Review Canon Pixma TR8620, Printer Murah & Serbaguna

pastiguna.com –┬áPerforma kantor solid, tetapi biaya tinta agak tinggi. Canon Pixma TR8620 memiliki biaya tinta yang lebih tinggi dibandingkan dengan all-in-one kantor, tetapi menawarkan berbagai fungsi kantor, kinerja yang baik, dan kualitas gambar yang tinggi.

Spesifikasi Canon Pixma TR8620

Spesifikasi
Jenis Printer: Inkjet
Fungsi: Print, Copy, Scan, Fax
Tampilan: layar sentuh warna 4,3 inci
Tinta/Toner: 5 kartrid (hitam, pigmen hitam, cyan, magenta, kuning)
Konektivitas: Wi-Fi 802.11 b/g/n, Ethernet, USB 2.0

Kelebihan

  • + Pencetakan foto cepat
  • + Salinan cepat
  • + Definisi tinggi
  • + ADF dan duplekser

Kekurangan

  • – Biaya tinta di atas rata-rata.
  • – Jangan salin/pindai kedua sisi melalui ADF
  • – Beberapa pengaturan pindai/salin tidak ada di menu LCD

Canon Pixma TR8620 adalah inkjet all-in-one dengan fitur kantor rumahan. Ini memiliki pengumpan dokumen otomatis (ADF) 20 halaman, duplekser untuk pencetakan dupleks, dan dua baki kertas untuk dua jenis kertas.

Tidak seperti kebanyakan printer all-in-one terbaik, TR8620 menggunakan lima kartrid tinta dengan dua jenis warna hitam: satu untuk dokumen (berbasis pigmen) dan satu lagi untuk pencetakan foto glossy (berbasis pewarna). Tiga tinta lainnya adalah standar cyan, magenta, dan kuning.

TR8620 dilengkapi dengan duplexer untuk pencetakan dua sisi dan mendukung integrasi rumah pintar dengan Amazon Alexa dan Google Assistant. Kami sangat menyukai produk ini sehingga kami menamakannya sebagai salah satu printer terbaik 2021.

Desain Canon Pixma TR8620

Desain Canon Pixma TR8620

Panel kontrol TR8620 menampilkan layar sentuh berwarna berukuran 4,3 inci yang dapat diputar ke atas 90 derajat. Tidak ada tombol fisik untuk aktuasi (hanya tombol daya), tetapi kami menemukan menu layar sentuh responsif dan mudah dinavigasi.

Ada slot kartu SD di kiri bawah panel depan, memungkinkan Anda mencetak langsung dari kartu memori kamera Anda.

Kaset kertas utama dan baki belakang dapat menampung hingga 100 lembar kertas biasa. Baki belakang, yang seharusnya digunakan untuk mencetak foto, menampung hingga 20 lembar kertas foto. Kaset kertas terletak di bagian bawah mesin di bawah baki keluaran.

Untuk menggunakan ADF di bagian atas unit, buka penutup berengsel ke arah luar untuk bertindak sebagai pendukung input kertas. TR8620 dilengkapi dengan duplekser untuk pencetakan dupleks, tetapi pemindaian dupleks otomatis tidak didukung.

Ini berarti bahwa untuk menyalin atau memindai dokumen dua sisi, Anda harus menjalankan dokumen melalui ADF dua kali, memindai satu sisi setiap kali. LCD menyediakan grafik untuk mengonfirmasi bahwa dokumen diposisikan dengan benar sehingga sisi kedua dapat berhasil dipindai.

TR8620 memiliki port USB Berkecepatan Tinggi dan dapat dihubungkan ke jaringan melalui port Ethernet atau melalui Wi-Fi (mendukung 2.4GHz dan 5GHz). Konektivitas nirkabel melalui Bluetooth 4.0 juga dimungkinkan.

