Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup bukan berarti mikrometer yang ada sekrupnya yaa. Mikrometer sekrup adalah alat ukur yang digunakan untuk pengukuran presisi. Alat ini banyak digunakan di bidang teknik mesin, lebih tepatnya digunakan untuk mengukur dimensi yang sangat kecil. Alat ini bahkan dapat mengukur dimensi yang lebih kecil dari yang diukur dengan jangka sorong.

Masuk dalam kategori jangka lengkung, mikrometer sekrup juga terdiri dari dua skala yang berbeda. Mikrometer ini mempunyai skala pengukuran metrik dan imperial. Pengukuran metrik mikrometer mempunyai selisih 0,01 mm, sedangkan pengukuran kekaisaran mempunyai selisih 0,001 inci. Pengukuran dalam mikrometer ini sebenarnya dilakukan melalui sekrup terintegrasi.

Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

1. Wajah mikrometer sekrup

Objek yang akan diukur ditempatkan di antara permukaan pengukur, landasan dan poros. Landasan adalah wajah stasioner mikroskop terhadap bagian mana yang ditahan sampai spindel melakukan kontak dengan pekerjaan. Spindel berulir adalah permukaan pengukur mikrometer.

2. Skala lengan mikrometer

Skala pada selubung mikrometer adalah skala pengukuran utama instrumen. Bersama dengan skala bidal, skala selongsong menampilkan pengukuran yang dilakukan.

3. Skala bidal mikrometer

Skala pengukuran sekunder dan skala thimble memberikan dua angka penting yang tersisa dari suatu pengukuran. Bagian ini menghasilkan nilai pada skala yang sejajar dengan garis indeks pada skala selongsong.

4. Garis indeks mikrometer

Garis indeks yang membentang di sepanjang lengan micrometer digunakan untuk menunjukkan nilai yang ditunjukkan pada skala bidal.

5. Bidal mikrometer

Ketika bidal diputar, spindel berputar dan mengubah jarak antara permukaan mikrometer. Beberapa bidal mikrometer menggabungkan drive gesekan. Ini memungkinkan pembacaan yang lebih akurat, terutama saat digunakan oleh pengguna yang tidak berpengalaman.

6. Ratchet speeder micrometer

Speeder ratchet meningkatkan kecepatan di mana spindle berputar, sehingga ruang antara landasan dan spindel berkurang lebih cepat daripada jika bidal digunakan. Menggunakan ratchet speeder mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menggunakan mikrometer.

Ratchet menggabungkan mekanisme kopling selip yang mencegah pengetatan berlebih dan membantu pengguna untuk menerapkan gaya pengukuran konstan pada spindel, serta membantu memastikan pengukuran yang andal.

7. Perangkat pengunci mikrometer

Alat pengunci mengamankan spindel dan menjaga pengukuran sehingga mikrometer dapat dilepas dari benda kerja sebelum membaca hasilnya. Beberapa mikrometer memiliki mur pengunci, sementara yang lain mungkin memiliki tuas pengunci.

8. Bingkai mikrometer

Bingkai berbentuk u dirancang untuk menjadi kaku dan stabil. Ini mendukung landasan dan lengan mikrometer. Frame dipegang oleh pengguna saat pengukuran dilakukan.

Fungsi Mikrometer Sekrup

  1. Digunakan untuk mengukuti diameter batang baja yang digunakan dalam konstruksi bangunan.
  2. Digunakan di industri untuk memproduksi komponen mesin dengan pengukuran yang diperlukan.
  3. Digunakan untuk mengukur ukuran lembaran logam atau kawat.

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Setelah mikrometer diputar ke pengukuran yang tepat, pengukuran dapat diambil. Ini membutuhkan penambahan angka yang ditemukan pada spindel dan bidal yang akan memberi Kamu ukuran yang akurat.

Cara menemukan angka yang Kamu inginkan akan bervariasi tergantung pada jenis dan desain mikrometer. Dan cara ini telah tertera pada alatmu.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Berikut adalah cara menggunakan mikrometer sekrup

