Review Canon EOS 90D, DSLR Terbaik untuk Video

pastiguna.com –┬áDSLR Canon EOS 90D mid-range ini dibuat untuk video. Canon EOS 90D adalah pilihan yang solid bagi mereka yang ingin meningkatkan ke DSLR berfitur lengkap tanpa menghabiskan banyak uang.

Spesifikasi Canon EOS 90D

Spesifikasi
Megapiksel/Sensor: 32,5 APS-C
Rentang ISO: 100-25600
Resolusi video maks: 4K/30fps
Kecepatan pemotretan: 10 fps
Fokus otomatis: deteksi fase 45 titik
Layar: layar sentuh artikulasi 3 inci
Masa pakai baterai: 960 bidikan
Port: USB, mini HDMI, headphone, mikrofon
Slot Kartu: 1 x SD/SDHC/SDXC
Dimensi: 5,5 x 4,1 x 3 inci
Berat: 24,7 ons

Kelebihan

  • + Kualitas bagus
  • + LCD Layar Sentuh Terhubung Sepenuhnya
  • + Set fitur yang solid
  • + Video +4k

Kekurangan

  • – Pemutaran flash lambat dalam cahaya redup
  • – Lensa kit polos
  • -Slot kartu tunggal

Sudah tiga tahun sejak Canon merilis DSLR EOS 80D 24 megapiksel, yang menarik perhatian karena kemudahan penggunaannya dan peningkatan sistem Dual Pixel AF.

Penerusnya, EOS 90D, menyertakan sensor APS-C 32MP baru, pengambilan gambar kontinu 10fps, rentang ISO lebar (dapat ditingkatkan dari 100-25600 hingga 51200), video 4K, dan joystick AF. Fitur-fitur ini menjadikan 90D salah satu kamera DSLR terbaik untuk amatir tingkat lanjut, terutama mereka yang ingin merekam video.

Harga dan Ketersediaan

Canon EOS 90D tersedia seharga Rp. 18 jutaan (hanya bodi). Rp. 20 jutaan dengan lensa EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM; Rp. 24 jutaan untuk lensa EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS USM.

Untuk Siapa Kamera Ini?

Amatir berpengalaman yang mencari DSLR baru, dan penggemar yang ingin melangkah lebih jauh dengan kamera yang lebih canggih (terutama jika mereka sudah memiliki lensa Canon) akan menganggap banyak fitur kamera ini menarik.

Dan pengguna 80D saat ini dan model seri D EOS sebelumnya mungkin tergoda oleh sensor 90D beresolusi lebih tinggi, pemotretan beruntun yang lebih cepat, dan video 4K.

Yang Kami Suka dari Canon EOS 90D

Berikut adalah beberapa hal yang kami sukai dari kamera Canon EOS 90D.

Konstruksi yang Kuat dan Ergonomis

Seperti pendahulunya, EOS 90D dibangun dengan kokoh dan memiliki berat dan dimensi yang kira-kira sama dengan 80D pada 24,73 ons dan 5,5 x 4,1 x 3 inci. Tubuh 90D tahan cuaca, tetapi Anda tidak akan membawanya keluar di tengah hujan lebat.

Genggaman yang sedikit lebih besar dan tata letak kontrol logis memberikan ergonomi dan kegunaan yang baik. Fotografer dengan tangan lebih besar akan menemukan banyak ruang gerak antara pegangan dan laras lensa.

Ruang kamera ditutupi dengan tombol dan dial yang mudah diakses oleh semua orang kecuali mereka yang memiliki tangan lebih kecil. Pengguna Canon DSLR dapat dengan mudah beralih ke kamera ini.

LCD Layar Sentuh Terhubung Sepenuhnya

LCD yang terhubung sepenuhnya adalah salah satu penemuan kamera terbaik menurut saya. Layar dapat dimiringkan untuk pengambilan gambar tingkat rendah dan di atas kepala agar tidak tersapu sinar matahari yang cerah.

Itu juga dapat didorong ke samping agar mudah dilihat, dibalik ke depan untuk potret diri, dan dilipat ke belakang kamera untuk menghindari kerusakan monitor. Dengan 90D Anda mendapatkan semua fitur ini dan layar sentuh yang sangat responsif. Sentuh untuk fokus, picu rana, dan navigasi menu di layar dengan cepat.

