Cermin Cembung

Kamu dapat mempelajari tentang sifat-sifat cermin cembung melalui eksperimen. Untuk bereksperimen dengan cermin jenis ini, penting untuk memahami bagaimana cara cermin ini memantulkan cahaya. Kamu dapat menjelajahi sifat cermin ini dengan membandingkannya dengan cermin cekung. Gunakan cermin cekung untuk memantulkan sumber cahaya ke dinding atau permukaan berwarna terang.

Coba masukkan jarimu di atas bagian cermin. Ulangi proses ini dengan cermin divergen. Hanya satu cermin, cermin cekung yang akan menunjukkan jarimu saat memasuki sumber cahaya yang dipantulkan. Alasannya, karena titik fokus atau titik di mana sinar dari cermin bertemu berada di depan cermin cekung, sehinggamenciptakan gambar nyata. Tetapi di belakang cermin cembung menciptakan gambar virtual.

Pengertian Cermin Cembung

Cermin cembung adalah cermin melengkung di mana permukaan reflektif menonjol ke arah sumber cahaya. Permukaan yang menonjol ini memantulkan cahaya ke luar dan tidak digunakan untuk memfokuskan cahaya. Cermin-cermin ini membentuk gambar virtual karena titik fokus (F) dan pusat kelengkungan (2F) adalah titik imajiner di cermin yang tidak dapat dijangkau.

Ini menghasilkan pembentukan gambar yang tidak dapat diproyeksikan pada layar karena gambar ada di dalam cermin. Gambar terlihat lebih kecil daripada objek dari kejauhan tetapi menjadi lebih besar saat objek lebih dekat ke cermin. Cermin cembung juga dikenal sebagai cermin divergen karena cermin jenis ini menyebarkan cahaya yang masuk ke dalamnya.

Istilah “cermin divergen” didasarkan pada perilaku cermin yang membuat sinar berbeda pada refleksi. Jadi, ketika Kamu mengarahkan seberkas cahaya pada cermin divergen, cermin itu akan memungkinkan sinar paralel awalnya yang membentuk balok itu menyimpang setelah menabrak permukaan reflektif. Gambar yang dibentuk oleh cermin divergen tidak dapat diproyeksikan pada layar.

Gambar seperti itu disebut gambar virtual. Jika seseorang ingin memvisualisasikan lokasi gambar virtual tersebut, maka gambar tersebut ditemukan di balik permukaan cermin. Deskripsi lengkap gambar yang dibentuk oleh cermin divergen adalah: virtual, ukurannya diperkecil, dan tegak.

Ketika Kamu mengatakan tegak, berarti bahwa jika Kamu memposisikan panah di depan permukaan pantulan ini, maka panah dari pantulan akan menunjuk ke arah yang sama dengan objek (panah sebenarnya) itu sendiri.

Ingin melihat cermin cembung dan cermin cekung? Keluarkan sendok logam yang Kamu punya, sisi dalam adalah cermin cekung sedangkan sisi luar adalah cermin divergen / cembung. Perhatikan bagaimana ukuran pantulanmu berkurang. Kamu dapat membandingkannya dengan refleksimu pada cermin yang dipasang di dinding.

Sifat Cermin Cembung

  1. Cermin divergen memiliki bidang pandang yang lebih luas daripada permukaan reflektif lainnya, seperti cermin bidang atau cermin cekung.
  2. Diagram sinar yang dibangun untuk cermin divergen mengungkapkan bahwa gambar objek itu virtual, tegak, ukurannya diperkecil dan terletak di belakang cermin. Lokasi objek tidak mempengaruhi karakteristik gambar. Dengan demikian, karakteristik gambar yang dibentuk oleh cermin divergen mudah diprediksi.
  3. Karakteristik lain dari gambar objek yang dibentuk oleh cermin divergen berkaitan dengan bagaimana variasi dalam jarak objek mempengaruhi jarak dan ukuran gambar.
  4. Kamu harus menjadi lebih kreatif untuk menemukan titik fokus cermin divergen. Kamu dapat menemukan titik fokus cermin divergen dengan mengukur sudut di mana cahaya memantul darinya. Perbaiki laser pointer sehingga levelnya sempurna. Tempatkan cermin divergen di depan balok dan ukur sudut yang dipantulkannya. Jika Kamu memproyeksikan sudut itu kembali melalui cermin ke titik tengah, Kamu telah menemukan titik fokus cermin.

