Review Panasonic Lumix ZS200, Kamera Travel Portabel

pastiguna.com –┬áPanasonic Lumix ZS200 relatif mahal, tetapi dengan zoom optik 15x yang kuat dan sensor gambar besar 1 inci dalam bodi yang ringkas, sangat cocok untuk bepergian.

Spesifikasi Panasonic Lumix ZS200

Spesifikasi
Megapiksel: sensor 20/1 inci
Jenis lensa: 15x optical zoom (setara 24mm-360mm)
Rentang ISO: 100-25.600
Video (resolusi maksimum): 4K/30fps
Kecepatan pemotretan: 10 fps
Layar: 3 inci
wifi: ya
Masa pakai baterai: 370 bidikan
Dimensi/Berat: 4,4 x 2,6 x 1,8 inci / 12 ons

Kelebihan

  • + Lensa zoom optik panjang
  • + Fitur yang berguna
  • + Kompak
  • + Bersihkan jendela bidik elektronik dan LCD layar sentuh
  • + Pengaturan aplikasi nirkabel yang cepat dan mudah

Kekurangan

  • – Tidak ada hot shoe untuk flash eksternal
  • – Kontrol dan pengaturan yang tidak terorganisir dengan baik
  • – LCD yang kokoh

Panasonic Lumix ZS200 Rp. 12 jutaan dibuat untuk perjalanan. Kamera mungil ini mengambil foto dan video yang luar biasa dengan sensor 20 megapiksel dan memungkinkan Anda melihat aksi dari dekat dengan lensa zoom optik 15x.

Serangkaian panggilan fisik dan banyak fitur lainnya seperti kemampuan mengambil foto RAW akan menarik bagi pengguna tingkat lanjut. Ada beberapa hal yang perlu diubah, tetapi ZS200 adalah kamera perjalanan yang bagus jika Anda mencari sesuatu yang kecil namun serbaguna.

Desain dan Kontrol Panasonic Lumix ZS200

Desain dan Kontrol Panasonic Lumix ZS200

Apa yang membuat Lumix ZS200 menjadi kamera perjalanan yang hebat? Pertama, ini sangat portabel. ZS200 berukuran 4,4 x 2,6 x 1,8 inci dan berat 12 ons, membuatnya sedikit lebih besar dari harga Sony RX100 V (4 x 2,3 x 1,6 inci dan 10,6 ons).

Namun ZS200 juga memiliki 15x optical zoom (setara dengan 24mm-360mm), memberikan jangkauan yang jauh lebih luas daripada Sony RX100 V atau bahkan Canon G1 X Mark III.

Meskipun Anda tidak akan mendapatkan pengaturan aperture lebar f/1.8-2.8 yang bisa Anda dapatkan dari Sony, lensa ZS200 masih menawarkan cara untuk menangkap kedalaman bidang yang dangkal dalam foto Anda. Saya juga menghargai jendela bidik elektronik Lumix ZS200 yang sangat tajam dan jernih.

Jendela bidik ini memungkinkan saya untuk mengatur dan meninjau foto dan video saat sinar matahari menyapu layar. Ada kualitas lain yang membuat ZS200 menjadi superzoom perjalanan yang luar biasa.

Itu karena ada banyak kontrol fisik, dial, cincin kontrol, dan tombol, serta LCD layar sentuh yang sangat responsif (yang sayangnya tidak berputar atau miring). , Anda dapat mengubah dan menyesuaikan gambar dan video dengan cepat. Sistem menu kamera juga cukup jelas dan mudah digunakan.

LCD layar sentuh ZS200 yang cerah dan mudah digunakan berguna dalam banyak skenario pengambilan gambar, tetapi kami menghargai jendela bidik elektronik kamera yang sangat tajam dan tajam (2,3 juta titik). Video saat sinar matahari menyapu layar.

Untuk beberapa fotografer, menghilangkan hot shoe bisa menjadi dealbreaker. Namun, bagi sebagian besar konsumen, lampu kilat pop-up memberikan cahaya ekstra yang cukup di sebagian besar situasi.

Performa dan Fitur

Alasan lain mengapa ZS200 menjadi teman perjalanan yang hebat adalah karena dikemas dengan fitur yang berguna dan kreatif. Rentang zoom optik 15x sangat berguna untuk fotografi dan rekaman video di dalam dan luar ruangan, seperti yang dapat Anda lihat dari foto sampel saya.

ZS200 juga hadir dengan mode burst yang kuat yang dapat memotret 10 frame per detik, atau 6 fps saat setiap bidikan difokuskan ulang. Saya menemukan mod untuk bekerja dengan cukup baik.

Lampu kilat serbaguna kamera memungkinkan Anda menyesuaikan jumlah keluaran dan menawarkan mode tambahan seperti lampu kilat sinkronisasi lambat dan lampu kilat tirai belakang.

ZS200 menyertakan beberapa pengaturan yang sangat andal untuk mengambil foto, dan Anda dapat menyesuaikan fokus bahkan setelah gambar diambil.

Anda dapat mengakses banyak fitur dari layar sentuh, seperti menyetel titik fokus otomatis baru, memanggil histogram Live View, mengambil gambar, dan lainnya. Anda juga dapat mengakses sejumlah filter efek menyenangkan di sini.

ZS200 menyertakan beberapa pengaturan yang sangat andal untuk mengambil foto, dan Anda bahkan dapat menyesuaikan fokus untuk mendapatkan titik fokus yang tepat setelah mengambil gambar (atau lebih tepatnya, klip video pendek).

