Review Canon PowerShot SX60 HS, Kamera Zoom Terpanjang

pastiguna.com – Satu Ultrazoom yang Luar Biasa. Dengan salah satu lensa zoom terpanjang yang tersedia dan kualitas gambar dan video yang solid, Canon PowerShot SX60 HS adalah ultra-zoom yang bisa Anda dapatkan.

Spesifikasi Canon PowerShot SX60 HS

Spesifikasi
Megapiksel: 16,1MP
Panjang fokus setara: 21-1356mm
ISO: 100-6400
Video (maksimum): 1080p/60fps
Kecepatan pemotretan: 6,4 fps
Layar: 3 inci
Dimensi dan Berat: 3,66 x 4,49 x 5,04 inci, 2,2 pon
Jendela bidik: elektronik

Kelebihan

  • + Hapus foto dan terutama video
  • + Lensa zoom 65X yang sangat ringkas
  • + Kontrol di layar yang bagus dan penanganan keseluruhan
  • + أarga wajar
  • + Fitur lanjutan seperti pengambilan RAW dan jack mikrofon eksternal memungkinkan kualitas yang lebih tinggi.

Kekurangan

  • – Kinerja rendah cahaya terbatas, terutama untuk video

Canon PowerShot SX60 HS adalah salah satu lensa zoom terpanjang untuk kamera jembatan, menawarkan rentang 65X (21-1365mm, setara full-frame) yang memukau saat beraksi. Kamera ini tidak membanggakan spesifikasi paling keras. Ini adalah 83X pada Nikon’s Coolpix P900.

Namun, dalam praktiknya perbedaannya sangat minim dan Canon telah menjejalkan semua kemampuan zoom ini ke dalam kamera yang terlihat seperti DSLR dan bukan seperti meriam. SX60 menangkap warna dan detail terbaik dari kamera mana pun di kelasnya.

Kontrolnya bagus, dan kamera memiliki beberapa fitur kelas atas yang hebat yang tidak ditemukan pada kompetisi, termasuk jack mikrofon eksternal, hot shoe untuk lampu kilat eksternal, dan kemampuan untuk mengambil foto dalam format RAW.

Itu juga mencapai semua ini dengan harga yang relatif bagus. Itulah mengapa superzoom favorit kami di antara kamera jembatan terbaik.

Desain Canon PowerShot SX60 HS

Desain Canon PowerShot SX60 HS

Kompak dan nyaman. SX60 HS portabel seperti DSLR kecil. Dengan ukuran 5 x 3,7 x 4,5 inci dan 1,4 pon, ukurannya hampir sama (berlawanan dengan pesaing Nikon, P900, yang berukuran 5,5 x 4,1 x 5,5 inci dan 2 pon). ). Ada pegangan kanan yang terasa alami dan roda penyesuaian klik yang bagus di belakang tombol rana.

LCD belakang 3 inci membalik ke kiri dan kemudian berputar 170 derajat untuk mengambil selfie atau memegang kamera tinggi atau rendah. Jendela bidik elektronik 640 x 480 merupakan prasyarat untuk bidikan siang hari yang cerah dan membantu menjaga zoom besar tetap stabil.

Sayangnya, kamera tidak memiliki sensor cahaya yang dapat menyala secara otomatis saat Anda menaikkan EVF ke mata. Anda harus mengklik DISP. Sebaliknya, sebuah tombol di kamera, sesuatu yang tidak pernah saya gunakan sebelumnya.

Ketuk FUNGSI. Tombol SET di bagian belakang kamera menampilkan menu sumbu X-Y Canon yang luar biasa di layar. Klik atas dan bawah untuk memilih setelan gambar utama seperti ISO atau mode pengukuran, lalu klik kiri dan kanan untuk mengubah setelan.

Anda dapat menyesuaikan tampilan menu di layar sampai batas tertentu dan memprogram ulang fungsi yang dipanggil oleh beberapa tombol pintasan.

Zoom Canon PowerShot SX60 HS

Mari kita mulai dengan menjelaskan secara gamblang betapa mengagumkannya lensa zoom 65X. Anda dapat melihat dari dekat apa yang bahkan tidak dapat Anda ketahui keberadaannya dengan mata telanjang.

SX60 HS kalah perang spesifikasi dengan zoom 83X Nikon P900 yang jauh lebih berat, tetapi seperti yang Anda lihat pada gambar Queen Mary, perbedaannya tidak terlihat dalam banyak kasus. Di bawah ini adalah gambar SX60 HS dengan sudut lebar penuh (21mm).

Dua gambar berikutnya menunjukkan zoom maksimum masing-masing kamera. 1365mm untuk SX60 HS (kiri) dan 2000mm untuk P900. Tidak banyak perbedaan, dan trade-off untuk ukuran SX60 HS yang lebih kecil adalah kesepakatan yang bagus. Anda bahkan dapat mengambil astrofotografi seperti foto bulan genggam ini.

