Review Garmin Forerunner 55, Jam Tangan Lari Terbaik

pastiguna.com – Pembaruan fitur telah mengubah jam tangan pintar ini dari pelacak kebugaran dasar menjadi pelatih profesional. Sekilas, Garmin Forerunner 55 terlihat tidak berbeda dengan pendahulunya.

Namun dengan penambahan alat latihan lanjutan yang biasanya disimpan untuk opsi yang lebih mahal di keluarga Forerunner, Forerunner 55 adalah jam tangan pintar yang sangat baik untuk pelari pemula atau menengah.

Spesifikasi Garmin Forerunner 55

Spesifikasi
Monitor Detak Jantung: Ya
GPS: ya
Ketahanan air: 50 meter
Layar: MIP 1,08 inci
Musik Onboard: Tidak ada
Pembayaran Seluler: Tidak
Pelacakan Tidur: Ya
Masa pakai baterai: 14 hari / 20 jam dengan GPS

Kelebihan

  • + PacePro menambahkan latihan yang disarankan dan waktu pemulihan
  • + Layar cerah
  • + Statistik yang mudah dibaca
  • + Masa pakai baterai

Kekurangan

  • – Tidak ada penyimpanan musik bawaan
  • – Tidak ada band yang dapat dipertukarkan
  • – Tersedia dalam satu ukuran casing saja

Seperti pendahulunya, Garmin Forerunner 55 entry-level adalah pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan pelacak kebugaran dengan fitur jam tangan pintar dasar. Memang sobat tidak akan menemukan banyak fitur canggih di Forerunner 55.

Tidak ada penyimpanan musik bawaan, pembayaran nirsentuh, atau sensor canggih untuk mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Namun dengan fitur kebugaran yang diperbarui yang sebelumnya disediakan untuk model Forerunner kelas atas, Forerunner 55 adalah jam tangan pintar yang tidak hanya dapat membantu memulai rutinitas lari baru.

Tetapi juga melatih sobat untuk menjadi pelari yang lebih baik secara keseluruhan. Itu sebabnya ini adalah salah satu jam tangan lari terbaik di luar sana.

Harga dan Ketersediaan

Forerunner 55 yang baru dirilis dijual seharga Rp. 3 jutaan. Pita silikon tersedia dalam tiga warna: hitam, putih atau aqua. Ini tersedia sekarang di AS dan Kanada, dan akan tersedia di bagian lain dunia akhir musim panas ini. Lihat halaman Kode Kupon Garmin. Ini dapat membantu sobat mendapatkan salah satu pelacak ini dengan harga diskon.

Desain Garmin Forerunner 55

Forerunner 55 pada dasarnya terlihat sama dengan model Forerunner sebelumnya, dan itu bukan hal yang buruk. Wajah bulat dan ramping Forerunner 45 merupakan peningkatan desain utama dari garis Forerunner, jadi masuk akal jika Garmin tidak ingin terlalu banyak berubah.

Namun, berbeda dengan Forerunner 45 yang tersedia dalam ukuran casing 39mm atau 42mm, Forerunner 55 hanya tersedia dalam satu ukuran (42mm). Walaupun pergelangan tangan relatif kecil, kami merasa ukuran 55 sudah pas karena tidak terlalu tebal atau tidak mencolok.

Faktanya, wajah 42mm sangat membantu karena kami dapat melihat informasi kecepatan dan jarak dengan sangat mudah saat berlari tanpa memutar lengan secara berlebihan. Namun perlu dicatat bahwa kami sering menekan tombol navigasi di sisi tampilan jam saat melakukan push-up. Ini jarang terjadi pada Apple Watch Series 5 40mm.

Forerunner 55 memiliki 5 tombol navigasi. Tidak seperti jam tangan pintar populer seperti Fitbit Versa 3 atau Galaxy Watch 3, Forerunner tidak memiliki layar sentuh. Melainkan sobat menggunakan tombol ini untuk melakukan berbagai tindakan fungsi jam. Pada awalnya, kami pikir ini akan menjadi fitur yang sangat tidak kami sukai.

Kami akrab dengan Apple Watch. Tetapi semakin menggunakan Forerunner 55, semakin kami menghargai kemampuan untuk memulai dan menghentikan latihan dengan menekan tombol alih-alih menggesek layar lalu mengetuk kotak kecil. Jauh lebih mudah dan efisien untuk menandai akhir jangka panjang dengan cara ini.