Misalnya, jika Anda merekam rentetan resolusi 4K (sebenarnya klip video 1 detik) dalam mode pasca-fokus (berguna untuk subjek yang tidak bergerak), titik fokus akan berubah secara otomatis selama durasi klip. Setelah Anda mengambilnya, Anda dapat kembali ke klip kamera dan mengekstrak fotonya (ini adalah foto beresolusi rendah sekitar 8MP).

Kualitas Gambar Panasonic Lumix ZS200

Kamera jembatan ini menggunakan sensor 20MP 1 inci untuk memberi Anda banyak kinerja dan kualitas, dan sedikit kelonggaran jika Anda perlu memangkas gambar.

Anda dapat melihat kualitasnya di foto uji cahaya terang saya. Bahkan garis gambar yang sangat halus pun memiliki detail yang sangat halus. Itu juga menangkap warna yang akurat, bersemangat, dan jenuh. Rentang dinamis akurat dalam gambar ini, mulai dari sorotan terang hingga rona gelap terdalam.

Seperti banyak kamera jembatan (tidak seperti superzoom), Lumix ZS200 dapat menangkap file RAW. Tidak seperti JPEG, file RAW adalah format yang tidak terkompresi dan tidak diproses secara internal di dalam kamera. Artinya, Anda dapat mengimpornya ke aplikasi pengeditan foto untuk menghasilkan gambar dengan kualitas lebih baik.

Secara keseluruhan, bidikan uji cahaya rendah kami cukup bagus. Warna dan kualitas keseluruhan baik-baik saja pada ISO 6400, tetapi noise mulai bersaing dengan detailnya. Rentang dinamis sangat kuat kecuali nada paling gelap. Saya tidak melihat adanya distorsi barel atau bantalan yang terlihat di lensa.

Dalam foto uji aktual kami, kinerja ZS200 sangat baik, baik di lingkungan kota yang sibuk atau pertemuan keluarga yang damai. Itu fokus dengan cepat dan akurat di hampir setiap titik dalam rentang zoom-nya, bahkan dalam skenario yang relatif kurang cahaya.

Itu juga dapat dengan mudah disesuaikan agar sesuai dengan kondisi pencahayaan yang berbeda. Kami juga menyukai kemampuan untuk beralih dengan cepat ke pengaturan lain, seperti mode pemandangan, dan tetap menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Kualitas Video Panasonic Lumix ZS200

Apakah Anda berada di kota atau pedesaan, saya menyukai cara kamera ini mengunci subjek dan dengan cepat menggeser eksposur atau fokus yang sesuai. Saya juga menemukan ZS200 mereproduksi audio yang bagus dari klip video, apakah itu merekam percakapan di acara keluarga atau suasana lingkungan pinggiran kota luar ruangan.

ZS200 dapat merekam video dalam resolusi 4K HD (30 atau 24 fps), 1080p (60 atau 30 fps) dan 720p (30 fps). Salah satu fitur yang sangat saya sukai adalah pengaturan video kecepatan tinggi (dalam mode video kreatif), yang memungkinkan Anda merekam video 1080p gerakan lambat pada 120fps, empat kali lebih lambat dari gerakan normal.

Saya menemukan kamera untuk menyesuaikan eksposur dan fokus dengan baik. Panasonic terkenal dengan sistem stabilisasi gambar optiknya, dan bekerja dengan baik untuk ZS200. Sebagian besar klip saya terlihat halus dan menunjukkan sedikit getaran.

Wireless Sharing

Aplikasi nirkabel Panasonic, Aplikasi Gambar Panasonic (diatur menggunakan iPhone 7), membuat Anda aktif dan bekerja dengan sangat cepat. Faktanya, hanya perlu beberapa menit sebelum Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk mengontrol kamera dari jarak jauh dari hp atau mentransfer foto atau video ke iPhone.

Kami senang Anda dapat memulai koneksi telepon hanya dengan menekan tombol fungsi Wi-Fi di layar. Andai saja semua aplikasi kamera seluler bekerja dengan lancar.

Daya Tahan Baterai

Panasonic mengklaim ZS200 dapat menangkap 370 bidikan saat menggunakan tampilan layar sentuh dalam tampilan langsung dan 250 bidikan saat menggunakan jendela bidik elektronik. Keduanya adalah lebih dari 200 gambar yang dapat ditangkap oleh kamera bridge seperti Canon PowerShot G1 X Mark. AKU AKU AKU.

Menurut Panasonic, kamera ini dapat merekam video beresolusi HD sekitar 100 menit (setiap klip beresolusi HD dibatasi hingga 50 menit) atau 90 menit video beresolusi 4K (setiap klip beresolusi 4K berdurasi 45 menit).

Itu jauh lebih sedikit daripada yang bisa ditangkap oleh kamera yang lebih mahal seperti Canon PowerShot G1 X Mark III, yang dapat merekam video HD sekitar 240 menit (G1 X Mark III tidak merekam dalam 4K).

Kesimpulan

Keserbagunaan dan pengaturan khusus ZS200 (khususnya pengaturan pasca fokus dan makro), dipadukan dengan sensor MOS 1 inci dan ukurannya yang ringkas, menjadikannya kamera yang sangat serbaguna dan portabel.

Dengan zoom optik 15x yang kuat (dan sistem stabilisasi gambar yang solid), Anda mendapatkan kamera film 35mm yang mencakup rentang zoom 24mm-360mm.

Apertur terluas kamera adalah f/3.3, dan Anda harus membuat beberapa kompromi, seperti tidak ada hot shoe, tetapi ZS200 menawarkan keseimbangan yang bagus bagi mereka yang membutuhkan kamera perjalanan yang dapat disesuaikan dengan situasi.

Leave a Comment