Review Canon EOS Rebel T8i, Kamera DSLR untuk Pemula

pastiguna.com –┬áCanon EOS Rebel T8i adalah DSLR yang bagus untuk pemula dan merekam video 4K. Baca terus ulasan dari kami ini sebagai bahan pertimbangan ketika Anda ingin membelinya di kemudian hari.

Spesifikasi Canon EOS Rebel T8i

Spesifikasi
Jenis: DSLR
Sensor: APS-C
Megapiksel: 24.1
Kecepatan pemotretan maksimum: 7 fps
Resolusi video maksimum: 4K @ 24fps
Jendela bidik: Optik
Layar: Layar sentuh 3,2 inci yang dapat diputar
Dimensi/Berat: 5,16 x 4 x 3 inci / 18,2 ons

Kelebihan

  • + Perekaman video +4K
  • + Mudah digunakan
  • + Panduan bagus untuk pemula

Kekurangan

  • – Tidak ada pengisian daya USB

Apakah sudah waktunya untuk mengupgrade? Canon EOS Rebel T8i disebut-sebut sebagai kamera level pemula untuk pemula, penggemar, dan pembuat konten, tetapi memiliki beberapa fitur yang terdapat pada kamera Canon kelas atas.

Fitur yang paling menonjol adalah kemampuan untuk merekam video dalam 4K, termasuk video vertikal, yang akan menarik bagi set vlogging. Menggabungkan kontrol dan panduan yang mudah digunakan, ini adalah salah satu DSLR terbaik untuk fotografer pemula.

Lanjutkan membaca ulasan Canon EOS Rebel T8i kami yang lain untuk melihat apakah kamera ini tepat untuk Anda atau seseorang yang Anda kenal.

Harga dan Ketersediaan

T8i adalah kamera tercanggih di lini EOS Rebel. Dirilis pada Februari 2020, Canon T8i dibandrol dengan harga Rp. 12 jutaan dengan lensa kit 18-55M STM. Lihat Kode Promo Canon untuk cara mendapatkan harga lebih murah.

Selain sedikit perbedaan berat dan prosesor gambar yang ditingkatkan, tidak ada perbedaan besar antara T7i dan T8i. Perbedaan yang paling penting adalah bahwa T8i ditenagai oleh prosesor Canon DIGIC 8, yang memungkinkan perekaman video 4K dan pengambilan gambar kontinu 7fps, sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh T7i (6fps).

Desain Canon EOS Rebel T8i

Desain Canon EOS Rebel T8i

T8i cukup kecil untuk pas di tangan saya, dan tombol diposisikan untuk perubahan cepat dan mudah tanpa mengganggu aliran. Layar sentuh LCD 3 inci memberikan kontrol visual yang lebih baik saat mengatur titik fokus, menavigasi pengaturan menu, dan meninjau gambar.

Desain sudut variabel (yang dapat diputar ke atas dan ke bawah ke samping) membuat pemotretan sudut rendah lebih mudah dibandingkan dengan Canon Mark 5D IV.

Berukuran 5,16 x 4 x 3 inci dan 18,2 ons (dengan paket baterai dan kartu SD), sangat ringan dan ringkas sehingga Anda akan lupa bahwa Anda bahkan memasukkannya ke dalam ransel. Kelemahannya adalah kurangnya tombol yang menyala.

Bahkan untuk fotografer yang paling berpengalaman, tombol lampu merupakan keunggulan saat memotret dalam kondisi cahaya redup. Memiliki layar LCD yang menonjol bisa menjadi sedikit perbaikan, tetapi itu tidak ideal ketika Anda perlu berhati-hati.

Tidak seperti kamera mahal seperti Sony Alpha a7 II, T8i tidak memiliki segel tahan cuaca lingkungan untuk melindunginya dari air dan debu.

Antarmuka Canon EOS Rebel T8i

Antarmuka Canon EOS Rebel T8i

Jika Anda pembelajar visual atau benci membaca manual peralatan, layar LCD 3 inci T8i memandu Anda melalui berbagai fungsi dan pengaturan kamera, sehingga Anda dapat mengambil foto dan video yang tajam dan jernih dalam waktu singkat. Layar ini sangat berguna untuk pemula yang mempelajari semua fitur T8i.

Filter kreatif selalu berguna, terutama bagi pemula yang ingin berkreasi tanpa menggunakan perangkat lunak pengedit foto. Filter T8i termasuk Grainy B&W, Soft Focus, Fisheye (favorit saya), Watercolor, Toy Camera, HDR Art Vivid, HDR Art Bold, dan HDR Embossed.

Kualitas Gambar

T8i dikemas dengan sensor 24,1 megapiksel, ISO 100-25600, sistem AF all-cross-type 45 titik, dan prosesor gambar DIGIC 8. Menangkap detail halus dan warna kaya yang nyata pada setiap bidikan bukanlah masalah. Potret, olahraga, lanskap, kehidupan asrama – kamera ini akan mencakup semuanya.

Selama pemotretan, saya membawa kamera saya ke lokasi syuting untuk mengambil cuplikan di balik layar. Kami mulai memotret di pagi hari saat pengaturan pencahayaan agak ekstrem. Scene Intelligent Auto Mode (A+) dengan cepat menyesuaikan antara area teduh dan matahari cerah.

