkan saron sendiri dibutuhkan beberapa teknik yang perlu dipelajari seperti teknik memathet yang merupakan teknik pencet. Anda juga bisa memainkannya dengan cara ditabuh atau dipukul dengan menggunakan alat khusus yang digunakan untuk memukul dari bahan kayu. Sehingga memberikan suara yang enak didengar jika di kolaborasikan dengan dua teknik bersamaan.

7. Slenthem

alat musik slenthem jawa tengah
alat musik slenthem jawa tengah

Slenthem merupakan jenis alat musik yang dibuat dengan menggunakan logam sebagai bahan dasar untuk membuat alat musik ini. Biasanya pada logam dari alat musik ini diberikan tali-tali dengan tabung yang terletak tepat di bawahnya, dengan sanggahan kayu. Hal inilah yang membuat slenthem memiliki suara yang ketika Anda menabuh atau memukulnya akan menimbulkan suara yang rendah.

Slenthem sendiri sering dijadikan sebagai alat musik untuk mengiringi irama lagu, atau pada acara khusus lainnya. Terdapat beberapa variasi pelog dengan wilahan yang menggunakan rentang pada nada C hingga nada B. Masing-masing dari rentang ini sendiri memiliki jenis nada yang beragam dan tidak sama, dengan penyesuaian yang dibutuhkan oleh lagu.

Tentunya alat musik yang telah diuraikan di atas sudah dapat Anda lihat mana yang masih populer dan digunakan hingga saat ini, dan yang tidak lagi digunakan. Namun sebagai ada baiknya jika Anda terus melestarikan alat musik tradisional Jawa Barat dengan mencoba memainkan dan mengembangkannya.

Leave a Comment