Rumus Cermin Cembung

Pada dasarnya rumus cermin divergen sama saja dengan rumus cermin cekung, hanya saja nilai fokusnya negatif. Jadi rumus cermin cembung adalah:

rumus cermin cembung

Keterangan:
f = fokus cermin
s = jarak benda dari cermin
s’ = jarak bayangan

Sedangkan untuk mencari perbesaran bayangan, gunakan rumus

rumus dari cermin cembung

Keterangan:
s = jarak benda dari cermin
s’ = jarak bayangan
h’ = tinggi bayangan
h = tinggi benda

Contoh Cermin Cembung

1. Sunglasses

Apakah Kamu telah menggunakan sunglasses berkali-kali namun tidak sekalipun Kamu repot memperhatikan atau bahkan berpikir bahwa kaca/lensa yang digunakan adalah cermin divergen? Cermin divergen sebenarnya memantulkan sinar matahari dan mencegahnya mencapai mata.

2. Cermin kendaraan

Kamu mungkin telah memperhatikan dan membaca pernyataan bahwa objek yang dilihat di cermin kendaraan lebih dekat daripada yang terlihat. Tetapi satu hal yang tidak akan Kamu sadari adalah cermin tersebut adalah cermin cembung. Alasan menggunakan cermin ini adalah cermin jenis ini dapat menyimpang dari cahaya dan dapat membuat gambar virtual.

3. Kaca pembesar

Cermin divergen digunakan untuk membuat kaca pembesar. Sifat cermin divergen untuk menyimpang cahaya adalah alasan mengapa cermin ini digunakan untuk membuat kaca pembesar. Sebenarnya, dua cermin cembung saling menempel dengan menempatkannya kembali ke belakang untuk membuat kaca pembesar.

4. Untuk tujuan keamanan

Ada banyak tempat yang menggunakan cermin divergen untuk tujuan keamanan. Contoh terbaik dan paling umum adalah bahwa Kamu akan melihat di ATM. Mereka ditempatkan di ATM sehingga orang yang mengoperasikan ATM akan tahu jika seseorang mendekati dari belakang. Jadi jangan lagi berfikir bahwa cermin ini disediakan khusus untuk touch-up yaa, hehehee.

5. Reflektor lampu jalan

Sebagian besar dari Kamu akan menyebutnya malapetaka atau mungkin dengan nama lain. Tetapi kenyataannya adalah bahwa bagian atas dari lampu jalan adalah cermin cembung. Karena cermin divergen memiliki sifat untuk menyimpang dari cahaya, cermin ini digunakan sebagai reflektor pada lampu jalan sehingga dapat menyebarkan cahaya ke area yang luas.

6. Sebagai perangkat keamanan yang baik

Cermin divergen juga merupakan perangkat keamanan yang baik. Pemilik toko, misalnya, memasang beberapa dari cermin ini di dalam toko dan mengarahkannya sedemikian rupa sehingga seorang petugas keamanan tunggal dapat melihat sebagian besar toko bahkan sambil memantau dari satu lokasi.

Permukaan cermin ini reflektif besar seperti disk yang Kamu lihat di dekat langit-langit toko kelontong atau toko serba ada. Jenis perangkat keamanan yang sama dipasang pada mesin teller otomatis untuk memberikan pandangan yang baik tentang apa yang terjadi di belakangnya. Beberapa ponsel juga dilengkapi dengan cermin ini untuk membantu pengguna saat melakukan bidikan potret.

Sinar yang masuk ke cermin lurus dipantulkan pada sudut yang sama dengan sudut kelengkungan cermin. Sinar yang masuk pada sudut kelengkungan dipantulkan sejajar dengan sumbu cermin. Menggunakan cermin divergen bulat Kamu dapat menjelajahi bagaimana cermin divergen mencerminkan dunia. Lakukan percobaan berikut.

Tempatkan cermin di dinding dengan sudut. Bergeraklah mengelilingi ruangan sambil memandangi cermin. Di beberapa tempat Kamu harus dapat melihat sudut di cermin meskipun kamu tidak dapat melihat sudut dari tempat Kamu berdiri. Lakukan percobaan dengan tempat Kamu dapat melihat efek ini. Di mana Kamu harus berdiri relatif terhadap apa yang Kamu lihat? Pikirkan jarak dan sudut cermin.

Tinggalkan komentar