Negara Maju Dan Berkembang

negara maju dan berkembang
negara maju dan berkembang

Seberapa manfaat artikel ini untuk Anda?

Negara Maju dan Berkembang – Di dunia ini negara dibedakan menjadi dua, yaitu negara maju dan berkembang. Keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dari berbagai aspek kehidupan. Hal ini tentu mempengaruhi kesejahteraan penduduk di masing-masing negara. Anda dapat memahami perbedaannya dengan mengetahui pengertian, ciri-ciri dan contoh dari kedua jenis negara tersebut.

Negara dapat dikatakan maju atau berkembang itu seperti apasih? Jadi, ada beberapa faktor yang menjadikan suatu negara itu disebut negara maju atau berkembang.

Negara maju dan berkembang sangat mudah untuk dibedakan. Caranya, Anda bisa membandingkan pendapatan, perekonomian, kemajuan teknologi, industri, pendidikan dan kualitas sumber daya manusia di dalamnya. Berikut adalah perbedaan negara maju dan berkembang yang bisa Anda lihat dibawah ini.

Perbedaan Negara Maju dan Berkembang

perbedaan negara maju dan berkembang
perbedaan negara maju dan berkembang
NONEGARA MAJUNEGARA BERKEMBANG
1Sarana dan Infrastruktur memadaiSarana dan Infrastruktur tidak memadai
2Standar sumber daya manusia tinggiStandar sumber daya manusia rendah
3Tidak bergantung pada bantuan negara lainBergantung pada bantuan negara lain
4Bergantung pada sektor industri dan JasaBergantung pada sektor pertanian
5Modal negara melebihi kebutuhan–
6Kesenjangan sosial rendahKesenjangan sosial tinggi
7Pertumbuhan penduduk rendahPertumbuhan penduduk tinggi
8Angka pengangguran rendahAngka pengangguran tinggi
9Pendapatan perkapita tinggiPendapatan perkapita rendah
10Tingkat pendidikan tinggiTingkat pendidikan penduduk rendah
11Angka kematian bayi rendahAngka kematian bayi tinggi
12Angka penduduk yang buta huruf rendahAngka penduduk yang buta huruf tinggi

Pengertian Negara Maju dan Berkembang

Untuk mengenal apa itu negara maju dan berkembang, maka kita juga harus mengetahui pengertian negara maju dan negara berkembang, Seperti yang akan kita bahas dibawah ini.

1. Pengertian Negara Maju

pengertian negara maju
pengertian negara maju

Pengertian negara maju adalah negara dengan standar tinggi di bidang ekonomi, pengetahuan dan teknologi. Hal ini ditandai dengan kemajuan industri yang cepat sehingga memiliki HDI (Human Development Index) dan pendapatan perkapita tinggi.

2. Pengertian Negara Berkembang

pengertian negara berkembang
pengertian negara berkembang

Pengertian negara berkembang adalah negara yang tergolong rendah pendapatan perkapitanya. Laju perekonomi masih lambat dan industri belum maju. Terbukti banyak negara berkembang yang membutuhkan negara maju untuk memenuhi berbagai kebutuhan barang yang belum bisa dibuat di negaranya.

Ciri-ciri Negara Maju dan Bekembang

Adapun ciri-ciri negara maju dan berkembang memiliki ciri-ciri yang berbeda, untuk itu kita akan bahas satu per satu antara ciri-ciri negara maju dan berkembang sebagai berikut.

A. Ciri-Ciri Negara Maju

ciri-ciri negara maju
ciri-ciri negara maju

Berikut adalah ciri-ciri negara maju, yang mana negara dapat dikatakan negara maju jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Tingkat Pengangguran Rendah

Lapangan kerja yang tersedia jumlahnya seimbang dengan jumlah pekerja. Kondisi seperti ini menjadi salah satu indikator atau sebagai ciri-ciri negara maju. Apabila tenaga kerja jumlahnya lebih sedikit daripada lapangan pekerjaan maka menyebabkan pertumbuhan ekonomi tidak optimal.