Apalagi mengingat jangka panjang cenderung membuat kesal dan membuat rentan melakukan kesalahan menghitung. Seperti Forerunner 45, Forerunner 55 tidak memiliki band yang dapat dipertukarkan. Bezel hitam dan pita silikon pada 55 yang kami uji beralih dengan cukup baik dari legging dan bra olahraga ke jeans dan blus.

Tetapi kami tidak merasa bisa memakainya ke pesta pernikahan atau acara formal. Jika mencari jam tangan pintar Garmin yang melacak langkah dan detak jantung saat dipasangkan dengan lebih baik dengan gaun pengiring pengantin atau tuksedo, lihat lini Venu.

Tampilan Garmin Forerunner 55

Bahkan pada hari yang paling cerah, saya dapat melihat tampilan MIP transflektif Forerunner 55 tanpa masalah. Jika Anda memerlukan sedikit lebih banyak kecerahan, Anda dapat menyalakan tampilan jam dengan tombol “Cahaya”, tetapi saya jarang membutuhkannya kecuali untuk memeriksa waktu di tengah malam.

GPS

Forerunner 55 memiliki GPS bawaan yang dapat memberikan informasi kecepatan, jarak, dan waktu untuk berlari dan latihan jarak jauh lainnya di luar ruangan. Kami tidak pernah harus menunggu lebih dari 5 detik untuk Forerunner 55 mengunci sinyal GPS.

Ini merupakan peningkatan besar dibandingkan dengan tes Forerunner 45, yang membutuhkan waktu 15-30 detik untuk melakukan hal yang sama. Pengujian fungsi GPS di lokasi lain (Brooklyn, Manhattan, West Long Island) menghasilkan hasil yang serupa.

Forerunner terbaru terus menawarkan fitur keamanan GPS yang inovatif seperti deteksi kecelakaan, yang memungkinkan pengguna mengirim pesan ke kontak yang dipilih jika terjatuh atau keadaan darurat lainnya. Namun, untuk menggunakan fitur ini, sobat harus memiliki smartphone yang terhubung di tubuh saat berlari.

Jika ingin bekerja tanpa hp, Forerunner 945 LTE adalah pilihan yang lebih baik. Garmin juga menawarkan “LiveTrack” di Forerunner 55 sehingga teman dan keluarga dapat melihat lokasi real-time sobat selama berolahraga (pilihan yang menyenangkan dan berguna untuk kalkun berikutnya).

Menjalankan Pelacakan

Forerunner 55 adalah jam tangan pintar level pemula yang layak untuk siapa saja yang sedang bepergian, tetapi ini benar-benar bersinar sebagai opsi untuk pelari pemula atau menengah.

Tentu saja, ini memberikan semua informasi standar (kecepatan, waktu split, waktu yang telah berlalu, dan jarak tempuh) yang disediakan oleh jam tangan pintar mana pun dengan GPS.

Tapi Forerunner 55 mengambil satu langkah lebih jauh dengan tiga aspek untuk pengondisian yang lebih baik. Yang hingga saat ini hanya terlihat pada model Forerunner yang lebih mahal: unduhan PacePro, waktu pemulihan yang disarankan, dan latihan yang disarankan.

Sebagai seseorang yang tidak baru dalam berlari, tetapi pasti harus banyak belajar, kami perhatikan bahwa salah satu rintangan terbesar adalah kehilangan tenaga setelah berlari beberapa mil pertama lebih lama. Dalam hal ini, fitur PacePro telah menjadi pengubah permainan yang lengkap.

Di dalam aplikasi smartphone Garmin Connect (tersedia untuk iPhone atau Android), pengguna dapat memilih jalur dan memasukkan atau memilih jarak balapan secara manual. Setelah memasukkan target waktu dan target kecepatan, sobat dapat membuat strategi pacing.

Kirimkan paket ini ke Forerunner 55, dan jam tangan akan memberi pemberitahuan kecepatan dan irama (dengungan lembut namun nyata) jika berlari di luar kecepatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Jika memilih strategi pemisahan negatif, sobat akan menghabiskan lebih banyak waktu di awal rute dan mempercepat menjelang akhir. Untuk pertama kalinya dalam sejarah baru-baru ini, kami tidak merasa seperti ditabrak minivan setelah berlari lebih lama.

