Review Brother HL-L2390DW, Printer All in One yang Murah

pastiguna.com –┬áDengan serangkaian fitur dasar, Brother HL-L2390DW printer all-in-one untuk kantor kecil ini menawarkan biaya rendah per halaman, kinerja cepat, dan kualitas gambar tinggi.

Spesifikasi Brother HL-L2390DW

Spesifikasi
Jenis Pencetak: Laser
Fitur: Cetak, Salin, Pindai, Faks
Tampilan: LCD dengan lampu latar 2 baris
Tinta/Toner: Kartrid Hitam
Konektivitas: 802.11 b/g/n, USB 2.0 Berkecepatan Tinggi, Wi Fi Direct

Kelebihan

  • + Pencetakan cepat dan pemindaian hitam putih
  • + Definisi tinggi
  • + Biaya per halaman sangat rendah
  • + Kecepatan pemindaian warna di atas rata-rata

Kekurangan

  • – Tidak ada pengumpan dokumen
  • – Tidak ada fungsi faks

Brother HL-L2390DW adalah printer all-in-one laser monokrom dengan harga untuk bisnis kecil yang sadar anggaran dan pengguna kantor rumahan. Dibandingkan dengan Brother MFC-L2750DW yang lebih berfitur lengkap, model Brother ini menawarkan rangkaian fitur yang lebih mendasar tetapi memiliki banyak manfaat yang sama.

Misalnya, HL-L2390DW memiliki kemampuan pindai dan salin dan duplekser untuk pencetakan dupleks, tetapi tidak menawarkan pengiriman faks atau pengumpan dokumen otomatis.

Ini juga menawarkan kinerja cepat yang serupa. Faktanya, kedua model ini cukup mirip sehingga HL-L2390DW dan MFC-L2750DW berbagi manual online. Dinilai untuk penggunaan bulanan yang sama sebanyak 15.000 halaman, ini memberikan volume cetak bulanan yang disarankan hingga 2.000 halaman.

Desain Brother HL-L2390DW

Desain Brother HL-L2390DW

HL-L2390DW menyerah pada ketampanan. Sebagai permulaan, ia memiliki LCD monokrom backlit dua baris sederhana daripada layar sentuh berwarna. Tekan tombol fisik naik/turun di panel depan untuk menelusuri pilihan menu di layar. Menariknya, ini bukan kontrol 4 arah. Tidak ada tombol kiri/kanan.

Karena model ini tidak memiliki pengumpan dokumen otomatis (ADF), penutup pemindai ringan untuk penyalinan dan pemindaian multi-halaman yang lebih cepat. Engsel pada tutupnya tidak menahan tutupnya pada sudut yang tajam.

Sehingga Anda harus mengangkat tutupnya 90 derajat untuk membebaskan tangan Anda saat memasukkan dokumen. Berukuran 16,1 x 15,7 x 10,7 inci, perangkat ini memiliki footprint yang mirip dengan printer inkjet rumahan dan lebih tinggi.

Tidak seperti beberapa printer lain, yang memakan lebih banyak ruang saat kait baki keluaran diperpanjang, baki keluaran HL-L2390DW berlubang di dalam bodinya. Kait engsel memanjang kurang dari satu inci dari bagian depan sasis.

Baki masukan 250 lembar terletak di bagian bawah sasis. Di atas itu, di panel depan, terdapat slot pengumpanan manual di belakang pintu yang berengsel. Ini menyediakan jalur kertas lurus untuk media khusus. Buka pintu di bagian belakang perangkat tempat media keluar.

Slot pengumpanan manual dapat menampung hingga 10 amplop. Mudahnya, pertama kali Anda membuka baki masukan untuk menambahkan kertas, muncul layar yang menanyakan apakah Anda ingin mengubah ukuran kertas. Jika tidak, Anda akan diberi opsi untuk mematikan notifikasi ini.

Kecepatan Cetak Brother HL-L2390DW

HL-L2390DW mencetak dokumen teks lima halaman dalam 18,1 detik, atau 16,6 halaman per menit, lebih cepat dari rata-rata 20,9 detik (14,4 ppm). Brother MFC-L2750DW (Pilihan Editor) mencatat waktu tercepat hingga saat ini pada 16,2 detik atau 18,5 ppm.

HL-L2390DW mencetak file dengan campuran teks dan grafik dalam 25,2 detik atau 14,3 ppm. Ini jauh lebih cepat dari rata-rata 36,7 detik (9,8 ppm). (MFC-L2750DW yang cepat hampir 5 detik lebih cepat pada 17,8 ppm.)