Anda tetap menjumpai adanya pengangguran yang dikenal dengan istilah pengangguran friksional. Artinya, seseorang menganggur karena berpindah dari pekerjaan yang satu ke pekerjaan lainnya. Orang tersebut memperoleh jaminan sosial dari pemerintah. Namun, para pengangguran justru merasa malu sehingga berusaha keras dan tidak bermalas-malasan, hehe.

2. Pendapatan Perkapita Tinggi

Ciri negara maju berikutnya yaitu pendapatan perkapita tinggi. Pendapatan perkapita merupakan pendapatan rata-rata penduduk suatu negara dalam satu tahun. Standar minimal pendapatan negara maju yang ditetapkan oleh bank dunia adalah 10,726 USD.

3. IPTEK Berkembang Pesat

Berkembangnya IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) di negara maju dapat terjadi karena adanya dukungan dari pemerintah dalam bentuk fasilitas dan biaya yang diberikan kepada ilmuwan. Para ilmuwan mendapatkan gaji yang besar sehingga terdorong untuk bekerja keras dan menciptakan inovasi baru secara berkelanjutan.

Inovasi yang dihasilkan diaplikasikan untuk kemajuan di bidang kesehatan, astronomi, pendidikan, militer, produksi dan lain-lain. Perkembangan tersebut diterima dengan baik oleh masyarakat karena memberikan dampak positif terutama dalam hal karier.

4. Perekonomian Bertumpu pada Sektor Jasa dan Industri

Anda bisa melihat ciri negara maju pada negara Jepang yang memiliki industrinya maju. Tak heran jika perusahaan di sana berhasil menjual barang-barang hasil produksinya dengan harga tinggi. Industri di Korea Selatan juga sangat maju terutama di bidang elektronik. Hasil ekspor barang-barang elektronik seperti smartphone dan laptop terbukti dapat menaikkan income negara.

5. Tingkat Kedisiplinan Tinggi

Negara maju memiliki rata-rata waktu produktif bekerja minimal 8 jam. Pekerja terkenal dengan sikap tanggung jawab dan disiplin yang tinggi serta hampir tidak pernah terlambat. Budaya positif ini juga merupakan ciri-ciri negara maju yang mampu memaksimalkan sumber daya yang ada sehingga pertumbuhan pembangunan berjalan efektif.

6. Kualitas Pendidikan Baik

Pendidikan yang berkualitas baik juga merupakan salah satu ciri negara maju yang ditandai dengan penduduknya telah lancar menulis dan membaca. Hal ini didukung adanya kebijakan pemerintah yang mewajibkan seluruh penduduk mengikuti pendidikan. Bentuk dukungan dari pemerintah juga diwujudkan dengan memberikan fasilitas yang cukup memadai.

7. Pertumbuhan Penduduk Rendah

Jumlah kelahiran dan kematian balita yang rendah membuat negara maju tidak padat penduduk. Hal ini dapat terjadi karena masyarakat sangat memahami perencanaan keluarga yang baik, fasilitas kesehatan memadai, menunda pernikahan dini dan adanya wanita karir, hihi.

B. Ciri-ciri Negara Berkembang

ciri-ciri negara berkembang
ciri-ciri negara berkembang

Berikut adalah ciri-ciri negara berkembang, yang mana negara dapat dikatakan negara berkembang jika memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Pendapatan Perkapita Rendah

Berdasarkan informasi dari bank dunia, ciri negara berkembang yang tergolong tingkat atas memiliki pendapatan $3,466-$10,275. Sedangkan, besarnya pendapatan di negara berkembang tingkat menengah yaitu $876-$3,465.