Dimensi bodinya adalah 17,3 inci (w) x 13,8 inci (d) x 7,5 inci (h). Ini tipikal inkjet all-in-one rumahan. Kedalaman pemuatan kertas resmi adalah 14,4 inci, tetapi dengan baki belakang dimiringkan ke belakang, kertas dimuat, dan baki keluaran diperpanjang dengan kait dilipat ke depan, kedalaman keseluruhan meningkat menjadi 26 inci.

Tingginya juga bertambah satu inci saat ADF dibuka untuk digunakan. Namun yang paling penting, Anda harus memiliki jarak bebas vertikal yang memadai untuk mengangkat penutup guna meletakkan dokumen pada kaca pemindai flatbed.

TR8620 dapat mengirim faks melalui modem 33,6 kbps dan dapat menyimpan hingga 99 nomor faks dan hingga 250 halaman dalam memori.

Kecepatan Cetak Canon Pixma TR8620

Kecepatan Cetak Canon Pixma TR8620

Mencetak pada kertas biasa sedikit lebih cepat dari rata-rata. TR8620 mencetak dokumen teks lima halaman dalam 32,6 detik (atau 9,2 ppm), dibandingkan dengan kecepatan rata-rata 8,8 ppm untuk model yang sebanding.

Demikian pula, TR8620 mencetak dokumen enam halaman dengan campuran teks dan grafik warna dalam 1 menit 52 detik (atau 3,2 ppm) dibandingkan dengan rata-rata 2 menit 13 detik (atau 2,7 ppm).

Kecepatan cetak yang paling mengesankan adalah untuk foto glossy. TR8620 mencetak dalam 2 menit dan 4 detik, setengah dari waktu yang dibutuhkan untuk mencetak foto ukuran letter pada kertas glossy, rata-rata 4 menit dan 3 detik.

Hanya model yang lebih cepat (semua printer Canon) yang lebih cepat pada 1:57, termasuk Canon Pixma TS9120 Pilihan Editor kami. Menggunakan duplekser otomatis, TR8620 mencetak teks dua sisi dengan kecepatan 3,1 ppm.

Setelah mencetak sisi pertama, TR8620 berhenti sejenak selama 14 detik agar tinta mengering sebelum melanjutkan, dengan total waktu 3 menit 12 detik untuk mencetak 5 lembar dokumen 10 halaman. Sebagai perbandingan, HP Envy 7855 mencetak dokumen teks dua sisi dengan kecepatan 3,7 ppm, sedangkan Brother MFC-J995DW mencetak lebih cepat dengan kecepatan 4 ppm.

TR8620 menggandakan PDF berwarna pada 2,3 ppm. Seperti pada pencetakan teks dua sisi, terdapat jeda 14 detik sebelum pencetakan dimulai pada sisi kedua setiap halaman. Sekali lagi, Brother MFC-J995DW lebih cepat pada pencetakan 3ppm teks dua sisi/grafik warna, sedangkan HP Envy 7855 jauh lebih lambat pada 1,2ppm.

Salin dan Kecepatan Pindai

Penyalinan cepat bisa dibilang merupakan keterampilan kantor terbaik TR8620. Di flatbed, TR8620 menyalin dokumen berwarna dalam 20,5 detik. Ini secara signifikan lebih cepat dari rata-rata 28,7 detik. Butuh 10,8 detik untuk menyalin satu halaman, jauh lebih cepat dari rata-rata 16 detik.

Sebagai perbandingan, Editor’s Choice TS9120 lambat saat menyalin teks (14 detik), tetapi lebih cepat 17,3 detik saat menyalin warna. HP Envy 7855 lebih lambat di kedua pengujian masing-masing pada 15,7 dan 24,1 detik, dan Brother MFC-J995DW lebih lambat untuk menyalin teks (12,7 detik) tetapi lebih cepat untuk menyalin dokumen berwarna (15,1 detik).

Menggunakan ADF, TR8620 menyalin dokumen teks 5 halaman dalam 45 detik atau 6,7 ppm. Brother MFC-J995DW sedikit lebih cepat pada 7 ppm. TR8620 tidak menawarkan pemindaian dan penyalinan dupleks otomatis.