Warna dan detail yang kaya yang dibuat oleh penata rias ditangkap tanpa hambatan. Sebagai penata rias profesional, Anda tidak perlu khawatir kehilangan detail halus atau perubahan warna pada bidikan kecantikan Anda.

Seperti kebanyakan kamera, T8i kesulitan dalam situasi pencahayaan minim, terutama saat menggunakan lensa kit standar. Saya mengambil beberapa gambar teman saya selama sesi skating malam, dan T8i mengalami kesulitan untuk tetap fokus pada skater yang melewati lensa saya di bawah lampu taman neon.

Saya juga mengalami masalah yang sama saat pergi makan malam dan memotret desain kuku baru teman saya. Sekali lagi, T8i tidak dapat menghasilkan warna yang kaya dan memfokuskan subjek dengan tajam. IPhone saya bisa menghasilkan hasil yang lebih baik.

Grain tinggi, sedikit perubahan warna, dan keburaman akan meresapi gambar saat ISO dimaksimalkan, tetapi tidak perlu khawatir jika Anda dapat dengan mudah membuka lampu kilat atau menggunakan lensa yang lebih baik untuk situasi cahaya redup.

Dengan 45-point All Cross-Type AutoFocus T8i dikombinasikan dengan sistem Dual Pixel CMOS AF, Anda tidak akan melewatkan satu bidikan pun. AF deteksi fase 45 titik memudahkan mengambil foto diam melalui jendela bidik.

Itu cepat dan akurat saat melacak subjek yang bergerak cepat, bahkan dalam kondisi pencahayaan sedang hingga campuran. AF deteksi mata adalah fitur yang sangat membantu mempertahankan fokus pada mata subjek Anda saat ada gerakan di latar depan dan latar belakang, atau saat ada beberapa orang dalam bidikan.

Sistem Dual Pixel CMOS AF cepat dan mulus saat memotret Live View atau merekam film dengan layar LCD. T8i memudahkan merekam sekolah dan acara olahraga yang menjaga jarak secara sosial, kru #OOTD, atau liburan singkat.

Namun demikian, tidak ada kecepatan minimum ISO otomatis. T8i menambah kecepatan saat memperbesar, dan tidak ada stabilisasi gambar untuk gambar diam, hanya video.

Kualitas Video

Keunggulan yang signifikan adalah bahwa T8i tidak hanya merekam video dalam UHD 4K yang jernih hingga 24 fps, tetapi juga mendukung output video vertikal 16:9, cocok untuk vlogger dan pembuat konten yang menggunakan platform media sosial populer seperti Instagram’s IGTV atau Facebook’s Stories. telah dipanen.

LCD layar sentuh sudut variabel T8i memudahkan untuk menyusun bidikan dari berbagai sudut, dan saya terutama menyukai fitur stabilisasi gambar digital kamera, yang meminimalkan goyangan kamera untuk rekaman yang mulus.

T8i memuluskan petualangan sepatu roda kru saya di siang hari dan menyediakan panci yang rata dan lancar untuk gambar yang lebih sinematik.

Wireless Canon EOS Rebel T8i

Sebagai pembuat konten, penting untuk memiliki gambar yang konsisten, tepat waktu, dan relevan untuk mengungguli algoritme sosial dan memastikan postingan Anda terlihat. T8i memiliki kemampuan berbagi Wi-Fi dan Bluetooth bawaan.

Setelah syuting dengan influencer, saya dapat langsung berbagi foto dengannya menggunakan aplikasi Canon Connect. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan dan mengedit foto RAW dan JPEG untuk pengeditan yang cepat dan mudah dengan cepat.

Waktu yang biasanya diperlukan untuk mengunggah dan mentransfer gambar ke komputer saya telah sangat berkurang.

Daya Tahan Baterai

Anda tidak perlu khawatir tentang masa pakai baterai saat memotret dengan kamera Canon Anda. Tidak seperti kamera mirrorless Sony, satu baterai Canon bertahan sepanjang hari. Hal yang sama berlaku untuk T8i.

Menurut Canon, baterainya bertahan hingga 1240 jepretan saat menggunakan viewfinder saja. Namun dengan tampilan langsung, angka tersebut turun menjadi 360 bidikan. Satu kelemahannya adalah tidak ada pengisian USB, jadi Anda harus melepas baterai untuk cadangan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, T8i lolos uji sebagai kamera ramah pemula untuk fotografer pemula atau pembuat konten. Kemampuan merekam video 4K dengan dukungan 16:9 merupakan peningkatan yang sangat dibutuhkan dari T7i dan menempatkannya di kelas tersendiri.

Saat ini, pesaing terdekat Nikon adalah Nikon D5600, yang harganya lebih murah, tetapi tidak memiliki video 4K. Namun, penggantinya, D5700, diperkirakan tiba pada 2021. Secara keseluruhan, Canon T8i menghadirkan gambar yang bergaya dan tajam dalam kamera yang mudah digunakan dan tidak memerlukan biaya terlalu banyak.

Leave a Comment