2. Perekonomian Bergantung pada Sektor Primer

Sektor primer artinya pemasukan negara sangat bergantung pada hasil alam, Hal ini juga menjadi salah satu ciri negara berkembang. Mayoritas profesi penduduknya adalah sebagai nelayan dan petani. Apabila tidak dilakukan inovasi maka memicu kerusakan lingkungan.

3. Rendahnya Pendidikan

Rendahnya pendapatan suatu negara berpengaruh besar terhadap mutu pendidikan penduduknya. Hal ini juga menjadi ciri negara berkembang dikarenakan pemerintah tidak mampu memberikan fasilitas guna menunjang kemajuan pendidikan.

Akibatnya, sistem pendidikan yang berlaku kurang efektif sehingga menurunkan semangat belajar masyarakat. Selain itu, kesadaran akan pentingnya membaca juga rendah sehingga masih banyak dijumpai orang yang buta huruf.

4. Tingkat Pengangguran Tinggi

Seiring berkembangnya zaman persaingan di dunia kerja semakin ketat. Perusahaan menerapkan standar tinggi saat merekrut calon pegawai. Salah satunya mensyaratkan pendidikan minimal SMA atau sederajat. Namun, akibat tingkat pendidikan yang rendah membuat banyak orang menganggur. Di sisi lain, lapangan pekerjaan yang tersedia juga tidak banyak.

5. Kurang Disiplin

Adanya pemikiran bahwa hari ini yang penting bisa makan membuat hilangnya keinginan untuk berkompetisi satu sama lain. Parahnya, pemikiran itu telah diwariskan dari generasi ke generasi. Nah itulah yang menjadi salah satu ciri negara berkembang yakni banyaknya masyarakat yang kurang disiplin dan tidak menghargai waktu.

6. Iptek Belum Maju

Perkembangan iptek didukung oleh kemajuan di bidang pendidikan. Di negara berkembang, pemerintah lebih berfokus memikirkan permasalahan di sektor lain yang lebih penting dibandingkan iptek. Dengan demikian, tak heran jika banyak masyarakat yang kurang menguasai iptek, hehe.

Selain karena dana yang disediakan oleh pemerintah sangat sedikit, jumlah ilmuwan yang ahli di bidangnya juga terbatas. Perbedaan antara negara maju dan berkembang terletak pada kebijakan pemerintah. Pendapatan di negara maju cukup tinggi sehingga pemerintah berani memberikan dana yang besar kepada para ilmuwan untuk mengembangkan iptek di negaranya.

7. Laju Pertumbuhan Tinggi

Banyak faktor yang membuat tingginya angka pertumbuhan di negara berkembang, antara lain adalah jumlah wanita karier sedikit dan tingginya pernikahan dini. Hal ini menyebabkan angka kelahiran terus bertambah. Minimnya akses kesehatan juga memicu angka kematian meningkat.

8. Lebih Banyak Kegiatan Impor daripada Ekspor

Yang menjadi ciri negara berkembang yakni suatu negara belum bisa memenuhi kebutuhannya masyarakat, Sehingga Pemerintah harus mendatangkan barang dari negara lain demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Sebenarnya, negara berkembang pun bisa melakukan ekspor namun masih sebatas bahan mentah. Bahan alam langsung dijual ke negara lain karena negara tersebut tidak memiliki teknologi untuk mengolahnya menjadi barang siap pakai.

9. Banyak Kasus Korupsi

Negara yang masuk peringkat 10 besar untuk kasus korupsi tertinggi di dunia diduduki oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Pemerintah yang kurang tegas membuat kasus tersebut tidak berujung di Indonesia. Lain halnya dengan Cina yang dengan tegas memberlakukan hukuman mati kepada para pejabat yang terlibat kasus korupsi.

Daftar Negara Maju dan Berkembang di Dunia

daftar negara maju dan berkembang
daftar negara maju dan berkembang

Berikut adalah daftar negara maju dan berkembang yang ada di dunia.