Sebaliknya, ia menawarkan penyalinan dan pemindaian dupleks manual, yang memungkinkan pengguna memuat dokumen ke ADF dua kali (sekali di setiap sisi). Mudah untuk mengikuti petunjuk LCD pada layar yang menunjukkan kepada Anda bagaimana mengarahkan dokumen Anda sehingga pindaian kedua berada dalam orientasi yang benar.

Pixma TR8620 menyalin dokumen teks 10 halaman (5 lembar ganda) dalam 5 menit (2 ppm), belum termasuk waktu yang diperlukan untuk memasukkan kembali dokumen ke dalam ADF. Sebagai perbandingan, Brother MFC-J805DW, yang menampilkan penyalinan dua sisi otomatis, jauh lebih cepat, melakukan penyalinan teks dua sisi pada 3,1 ppm.

TR8620 lebih cepat dari rata-rata saat memindai foto berwarna dan dokumen. Itu memindai foto 8 x 10 dan menyimpannya sebagai JPEG 600 dpi dalam 59 detik, lebih cepat dari rata-rata 65,8 detik. Sebagai perbandingan, Canon TS9120 dan Brother MFC-J995DW secara signifikan lebih cepat masing-masing 37,8 detik dan 38,5 detik.

Hal yang sama berlaku untuk pemindaian hitam putih dalam format PDF pada 300 dpi. TR8620 menangkap pemindaian dalam 8,8 detik, lebih cepat dari rata-rata 11 detik. Canon TS9120 melakukan pemindaian yang sama dalam 7,7 detik.

Kualitas Cetak Canon Pixma TR8620

TR8620 menawarkan kualitas cetak keseluruhan yang tinggi dan mencetak teks yang cukup gelap. Bentuk hurufnya bisa lebih halus, tetapi ujung-ujungnya terlihat cukup tajam. Grafik warna menarik, dengan warna dan tekstur yang akurat, tetapi beberapa garis melintang terlihat di area yang lebih gelap.

Foto mengkilap dicetak dengan akurasi kualitas tinggi. Warna alami, detail tajam, dan transisi halus. Kualitas salinan secara keseluruhan bagus. Salinan mereproduksi detail dan warna dokumen asli dengan cukup baik. Grafiknya sangat mirip dengan aslinya, dan teksnya tampak agak compang-camping di tepinya.

Secara khusus, salinan dokumen teks yang dimasukkan melalui ADF tampak lebih tebal daripada salinan yang ditempatkan di flatbed, dan keluar dengan tepian yang kurang tajam.

Namun, satu pengecualian untuk kualitas penyalinan adalah saat menyalin dari panel kontrol, Zoom tidak memberi Anda opsi untuk memprioritaskan tepi atau memilih area penyalinan. Akibatnya, bagian atas dokumen saya terpotong dari salinan alih-alih mengecualikan margin kosong dari salinan.

Untuk menyalin dokumen khusus ini dengan benar, saya menggunakan utilitas Canon IJ Scan di PC saya yang menyediakan fitur ini.

Demikian pula, untuk melakukan tes pemindaian, harus dilakukan pada PC yang resolusinya dapat diatur dalam perangkat lunak pemindaian. Menu di layar TR8620 tidak menyediakan pengaturan resolusi pemindaian.

Kualitas pemindaian tinggi. Detail tampak tajam, dan warna ditangkap secara akurat dari aslinya. Secara khusus, pindaian foto dengan area bayangan gelap mempertahankan lebih banyak detail daripada Canon TS9120 Pilihan Editor.

Biaya dan Hasil Tinta

TR8620 menggunakan 5 kartrid tinta. Tinta tiga warna (cyan, magenta, dan kuning) dan salah satu tinta hitam berbahan dasar pewarna. Ini juga menggunakan tinta hitam berbasis pigmen saat mencetak dokumen pada kertas biasa, dan tinta hitam pewarna, yang biasa digunakan untuk pencetakan foto glossy.

