Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Jika kamu menemui suatu benda bergerak dengan gerakan yang lurus namun kecepatannya tidak konstan dalam menempuh jarak dan dalam interval waktu yang sama, maka kamu telah melihat gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Semua benda hidup di alam semesta ini pasti bergerak. Pergerakan tubuh adalah juga merupakan gerakan.

Suatu benda dikatakan bergerak ketika posisinya berubah terus menerus sehubungan dengan objek diam yang diambil sebagai titik referensi. Karakteristik umum dari benda yang bergerak adalah bahwa mereka mengubah posisi mereka dengan waktu.

Pengertian Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak lurus berubah beraturan mempunyai gerakan yang tidak konstan, gerakan benda berada di sepanjang garis lurus dengan kecepatan berubah-ubah. Dalam gerakan jenis ini, tubuh tidak mencakup jarak yang sama dalam interval waktu yang sama. Kecepatan objek berbeda dari kecepatan sebenarnya, grafik antara jarak dan waktu (jarak-waktu) menunjukkan garis lengkung, serta percepatan bukan nol.

Untuk lebih memahami tentang GLBB, praktikkan hal berikut: Coba jatuhkan bola dari atap gedung yang tinggi. Kamu akan melihat bahwa bola akan mencakup jarak yang tidak sama dalam interval waktu yang sama.

Seperti, 5 meter di detik pertama, 15 meter di detik kedua dan seterusnya. Dengan demikian, bola yang jatuh bebas akan mencakup jarak yang lebih kecil dalam ‘1 detik’ pertama dan jarak yang lebih besar dalam interval ‘1 detik’ berikutnya. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa gerakan benda yang jatuh bebas adalah contoh gerak lurus berubah beraturan.

Jika suatu benda terlibat dalam gerakan bujursangkar, dan jika gerakan itu tidak konsisten, maka percepatan tubuh harus nol. Sementara itu, dalam GLBB, pergerakan benda dapat mengalami percepatan maupun perlambatan. Percepatan adalah suatu besaran vektor.

Dengan demikian, kamu harus menentukan besar dan arah untuk bisa menyatakan suatu percepatan. Percepatan diberi tanda positif jika suatu arah percepatan searah dengan gerak benda. Sementara itu, diberi tanda negatif yang berarti bahwa benda tersebut mengalami perlambatan jika pada suatu percepatan berlawanan dengan gerak benda.

Kamu dapat melihat aplikasi GLBB Pada pengaruh gaya gravitasi yang menimbulkan percepatan gravitasi terhadap pergerakan benda. Gravitasi bisa menghasilkan tiga jenis GLBB, yakni gerak vertikal ke bawah, gerak vertikal ke atas, dan gerak jatuh bebas.

Ciri Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

  1. Lintasan berupa garis lurus. (Yang ini sudah pasti yaa, namanya saja GLBB, hehee).
  2. Kecepatan benda mulai berubah dari waktu ke waktu.
  3. Perubahan kecepatan bisa dipercepat maupun diperlambat.

Jenis Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

1. GLBB dipercepat

Gerakan dipercepat adalah bagian dari kinematika di mana perubahan dalam kecepatan selama gerakan dipelajari. Kecepatan sesaat adalah kecepatan titik material pada momen waktu tertentu atau pada titik lintasan tertentu. Ini sama dengan kecepatan rata-rata untuk interval waktu yang sangat singkat Δt.

Percepatan didefinisikan sebagai rasio perubahan kecepatan dan interval waktu. Jika tubuh berdiri di tempat atau bergerak dengan kecepatan konstan, ia tidak memiliki percepatan. Dari sini dapat disimpulkan bahwa percepatan dapat direpresentasikan sebagai persamaan dengan cara berikut. Kecepatan rata-rata adalah rasio perpindahan total tubuh dan ukuran interval waktu itu.

Kecepatan rata-rata tidak boleh dihitung sebagai rata-rata aritmatika dari kecepatan masing-masing bagian pergerakan. Dengan memperkenalkan kecepatan rata-rata, gerakan tidak beraturan diidentifikasi dengan gerakan linier yang beraturan. Bergantung pada tanda percepatan, gerakan variabel yang beraturan dapat berupa:

Percepatan positif (a> 0) dan percepatan negatif (a <0), dan dalam kaitannya dengan kondisi awal dapat berupa: gerak tanpa kecepatan awal (v0 = 0) dan gerakan dengan kecepatan awal (v0> 0). Jika kecepatan dan percepatan memiliki tanda yang sama, keduanya positif (kanan / atas) atau negatif (kiri / bawah), maka objek tersebut dipercepat.

2. GLBB diperlambat

Gerak lurus berubah beraturan diperlambat ialah gerak suatu benda yang melewati lintasan berupa garis lurus dengan keadaan benda mengalami perlambatan yang tetap atau konstan atau dengan percepatan yang berkurang secara beraturan. Jika kecepatan dan percepatan memiliki tanda yang berbeda, maka objek melambat.

Rumus

v = v0 ± at
s = s0 + v0t ± ½ at2
v2 = v02 ± 2as
Perubahan pada kecepatan secara beraturan setiap waktu disebut dengan percepatan. Rumus percepatan adalah:

Gerak jatuh bebas adalah gerak benda yang jatuh dari suatu ketinggian tanpa kecepatan awal. Rumusnya:

Ketika Kamu melempar suatu benda dengan arah vertikal ke atas dengan kecepatan awal tertentu (v0) dan percepatan (g) saat kembali turun maka terjadilah gerak vertikal ke atas.

Rumus untuk gerak vertikal ke atas adalah:

Kecepatan benda adalah nol saat berada di titik tertingginya. Berdasarkan keterangan tersebut, maka persamaan gerak vertikal ke atas saat berada di titik tertinggi adalah:


Persamaannya akan menjadi sama dengan gerak jatuh bebas saat benda mulai turun. Rumusnya adalah:


Jadi, dapat disimpulkan bahwa apabila tidak ada gaya lain yang memengaruhi benda tersebut, maka waktu saat naik sama dengan waktu saat turun.

Contoh Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

  1. Pada saat naik sepeda dijalan yang menurun
  2. Buah jeruk yang jatuh dari pohon
  3. Pesawat yang sedang lepas landas
  4. Air terjun
  5. Bola yang dilempar keatas
  6. Motor atau mobil yang direm
  7. Mengayuh sepeda dijalan tanjakan
  8. Pada saat mendaki gunung
  9. Seekor kuda berlari dalam perlombaan
  10. Sebuah bus dalam perjalanan melalui pasar
  11. Bola memantul
  12. Pergerakan asteroid
  13. Pesawat bergerak melalui awan dan kemudian mendarat
  14. Seorang pria menjalankan lomba 100 m
  15. Mobil bertabrakan dengan mobil lain
  16. Menyeret kotak dari permukaan kasar

Jadi, gerak lurus berubah beraturan merupakan sebuah gerakan pada benda yang berarah mendatar maupun vertikal dengan gerakan lurus dalam sebuah kecepatan yang berubah pada setiap saat. Percepatan beraturan atau konstan adalah jenis gerakan di mana kecepatan suatu benda berubah dengan jumlah yang sama di setiap periode waktu yang sama.

Contoh percepatan beraturan yang sering dikutip adalah bahwa benda jatuh bebas di medan gravitasi secara beraturan. Percepatan benda jatuh tanpa adanya hambatan gerak hanya bergantung pada kekuatan medan gravitasi g (juga disebut percepatan karena gravitasi).

Tinggalkan komentar