1. Contoh Negara Maju

Negara maju banyak dijumpai di Benua Eropa dibandingkan dengan benua-benua yang lain. Namun kali ini, kita akan lihat seluruh daftar negara maju yang ada di dunia.

Contoh Negara Maju di Benua Asia
  1. Singapura,
  2. Jepang,
  3. Hong Kong,
  4. Korea Selatan,
  5. Israel,
  6. Taiwan.
Contoh Negara Maju di Benua Eropa
  1. Austria,
  2. Denmark,
  3. Estonia,
  4. Belgia,
  5. Perancis,
  6. Republik Cheko,
  7. Yunani,
  8. Irlandia,
  9. Luxemburg,
  10. Italia,
  11. Belanda,
  12. Portugal,
  13. Rusia,
  14. Swedia,
  15. Spanyol,
  16. Monaco,
  17. Malta,
  18. Slovenia,
  19. Norwegia,
  20. Siprus,
  21. Vatikan, dan masih banyak lagi.
Contoh Negara Maju di Benua Amerika
  1. Kanada,
  2. Amerika Serikat.
Contoh Negara Maju di Benua Australia dan Oceania
  1. Australia,
  2. Selandia Baru.

2. Contoh Negara Berkembang

Beberapa negara berkembang antara lain Indonesia, India, Turki, Nigeria, Brazil, Peru, Haiti, Suriname, Iran, Irak, Arab Saudi, Yaman, Suriah, Sudan, Filipina, Thailand, Kamboja, Vietnam, Qatar, Sri Lanka, Korea Utara dan lain-lain.

Contoh Negara Berkembang di Benua Eropa
  1. Azerbeijan,
  2. Bulgaria,
  3. Belarus,
  4. Georgia,
  5. Kroasia,
  6. Kosovo,
  7. Lithuania,
  8. Makedonia,
  9. Ukraina,
  10. Moldova,
  11. Romania,
  12. Serbia,
  13. Turki, dll
Contoh Negara Berkembang di Benua Afrika
  1. Mesir,
  2. Djibouti,
  3. Libya,
  4. Maroko,
  5. Sudan,
  6. Mauritania,
  7. Angola,
  8. Tunisia,
  9. Sudan Selatan,
  10. Cape Verde,
  11. Kamerun,
  12. Burundi,
  13. Komoro,
  14. Republik Afrika Tengah,
  15. Ethiopia,
  16. Gabon,
  17. Ghana,
  18. Gambia, dll.
Contoh Negara Berkembang di Benua Amerika
  1. Argentina,
  2. Barbados,
  3. Belize,
  4. Chili,
  5. Brazil,
  6. Dominika,
  7. Costa Rica,
  8. Ekuador,
  9. El Salvador,
  10. Honduras,
  11. Jamaika,
  12. Panama,
  13. Paraguay,
  14. Meksiko,
  15. Uruguay,
  16. Ekuador,
  17. Venezuela, dll.
Contoh Negara Berkembang di Benua Asia
  1. Bhutan,
  2. Kazakstan,
  3. Mongolia,
  4. Armenia,
  5. Afghanistan,
  6. Bangladesh,
  7. Brunei,
  8. Kamboja,
  9. China,
  10. India,
  11. Korea Utara,
  12. Indonesia,
  13. Myanmar,
  14. Nepal,
  15. Papua Nugini,
  16. Palestina, dll.
Contoh Negara Berkembang di Benua Australia dan Oceania
  1. Federasi Mikronesia,
  2. Nauru,
  3. Samoa,
  4. Solomon,
  5. Tonga,
  6. Tuvalu,
  7. Kepulauan Marshal,
  8. Vanuatu.

Nah itulah pembahasan kita kali ini mengenai negara maju dan berkembang mulai dari perbedaan negara maju dan berkembang, pengertian negara maju dan berkembang, ciri-ciri negara maju dan berkembang, daftar contoh negara maju dan berkembang.

 

rizki
Manusia biasa yang terus berjuang untuk memperbaiki diri