Menggunakan kartrid standar, biaya per halaman teks adalah 8 sen. Hanya tinta hitam pigmen yang disertakan dalam perhitungan ini. Kartrid hitam XL mengurangi biaya pencetakan teks menjadi 6,2 sen per halaman, dan kartrid XXL selanjutnya menguranginya menjadi 5,8 sen per halaman.

Total biaya tinta untuk halaman grafis warna campuran adalah 21,9 sen menggunakan kartrid standar. Total biaya untuk halaman grafik teks/warna campuran ini termasuk biaya tinta hitam berbasis pewarna. Ini jarang digunakan untuk pencetakan kertas biasa, dan hanya menambah 0,7 sen per halaman.

Biaya per halaman warna turun menjadi 18,9 sen dengan kartrid XL dan 16,4 sen dengan kartrid XXL. Secara umum, biaya per halaman sedikit di atas rata-rata printer sekelasnya (tidak termasuk model dengan tangki tinta isi ulang).

Sebagai perbandingan, rata-rata kategori untuk kartrid tinta standar adalah 7,7 sen per halaman teks dan 20,7 sen per halaman grafis berwarna. Untuk kartrid hasil tinggi, rata-rata kategori masing-masing adalah 5,9 sen dan 14,9 sen. Jelajahi Kode Promo Canon untuk diskon terbaru dan cara menurunkan biaya Anda.

Pengaturan dan Perangkat Lunak

Menyiapkan TR8620 sangatlah mudah. Lepaskan beberapa pita, tekan tombol daya, dan pasang kartrid tinta dan kertas. Ikuti petunjuk di layar untuk mencetak dan memindai halaman penjajaran kepala cetak. Panduan Memulai Cepat yang dicetak mengarahkan Anda ke situs web Canon tempat Anda dapat mengunduh dan menginstal perangkat lunak.

Memasang TR8620 di jaringan nirkabel kami cepat dan nyaman. Saya pergi ke pengaturan Wi-Fi dari pengaturan LAN pada layar LCD TR8620, memilih WPS (Metode Tombol Tekan) dan menekan tombol yang sesuai pada router nirkabel.

Menghubungkan iPhone saya ke printer sama mudahnya. Menu LCD TR8620 untuk Wi-Fi Direct menyertakan kode QR. Pengambilan sederhana dengan iPhone Anda akan meminta Anda untuk terhubung ke printer dan jaringan Wi-Fi Direct.

Startup cepat pada 3,7 detik. Salinan hitam-putih instan hanya membutuhkan waktu 10 detik lebih lama dari biasanya, dan banyak model menyediakan salinan bahkan sebelum menyediakan layar beranda untuk mulai bekerja.

Kesimpulan

Canon Pixma TR8620 dengan pengumpan dokumen dan duplekser menyediakan fungsi kantor dengan harga terjangkau. Membuat salinan cepat dan mencetak dengan kecepatan di atas rata-rata pada kertas biasa. Fungsi faks juga disediakan.

Juga, TR8620 tidak mengecewakan dalam kualitas gambar. Cetakan dan salinan pada kertas biasa terlihat sama bagusnya dengan cetakan foto yang mengilap. Pemindaian ditangkap dengan presisi.

Namun, untuk pekerjaan kantoran, TR8620 mungkin bukan pilihan terbaik untuk produksi massal. Harga tinta di atas rata-rata untuk model sekelasnya. Misalnya, Brother INKvestment MFC-J995DW (printer all-in-one terbaik) yang relatif murah harganya jauh lebih murah per halaman dan mencetak dokumen lebih cepat.

Sedangkan Canon Pixma TR8620 mencetak foto glossy lebih cepat. Jika Anda membeli printer terutama untuk mencetak snapshot, Canon Pixma TR8620 adalah pilihan yang lebih baik.

Namun, jika pekerjaan cetak Anda cukup ringan dan Anda jarang membutuhkan penyalinan dua sisi, Canon Pixma TR8620 yang serbaguna akan menyenangkan Anda dengan kualitas gambar yang tinggi dan kinerja yang cepat.

Leave a Comment