Regular dan Irregular Verbs

Siapa yang sering dibuat pusing oleh regular dan irregular verbs? Bahasa Inggris memang mempunyai dua kata kerja, yaitu regular dan irregular. Kata kerja tersebut berubah bentuk ketika digunakan dalam simple past atau past participle. Aturan ini berlaku untuk hampir semua kata kerja, jadi terbayang dong bagaimana repotnya untuk menghafalkan setiap kata tersebut?

Sayangnya, tidak ada rumus khusus untuk mengubah verbs dari bentuk satu ke bentuk lainnya. Kuncinya adalah menghafal dan sering berlatih agar kamu bisa hafal di luar kepala. Meskipun tidak ada rumus yang bisa digunakan, kamu bisa lho menghafalkan setiap kata dengan cepat dan mudah. Salah satunya adalah dengan membuat pengelompokan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Regular dan Irregular Verbs

Agar lebih memahami regular dan irregular verbs, kamu perlu tahu pengertian dari kedua jenis kata kerja tersebut. Regular verbs dapat diartikan sebagai kata kerja yang perubahannya reguler atau tetap, baik untuk simple past maupun past participle. Verbs jenis ini hanya membutuhkan akhiran –ed atau –ied tergantung bentuk kata asli.

Sementara itu, irregular verbs merupakan kata kerja yang berubah secara ireguler atau tidak beraturan. Verbs ini mempunyai bentuk yang berbeda antara simple past dan past participle, atau justru tidak berubah sama sekali dari dari infinitive. Karena bentuknya tidak beraturan, menghafalkan irregular verbs terbilang lebih rumit.

Ketentuan Regular dan Irregular Verbs

Regular dan irregular verbs mempunyai ketentuan yang berbeda. Penting bagi kamu untuk mengetahui kaidah perubahan setiap jenis verbs agar tidak salah saat menerapkannya dalam kalimat atau percakapan. Seperti apa ya ketentuan tersebut? Yuk, cek penjelasannya.

1. Regular Verbs

Kata kerja ini berubah bentuk secara beraturan dan cenderung sama untuk simple past dan past participle. Kamu hanya perlu menambahkan akhiran –ed untuk setiap kata kerja.

Contoh:

show—showed—showed
visit—visited—visited
borrow—borrowed—borrowed
wish—wished—wished

Namun, pada beberapa kasus terdapat sedikit perbedaan untuk mengubah infinitive menjadi simple past dan past participle. Ada tiga aturan tambahan yang perlu kamu ketahui mengenai perubahan tersebut.

  • Kata kerja yang berakhiran dengan –e, maka tambahkan –d
    Contoh: Race—Raced—Raced, Serve—Served—Served
  • Kata kerja yang berakhiran dengan –y, maka ganti –y menjadi –ied.
    Contoh: Study—Studied—Studied, Dry—Dried—Dried
  • Kata kerja yang berakhiran dengan huruf konsonan, maka huruf konsonan tersebut ditulis dobel.
    Contoh: Plan—Planned—Planned, Hug—Hugged—Hugged

2. Irregular Verbs

Bahasa Inggris mempunyai sekitar 200 irregular verbs. Kata kerja tersebut dapat dibagi menjadi empat tipe yang berbeda, antara lain:

• Bentuk dasar, simple past, dan past participle sama

Verbs tipe ini tidak mengalami perubahan dari bentuk dasar, simple past, dan past participle sehingga mudah diingat. Sayangnya, tidak banyak kata kerja yang termasuk ke dalam tipe ini, antara lain:

cost—cost—cost
cut—cut—cut
hurt—hurt—hurt
let—let—let
put—put—put

• Simple past dan past participle sama

Tipe yang kedua adalah simple past dan past participle mempunyai bentuk yang sama, namun berbeda dari bentuk dasar. Irregular verbs tipe ini jumlahnya lebih banyak, contohnya adalah:

bring—brought—brought
buy—bough—bought
find—found—found
keep—kept—kept
make—made—made

• bentuk dasar dan past participle sama

Tipe ketiga ini cukup unik, karena bentuk kata kerja berubah untuk simple past namun kembali ke bentuk dasar untuk past participle. Bisakah kamu menyebutkan contohnya? Coba cocokkan dengan verbs di bawah ini.

come—came—come
become—became—become
run—ran—rum

• bentuk dasar, simple past, dan past participle berbeda

Tipe irregular verbs yang terakhir mempunyai bentuk yang berbeda untuk bentuk dasar, simple past, dan past participle. Ada banyak sekali kata kerja yang termasuk ke dalam bentuk ini, contohnya adalah sebagai berikut.

begin—began—begun
choose—chose—chosen
do—did—done
give—gave—given
Ely—flew—flown

Contoh Regular dan Irregular Verbs

Topik mengenai regular dan irregular verbs tidak sulit kan? Seperti yang disampaikan sebelumnya, kunci penting untuk menguasai kedua jenis kata kerja ini adalah dengan banyak-banyak berlatih dan menghafal. Saat menemukan kosakata baru, cobalah untuk mencari bentuk simple past dan past participle kemudian mengaplikasikannya dalam kalimat.

Nah, untuk membantu kamu agar bisa menguasai regular dan irregular verbs dengan lebih cepat, cobalah untuk menyimak contoh kalimat di bawah ini. Kata kerja yang digarisbawahi adalah regular dan irregular verbs.

Regular verbs

  • The group finally arrived in Jakarta. (Rombongan itu akhirnya tiba di Jakarta)
  • I heard somebody called me but I saw nobody around here. (Saya mendengar seseorang memanggil tetapi saya tidak melihat siapapun di sekitar sini)
  • Jack waited for his girlfriend at the crossroads. (Jack menunggu kekasihnya di persimpangan)
  • My little brother studied hard last night for today’s examination. (Semalam adik saya belajar dengan keras untuk ujian hari ini)
  • Have you accepted my request? (Sudahkah kamu menerima permintaan saya?)
  • My mother has finished cleaning the house. (Ibu saya telah selesai membersihkan rumah)
  • I really love the cake that you baked yesterday. (Saya sangat menyukai kue yang kamu panggang kemarin)
  • Joanna got married to a young doctor. (Joana menikah dengan seorang dokter muda)
  • The children looked at the sky. (Anak-anak menatap ke langit)
  • We listened to the lecture until we fell asleep. (Kami mendengarkan ceramah sampai kami tertidur)
  • Joseph watched a movie with his friends last Friday. (Joseph menonton film dengan teman-temannya Jumat lalu)

Irregular verbs

  • This printer cost a lot of money but we didn’t have many choices. (Printer ini menghabiskan banyak uang namun kami tidak mempunyai banyak pilihan)
  • Last night, I let a cat come into my house because it was chilly outside. (Semalam aku membiarkan seekor kucing masuk ke rumahku karena di luar sangat dingin)
  • Sandy found something horrible in his cupboard. (Sandy menemukan sesuatu yang mengerikan di dalam lemarinya)
  • I heard that you have to leave this country soon. (Saya dengar kamu harus meninggalkan negara ini secepatnya)
  • My mother made a bowl of fruit salad and we really liked it. (Ibu saya membuat semangkuk salad buah dan kami sangat menyukainya)
  • We ran so fast when a dog chased behind us. (Kami berlari sangat kencang ketika seekor anjing mengejar di belakang kami)
  • The manager has chosen the best place to quarantine the animals. (Manajer telah memilih tempat terbaik untuk karantina binatang)
  • An apple fell from the tree and my brother took it. (Sebuah apel terjatuh dan adik saya mengambilnya)

Tinggalkan komentar