Alat Musik Tradisional Jawa Barat

Alat musik tradisional jawa barat – Jawa Barat tidak hanya dikenal dengan budayanya, namun juga dengan jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang khas dan unik. Sebagian dari Anda mungkin sudah banyak yang mengetahui alat musik tradisional populer pada provinsi Jawa ini namun, ada beberapa jenis alat musik yang mungkin belum Anda ketahui. Hal ini karena ada beberapa alat musik tradisional provinsi Jawa yang sudah kuno sehingga asing di telinga.

Alat musik Jawa Barat sendiri memiliki ragam bentuk yang berbeda, cara memainkannya juga ada yang ditiup, digoyang, dan juga dipukul. Umumnya alat musik khas dari provinsi ini memiliki bahan dasar yang terbuat dari bambu dan didesain dengan khas. Alat musik ini ditampilkan dengan pada saat acara khusus seperti tarian, dan juga sebagainya, seperti pada penjelasan berikut ini.

Nama Alat Musik Tradisional Jawa Barat

alat musik tradisional jawa barat
alat musik tradisional jawa barat

Ada banyak jenis dan nama-nama alat musik tradisional Jawa yang sesuai dengan cara memainkan dan jenisnya. Setiap alat musiknya dibagi menjadi beberapa jenis dan bagian, namun tetap memiliki fungsi yang sama, biasanya yang membedakan hanya bentuk, ukuran dan sebagainya saja. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak beberapa nama dan penjelasan dari alat musik ini sendiri.

1. Calung

alat musik calung jawa barat
alat musik calung jawa barat

Bentuk dari alat musik calung ini sedikit mirip dengan angklung, namun terdapat perbedaan yaitu saat memainkannya. Calung sendiri merupakan alat musik tradisional yang masih dimainkan hingga saat ini, terutama pada saat acara tertentu. Ada dua jenis calung yang bisa Anda temukan, dengan cara memainkannya yang dipukul pada bagian ruas dari bambu calung.

Jenis calung yang pertama ialah calung jinjing dengan derada nada yang telah dipadu atau disatukan dengan sumbilah bambu kecil yang disebut panir. Calung rantay sendiri merupakan bilah-bilah bambu yang disusun dengan tali waru atau lulub. Biasanya calung jenis ini memiliki tujuh ruas bambu namun bisa juga lebih banyak.

2. Karinding

alat musik karinding jawa barat
alat musik karinding jawa barat

Karinding merupakan salah satu jenis alat musik tradisional yang terbuat dari bahan dasar bambu, namun ada yang dibuat menggunakan pelepah kwaung atau pohon aren. Alat musik ini memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda dari alat musik Jawa Barat lainnya. Terutama peraturan pemakainya. Untuk alat musik karinding yang terbuat dari pohon aren hanya digunakan untuk pria, sementara yang terbuat dari bambu khusus untuk wanita.

Alat musik ini dapat dimainkan dengan cara ditiup pada bagian ujung karinding tersebut, pada bagian sisi lainnya dapat Anda pukul menggunakan jari tangan. Cara ini yang nantinya akan mengeluarkan bunyi dengan suara yang bervariasi dan juga enak di dengar. Alat musik ini sering ditampilkan pada saat acara tertentu seperti pementasan, tarian, dan seni musik lainnya di provinsi Jawa Barat.

3. Angklung

alat musik angklung jawa barat
alat musik angklung jawa barat

Alat musik angklung saat ini sudah tidak asing lagi, dan telah menjadi salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang memiliki nada ganda. Alat ini berasal dari provinsi Jawa Barat yang dibuat menggunakan bambu yang telah dipotong pada salah satu bagian ujung. Angklung sendiri dapat dimainkan dengan cara digoyangkan pada bagiannya, hingga mengeluarkan suara yang berirama.

Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik angklung sendiri berasal dari benturan badan bambu dan potongan bambu lainnya, sehingga alat ini bergetar dan mengeluarkan nada. Bunyi yang diciptakan sendiri tergantung dengan ukuran besar atau kecilnya alat musik tersebut, dan digolongkan sebagai ideofon. Alat ini sering digunakan pada saat penampilan seni musik, atau iringan musik lainnya.