Kualitas Gambar Canon EOS 90D

Kualitas Gambar Canon EOS 90D

Kualitas gambar keseluruhan EOS 90D cukup bagus. Anda mendapatkan foto terbaik saat memotret (dan memproses) gambar RAW, tetapi JPEG langsung dari kamera cukup bagus, dengan warna yang akurat dan menyenangkan.

Sebagian besar, 90D mempertahankan detail dalam berbagai macam bayangan dan sorotan, memberikan jangkauan dinamis yang baik. Selain itu, sensor beresolusi lebih tinggi memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam memotong foto sambil mempertahankan piksel yang cukup untuk pembesaran.

Langit biru cerah di latar belakang potret kambing ini menambahkan sedikit warna pada lapisan putih, cokelat, dan hitam subjek yang kurang berwarna.

Lihat gambar di bawah ini, diambil di bawah sinar matahari cerah dengan bayangan di sebelah kanan. Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat bahwa 90D mendapatkan sorotan dan bayangan yang terekspos dengan tepat, tetapi mempertahankan detail secara keseluruhan.

Fitur Praktis dan Kreatif

90D menawarkan serangkaian fitur yang solid dengan fitur praktis mulai dari fitur yang diharapkan (misalnya kontrol eksposur manual dan semi-manual penuh) hingga opsi berguna seperti konversi RAW dalam kamera.

Sangat bagus menggunakan perangkat lunak pencitraan untuk memproses file RAW di komputer Anda, tetapi terkadang nyaman untuk dapat dengan cepat menyesuaikan dan mengonversi file RAW Anda ke JPEG di tempat.

Di sisi kreatif, 90D hadir dengan serangkaian filter kreatif yang diterapkan setelah pengambilan gambar. Ini termasuk hitam dan putih kasar, efek kamera mainan, fokus lembut, efek mata ikan, dan banyak lagi. Anda dapat menyimpan gambar yang telah disesuaikan sebagai file baru sehingga aslinya tidak tertimpa.

Pelacakan Deteksi Mata dan Wajah yang Cepat dan Akurat

Menggunakan teknologi iTR (Pelacakan dan Pengenalan Cerdas), 90D dengan cepat dan mudah melacak mata dan wajah baik saat memotret melalui jendela bidik optik atau tampilan langsung. Pengenalan wajah berfungsi bahkan saat memotret subjek dari samping, dan mudah mengikuti gerakan cepat teman yang bermain dengan anjing.

Sistem AF perbedaan fase 45 titik pada 90D, yang digunakan saat memotret dengan jendela bidik optik, mirip dengan 80D dan relatif bagus. Namun demikian, sistem Dual Pixel AF pada 90D yang tersedia dalam Live View lebih cepat dan lebih akurat.

Memperpanjang Usia Baterai

Salah satu keuntungan terbesar DSLR dan mirrorless adalah masa pakai baterai. Baterai 90D dapat mengambil 1.300 hingga 1.500 bidikan.

Anda harus mendapatkan setidaknya beberapa hari pengambilan gambar terus menerus dengan sekali pengisian daya kecuali Anda melakukan banyak pekerjaan atau merekam pernikahan atau acara lainnya (menggunakan tampilan langsung dan merekam banyak video 4K biasanya akan menghabiskan baterai lebih cepat).

Konektivitas Wi-Fi/Bluetooth yang Mudah

Camera Connect, aplikasi seluler Canon yang tersedia untuk iOS dan Android, adalah salah satu aplikasi termudah untuk disiapkan dengan kamera Anda. Arahannya jelas, dan ada opsi untuk memasangkan kamera dan perangkat seluler Anda dengan kode QR.

Saya memilih pemasangan manual menggunakan kata sandi dan itu cukup mudah sampai saya mendapat pesan bahwa 90D tidak didukung. (Pembaruan iOS di iPad Pro memperbaiki masalah ini.)

Selain mentransfer file dari kamera ke perangkat seluler Anda, Camera Connect juga memungkinkan Anda memotret dari jarak jauh. Ini berguna saat memotret satwa liar yang rumit atau mengambil foto grup.

Video 4K Canon EOS 90D

90D menawarkan berbagai opsi video, termasuk video 4K baru yang merekam rekaman tanpa potongan. Kualitas gambarnya lumayan, tetapi tidak memenangkan penghargaan. Tetap saja, itu cukup baik untuk sebagian besar kebutuhan pengguna.

Selain LCD yang terhubung penuh yang berguna saat merekam video, 90D menawarkan jack mikrofon dan headphone serta HDMI untuk output ke perangkat eksternal.

