Present Perfect Tense

Tense di perlukan untuk menggambarkan atau menyampaikan suatu kejadian. Begitu pun dengan present perfect tense yang digunakan dalam memberikan informasi atas suatu kejadian dahulu. Namun, kejadian tersebut masih berlanjut hingga saat ini. Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai bentuk tense ini. Termasuk, rumus, ciri, pengertian, berikut dengan contohnya.

Pengertian Present Perfect Tense

Bentuk tense ini memberikan gambaran yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian. Akan tetapi, kejadian tersebut terjadi di masa yang lampau dan masih terjadi di masa sekarang. Bisa juga di jelaskan sebagai sebuah kejadian yang terjadinya telah lama di masa lalu, meskipun efeknya masih terjadi hingga saat ini. Akan ada bingkai waktu tertentu yang harus di gunakan.

Penggabungan perfect tense yang dijelaskan sebagai masa lampau juga present yang menjadi penjelasan masa sekarang. Beberapa pendapat mengatakan jika tense ini sering digunakan sebagai sebuah penghubung dari masa lalu dan saat ini. Akan tetapi, ada beberapa rumus yang harus di perhatikan ketika akan membuat tense ini seperti pada penjelasan di bawah.

Contoh Rumus Present Perfect Tense

Dalam rumus present perfect tense, akan menggunakan auxiliary verb have atau has juga past participle dengan verb3 sebagai pembentuk utamanya. Bentuk have akan berpasangan dengan subject I, You, They, dan We. Untuk has akan dipasangkan dengan subject It, She dan juga He, semua bentuk ini wajib untuk dilakukan ketika membuat kalimat dalam bentuk tense ini.

Rumus:

a. Dalam pembuatan kalimat positif: (I/We/They/You + Have + Verb3), dan (He/She/It + Has + Verb3), dengan

contoh: They have stayed in Tasikmalaya for a long time, she has learned Indonesian language for one month.

b. Dalam pembuatan kalimat negative: (I/You/They/We + Have + not + Verb3), dan (HE/It/SHE + Has + Not + Verb3), dengan

contoh: They have not stayed in Tasikmalaya for a long time, she has not learned Indonesian language for one month.

c. Dalam pembuatan kalimat interrogative: (HAVE + I/They/We/You + Verb3 +?), dan (Has + He/It/She + Verb3+?), dengan

contoh kalimat: Have they stayed in Tasikmalaya for a long time?,Has she learned Indonesian language for one month?

Perlu untuk diketahui jika bentuk tense ini akan perlu ditambahkan ed, en, d, t, n, dan ne dengan bentuk regular verb. Untuk bentuk irregular verbnya tidak akan dibentuk dengan konsisten atau dalam past participle.

Penggunaan Since, For dan Keterangan Waktu Lainnya

Untuk setiap kalimat dalam bentuk tense ini akan menggunakan keterangan waktu yang dijelaskan dengan for dan since. Ada beberapa keterangan waktu yang bisa kamu gunakan ketika membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan tense tersebut. Dibedakan dengan kurun waktu jam, hari, bulan, atau tahun dan beberapa keterangan kejadian di saat tertentu.

  • Recently
  • Lately
  • Already
  • Just
  • Yet
  • Ever
  • For yang ditambahkan dengan period of time up to present: – for three days, for an hour, for one year, for two weeks, for many times.
  • Since yang ditambahkan dengan starting time seperti: since 2 am, since this month, since I went here, since yesterday, dan lain sebagainya.

Kamu bisa menambahkan kurun atau keterangan waktu di atas untuk menjelaskan beberapa kejadian di waktu tertentu. Cobalah untuk memasangkan rumus seperti yang telah di jelaskan dengan menambahkan keterangan waktu tersebut.

Contoh Kalimat Beserta Penggunaan Rumus

  1. I have not seen my dog recently.
  2. Have you ever been to Tasikmalaya?
  3. Fanny has not received the food yet.
  4. They have not seen Jaja for one month.
  5. It has not sunny since January.

Kalimat-kalimatKalimat-kalimat tersebut telah dibuat menggunakan rumus yang baik dan benar. Kamu bisa mengubah beberapa contoh kalimat di atas sebagai bahan untuk berlatih. Terdapat beberapa keterangan waktu yang bisa di ubah atau di tambahkan untuk memberikan kejelasan.

Bentuk Kalimat dengan Waktu Tertentu

Ada beberapa kalimat yang jika digunakan atau di ucapkan menggunakan rumus tertentu bisa memengaruhi penggunaannya. Mempelajari atau mengetahui beberapa penggunaan rumus tertentu akan sangat berguna. Selain memberikan kejelasan, hal tersebut bisa membantu kamu untuk menerangkan dengan tambahan keterangan waktu tertentu.

a. Digunakan sebagai penjelasan suatu kejadian yang di mulai pada masa lalu, akan tetapi masih berlanjut hingga masa sekarang.

Contoh:
– I have lived in New Jersey for 6 Months.
– My brother has worked in Paris since one years ago.

b. Digunakan sebagai penjelas akan kejadian yang dimulai juga diakhiri pada masa lampau. Akan tetapi, efeknya masih terjadi hingga saat ini.

Contoh:
– I have tried the game
– He has betrayed all of us

c. Digunakan sebagai petunjuk akan kejadian yang terjadi berulang pada masa lampau.

Contoh:
– DaniDani has surprised you three times
– I have eaten the pasta couple times

d. Digunakan sebagai pengungkapan kejadian yang baru saja dilakukan atau baru saja terjadi.

Contoh:
– My brother has just gone to school.
– They have just killed the cows

Setiap bentuk tense ini selalu berhubungan dengan penjelasan akan kejadian masa lalu dan masa sekarang sebagai penghubung. Mengingat rumus serta penggunaannya, membuat kalimat menggunakan tense yang sama akan jauh lebih mudah.

Bentuk Passive Voice Beserta Rumusnya

Hampir di setiap bentuk tenses akan memiliki kalimat yang dibangun dengan passive voice. Seperti pada present perfect tense ini yang bisa dijelaskan dengan kalimat passive. Bentuk pada kalimat voice di bangun dengan past participle dengan verb3. Setiap kalimatnya diawali dengan auxiliary verb atau have/has.

Untuk has akan digunakan pada singular subject terkecuali subject I dan You. Kata have akan digunakan pada subjectI, You dan Plural subject. Auxiry Verb atau sering disebut dengan been. Berikut rumus yang perlu diperhatikan ketika akan membuat bentuk passive voice.

Perbandingan rumus antara active dan passive voice:

Active: S + Have/Has + Past Participle + Direct Object

Passive: S sebagai direct object + Have/Has + Been + Past Participle +/- by agent

Contoh kalimat:

  1. Great opening has been prepared for the show.
  2. Your application has been reviewed.
  3. My deposit has been used to purchase a new house.
  4. The review has been sent yesterday.
  5. Some food has just been given to her.

Perlu di ketahui jika setiap agent pada passive dan active voice akan berbeda. Pasalnya, subject akan bertindak atau menjadi penerima aksi. Agent di sana berperan menjadi pelaku dari suatu aksi. Di setiap rumus yang berlaku pada transitive verb yang setiap kata kerjanya umum dan langsung dibuat dalam bentuk passive.

Tinggalkan komentar