Pemulihan juga bisa menjadi tantangan. Mungkin karena kami kesulitan menerima bahwa tidak lagi berusia awal 30-an (hanya bercanda, pertengahan 30-an). Tetapi mulai merasa frustrasi mencoba melakukan tiga kali lari dalam seminggu yang menghasilkan kecepatan yang sama dan usaha yang dirasakan mustahil.

Setelah setiap lari dengan Forerunner 55, pengguna diberi waktu pemulihan yang disarankan. Jika mencoba untuk mulai berlari sebelum masa pemulihan berakhir, Forerunner akan menyarankan untuk terus beristirahat (sobat dapat mengesampingkan saran ini jika mau).

Setelah diistirahatkan, Forerunner 55 memberikan rekomendasi latihan yang disesuaikan dengan riwayat latihan, tingkat kebugaran (diukur dengan Vo2 max) dan pemulihan.

Dengan mengikuti waktu istirahat yang disarankan dan latihan yang disarankan, meskipun melewatkan satu hari latihan dan berlari sedikit lebih lambat dari biasanya, sobat masih dapat berlari jarak jauh dengan lebih banyak energi dan tenaga. Seperti kata pepatah, kualitas melebihi kuantitas.

Tampilan pelacakan lari standar Forerunner 55 menunjukkan tiga angka penting: jarak, waktu berlalu, dan kecepatan, tetapi Anda dapat menyesuaikan tampilan untuk melihat metrik lainnya. Gunakan tombol “turun” untuk menavigasi tampilan yang berbeda, menampilkan waktu putaran, kecepatan putaran, jarak putaran, dan detak jantung saat ini.

Dengan setiap mil, Forerunner 55 berdengung untuk memberi tahu total waktu lari dan kecepatan untuk mil terakhir. Jam tangan pintar lainnya, seperti Apple Watch, menawarkan beberapa metrik lagi di layar utama, tetapi kami lebih suka melihat kecepatan, waktu berlalu, dan jarak.

Tetapi jika seorang pelari tingkat lanjut yang membutuhkan lebih banyak data untuk diproses dengan cepat, Forerunner 55 mungkin akan gagal.

Pelacakan Aktivitas

Forerunner 55 memperluas profil aktivitas dengan menambahkan renang di kolam renang, HIIT, Pilates, dan latihan pernapasan. Pilihan seperti yoga, yang membutuhkan aplikasi untuk ditambahkan, kini menjadi standar, bersama dengan ellipticals, stepper tangga, treadmill, bersepeda dan, tentu saja, berlari.

Profil aktivitas Forerunner 55 memadai, jika tidak ekstensif, tetapi ada satu latihan umum yang tidak akan dilewatkan (dan perlukan untuk kesehatan secara keseluruhan). Itu hanya latihan kekuatan. Ini sangat disayangkan, mengingat aplikasi Connect menawarkan beberapa rutinitas latihan berbasis kekuatan yang menyeluruh.

Sobat selalu dapat memilih opsi profil aktivitas “Lainnya” jika ingin melacak waktu pemompaan besi, tetapi untuk pelacakan latihan kekuatan khusus, lihat Garmin Forerunner 945.

Pelacakan Tidur

Pelacakan tidur Forerunner 55 relatif mendasar, tetapi berguna jika tidur lebih banyak adalah salah satu sasaran kesehatan sobat. Seperti Versa 3 dan Apple Watch SE, Forerunner 55 merekam tidur ringan, tidur nyenyak, tidur REM, dan jam bangun. Lalu menampilkan semuanya dalam grafik yang mudah dibaca di aplikasi Connect.

Sangat menarik untuk melihat informasi ini, tetapi kami tidak yakin bagaimana menafsirkannya. Apakah 2 jam tidur REM cukup? Terlalu banyak? Karena pemulihan adalah fokus utama, terutama pada Forerunner 55, ringkasan lengkap (misalnya “skor tidur” pada Fitbit Versa 3) akan sangat membantu.

Selama pengujian, keakuratan pelacakan tidur Forerunner 55 sedikit melenceng. Suatu malam, arloji mendeteksi bahwa kami pergi tidur jam 8 malam dan bangun jam 6:30 pagi.  Kami sering bermimpi tidur selama 10 jam, tetapi belum pernah merasakan kesenangan seperti itu sejak sekolah menengah.