Perekaman 4K dibatasi hingga 30 fps. 1920 x 1080 dapat ditangkap pada 60 fps atau 30 fps. dan 1080; 1280 x 720 pada 30 fps (sayangnya tidak ada 24p di semua resolusi). Ada juga opsi gerakan lambat. Dan LCD layar sentuh yang responsif memudahkan pemfokusan. Jika Anda mengetuk titik AF lain di layar, AF kamera berpindah ke posisi yang diinginkan.

Yang Kami tidak Suka dari Canon EOS 90D

Berikut adalah beberapa hal yang tidak kami sukai dari Canon EOS 90D.

Tidak Ada Stabilisasi in Vivo

Stabilisasi dalam bodi mungkin disediakan untuk kamera mirrorless terbaik seperti Sony dan Olympus, tetapi kita akan melihatnya di DSLR seperti 90D suatu hari nanti. Namun untuk saat ini, Anda harus mengandalkan lensa stabilisasi gambar untuk 90D.

Dan sementara IS pada lensa kit 18-135mm kamera yang kami uji melakukan pekerjaan yang baik untuk menghilangkan keburaman guncangan kamera saat kamera dipegang, bukaan lensa yang lambat (f/3.5-4.5) dan kurang dari bintang resolusi berhasil.Kekuasaan mengecewakan.

Isi Ulang Lambat untuk Flash dalam Cahaya Redup

Sangat menyenangkan bahwa 90D memiliki flash bawaan, tetapi membutuhkan waktu lebih lama daripada mendaur ulangnya saat Anda sangat membutuhkannya (dalam cahaya yang sangat redup).

Mungkin hanya beberapa detik, tetapi saat Anda mencoba mengambil beberapa foto secara berurutan, Anda mungkin melewatkan beberapa tindakan.

Namun demikian, bila digunakan di luar ruangan sebagai lampu kilat pengisi, Anda dapat mengambil dua atau tiga bidikan secara berurutan, seperti dalam gambar ini, bila Anda tidak memerlukan banyak tenaga untuk mengisi bayangan.

Noise Gambar pada ISO Tinggi

Rentang ISO 90D yang lebih luas (dapat diperluas hingga 51200 dibandingkan dengan 100-25600 dan 100-16000 pada 80D) adalah pembaruan yang disambut baik, tetapi saya sedikit kecewa dengan cara 90D menangani noise gambar. Untuk hasil terbaik, jaga ISO Anda serendah mungkin tentunya.

Jika Anda harus mendorong ISO, pastikan Anda tidak melebihi ISO 6400 dan atasi kebisingan di perangkat lunak pasca-pemrosesan Anda. Teknologi pengurangan noise kamera berlebihan, menghasilkan gambar yang lebih lembut daripada yang dapat diterima.

Slot Kartu Tunggal

Satu-satunya keluhan yang saya dan fotografer lain miliki adalah slot kartu tunggal. Anda mungkin belum pernah mengalami kegagalan kartu (saya harap Anda tidak pernah mengalaminya), tetapi slot kartu kedua memungkinkan Anda menggunakan sumber cadangan gambar langsung.

Namun, dengan video 4K dan file besar dari sensor 32MP 90D, satu kartu dapat terisi lebih cepat, dan Anda mungkin memerlukan kartu kedua untuk menangkap luapan.

Kesimpulan

Belakangan ini, saya pikir ada lebih banyak kekhawatiran tentang apakah akan membeli DSLR atau mirrorless daripada DSLR mana yang akan dibeli.

Itu adalah kekhawatiran yang valid, tetapi jika Anda menyukai DSLR yang kokoh untuk menyeimbangkan lensa yang panjang, jendela bidik optik yang tidak pernah padam (90D memiliki jendela bidik yang bagus), masa pakai baterai yang baik, dan tingkat respons yang tinggi, DSLR adalah untukmu terbaik dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Meskipun pilihannya tidak sebanyak sebelumnya, 90D memainkan peran penting di arena DSLR kelas menengah. Ini lebih canggih daripada DSLR entry-level seperti jajaran Rebel Canon, tetapi lebih murah daripada kamera seri 5D Canon atau Nikon D850.

Jadi 90D sangat cocok untuk fotografer yang menginginkan kamera canggih berperforma tinggi yang tidak menguras kantong. Telusuri kode promo Canon untuk penawaran terbaru peritel.

Leave a Comment