4. Arumba

alat musik arumba jawa barat
alat musik arumba jawa barat

Alat musik jenis arumba merupakan salah satu grup musik yang terbuat dari sebuah bambu, dan kemudian berkembang menjadi musikal. Sebelumnya alat musik tradisional dari Provinsi Jawa Barat umumnya menggunakan pentatonis sebagai tangga nada yang dihasilkan. Namun arumba menggunakan susunan nada diatonis hingga saat ini.

5. Cemplung

alat musik cemplung jawa barat
alat musik cemplung jawa barat

Jenis alat musik ini sendiri cukup unik karena tidak diketahui kapan ditemukan dan diterima sebagai alat musik tradisional. Alat musik cemplung terbuat dari bahan yang menggunakan kulit bambu, dan dimanfaat dengan ruas dari batang bambu sehingga menghasilkan suara yang indah. Cara memainkan alat musik tradisional ini juga dapat dimainkan dengan dua cara yang unik yaitu melepaskan, dan memproses suara.

Untuk cara memainkan dengan melepas yaitu dipukul dengan bergantian, dan sesuai dengan ritme dan suara yang diinginkan. Cara memproses suara sendiri dilakukan dengan besar udara yang telah dikeluarkan dari badan cemplung sendiri. Bunyi dari alat musik ini sangat bervariasi dan beragam, tergantung dengan cara Anda memainkannya.

6. Suling

alat musik suling jawa barat
alat musik suling jawa barat

Alat musik suling telah dikenal ke berbagai wilayah di negara Indonesia, dan sering digunakan ketika menampilkan pementasan musik dan sebagainya. Cara memainkan suling sendiri sangat mudah yaitu dengan meniup ujung suling dan melepaskannya dan tangan Anda menutup lubang yang tersedia di badan suling. Nada pada suling akan berganti dengan adanya pergantian jari yang menutup lubang.

Suara yang dihasilkan sendiri tergantung dengan jenis nada yang Anda inginkan, selain itu suara yang dihasilkan juga berirama dan bisa disesuaikan dengan lagu. Suling sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, Anda bisa menyesuaikan pilihan suling yang sesuai dengan irama musik dan kebutuhan lagu Anda. Biasanya pada suling terdapat jumlah lubang yang mencapai 4 hingga 6 lubang.

7. Rebab

alat musik rebab jawa barat
alat musik rebab jawa barat

Rebab merupakan salah satu alat musik tradisional Jawa Barat yang sudah sangat lama atau telah memiliki usia yang lebih tua dari alat musik lainnya. Rebab sendiri sudah dikenalkan kepada masyarakat Jawa sejak abad ke-9 dan telah dibawakan para pedagang yang berasal dari Timur Tengah. Rebab adalah salah satu alat musik tradisional yang menggunakan bahan dasar tembaga dan dilengkapi dengan dua hingga tiga dawai.

Namun karena telah berada di Indonesia sejak lama, seiring berjalannya waktu alat ini berubah menjadi bahan dasar kayu. Anda dapat memainkan alat musik ini dengan cara digesek seperti biola, dengan menggunakan alat khusus. Biasanya alat musik ini digunakan untuk acara pertunjukkan dan iringan wayang, dan juga untuk mengiringi nyanyian sinden.

8. Tarawangsa

alat musik tarawangsa jawa barat
alat musik tarawangsa jawa barat

Alat musik jenis tarawangsa ini merupakan salah satu alat musik yang ketika dimainkan beriringan dengan alat musik kecapi dan sebagainya. Tarawangsa juga sudah memiliki umur yang tua, dan masuk ke dalam jenis alat musik kuno Jawa Barat yang masih ada hingga sekarang. Alat ini bisa dimainkan dengan cara digesek seperti alat rebab, dengan alat yang memang didesain khusus.

Alat musik tarawangsa sendiri memiliki dawai yang berjumlah dua dawai, dan juga bisa dimainkan dengan cara dipetik. Bunyi yang dihasilkan oleh alat musik ini memiliki nada yang berbeda, dan biss Anda sesuaikan.

Alat musik dari Jawa Barat yang sudah dijelaskan di atas hanya sebagian saja dan masih ada beberapa jenis dan nama alat musik lainnya. Untuk Anda yang merupakan suku khas Jawa Barat sepertinya tidak akan bingung dengan cara memainkan alat musik tradisional Jawa Barat tersebut.

Leave a Comment