  • Kenali struktur Pengukur Sekrup
    Beberapa bagian dapat digerakkan sementara yang lain tidak (seperti lengan, bidal, ratchet speeder, Ratchet stop, bingkai, perangkat pengunci).
  • Sebelum mulai mengukur, bersihkan gelendong dan landasan
    Ambil kertas atau kain bersih dan letakkan di tengah-tengah gelendong dan landasan. Kencangkan pengaturan sedikit sampai kertas atau kain macet dan kemudian tarik keluar, inilah proses pembersihan gelendong dan landasan. Langkah ini sebaiknya jangan dilewatkan, ini membantu dalam mendapatkan pengukuran yang akurat karena ketepatan sangat diperlukan.
  • Tempatkan objek di antara poros dan landasan
    Tempatkan objek dengan hati-hati di antara poros dan landasan. Landasan itu sifatnya stasioner, oleh karena itu letakkan benda di atasnya. Objek harus ditempatkan dengan benar sehingga tidak bergerak saat melakukan pengukuran.
  • Untuk mengencangkan, perlu diputar searah jarum jam. Pastikan bidal nol sejajar dengan garis skala pada selongsong.
  • Kencangkan spindel dengan objek di tengahBidal berbunyi klik saat diputar. Terapkan jumlah kekuatan hingga mengklik tiga kali
  • Kunci bidal saat objek berada di antara diposisi. Spindel dapat dipindahkan meskipun bidal terkunci. Ini akan membantu Kamu mendapatkan pengukuran dengan tepat.
  • Keluarkan benda dengan hati-hati: Keakuratan pengukur sekrup dapat terganggu jika tergores atau terguncang dan karenanya pastikan untuk menghindarinya.
  • Sebelum Kamu membuka kunci gelendong, disarankan untuk mengukur ulang seluruh pengaturan jika pengaturan tunggal mengendur.

Himbauan: Penting untuk memeriksa apakah mikrometer adalah bahasa Inggris atau metrik sebelum menggunakannya untuk pengukuran. Pastikan Kamu menggunakan alat yang memiliki satuan ukur yang sama dengan apa pun yang sudah Kamu kerjakan.

Cara Menghitung Mikrometer Sekrup

  1. Lihat pada skala utama. Ini memiliki skala pembacaan linier di atasnya. Garis panjang adalah setiap milimeter, yang lebih pendek menunjukkan setengah milimeter di antaranya.
  2. Sekarang lihat skala rotasinya. Dan perlu diketahui bahwa masing-masing divisi adalah 0,01mm. Jadi skala rotasi menunjukkan 46 itu berarti bahwa skala rotasinya adalah 0,46mm.
  3. Terakhir, diameter obyek adalah hasil penjumlahan dari skala utama dan skala rotasi.

Sementara itu, kompensasi untuk kesalahan nol, gunakan rumus berikut:

Pembacaan yang benar = bacaan yang diperoleh – nol kesalahan

Di mana bisa negatif (tanda “0” pada bidal berada di atas garis datum) atau positif (tanda “0” pada bidal di bawah garis datum).

Contoh Soal

1. Apa bacaan terkecil (dalam mm) pada skala bidal? Dan apa bacaan terbesarnya?
Jawab:
Pembacaan sekecil mungkin pada skala thimble adalah 0,01 mm, sedangkan bacaan terbesar yang mungkin adalah 0,49 mm.

2. Berapa kisaran akurasi mikrometer stick?
Jawab:
± 0,005 mm
Penjelasan:
Akurasi mikrometer tongkat berada di urutan ± 0,005 mm. Mereka digunakan untuk mengukur panjang internal yang lebih panjang. Mereka memiliki serangkaian batang ekstensi untuk mengukur hingga panjang maksimum.

4. Untuk memeriksa pembengkokan dalam mikrometer, berapa perbedaan antara pengukuran kondisi bongkar dan muat untuk rentang mikrometer 0 hingga 25 mm?
Jawab:
1,5 μm per kg
Penjelasan:
Dalam kondisi bongkar dan muat, Perbedaan antara pengukuran tidak boleh melebihi 2μm, 2,5μm dan 3µm per kg untuk kisaran 0 hingga 25, 25 hingga 50, 50 hingga 75 dan 100 mm.

Dalam mikrometer sekrup, pengukuran dilakukan dengan benar-benar melalui sekrup terintegrasi yang dibuat dengan tepat dengan pitch. Tetapi tidak selalu 02 utas per milimeter, yang berarti bahwa pada saat menyelesaikan satu revolusi, perpindahan yang dicapai adalah setengah mm atau 0,5 mm.

Bagaimana pun, pengukuran yang tepat adalah suatu keharusan di bidang kerja ilmiah. Namun sayangnya, banyak orang yang dapat menggunakan mikrometer sekrup dalam kehidupan sehari-hari mereka namun tidak tahu bagaimana cara membacanya. Dan parahnya lagi, pengukur sekrup yang disetel sangat halus bisa agak sulit digunakan tangan yang tidak terlatih.

Tinggalkan komentar