HL-L2390DW mencetak dokumen teks dua sisi lebih cepat daripada kecepatan paling lambat untuk pencetakan satu sisi. Mencetak dupleks pada 11,4ppm, HL-L2390DW mengungguli kecepatan pencetakan satu sisi Pokey HP LaserJet Pro M277dw, yang mencapai 11,1ppm. MFC-L2750DW bahkan lebih cepat pada 13,2 ppm.

Demikian pula, HL-L2390DW mencetak dokumen dengan campuran teks dan grafik pada lembaran dua sisi dengan kecepatan 7,8ppm yang layak. MFC-L2750DW bahkan lebih cepat pada 11ppm.

Salin dan Kecepatan Pindai

Apakah menyalin halaman teks atau mencampur teks hitam putih dan grafik, HL-L2390DW membuat satu salinan rata-rata dalam 9,1 detik. Ini lebih cepat dari rata-rata kategori 10,3 detik. MFC-L2750DW mencatat waktu 8,4 detik, tercepat sejauh ini.

HL-L2390DW juga cepat dalam melakukan pemindaian warna 600dpi dalam format JPEG. Saya menyelesaikannya dalam 34,5 detik versus rata-rata 36,9 detik. Saya memindai halaman pada 300 dpi dan membuat PDF hitam putih dalam 6,6 detik. Ini adalah waktu tercepat di kategorinya, jauh di atas rata-rata 10,4 detik.

Performa Brother HL-L2390DW

Dokumen teks terlihat tajam saat dicetak dalam huruf gelap dengan tepi yang jelas. Grafiknya juga terlihat menarik, meski secara keseluruhan agak gelap. Sebagian besar foto orang dibuat dengan baik karena transisi midtone mempertahankan kehalusan, membuat wajah tampak tiga dimensi.

Namun, area bayangan kehilangan beberapa detail. Sebagai perbandingan, Canon MF217w umumnya menghasilkan cetakan yang lebih cerah yang mempertahankan lebih banyak detail di area bayangan, tetapi transisi mid-tone yang kurang halus membuat wajah orang terlihat datar.

Pemindaian dokumen memiliki banyak detail. HL-L2390DW menghasilkan salinan hitam putih yang tajam dan asli dalam format PDF. Foto yang dipindai dalam format JPEG pada 600 dpi terlihat menarik dengan warna yang akurat dan detail yang kaya.

Biaya dan Hasil Toner

Biaya cetakan kurang dari rata-rata 4,1 sen untuk model serupa. HL-L2390DW mencetak seharga 3,7 sen menggunakan kartrid toner standar seharga Rp. 675 ribuan yang mampu mencetak 1.200 halaman. Kartrid 3.000 halaman berkapasitas tinggi seharga Rp. 1,2 jutaan dapat menurunkan biaya menjadi hanya 2,7 sen per halaman.

Pengaturan dan perangkat lunak

Penyiapannya sederhana dengan mengikuti panduan penyiapan cepat kami. Lepaskan beberapa pita pengepakan dan geser rakitan drum/toner ke bagian depan unit. Kemudian lakukan instalasi software.

DVD-ROM instalasi disertakan di dalam kotak. Alternatifnya, Anda dapat membuka URL dukungan di panduan penyiapan untuk unduhan lengkap yang menyertakan perangkat lunak pencetakan dan pemindaian yang disebut iPrint&Scan. Anda juga dapat menginstal PaperPort untuk pemindaian dan manajemen dokumen.

Menyiapkan koneksi nirkabel menggunakan metode WPS itu mudah. Perintah menu memandu Anda kapan harus menekan tombol WPS router untuk membuat koneksi.

HL-L2390DW mendukung AirPrint, Wi-Fi Direct, dan Google Cloud Print, dan bekerja dengan aplikasi Android perusahaan, iPrint&Scan. Anda akan diminta mengunduh aplikasi Mopria Print Service sebelum menginstal aplikasi Android. Waktu mulai sekitar 27 detik, sedikit lebih lambat dari rata-rata 20,6 detik.

Kesimpulan

HL-L2390DW menawarkan performa cepat dan kualitas gambar tinggi dengan harga terjangkau. Fitur-fiturnya dasar, tetapi Anda tidak perlu membayarnya jika tidak membutuhkannya.

Misalnya, Brother MFC-L2750DW yang jauh lebih mahal menawarkan kemampuan pencetakan cloud dan konektivitas Ethernet, sedangkan HL-L2390DW tidak. Namun, HL-L2390DW cukup murah dalam jangka panjang karena kecepatan dupleksernya yang tinggi dan biaya per halaman yang sangat rendah.

Leave a Comment