Past Perfect Continuous Tense

Past perfect continuous tense merupakan salah satu bentuk tense yang akan menjelaskan kejadian di masa lampau. Setiap kejadian yang digambarkan dibentuk melalui beberapa subject yang khas dan berbeda dari tense lainnya. Begitu pun dengan to be atau auxiliary verb yang akan digunakan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan membuat bentuk tense ini agar mudah di mengerti.

Memahami rumus dari bentuk tense ini menjadi kunci utama agar kalimat yang dibuat akan lebih jelas. Terutama dengan membuat penggambaran mengenai kejadian yang terjadi di masa lampau. Perhatikan lebih jelas pada bagian verb yang pastinya berbeda pada bentuk past tense lainnya. Terkadang, masih banyak orang yang tertukar antara past tense yang satu dengan lainnya.

Pengertian Past Perfect Continuous Tense

Bentuk tense ini menjadi kata kerja yang nantinya digunakan pada pengungkapan suatu aksi namun pada kurun waktu tertentu. Aksi yang dibicarakan telah selesai pada waktu atau di suatu momen tertentu pada masa yang telah lampau. Sebutan lain dari bentuk tense ini adalah past perfect progressive tense. Jangan sampai tertukar dengan present perfect continuous tense ketika membuatnya.

Perbedaan terdapat pada cara menunjukan kejadiannya. Tense present perfect continuous ini akan memulai kejadian di masa yang lampau namun terus untuk berlanjut di masa sekarang. Berbeda dengan past perfect continuous yang akan memberikan gambaran kejadian pada masa yang lampau namun juga berlanjut di masa lampau tersebut. Cerita juga di akhiri di waktu yang lampau.

Persamaan lain dengan present perfect continuous adalah penekanan dari segi proses atau suatu kejadian. Di setiap kejadian tersebut akan berlanjut dengan penempatan durasi tertentu.

Cara Membuat Rumus

Pembentukan tense ini selalu dibarengi dengan auxiliary verb dalam bentuk had dan juga been. Penggunaan present participle juga masih sering digunakan pada teksnya. Umumnya, bentuk dari tense menceritakan aksi atau kejadian dalam bentuk dynamic verb atau sering disebut dengan aksi yang dinamis.

Tidak akan membuat aksi yang statis karena jenis tense ini dibuat dengan bentuk continuous. Rumus pembuatan kalimat penting untuk diperhatikan sesuai dengan kondisi atau bentuk kejadian tersebut seperti penjelasan di bawah:

a. Rumus dengan kalimat yang positif:
Subject + Had + Been + ditambahkan dengan ing atau bentuk present participle.

– Fin had been trying.
– She had been going.
– Mia had been presenting.
– The cat had been dying.
– My mom had been cooking.

b. Rumus dengan kalimat yang negative:
Subject + Had + Not + Been + ditambahkan dengan ing atau bentuk present participle.

– Fin had not been trying.
– She had not been going.
– Mia had not been presenting.
– The cat had not been dying.
– My mom had not been cooking.

c. Rumus dengan kalimat yang interrogative:
Had + Subject + Been + ditambahkan dengan ing atau present participle

– Had Fin been trying?
– Had she been going?
– Had Mia been presenting?
– Had the cat been dying?
– Had my mom been cooking?

Penggunaan had dalam bentuk tense ini sangat krusial. Ketika kamu lupa untuk memasukan had maka arti atau jenis tense nya akan berubah dengan makna yang berbeda. Dapat diperhatikan jika pada setiap subjectnya selalu mengikuti kata kerja yang diakhiri dengan tambahan ing sebagai penjelas dari jenis tense ini.

Fungsi Past Perfect Continuous Tense

Ada suatu kondisi ketika kamu harus menjelaskan sebuah kejadian bergantung dengan waktu yang digambarkan. Hal tersebut berhubungan dengan bentuk kata kerja, penempatan had been, dan lainnya pada setiap kalimat. Penjelasan di bawah ini akan memberikan kamu petunjuk bagaimana cara untuk menempatkannya dengan baik dan benar sehingga setiap kalimat mudah untuk dimengerti.

1. Menjelaskan suatu ekspresi dari aksi yang terjadi dengan panjang pada masa yang lampau. Aksi atau kejadian tersebut terjadi ketika aksi lainnya belum terjadi.

  • When the lawyer came, he had been eating for five minutes = ketika pengacara itu dating, dia telah makan selama lima menit.
  • She had been climbing in front of the gate for one hour before she got caught = dia telah memanjat di depan gerbang selama satu jam sebelum akhirnya ketahuan.

2. Memberikan informasi tentang berapa lama kejadian terjadi menggunakan period of time. Penjelasan mengenai sampai kapan suatu hal terjadi di masa yang lalu.

  • She was frustrated since she had been breaking up with her boyfriend = Dia frustrasi karena telah mengakhiri hubungannya dengan kekasihnya.
  • The the time the cat climbed, the doctor had been injecting the drugs = pada waktu kucing tersebut memanjat, doctor sudah menyuntikan obatnya.
  • I had been playing with my sister this afternoon, and all I wanted to say was I love my sister = saya telah bermain bersama adik perempuan saya sore ini, dan hal yang ingin aku katakana adalah saya menyayangi adik saya.

Penggunaan dari setiap fungsi pada text penting untuk diperhatikan. Kamu harus mengerti pada jangka waktu apa text yang akan dibuat tersebut. Ketika memerhatikan subject, kata kerja, juga apa yang dijelaskan penting untuk menambahkan rumus dengan aturan yang sudah ditetapkan. Penempatan had pada setiap kalimat kedua setelah kejadian pertama penting untuk diperhatikan.

Penggunaan Preposisi yang Benar

Selain penghubung, dalam Bahasa Inggris ada beberapa kata yang penting untuk dipasangkan pada setiap kalimat. Penambahan preposisi bisa membantu siapa pun yang melihat atau mendengar kalimat mendapatkan kejelasan. Terutama untuk menggambarkan jangka waktu yang terjadi di masa lampau seperti jenis past perfect continuous tense berikut ini:

1. When = ketika:

  • I had been working all day when you called yesterday = saya telah sedang bekerja seharian ketika kamu menelepon saya kemarin.
  • She had been loving the cat for five years when she was alone = dia telah mencintai kucing selama lima tahun ketika dia sendirian.

2. For = sejak:

  • They had been watching for five minutes before you called = mereka telah melihat selama lima menit sebelum kamu memanggil.
  • I had been sleeping in my sisters bedroom for three hours = sayatelahtidurdi kamaradikperempuansayaselamatigajam.

3. Since = sejak:

  • The exam was replaced had been delaying the program since it was created = ujiannya telah digantikan dan telah memperlambat programmnya sejak dibuat.
  • This cat had been moving around since you moved = kucing ini telah bergerak kesana kemari sejak kamu pergi.

4. Before = sebelum:

  • I had been driving five hours a day before I lost my eyes = saya telah berkendara selama lima jam sehari sebelum saya kehilangan mata saya.
  • My mom been cooking at this restaurant for three years before it got closed = ibu saya telah memasak di restoran ini selama tiga tahun sebelum akhirnya tutup.

Tinggalkan komentar