Namun, jika arloji salah merekam, sobat dapat mengedit waktu tidur dan bangun di aplikasi.

Pelacakan Kesehatan

Selain melacak aktivitas dan tidur, Forerunner 55 juga memantau langkah (dan berdengung saat mencapai target langkah harian yang disarankan), tingkat pernapasan, tingkat stres, kalori yang terbakar, siklus menstruasi, dan gejala kehamilan.

Body Battery, fitur unik jam tangan Garmin, adalah skor pada skala 0-100 yang memperkirakan cadangan energi pengguna sepanjang hari, dengan mempertimbangkan variabilitas detak jantung (HRV), stres, dan aktivitas. Saat-saat istirahat atau tidur “mengisi” baterai, sementara saat-saat stres dan aktivitas “menghabiskan” baterai.

Ini adalah wawasan yang berguna saat merencanakan hari olahraga yang intens atau memutuskan apakah akan makan berlebihan untuk satu episode lagi atau tidur lebih awal.

Aplikasi Garmin Connect

Semua data yang dikumpulkan oleh Forerunner 55 diatur dengan baik di aplikasi smartphone Garmin Connect. Selain statistik harian, sobat dapat melihat pencapaian dan pencapaian pribadi, bergabung atau membuat tantangan, dan terhubung dengan teman di media sosial.

Jika telah menetapkan sasaran untuk lari maraton 5 km, 10 km, atau setengah, aplikasi Connect menawarkan beberapa rencana pelatihan menyeluruh (dan gratis) yang disesuaikan dengan jarak yang diinginkan dan tujuan akhir.

Aplikasi Connect juga menawarkan pustaka latihan yang cukup komprehensif untuk semua level, mulai dari kekuatan dan daya tahan hingga fleksibilitas dan mobilitas. Ada beberapa program yang hanya menggunakan berat badan, tetapi sebagian besar memerlukan berbagai peralatan.

Sobat juga dapat mengunduh tampilan jam tambahan sebanyak yang diinginkan menggunakan aplikasi Garmin Connect IQ. Forerunner 55 juga dapat menampilkan notifikasi, peringatan kalender dan cuaca, dan bahkan mengontrol musik yang diputar di hp, tetapi fungsi jam tangan pintar berakhir di sana.

Misalnya, tidak ada fitur pembayaran seluler dan tidak ada unduhan musik di jam tangan itu sendiri.

Baterai Garmin Forerunner 55

Menurut Garmin, Forerunner 55 yang terisi penuh dapat bertahan hingga dua minggu dalam mode jam tangan pintar dan 20 jam dalam mode GPS. Peningkatan yang signifikan melebihi harapan masa pakai baterai dari model sebelumnya. S

tatistik ini bahkan lebih mengesankan jika dibandingkan dengan pesaing seperti Versa 3 (6 hari atau 12 jam dengan penggunaan GPS terus menerus) atau Samsung Galaxy Watch3 (2 hari).

Pelacakan 24 jam selama seminggu menghabiskan sekitar setengah dari daya yang tersedia di Forerunner 55. Berlari lama atau berolahraga hanya menghabiskan sekitar 2% baterai bahkan dalam mode GPS. Ini adalah perubahan yang disambut baik dari Apple Watch Series 5, yang biasanya perlu diisi setiap 12 jam agar tidak mati saat berolahraga.

Kesimpulan

Sobat mungkin tidak melihat banyak perbedaan antara Forerunner 55 baru dan pendahulunya terdekat, tetapi pembaruan yang dibuat Garmin akan membuat perbedaan besar bagi pelari baru.

Ini adalah jam tangan yang berfokus untuk membantu pemula mempelajari cara berlatih dan bersantai dengan benar, tanpa terlalu memperhatikan lonceng dan peluit yang terdapat di Apple Watch SE atau Galaxy Watch 3.

Forerunner 55 bukanlah jam tangan pintar paling serbaguna di pasaran, tetapi ia menawarkan fitur-fitur dasar. Atlet berpengalaman dapat menemukan model Forerunner kelas atas seperti Forerunner 245 Music, yang memungkinkan musik diunduh ke jam tangan itu sendiri.

Tetapi jika baru saja memakai sepatu lari untuk pertama kalinya dan melihat ke jalan menuju target mil 10 menit, sobat akan kesulitan menemukan pilihan yang lebih baik dan lebih terjangkau daripada Forerunner 55. .

Leave a Comment