Kualitas Gambar

Tekankan detail. SX60 HS menangkap gambar yang memukau dengan warna asli bahkan di siang hari. Buktinya terlihat dalam rekonstruksi vila Romawi di Los Angeles, yang diambil dengan pengaturan kamera terluas.

Di tengah rentang zoom (kiri), detail di foto ini tetap sangat tajam, dan cukup bagus di akhir zoom (kanan). Detail dan bayangan sangat bagus dalam close-up, seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Semua pengamatan kualitas ini rusak saat Anda memperbesar gambar mendekati ukuran piksel demi piksel yang sebenarnya. Fisika yang membungkus lensa zoom panjang membutuhkan penggunaan sensor gambar kecil. Berukuran 6,17 x 4,55mm, chip 16MP adalah sekitar 9% dari DSLR entry-level.

Namun, ini tidak akan mengurangi foto yang ditampilkan bahkan pada ukuran online tingkat tertinggi. (Saya mengukur layar penuh foto pada layar Retina 2560 x 1600 MacBook Pro saya. Resolusi penuh foto adalah 4608 x 3456.)

Namun, melihat mendekati 100% menunjukkan tampilan berbintik-bintik bahkan saat diambil dalam pencahayaan ideal. Canon meminta agar tampilan ini dibiarkan apa adanya alih-alih menghaluskannya. Ini mungkin mengaburkan beberapa detail proses.

Yang terbaik dari semuanya, SX60 HS dapat menghasilkan JPEG yang sangat terkompresi dan RAW yang kaya data. Pemurni foto dapat membuat penyesuaian signifikan untuk menyeimbangkan detail, kelembutan, dan properti lain dalam program seperti Photoshop.

Namun, ia kesulitan untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar bawaan Canon. Sensor kecil lebih merupakan masalah dalam cahaya redup pada pengaturan ISO yang lebih tinggi.

Gambar dari SX60 HS mulai kehilangan banyak detail (bahkan saat ditampilkan dalam ukuran kecil) melebihi pengaturan ISO 800 biasanya. Anda dapat melihat apa yang hilang dalam dua bidikan senja ini pada ISO 100 di sebelah kiri dan ISO 800 di sebelah kanan.

Video

Hebat di Siang Hari. Video SX60 HS terbatas pada resolusi 1080p dan 60 fps (tidak ada 4K/UHD), tetapi seperti yang Anda lihat di klip air mancur taman ini, sempurna untuk memposting online dengan detail dan warna yang luar biasa. Yang sangat mengesankan adalah yang tidak terlihat.

Pola moiré bergelombang pada layar jendela mengacaukan pengambilan klip dengan Nikon P900. Suara dari mikrofon internal jernih kecuali ada angin sepoi-sepoi.

Karena SX60 HS menyertakan jack untuk mikrofon eksternal, Anda dapat menyetel kamera untuk menangkap suara berkualitas lebih tinggi daripada kebanyakan kamera konsumen yang hanya memiliki mikrofon bawaan.

Video cukup bagus bahkan pada zoom tinggi. Saya mengambil gambar diam dan video pemain ski jet sekitar setengah mil dari garis pantai. Pertimbangkan bidikan lebar dari pemandangan di mana Anda bahkan tidak dapat melihat para pemain ski untuk mengetahui seberapa jauh mereka telah pergi.

Sekarang lihat rekaman video sekitar 630mm. Seperti gambar diam, video SX60 HS gagal dalam cahaya redup. Anda dapat melihat bahwa mereka diambil secara bersamaan dalam klip berkelanjutan ini. Yang pertama diambil dengan SX60 HS, yang kedua dengan Nikon P900 yang sangat baik (dalam cahaya redup).

Salah satu fitur terbaik untuk video adalah mode fokus otomatis kuat SX60 HS yang disebut AF Pelacakan. Setel kotak fokus otomatis di layar ke subjek yang ingin Anda lacak dan tekan tombol rana setengah untuk mengunci subjek.

Fitur ini bekerja dengan sangat baik untuk menjaga agar anjing putih dan coklat saya tetap tajam saat menjelajahi pantai bersama teman-teman.

Kesimpulan

Kesepakatan all-around terbaik. Tidak ada kamera yang sempurna, tetapi PowerShot SX60 HS menawarkan keseimbangan fitur yang baik, dengan fitur canggih seperti kekayaan warna dan detail dalam foto dan video, fokus otomatis yang baik, antarmuka pengguna yang intuitif, pengambilan gambar RAW, dan soket mikrofon.

Jika Anda membutuhkan zoom terpanjang, Nikon Coolpix P900 yang lebih mahal akan menawarkan kualitas gambar yang menyaingi Canon. Jika tidak, SX60 HS yang ringkas memenangkan salah satu pembesaran terpanjang di industri dan dengan harga yang tepat. .

Leave a Comment